Air Terjun Kedung Kandang, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Gunung Kidul

Air Terjun Kedung Kandang, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 7.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gunung Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Kedung Kandang menarik dipilih sebagai tempat memanjakan diri. Bagian dalam area telah menyuguhkan keindahan alam yang sangat bervariasi dan tercampur jadi satu. Mulai dari aliran Air Terjun yang cantik hingga sawah hijau yang mengelilingi destinasi mampu memberi pesona menakjubkan.

Batu cadas yang ada di setiap jalur air pun menambah keindahan yang tidak terlupakan. Wisata hits tersebut masih tetap mempertahankan keindahan langsung dari alam. Setiap tamu yang datang juga akan disambut dengan masyarakat yang ramah.

Pengunjung bisa melihat aliran yang dipakai untuk pengairan sawah karena mempunyai kebersihan yang sangat terjaga. Anda dapat mengabadikan momen liburan sambil memotret alam. Jika ingin lebih seru maka cobalah bermain air dengan duduk pada batu di sekitar.

Daya Tarik yang Ditawarkan Air Terjun Kedung Kandang

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Falah Alim Musyaffa

1. Keindahan Alam di Sekitar

Air Terjun Kedung Kandang menyimpan keindahan alam yang ada di sekitar. Aliran dari Air Terjun biasanya dipakai untuk irigasi sawah dan kebun milik warga. Keindahan alam mudah dijumpai pada kanan dan kiri wisata karena masih terlihat natural. Hembusan dari udara segar semakin menunjukkan bahwa Air Terjun ini dikelilingi alam yang sangat memukau.

Wisatawan bisa memilih berkeliling ketika sudah ada di dalam destinasi. Anda dapat melihat pesona lahan milik penduduk yang dipadati dengan tumbuhan jenis apapun. Selain itu aliran air juga begitu bersih yang tidak dicemari oleh zat polusi. Keindahan alam di sekitar memang memikat hati, sehingga menjadi salah satu daya tarik utama yang dapat Anda nikmati.

2. Pesona Air Terjun

Pelancong pasti tidak ingin melewatkan momen bermain air di bawah Air Terjun. Destinasi alam tersebut memang menarik karena mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Hal unik lain bisa dilihat dari tingkat batu yang membuat Air Terjun berundak. Aliran yang turun ke bawah tidak begitu deras karena melewati batu cadas yang tersusun secara acak.

Kesegaran dari Air Terjun membuat kalangan muda hingga tua suka berenang disana. Apalagi saat cuaca sedang bagus tampak debit air yang tidak begitu deras. Tamu selalu berdiri dan duduk di bawah Air Terjun sambil merasakan angin sepoi-sepoi. Pesona dari wisata Kedung Kandang memang tidak mengecewakan karena aliran tidak membahayakan.

3. Kecantikan Sawah

Air Terjun Kedung Kandang dikelilingi sawah hijau yang asri serta terlihat segar. Para tamu akan terpesona dengan tumbuhan padi dan tanaman lain yang ada pada lahan dekat wisata. Tempat ini memang bernuansa desa yang dipadati tanaman hijau. Hal inilah yang selalu menjadi daya tarik untuk memikat wisatawan dari kota.

Sawah milik masyarakat juga kerap disiram dengan aliran dari Air Terjun tersebut. Debit air yang turun dari gunung itu mampu menyediakan volume cukup banyak. Sehingga ladang tanaman warga tumbuh sangat subur dengan pengairan yang cukup. Anda bisa beranjak ke sawah untuk melihat tanaman sekaligus berfoto dengan background yang berbeda.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Aileen

Air Terjun Kedung Kandang berada di Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta. Wonosari menjadi rute yang lebih cepat sampai ke Air Terjun karena butuh waktu 30 menit. Namun pelancong biasanya juga memilih berangkat dari Sleman selama 1 jam. Keberadaan air terjun ini tidak akan membuat traveller susah dalam melakukan perjalanan.

Jika Anda termasuk orang yang berangkat dengan rombongan kerabat maka bisa naik mobil atau sepeda motor pribadi. Disana tidak ada batasan kendaraan karena lokasi mudah dijangkau. Wisatawan bisa mulai dengan berkendara di Jalan Satria. Lurus ke kawasan Jalan KH Agus Salim yang masih berada dalam area Wonosari.

Setelah berhasil masuk ke jalan itu, lanjutkan menuju Jalan Nasional III. Lihat rute untuk mengarah ke Jalan Jogja Wonosari yang tidak pernah sepi karena termasuk jalan utama. Banyak sekali aktivitas masyarakat di pinggir jalan yang membuat traveller tidak bosan. Apalagi akses setiap rute menuju Air Terjun telah didukung dengan papan di pinggir jalan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Heru Giribangkit

Air Terjun Kedung Kandang menyediakan tiket untuk umum Rp 7.000 yang bisa dibeli orang dewasa dan anak-anak. Destinasi jarang sekali tutup karena mulai Senin hingga minggu Air Terjun selalu buka sampai malam. Pelancong juga boleh camping asalkan sudah konfirmasi ke petugas. Biasanya tidak ada biaya masuk tambahan selama melakukan kemah.

Setiap hari di area ini menyediakan pondok yang dilengkapi warung. Jika tidak sempat membawa bekal jangan khawatir karena kuliner khas setempat masih memiliki harga murah. Biasanya makanan dan minuman instan dijual mulai Rp 10.000. Makanan yang cocok di lidah dengan tempat duduk di tengah alam tentu semakin membuat betah.

Sedangkan harga dari parkir kendaraan ramah di kantong semua orang. Tempat parkir memang tidak jauh dari pusat Air Terjun yang telah disediakan untuk kendaraan pribadi milik wisatawan. Biasanya harga parkir kendaraan roda empat Rp 5.000 saja. Sepeda motor pun mempunyai harga yang lebih murah Rp 2.000 serta berlaku setiap hari.

Ragam Aktivitas Seru di Air Terjun Kedung Kandang

Ragam Aktivitas Seru Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps Aileen

1. Bersantai

Suasana alam yang mengelilingi Air Terjun menjadi daya pikat pelancong yang ingin bersantai. Rumput liar menjadi alas duduk yang akan menemani Anda melepas penat. Tetapi jika ingin tidur sejenak maka Anda bisa menuju ke pondok yang sudah mempunyai atap bambu.

2. Kemah

Kedung Kandang menjadi salah satu tempat rekreasi yang kerap dipakai camping. Meskipun pengelola tidak melarang pengunjung berkemah, namun pastikan sudah mendapat izin dari petugas. Disana memang masih asri dan jauh dari pusat jalan raya. Jadi alat kemah harus benar-benar disiapkan dari rumah sendiri.

3. Bermain Air

Debit air tidak tinggi dan deras karena aliran dari Air Terjun Kedung Kandang melintasi batu cadas. Air tersebut diperkirakan berasal dari gunung yang ada di sekitar. Jika Anda bermain air maka akan terasa segar karena aliran yang masih natural. Biasanya traveller sengaja memilih duduk pada batu untuk sekedar menikmati air.

Ragam Aktivitas Seru di Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps truk niaboc

4. Memanjakan Perut

Air Terjun cantik ini dikelilingi sebagian pondok atau gazebo yang masih kuno. Gazebo tersebut biasanya digunakan untuk berkumpul menikmati makan siang. Para tamu dapat memanjakan perut dengan membeli sajian menu makanan di warung. Air Terjun Kedung Kandang masih banyak menyediakan warung pedagang yang menawarkan camilan dan nasi.

5. Berfoto

Kecantikan sekitar Air Terjun yang dikelilingi sawah membuat pesona dari alam tampak lengkap. Hal itulah yang membuat wisatawan tidak pernah kecewa dalam berfoto memakai latar dari pesona tersebut. Selain berfoto dengan keindahan alam, Anda dapat merekam kejernihan air. Semua foto bisa Anda kumpulkan dengan menentukan spot cantik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang
Image Credit: Google Maps M. Muthahhari

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang termasuk cukup baik dalam membantu tamu melakukan segala kebutuhan selama disana. Lahan parkir khusus sepeda motor dan mobil masih mudah dijangkau karena tidak begitu jauh. Setelah parkir Anda dapat jalan kaki melewati sawah ke Air Terjun. Tempat untuk menggelar tenda dapat dijumpai pada area.

Lahan lain menyediakan toilet umum yang digunakan sebagai tempat membersihkan diri setelah pengunjung puas bermain air. Pada kamar mandi tersebut Anda juga bisa ganti baju karena tersedia luas. Pondok kayu yang aman dipakai serta mempunyai atap ada di pinggir. Jika pelancong tidak ingin bermain air maka dapat bersantai saja di pondok.

Kawasan air terjun sudah mempunyai sederet warung yang memanjakan perut dengan menu bervariasi. Hunting foto disana sudah banyak dilakukan karena Air Terjun menyediakan spot alam. Namun disana tidak ada mushola khusus, jadi selama ibadah Anda bisa menumpang ke beberapa rumah warga. Fasilitas memang masih terus dikembangkan.

Demikian review Air Terjun Kedung Kandang sebagai salah satu tujuan berlibur yang mempesona. Selain air yang bersih, wisata juga memiliki aliran yang tidak deras. Bahkan setiap Air Terjun yang mengarah ke kolam akan melewati sebagian batu sehingga cukup menarik. Anda bisa merencanakan liburan seru ke Air Terjun bersama teman dan keluarga.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending