10 Air Terjun di Kediri yang Populer & Terindah

10 Air Terjun di Kediri yang Populer & Terindah

Kediri memiliki area hutan yang cukup luas di mana ada banyak air terjun tersembunyi di sana. Sebagian telah berhasil ditemukan dan mendapatkan popularitas tinggi, tetapi sebagian lainnya masih terjaga kealamiannya. Saat datang ke daerah ini, pelancong bisa memilih ke mana pun mereka ingin merasakan kesegaran langsung sebuah pemandian.

Kebanyakan air terjun yang ada di Kediri bisa ditemukan ketika melakukan perjalanan setidaknya 1 jam dari pusat kota. Melintasi hutan dan jalanan yang cukup berjawkelok, bahkan terkadang juga akan terasa melelahkan. Namun, Anda selalu punya pilihan untuk istirahat saat masih di perjalanan guna menunggu energi terisi kembali.

Saat bicara tentang air terjun, tentu tidak terlepas dari hutannya yang asri. Pohon dan rumput liar mengelilingi lokasi curug di mana menuntut para pelancong harus berjalan kaki selama beberapa waktu. Selain hiburan, perjalanan menuju air terjun sering kali terasa seperti berpetualang.

1. Sumber Jodo

Sumber Jodo
Image Credit: Google Maps Riz Firmansyah

Anda bisa memanjat pada bebatuan yang dialiri oleh air terjun di Sumber Jodo. Namun, pastikan tetap waspada sebab batu-batu tersebut cukup licin dan lembab sehingga relatif rawan.

Beberapa pengunjung cukup memiliki keberanian untuk menantang debit air yang keras, lalu berfoto di antara kepungan air. Tempat cantik ini memang belum diakses secara luas sebab tersembunyi dalam lebatnya hutan Gunung Liman.

Suasana sejuk, sepi, dan dingin siap menyambut Anda begitu menginjakkan kaki di curug cantik ini. Derasnya arus air juga memberikan kesan misterius dan sedikit mencekam terutama jika Anda datang dalam rombongan kecil.

Meskipun begitu, menghabiskan waktu sampai puas di Air Terjun Sumber Jodo sangat menarik untuk diwujudkan. Jangan lupa siapkan pakaian ganti agar Anda tidak kedinginan usai bermain air.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Medowo, Kec. Kandangan, Kab. Kediri, Jawa Timur.

2. Dolo

Dolo
Image Credit: Google Maps Devano Abinaya Fathan

Air terjun Dolo menghadirkan aliran air dari atas tebing yang nyaris tanpa kelokan. Dilihat dari jauh, pancuran air tersebut seolah lurus seperti penggaris dan debitnya relatif kecil. Bersamaan keadaan ini, Anda bisa mencoba menantang diri dengan berdiam di bawah pancuran air langsung.

Akan terasa sedikit perih saat air yang jatuh menimpa kepala Anda, tetapi itu cukup menyenangkan. Pilihan lainnya, cobalah mandi pada aliran sungai yang merupakan terusan langsung dari air terjun tersebut.

Dalam hal keindahan, Air Terjun Dolo menyajikan lanskap pegunungan yang memukau. Gunung Wilis namanya, ini bisa membuat Anda merasa betah saat mendaki bukit menuju pusat air terjun.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kab. Kediri, Jawa Timur.

3. Gajah Mungkur

Gajah Mungkur
Image Credit: Facebook Ajisaka Maimanan

Kejernihan Air Terjun Gajah Mungkur Kediri akan membuat Anda merasa senang berlama-lama di dalam air. Dikelilingi oleh tebing yang ditumbuhi tanaman liar, tempat cantik ini memberikan kesan terpencil.

Oleh karenanya, suasana damai serta-merta hadir saat Anda memutuskan menyusuri hutan di Desa Besowo. Temukan salah satu bukti keagungan Sang Pencipta dengan melihat langsung panorama memukau di Air Terjun Gajah Mungkur.

Debit airnya tidak terlalu deras, cocok dijadikan sebagai lokasi pemandian di waktu santai. Ini adalah alternatif bagus yang wajib dicoba bila suatu waktu Anda mampir ke Kediri dan ingin melakukan perjalanan liburan di alam liar.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ngancar, Kab. Kediri, Jawa Timur.

4. Lembah Peri Peri

Lembah Peri Peri
Image Credit: Google Maps Sucahyono Wardiyanto

Kita sering mendengar dalam dongeng betapa peri digambarkan sebagai makhluk fantasi yang cantik meskipun mungil. Barangkali deskripsi dongeng ini melatarbelakangi kemunculan nama Air Terjun Lembah Peri Peri.

Air terjunnya diperkirakan kurang dari 10 meter, tetapi punya aliran yang luas. Mengalir di antara tanaman liar dan tebing yang dipenuhi lumut. Panoramanya sungguh menakjubkan, di mana Anda bisa duduk santai di depan air terjun dan menikmati suara arusnya.

Lembah Peri Peri didominasi oleh warna hijau karena keasrian hutannya. Di lain waktu, tempat cantik ini belum banyak diakses oleh wisatawan sehingga relatif sunyi dan ada kesan menenangkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selopanggung, Kec. Semen, Kab. Kediri, Jawa Timur.

5. Tretes Pengajaran

Tretes Pengajaran
Image Credit: Google Maps Denmayy

Ketinggian yang fantastis tamaknya menjadi daya tarik utama saat orang-orang mengunjungi Tretes Pengajaran. Diperkirakan menembus angka 158 meter, itu merupakan sebuah ikon yang menggoda untuk segera dikunjungi.

Apalagi, letaknya berada di perjalanan dari Jombang ke Kediri sehingga mudah dilalui. Saat Anda menginjakkan kaki di air terjun eksotis ini, hawa dingin akan terasa mencekam. Jadi, sebaiknya kenakan jaket tebal, untuk melindungi badan Anda. Hindari pula bermain air jika Anda alergi dingin atau tidak memiliki ketahanan yang baik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur.

6. Irenggolo

Irenggolo
Image Credit: Google Maps Dinda Sinaga

Tempat yang estetis ini cocok dijadikan sebagai wahana pemandian bersama keluarga. Air terjunnya jatuh bertingkat melewati bebatuan lalu membentuk aliran sungai kecil di bawahnya.

Ada banyak batu yang tersebar di dalam sungai sehingga membuat arusnya lebih kecil dan dangkal. Hasilnya, Anda bahkan bisa mengajak si kecil untuk mencoba bermain sampai puas di sini saat tengah libur sekolah.

Dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang cukup memadai, keluarga Anda dapat memutuskan untuk menginap barang semalam. Cukup menarik bukan bila bisa liburan keluarga dengan budget minim di tengah hutan?

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Besuki, Kec. Mojo, Kab. Kediri, Jawa Timur.

7. Parijhoto

Parijhoto
Image Credit: Google Maps New Dewandaru CHANNEL

Lanskap yang terbentuk di Air Terjun Parijhoto terbilang unik dibandingkan destinasi serupa lainnya di Kediri, Jawa Timur. Ini mengalir dari atas tebing dengan kemiringan tertentu, yang kemudian jatuh pada batu-batu besar.

Aktivitas di Air Terjun Parijhoto kebanyakan berupa observasi di mana Anda bisa sambil menyantap cemilan. Ada batu-batu besar yang nyaris seperti bukit mini berada di sekitar curug cantik tersebut.

Itulah mengapa akan sangat disayangkan jika mampir ke Kediri namun melewatkan bermain di Air Terjun Parijhoto. Keindahan alam di Desa Pamongan juga siap memberikan pengalaman visual yang mengesankan.

Bagi para pecinta petualangan, menyusuri hutan menuju Parijhato semestinya harus dicoba saat ada di Kediri. Rasakan tantangan yang mendebarkan saat harus mendaki tebing, melewati bebatuan besar agar tiba di titik terdekat dengan tempat jatuhnya air.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pamongan, Kec. Mojo, Kab. Kediri, Jawa Timur.

8. Guo Kuoso

Guo Kuoso
Image Credit: Twitter #kedirimaskeran

Guo Kuoso menawarkan pemandangan berbeda dalam bidang destinasi berbentuk air terjun. Alih-alih aliran air yang tinggi, ini justru terlihat seperti sungai biasa. Namun, tidak bisa sepenuhnya dikatakan sungai sebab ada bebatuan yang membuat aliran airnya tampak bertingkat.

Air mengalir cukup deras tetapi terhalang oleh batu alam yang tersebar acak di dalam sungai. Di antara celah-celah bebatuan ini, terkadang ditemukan debit yang lebih kencang sehingga terlihat seperti air terjun.

Keindahannya dipercantik oleh alam yang lestari dan masih jauh dari campur tangan manusia. Pohon-pohon tumbuh tinggi menjulang sehingga menciptakan kesan teduh dan terlindungi yang kental. Adanya batu-batu alam yang berukuran besar juga menghasilkan kombinasi eksotisme secara mengesankan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parang, Kec. Banyakan, Kab. Kedirim, Jawa Timur.

9. Ngleyangan Grogol

Ngleyangan Grogol
Image Credit: Google Maps Nur Soleh

Berusia ratusan tahun, Air Terjun Ngleyangan Grogol konon katanya telah diakses sejak masa kadipaten. Cerita-cerita legenda adalah apa yang bisa memberikan kesan istimewa saat Anda mampir ke sini.

Memiliki nama lain sebagai Layangan, alam di sekitarnya begitu sejuk dan dijamin membuat Anda rela menghabiskan waktu seharian. Apalagi, ketinggian air terjunnya terbilang fantastis yaitu sekitar 180 meter.

Jangan lewatkan pesona Air Terjun Ngleyangan Grogol bila mampir ke Kabupaten Kediri. Ciptakan momen spesial dengan menyusuri hutan lalu menemukan kedamaian di alam dan bukti kemegahan ciptaan Tuhan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parang, Kec. Banyakan, Kab. Kediri, Jawa Timur.

10. Padas Payung

Padas Payung
Image Credit: Google Maps Didik Oscar

Nama Padas Payung tampaknya diadopsi dari keadaan di sekitar air terjun yang eksotis ini. Batu-batu padas tampak kukuh dialiri air entah untuk berapa lama, di mana itu justru menambah keistimewaannya.

Terkadang, Anda akan melihat pengunjung lain berpose di titik terdekat di samping pusat jatuhnya air. Ada batu-batu padas yang bisa dijadikan sarana untuk duduk atau menanjak naik ke puncak.

Kemudian, aliran air dan sungai yang tercipta di bawahnya juga terlihat sangat jernih. Ini menghadirkan kesenangan otomatis hanya dengan melihat saja tanpa harus turun langsung ke dalam air.

Tentu, jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi di Air Terjun Padas Payung sambil tetap mempertimbangkan aspek keamanan. Oleh karena itu, mampirlah ke sini dan temukan lanskap yang unik dari sebuah destinasi berbentuk coban.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Klepu, Parang, Kec. Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kediri sejatinya wilayah dengan hutan yang memukau. Ada banyak destinasi alam yang harus disambangi saat mampir di sini. Namun, lebih dari semua penawaran tersebut, air terjun harus masuk dalam daftar kunjungan Anda. Jangan lewatkan bagaimana lanskap di daerah kecil ini siap memukau Anda hingga betah berlama-lama di sana.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending