Air Terjun Kembang Soka, Pesona Air Terjun Warna yang Memukau di Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka, Pesona Air Terjun Warna yang Memukau di Kulon Progo
Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta

Air Terjun Kembang Soka merupakan sebuah objek wisata alam yang sangat indah dengan aliran air yang sangat jernih juga. Objek wisata yang berada di aliran air Sungai Miri ini tidak hanya memiliki 1 air terjun saja tetapi ada 2 yang membuatnya menjadi semakin menakjubkan untuk dilihat.

Selain air terjunnya yang sangat indah objek wisata alami yang berlokasi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga mempunyai alam yang sangat indah. Dari alamnya yang sangat indah tersebut para pengunjung tidak hanya akan dimanjakan matanya saja namun para pengunjung juga bisa menikmati suasana damai dari pepohonan hijau di sekitar air terjun.

Air terjun nan cantik ini bisa menjadi solusi bagi anda yang berada di sekitaran Kota Yogyakarta untuk melakukan refreshing karena memiliki banyak pikiran atau masalah dalam pekerjaan dan belajar. Tanpa banyak basa-basi lagi berikut kita akan membahas beberapa hal seputar Air Terjun Kembang Soka.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kembang Soka

Daya Tarik yAir Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram Wisata Yogyakarta

1. Air Terjun

Daya tarik yang pertama dari objek wisata alam ini jelas adalah air terjunnya. Dari kejauhan para pengunjung bisa melihat 2 buah air terjun yang sangat indah dengan aliran air yang sangat jernih juga. Keindahan tersebut akan semakin bisa dinikmati berkat suara gemuruh yang dihasilkan oleh air yang jatuh dari ketinggian sampai ke bagian bawah air terjun.

2. Sungai Miri

Beralih dari air terjun ke Sungai Miri yang menjadi aliran sungai tempat air terjun cantik ini berada. Di Sungai Miri para pengunjung bisa melihat aliran air yang sangat jernih dan segar, bagaimana tidak aliran air sungai ini berada di pegunungan jadi sudah jelas airnya sangat segar untuk diminum atau membasuh diri.

Tidak sedikit pengunjung yang bermain air di aliran Sungai Miri. Meskipun aliran air Sungai Miri tersebut sangat segar dan tergolong aman untuk para pengunjung bermain di aliran airnya, namun anda juga perlu berhati-hati untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Jembatan Kayu

Pada objek wisata alam di pegunungan ini terdapat sebuah jembatan kayu yang membentang tepat didepan Air Terjun Kembang Soka. Jembatan kayu tersebut membuat para pengunjung bisa berjalan melintasi Sungai Miri sambil menyaksikan keindahan dari air terjun di belakangnya.

Di jembatan kayu ini anda akan melihat beberapa pengunjung yang berhenti sejenak untuk berfoto dari jembatan kayu ini. Tidak hanya berfoto dengan latar belakang air terjun, namun ada juga beberapa pengunjung yang berfoto dengan latar belakang pemandangan lembah tempat air terjun cantik ini berada.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps gregorius andy

4. Kolam

Masih di sekitar jembatan kayu yang membentang tepat didepan air terjun, atau lebih tepatnya berada tepat di ujung jembatan kayu tersebut anda juga bisa menemukan sebuah kolam yang cukup besar. Kolam ini biasa digunakan untuk bermain air, pemandangan dari kolam ini juga terbilang indah jadi anda bisa berendam sambil menikmati alam sekitar.

5. Pemandangan Sekitar Air Terjun Kembang Soka

Daya tarik yang terakhir dari objek wisata alam air terjun ini adalah pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah. Berada di atas pegunungan membuat objek wisata ini berada di area lembah yang penuh dengan pepohonan hijau.

Pemandangan yang dihasilkan juga sangat indah apalagi ketika anda melihatnya dari atas jembatan kayu. Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang sangat indah, namun hawa dan udara sekitar objek wisata alam ini juga sangat segar.

Dimana dari banyaknya pepohonan sekitar membuat udara lebih segar dan hawa dingin sangat terasa. Bahkan kadang-kadang ada suara burung yang hinggap di dahan-dahan pohon yang membuat para pengunjung lebih bersantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Putri Alfarini Ratnawati

Untuk alamat dari Air Terjun Kembang Soka berada di sebuah desa kecil bernama Desa Jatimulyo yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Kecamatan Girimulyo, Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Untuk alamat pastinya berada objek wisata alam dengan 2 air terjun cantik ini berada di Jl. Raya Kaligesing yang berjarak 33 km dari Jl. Malioboro.

Untuk lama perjalanan dari Jl. Malioboro menuju lokasi air terjun cantik ini membutuhkan waktu sekitar 58 menit dengan kendaraan bermotor. Sedangkan untuk rutenya sendiri anda bisa mengambil patokan dari Jl. Malioboro menuju Jl. Jlagran Lor kemudian belok kanan di pertigaan Alimka House of Display menuju Jl. Tentara Rakyat Mataram.

Dari Jl. Tentara Rakyat Mataram kemudian anda bisa belok kiri di Jl. Kyai Mojo dan ikuti jalan tersebut sampai anda memasuki ke Jl. Godean atau yang lebih dikenal dengan nama Jl. Ngapak – Kenteng. Tetap di jalan tersebut hingga anda masuk ke Jl. Raya Kaligesing dan menemukan lokasi wisata yang berada di sebelah kiri jalan.

Setelah masuk ke area wisata anda diharuskan untuk memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir dan berjalan kaki masuk sampai menemukan air terjun cantik. Selama perjalanan tersebut anda akan melihat banyak sekali keindahan alam, mulai dari pepohonan, bukit, lembah sungai, jembatan kayu hingga air terjun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Instagram kembangsoka waterfall

Untuk harga tiket masuk ke Air Terjun Kembang Soka adalah Rp.6.000 per orang, dimana harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan. Untuk harga parkir kendaraan sendiri berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan, mulai dari kendaraan roda 2 dibanderol seharga Rp 2.000 per unit sedangkan untuk kendaraan roda 4 seharga Rp 5.000 per unit.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Kembang Soka

Aktivitas di Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Putri Alfarini Ratnawati

1. Berfoto

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di Air Terjun Kembang Soka adalah berfoto. Berfoto sendiri merupakan sebuah kegiatan wajib yang bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja terlebih saat anda sedang liburan, sama halnya dengan berlibur ke wisata alam yang cantik ini anda diharuskan untuk berfoto sepuasnya.

Terdapat beberapa spot foto yang bisa anda coba jika berada di objek wisata alam yang berlokasi di Yogyakarta ini. Salah satu yang paling menarik adalah jembatan kayu yang membentang di depan air terjun dengan pemandangan yang luar biasa indah juga. Selain itu anda juga bisa berfoto di pinggir Sungai Miri atau saat ada sedang berada di sekitar kolam.

2. Mandi di Kolam

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mandi di sebuah kolam cukup besar yang berada tidak jauh dari air terjun cantik ini. Kolam cukup besar tersebut bisa menampung banyak orang sekaligus menunjukan pemandangan luar biasa indah yang bisa anda saksikan dari dalam kolam.

3. Bermain Air Sungai Miri

Selain bermain air di kolam yang berada dekat dengan jembatan kayu, para pengunjung juga bisa merasakan kesegaran aliran air di Sungai Miri. Perhatikan injakan anda ketika masuk kedalam Sungai Miri karena batu atau pijakan yang anda pilih bisa saja licin karena air.

4. Menikmati Pemandangan

Pemandangan merupakan salah satu daya tarik utama dari Air Terjun Kembang Soka. Dimana untuk lokasinya saja yang berada di lembah pegunungan saja sudah membuat objek wisata ini sangat indah untuk disaksikan, belum lagi ditambah dengan pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar air terjun semakin menambah keindahan dari objek wisata alam cantik ini.

Aktivitas Dilakukan di Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps fadjar moch

5. Melakukan Relaksasi dan Melepaskan Kepenatan

Dengan alam yang sangat asri di objek wisata di pegunungan ini membuatnya menjadi salah satu obat yang paling mujarab untuk melepaskan stres atau kepenatan ketika sedang bekerja atau belajar. Suara burung yang bernyanyi dari dahan pohon dan suara angin yang berhembusan di sela dedaunan membuat suasana hati bisa lebih tenang saat.

6. Camping

Salah satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan ketika sedang berada di Air Terjun Kembang Soka adalah camping atau bermalam di sekitaran objek wisata air dengan aliran air yang sangat jernih tersebut. Untuk melakukan camping sebaiknya anda meminta izin kepada warga setempat dan tidak akan merespon selama belum ada yang lirik.

7. Hiking

Hiking atau pendakian merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang ke lokasi wisata alam nan cantik ini. Pasalnya ketika memarkirkan kendaraan bermotor mereka para pengunjung diharuskan untuk berjalan kaki menaiki sebuah perbukitan hingga sampai di lokasi air terjun dengan aliran air yang jernih ini berada.

8. Memancing di Sungai Miri

Kegiatan menarik terakhir yang bisa anda lakukan adalah memancing. Kegiatan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi memancing, namun tujuan utama memancing di aliran Sungai Miri bukan untuk mendapatkan ikan melainkan untuk melepaskan kepenatan dari hirup pikuknya dunia perkotaan dan beban masalah yang anda rasakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Kembang Soka
Image Credit: Google Maps Wachyudi Yuwono

1. Lahan Parkir Kendaraan

Fasilitas yang paling pertama adalah lahan parkir kendaraan. Dimana di lahan parkir kendaraan tersebut anda akan membayar berapa Rupiah agar kendaraan anda bisa aman untuk diparkirkan dan diperhatikan sampai pulang ke rumah. Untuk harganya berbeda-beda dari Rp 2.000 per unit untuk roda 2 dan Rp 5.000 per unit untuk kendaraan roda 4.

2. Jembatan Kayu

Di Air Terjun Kembang Soka ada ditemukan sebuah fasilitas yang menghubungkan 2 tempat, dimana fasilitas tersebut bernama jembatan kayu. Jembatan kayu ini akan sangat membantu para pengunjung untuk berjalan dari satu titik ke titik lainnya.

Sepanjang penyebrangan tersebut anda akan melihat beberapa orang yang sibuk berfoto sebelum lanjut jalan.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Objek wisata yang berhubungan dengan air pasti memiliki fasilitas kamar mandi dan toilet. Fasilitas ini sangat penting karena para pengunjung bisa dengan mudah mengganti baju sebelum dan sesudah bermain air, lalu bisa mandi atau bilas, hingga buang air besar dan kecil. Terdapat 2 jenis kamar mandi dan toilet mulai dari toilet pria dan toilet wanita.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Air Terjun Kembang Soka yang berada di Yogyakarta tersebut. Objek wisata alam nan cantik ini akan membuat anda terkagum-kagum dengan keindahannya, sedangkan point plus lainnya adalah ketika para pengunjung merasakan segarnya aliran air Sungai Miri tersebut.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending