22 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Populer & Terindah

22 Curug (Air Terjun) di Bogor yang Populer & Terindah

Bogor dengan segala keindahan alamnya menawarkan pengalaman liburan yang berkesan. Inilah rekomendasi air terjun atau curug terindah di Bogor yang menarik untuk Anda kunjungi.

Curug atau biasa diartikan sebagai air terjun adalah sebutan yang disematkan oleh orang-orang yang berasal dari sunda. Salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak wisata Curug ialah kota Bogor. Bahkan wilayah Bogor juga memiliki sebutan sebagai kota seribu urug dikarenakan banyaknya wisata air terjun yang sejuk dan mempesona di Bogor.

Bogor merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal akan banyaknya wisata alam yang terdapat di sana. Hal tersebut menjadikan daerah ini sebagai tujuan destinasi wisata bagi warga lokal maupun kalangan internasional.

Curug-curug yang ada di Kota Hujan terkenal akan keindahan alamnya yang masih asri berpadu dengan airnya yang jernih menyegarkan. Banyaknya wisata air terjun yang ada di sana menandakan bahwa kota ini menyimpan berbagai macam kekayaan alam yang patut Anda jelajahi. Berikut daftar curug di Bogor yang bisa Anda pilih untuk petualangan yang seru.

1. Curug Ngumpet

Image Credit: Google Maps (Yofri FH)

Sama dengan namanya, wisata Curug kali ini terletak agak mengupat pada wilayah sebuah desa di sana. Tempatnya yang asri dan agak tersembunyi ini membuat Curug yang satu ini menarik untuk dikunjungi.

Curug Ngumpet tidaklah memiliki tingkat ketinggian air yang tinggi dibandingkan dengan curug lainnya. Di sekitar Curug Ngumpet terdapat tumbuhan hijau yang masih asri ditambah airnya yang sangat terjaga kemurniannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

2. Curug Bidadari

Curug Bidadari
Image Credit: Instagram.com @begz.bagyo

Curug yang terdapat di Bogor kali ini memiliki keunikan pada pengelolaannya. Pihak pengelola membangun sebuah waterpark mini di bawah dari Curug Bidadari. Pembuatan tempat wisata tersebut terbukti dapat membuat curug ini didatangi oleh para pengunjung.

Curug bidadari ini berada pada sebuah tebing yang dikelilingi tumbuhan hijau yang membuatnya masih tetap terasa alami. Spot berwisata di alam bebas yang ada di kota Bogor ini sangat cocok untuk Anda dan keluarga datangi.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

3. Curug Cikuluwung

Image Credit: Instagram.com @novis.novi

Wisata air terjun kali ini terletak di sekitar wilayah Kabupaten Bogor Barat. Curug Cikuluwung menawarkan keunikan bagi Anda para pengunjung dengan pemandangan tebing bebatuan yang indah ditambah lagi dengan curug yang menghasilkan air yang bersih dan sejuk.

Namun untuk mencapai lokasi Curug Cikuluwung yang indah Anda harus melewati perjalanan yang agak sulit medannya. Dikarenakan pengunjung harus berjalan melewati jalanan curam dan terjal sebelum sampai di lokasi.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

4. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung
Image Credit: Passgal.blogspot.com

Wisata Curug selanjutnya adalah Leuwi Cibaliung yang terletak di sekitar daerah Sentul. Ketinggian Curug ini terbilang pendek namun dialiri air yang lumayan deras. Di bagian bawahnya terdapat sebuah kolam alami dengan airnya yang bening dan jernih.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

5. Curug Seribu

Curug Seribu
Image Credit: Google Maps (makhfal nasirudin)

Dengan wilayahnya sekeliling dari Curug ini yang masih hijau dengan tumbuhan liar yang tumbuh di sana membuat Curug Seribu seringkali mendapat perhatian wisatawan yang penasaran untuk mengunjunginya. Ditambah lagi lokasinya yang tidak jauh berada dari pusat Kota Bogor membuat Curug Seribu menjadi pilihan warga di sana untuk berlibur atau sekedar menjernihkan pikiran.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

6. Curug Barong

Curug Barong
Image Credit: Instagram.com @epe_sinatra

Curug yang satu ini menawarkan daya tariknya yang berasal dari indahnya bebatuan di sekitar area air terjun ini. Bebatuan tersebut seakan mengapit dari aliran Curug yang jatuh ke bawah dengan ketinggian berkisar 7 meter. Bagian bawah dari Curug Barong juga terdapat sebuah kolam yang tidak besar namun terisi oleh jernihnya aliran air yang menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

7. Curug Cikaracak

Image Credit: Instagram.com @erwin_simorangkir

Curug yang memiliki aliran air lumayan tinggi ini terletak pada daerah Tangkil, Kab. Bogor. Aliran airnya diapit dengan dua buah tebing curam yang tinggi dan menakjubkan. Menariknya lagi di sekitar area dari Curug Cikaracak masih terdapat banyak pepohonan dan tumbuhan hijau lainnya yang tumbuh mengitari di sekitarnya yang membuat suasananya menjadi sangat asri.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Kab. Bogor, Jawa Barat.

8. Curug Hordeng

Curug Hordeng
Image Credit: Instagram.com @curugmania

Lokasi Curug kali ini berada di Desa Cibadak, Kab. Bogor. Curug ini terbilang masih sangat asri mengingat masih belum banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Suasana di sekitarnya juga masih sangatlah asri yang didukung oleh tebing bebatuan dan gundukan tanah berwarna merah yang mengapit aliran airnya. Di bagian bawah terdapat kolam kecil yang dapat Anda gunakan.

Kondisi alamnya yang masih ditumbuhi tanaman hijau makin mempersejuk suasana di sana. Ditambah aliran airnya yang sangat jernih dan dingin membuat Curug ini sangat cocok untuk Anda kunjungi sebagai salah satu wisata dikala liburan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

9. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana
Image Credit: Google Maps (Agus Sefria)

Tempat wisata alam yang satu ini akan menawarkan pengalaman menarik yang sulit untuk dilupakan. Pasalnya saat berkunjung ke Curug Putri Kencana Anda akan disuguhkan sebuah kolam yang berisikan air jernih yang dapat digunakan sebagai tempat untuk bermain air.

Curug Putr Kencana juga masih dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang merambat pada bagian tebing bebatuannya. Aliran air dari Curug ini juga terbilang tidaklah terlalu deras karena tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk dijadikan tempat bermain air oleh para pengunjung di sana.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

10. Curug Cilember

Curug Cilember
Image Credit: Instagram.com @ronnyrangers

Lokasinya terletak di Desa Cilember, Kab. Bogor. Curug Cilember sendiri mempunyai keistimewaan dengan terdapatnya 7 buah tingkatan dari aliran air terjun yang sangatlah terlihat indah. Di sekelilingnya juga masih terdapat berbagai macam tumbuhan hijau yang membuat wisata ini terasa begitu asri.

Untuk masuk ke dalam tempat wisata Curug Cilember Anda hanya akan dimintai biaya tiket sebesar Rp. 12.000 untuk sekali masuk. Dan juga Curug ini memiliki akses yang tidak terlalu sulit bagi para pengunjung sehingga aman bila Anda mengunjungi daerah wisata Curug Cilember bersama-sama anggota keluarga.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog, Cilember, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

11. Curug Naga

Curug Naga
Image Credit: Google Maps (Wisata Curug Naga)

Untuk Anda yang menyukai olahraga ekstrim dan juga petualangan maka Curug yang satu ini patut untuk Anda kunjungi. Berlokasi di Desa Citamiang, Kab. Bogor membuat wisata Curug ini dapat dengan mudah Anda kunjungi.

Di sana para wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan di air yang sangat menantang seperti body rafting, cliff jumping, dan river traking yang dilengkapi dengan fasilitas pelampung sebagai alat pengaman yang wajib digunakan.

Harga Tiket: Rp 9.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Citamiang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

12. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis
Image Credit: Instagram.com @trian_avianto.tao

Wisata air terjun yang satu ini menggunakan konsep dari alam terbuka yang dimana para pengunjung dapat menjelajahi wilayah dari Curug Cipamingkis ini dengan bebas. Meskipun panorama yang ditawarkan tidak seindah dari Curug yang lainnya karena tidak terdapat kolam di bagian bawahnya dan hanya terisi oleh bebatuan alam yang dialiri air yang dingin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

13. Curug Luhur

Curug Luhur
Image Credit: Hargatiket.net

Wisata air terjun yang satu ini menawarkan fasilitas menarik seperti waterboom dan permainan air yang seru lainnya. Hal tersebut akan membuat anak-anak Anda betah untuk diajak berlibur kesana.

Namun terdapat hal yang perlu Anda perhatikan ketika berkunjung kesana adalah ketinggian dari air terjun ini berkisar hingga 62 meter, sehingga Anda harus ekstra waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Untuk harga tiket masuknya Anda akan dimintai biaya Rp. 40.000 untuk setiap orangnya.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor, Jawa Barat.

14. Curug Cibulao

Curug Cibulao
Image Credit: Instagram.com @pecinta.curug

Curug ini memiliki nama asli berupa Hulu, nama ini diambil sebab air yang mengalir dari Curug tersebut dianggap sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Curug ini memiliki air yang jernih dan berwarna kebiruan yang indah untuk dipandang. Disini juga terdapat dua buah kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. Yang pertama sedalam 8 meter dan yang kedua 5 meter.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

15. Curug Ciburial

Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps (Vivi asr)

Curug yang memiliki pesona keindahannya ini berada di daerah Karang Tengah, Kab. Bogor. Airnya juga sangatlah jernih dan bening yang membuat Curug ini sangatlah menakjubkan. Namun untuk sampai kesana Anda harus melalui medan yang sulit sehingga wisata ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

16. Curug Love

Curug Love
Image Credit: Instagram.com @sannymotret

Pemberian nama Love terinspirasi dari aliran Curug ini yang terbelah menjadi dua karena terdapat sebuah batu besar pada bagian tengah. Hal tersebut juga didukung dengan airnya yang jernih serta terdapat sebuah kolam di bawahnya yang dapat Anda jadikan tempat untuk berendam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

17. Curug Ciherang

Curug Ciherang
Image Credit: Twitter.com @goelaxteguh

Curug Ciherang memiliki daya pikat yang terdapat dari aliran airnya yang deras jatuh dari tinggi mencapai 30 meter. Para pengunjung biasanya datang kesini untuk sekedar mengambil foto sebagai kenang-kenangan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

18. Curug Cibadak

Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps (Ade Suherman)

Curug Cibadak memiliki karakteristik dengan aliran air terjunnya yang merambat di bebatuan. Sehingga air yang turun tidaklah sederas dari air terjun lainnya. Di sini Anda dapat menghabiskan waktu liburan dengan bermain air, berpiknik, atau sekedar mengabadikan gambar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat.

19. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Abdullah Syafii)

Wisata air terjun kali ini masih berada di kawasan dari sebuah gunung yang ada di Bogor. Hal tersebut menjadikan Curug Cibeureum banyak dikunjungi oleh para pendaki. Curug Cibereum memiliki aliran air yang cukup deras dan terdapat bebatuan pada bagian bawahnya.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

20. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Google Maps (Alifa Ramadhina Faiha)

Nama Leuwi Hejo dalam bahasa sunda dapat diartikan sebagai kolam berwarna hijau. Hal tersebut didukung dengan warna airnya yang sangat jernih sehingga menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk datang kesana. Jernihnya air yang ada di sini dapat Anda nikmati dengan cara berendam pada bagian kolamnya yang bersuhu dingin.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

21. Curug Ciparay

Image Credit: Google Maps (FEBRI)

Aliran air terjun yang tinggi dipadukan dengan hijaunya tumbuhan yang ada di sepanjang tebingnya membuat Curug Ciparay sangatlah terasa asri. Karena masih sangat alaminya Curug ini membuat Anda yang ingin berkunjung kesana harus menempuh perjalanan yang agak menantang untuk dilalui. Namun rasa lelah itu akan terbayarkan ketika Anda sampai di sana disambut indahnya alam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

22. Curug Panjang

Curug Panjang
Image Credit: Instagram.com @akhoirullah

Curug yang terakhir ini memiliki bentuk aliran air yang lumayan deras dan memanjang. Pemandangan yang ada di sana sangatlah alami dan indah untuk Anda nikmati sebagai pengisi liburan. Lokasinya juga terbilang mudah untuk dijangkau karena terletak dekat dengan pusat kota Bogor.

Untuk berenang pada bagian kolamnya Anda dapat melewati jalan setapak yang sudah disediakan, namun Anda harus berhati-hati karena jalannya bebatuannya yang licin. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan alas kaki berupa sandal untuk dapat melewati bebatuan yang licin tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Curug Panjang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Kota Bogor yang seringkali dikenal sebagai kota hujan memang menyimpan begitu banyak keindahan alam di dalamnya. Terdapat wilayah hutan yang asri, pegunungan yang hijau, hingga Curug yang sangat mempesona di Bogor yang menarik untuk Anda kunjungi. Keindahan alam yang dimiliki Kota Bogor itu dapat Anda jadikan sebagai pilihan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi suatu saat nanti.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending