15 Air Terjun di Bali yang Populer & Terindah

15 Air Terjun di Bali yang Populer & Terindah

Pulau Dewata menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari banyak pengunjung karena keindahan alam dan budayanya. Inilah daftar air terjun di Bali yang populer sebagai alternatif tempat rekreasi Anda.

Bali telah lama dikenal oleh dunia Internasional sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Selain memiliki sederet pantai yang menawan Pulau Dewata juga menyimpan wisata air terjun yang menyuguhkan pemandangan tak kalah menawan.

Wilayah Pulau Bali yang luas terdiri dari keindahan alam yang terletak pada dataran yang rendah berupa keindahan pantainya yang terkenal serta didukung daerah yang lebih tinggi dimana terdapat pegunungan dan air terjun yang masih asri.

Wisata air terjun yang masih asri tersebut dapat Anda jadikan sebagai opsi wisata ketika berlibur disana. Berikut daftar air terjun terindah di Bali yang dapat membuat liburan Anda lebih berwarna.

1. Air Terjun Leke Leke

Air Terjun Leke Leke
Image Credit: Google Maps (Njoman Widiada)

Pada awalnya air terjun yang satu ini bernama Kipuan Kebo yang berarti “Tempat untuk Kerbau minum”. Air terjun Leke Leke terletak pada wilayah Tabanan di tengah pulau Bali, akses jalan menuju daerah wisata ini terbilang mudah untuk Anda lalui dengan hanya berjalan 500 meter.

Di sekeliling air terjun ini masih terbilang asri dengan masih banyaknya tumbuhan hijau yang mengelilinginya membuat udaranya terasa sangat sejuk untuk dihirup. Air terjun ini juga terbilang aman untuk dijadikan tempat Anda berenang karena air yang jatuh kebawah tidaklah kencang serta terdapat beberapa kolam kecil alami dengan bebatuan di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Antapan, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

2. Air Terjun Sekumpul

Image Credit: Twitter.com @AzwarSyahreza

Nama air terjun Sekumpul sendiri terinspirasi dari 7 buah air terjun yang ada pada wilayah ini dan saling berdekatan tempatnya. Lingkungan di sekitarnya masih terbilang asri dengan ditumbuhi tanaman liar yang hijau dan lebat.

Namun, untuk sampai kesana Anda harus melewati perjalanan yang agak melelahkan. Dikarenakan wilayahnya yang asri dan masih belum banyak dikenal orang menjadikan akses kesana lebih sulit untuk dilewati. Anda akan dihadapkan dengan aliran sungai yang harus diseberangi dengan ketinggian air hampir seukuran 60 cm.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Air Terjun, Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng, Bali.

3. Air Terjun Tukad Cepung

Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Instagram.com @lingkaranbali

Wisata air terjun yang satu ini dapat dengan mudah Anda kunjungi karena lokasinya dekat dari kota Denpasar. Selain memiliki air yang jernih dan segar, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan tebing tinggi yang saling mengapit serta pepohonan hijau yang masih asri.

Untuk berkunjung kesana Anda hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga Rp 15.000 setiap orangnya. Lokasinya yang indah dengan tebing yang mengelilingi di sekitar menjadikan air terjun ini sebagai spot terbaik untuk Anda berfoto ria.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tembuku, Dusun Penida Kelod, Kec. Tembuku, Kab. Bangli, Bali.

4. Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling Aling
Image Credit: Google Maps (T S)

Air terjun dengan tinggi 35 meter ini bisa Anda masukan sebagai destinasi wisata yang akan dikunjungi ketika berada di Bali. Disini Anda dapat berenang dengan pada bagian kolam yang jernih di bawahnya yang memiliki kedalaman sekitar 4 meter.

Hal istimewa dari air terjun ini ialah tidak ada biaya tiket masuk bagi setiap orang yang berkunjung. Namun, ketika Anda berkunjung kesana alangkah baiknya untuk tidak membuang sampah sembarangan sebagai bentuk pelestarian alam agar tetap asri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

5. Air Terjun Berundak

Air Terjun Berundak
Image Credit: Instagram.com @dockyiwin

Air terjun Berundak memiliki keistimewaan yang terdapat pada bagian bebatuan yang bersusun dengan aliran air yang turun kebawah. Kondisi alamnya yang asri ditumbuhi pepohonan rindang yang menjulang membuat suasana disini menjadi sejuk.

Uniknya destinasi wisata yang satu ini terletak dekat dengan pemukiman warga disana. Masyarakat disana menjadikan air terjun ini sebagai daerah yang keramat dan menjadikannya sebagai sumber air untuk konsumsi air minum sehari-hari masyarakat sekitar.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kanto Lampo Waterfall, Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali.

6. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung
Image Credit: Google Maps (Dear Travallure)

Dengan tingginya yang mencapai 50 meter menjadikan air terjun ini terlihat sangat memukau untuk Anda kunjungi. Suasana alam di sekitarnya yang masih hijau asri ditambah bebatuan yang ada di sepanjang aliran airnya menjadikannya masuk kedalam salah satu destinasi wisata alam terbaik di Bali.

Untuk sampai disana diperlukan usaha lebih dengan menuruni sekitar 500 anak tangga. Namun, semua rintangan yang telah Anda lalui akan terbayar lunas setelah melihat air terjun yang tinggi dan menakjubkan ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Belok/Sidan, Kec. Petang, Kab. Badung, Bali.

7. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala
Image Credit: Google Maps (Willie Preston)

Destinasi wisata kali ini terbilang unik dan menakjubkan untuk Anda kunjungi. Air terjun Banyumala terdiri dari dua buah sumber air terjun yang tidak terlalu deras sehingga aman untuk Anda kunjungi bersama orang tercinta.

Dibawahnya juga terdapat kolam alami yang jernih untuk menampung aliran air dari atas. Selain airnya yang jernih dan menyegarkan, lokasi ini juga masih ditumbuhi tanaman dan pepohonan yang mengitari wilayah kolamnya. Untuk masuk kesana Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

8. Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana
Image Credit: Twitter.com @tanjungbenoaID

Daftar selanjutnya adalah Tibumana yang terletak 30 km dari Denpasar dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan air jernih yang mengalir tidak terlalu deras dan suasana sejuk dari tumbuhan yang ada di sekitar tebing yang membentang.

Disini juga terdapat sebuah gua yang dipercayai dapat menembus hingga menuju Pura Goa Raja Besakih. Namun dikarenakan kepercayaan warga sekitar yang menganggap gua tersebut keramat, maka para setiap orang disana tidak diperbolehkan lagi untuk masuk menyusuri gua tersebut. Untuk tiket masuk menuju air terjun Tibumana para pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 setiap orangnya sebagai bentuk dukungan untuk merawat destinasi wisata ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli, Bali.

9. Air Terjun Dusun Kuning

Image Credit: Google Maps (chris bali)

Destinasi air terjun yang satu ini dikenal akan lokasinya yang masih asri karena jarang terjamak oleh pengunjung. Sumber air terjun ini berasal dari mata air pegunungan yang mengalir kebawah dengan ketinggian sekitar 25 meter dengan kolam dan bebatuan dibawahya. Selain itu terdapat pepohonan hijau beserta tanaman-tanaman yang masih banyak terdapat disana membuatnya terbilang masih asri dan sejuk.

Dikarenakan lokasi wisata ini masih belum banyak dikenal orang-orang, maka akses yang harus Anda lalui untuk mencapai sana terbilang cukup menantang. Anda harus melewati jalanan yang kecil dan licin serta beberapa undakan yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki 500 meter jauhnya.

Namun untuk masuk kesana Anda tidak perlu membayar apapun serta juga tidak ada tempat penjual makanan disana yang membuat Anda disarankan untuk membawa bekal sendiri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Bali, Kec. Bangli, Kab. Bangli, Bali.

10. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Twitter.com @sonorabalifm

Destinasi wisata yang berlokasi ada wilayah Nusa Penida ini dapat dibilang sangat menakjubkan. Lokasi air terjunnya yang berbatasan dengan laut dapat membuat Anda menikmati dua keindahan alam sekaligus disana. Aliran airnya akan langsung jatuh langsung menuju lautan lepas dibawahnya.

Untuk datang kesana Anda diwajibkan untuk menaiki speed boat di Sanur untuk menyebrang dan sampai Nusa Penida. Setelahnya Anda akan dihadapi ratusan anak tangga yang menurun dengan disajikan pemandangan lautan lepas yang indah berpadu dengan aliran air terjun yang mempesona.

Meskipun lokasinya yang berdekatan dengan lautan, Anda tidak perlu khawatir untuk menikmati segarnya air disana karena pada ujung bagian tebingnya terdapat sebuah kolam untuk berendam dengan disuguhkan birunya samudra di depan mata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nusa Penida, Batukandik, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali.

11. Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk
Image Credit: Google Maps (peter max van dorp)

Destinasi wisata air terjun yang satu ini terkenal dapat menyehatkan bagian tubuh Anda. Hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat kandungan sulfur pada campuran airnya yang dipercaya dapat menyehatkan kulit Anda. Dengan airnya yang jernih didukung juga tumbuhan yang menempel pada bagian tebingnya membuat air terjun yang satu ini telah banyak dikenali para wisatawan.

Perpaduan sempurna dari alamnya yang masih terjaga serta sejuknya udara disana dapat membuat liburan Anda disini akan selalu terkenang dibenak Anda. Bahkan banyak pengunjung yang telah datang kesana menyematkan sebutan “Niagara dari Bali” karena indahnya destinasi wisata yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng, Bali.

12. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Image Credit: Google Maps (L A)

Lokasinya terdapat pada wilayah Buleleng yang dikenal juga sebagai surga dari air terjun di pulau Dewata. Disini masih akan Anda temui suasana alamnya yang sangat asri dengan hutan hijau pada sekelilingnya yang membuat udara sejuk untuk dinikmati. Bahkan kealamiannya ditandai dengan masih adanya hewan liar seperti monyet yang akan dengan mudah dapat Anda temui ketika berkunjung disana.

Indahnya pemandangan yang disajikan disana didukung juga dengan pengelolaannya yang terbilang sudah terstruktur. Pengelola air terjun disana juga menyediakan fasilitas pendukung yaitu pendopo, parkir, dan toilet yang membuat liburan Anda disana menjadi lebih mudah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

13. Air Terjun Banyu Wana Amertha

Air Terjun Banyu Wana Amertha
Image Credit: Google Maps (Ilya Malkin)

Ciri khas air terjun yang satu ini adalah airnya yang mengalir pada batuan bertumpuk-tumpuk. Di bagian bawahnya terdapat kolam kecil yang dapat Anda gunakan untuk berendam sembari menikmati sejuknya suasana disana. Airnya yang jernih berasal dari mati air di hutan lindung yang berada di daerah Wanagiri.

Air terjun ini juga ditumbuhi dengan lumut yang menempel pada bagian tebingnya yang menjadikannya eksotis ketika dipandang. Untuk menuju kesana Anda harus melewati ratusan tangga yang menurun ditemani pemandangan alam di sekitarnya yang masih hijau. Tiket masuk yang perlu Anda bayar ketika berkunjung kesana adalah Rp. 10.000 saja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

14. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Google Maps (Wiraseta)

Air terjun Tegenungan dapat Anda tempuh dengan waktu 20 menit dari Ubud. Aksesnya terbilang sangat mudah untuk dilalui dengan hanya menuruni puluhan anak tangga dari tempat Anda memarkirkan kendaraan.

Disana juga disediakan ayunan pada bagian bukitnya yang seringkali dijadikan tempat berfoto para pengunjung yang datang. Namun harus diketahui bahwa Anda tidak dapat berendam di lokasi tersebut dikarenakan arusnya yang deras dapat membahayakan nyawa para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

15. Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak
Image Credit: Google Maps (Veronic s)

Air terjun terakhir ini bernama Tembok Barak, namanya terinspirasi dari warna tebing merah yang mengapit aliran air terjun disana. Tembok Barak sendiri berarti “Dinding Merah” yang menggambarkan suasana pada air terjun ini. Di sekitarnya jarang terdapat pepohonan hijau seperti air terjun yang lainnya, namun lokasi wisata ini masih memiliki air yang jernih pada kolam di bawahnya.

Lokasinya terbilang sangat tersembunyi sehingga Anda harus melewati jalan setapak sepanjang 700 meter.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gg. Cengkeh, Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

Itulah daftar air terjun terindah di Bali yang dapat Anda jadikan destinasi wisata baru saat berkunjung berlibur di Pulau Seribu Pura. Kekayaan budayanya yang masih sangat kental dipadukan dengan keindahan alam yang tersedia di Bali menjadikan pulau ini tak pernah sepi dari wisatawan baik lokal maupun yang berasal dari mancanegara.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending