20 Air Terjun di Malang yang Populer & Terindah

20 Air Terjun di Malang yang Populer & Terindah

Malang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak objek wisata alam yang menakjubkan. Inilah daftar destinasi air terjun terindah di Malang yang masih asri dan menarik untuk dijelajahi.

Malang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Malang juga di kenal dengan beragamnya wisata. Baik wisata alam maupun buatan. Salah satu wisata alamnya adalah Air Terjun yang masih jarang di ketahui oleh wisatawan.

Air Terjun yang ada di Malang sangat banyak dan beragam keunikan. Keasriannya pun masih terjaga dari tangan-tangan jahil. Apalagi yang berada di wilayah Kabupaten. Sangat banyak sekali air terjun yang indah dan mempesona. Tiket masuknya pun kebanyakan masih gratis.

Namun, ada hal yang sangat disayangkan. Beberapa diantaranya masih tidak terkelola dengan baik, sehingga akses ke tempatnya sangat sulit dan harus membawa bekal sendiri. Namun, hal ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan lebih. Berikut list air terjun hits di Malang yang terkenal dengan pesona alamnya.

1. Coban Siuk

Coban Siuk
Image Credit: Facebook.com @CobanSiuk

Coban Siuk merupakan Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 90 meter dengan debit air yang relatif besar. Selain melihat air terjun yang indah, di air terjun ini juga bisa menikmati kesegarannya dengan cara bermain di pinggir kolam bawah air terjun.

Di tempat ini pula ada sebuah gua peninggalan penjajah jepang yang terdapat di kawasan air terjun. Bukan itu saja, di tengah perjalanan ke Coban Siuk, adapula coban lain setinggi 12 m.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.

2. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok
Image Credit: Wajibbaca.com

Air terjun Banyu Anjlok berada di tepi pantai. Belakangan ini memang, air terjun ini sedang naik daun. Sebab air terjun Banyu Anjlok memiliki air terjun yang bercampur dengan keindahan kolam alam dan pantai.

Pantai yang dimaksud adalah pantai Lenggoksono, dimana air terjun tersebut airnya mengalir langsung ke laut. Sedangkan kolam diatasnya terasa segar. Air terjun ini berlokasi di Dampit, tepatnya di Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Kec. Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur.

3. Coban Parang Tejo

Coban Parang Tejo
Image Credit: Google Maps (Mochamad Eko Suprianto)

Air terjun Coban Parang Tejo berada di Desa Gading kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Coban tersebut tingginya sekitar 100 meter dengan pancaran air mulai atas hingga bawah yang relatif halus.

Bukan itu saja keindahan yang bisa dinikmati di Coban Parang Tejo adalah munculnya pelangi di pagi hari. Cahaya matahari dibiaskan oleh percikan air terjun sehingga munculah lengkungan spectrum yang berwarna-warni.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Princi Gading Kulon, Godehan, Kucur, Kec. Dau, Kab. Malang, Jawa Timur.

4. Coban Rondo

Coban Rondo
Image Credit: Google Maps (Jason chen)

Air Terjun Coban Rondo Malang merupakan air terjun yang berada di ketinggian gunung. Sehingga udaranya terasa sangat sejuk dan pemandangan alamnya masih natural. Wisata air terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang Jatim, lebih rincinya yaitu di desa Pandesari, Kecamatan Pujon.

BACA:  Curug Malela Bandung - Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Banyak sekali keseruan yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu Anda berlibur. Terutama bersama rekan-rekan, keluarga, maupun kerabat Anda seperti Fun Tubing, Paint Ball, Satwa dan Kebun.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

5. Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi
Image Credit: Instagram.com @roellah

Wisata Air Terjun Coban Pelangi berada di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jaraknya dari malang kota sekitar 1 jam perjalanan atau 30 km. Tidak usah takut tersesat, sebab jalannya satu jalur ke arah Bromo Tengger Semeru.

Pada saat mencapai sebagian perjalanan, ada sebuah camping ground yang menyediakan fasilitas nunggang jaran atau berkuda. Hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung tidak bosan setelah melalui perjalanan yang panjang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.

6. Coban Trisula

Coban Trisula
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Coban Trisula berlokasi di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Air terjun ini jatuh sebanyak tiga tingkat sehingga namanya di sebut Coban Trisula. Tingkat paling atas disebut Coban Atas yaitu air terjun utama dari curah sungai Lajing tingginya sekitar 35 m.

Di bawahnya terdapat Coban Tengah, yang sumbernya dari aliran air terjun pertama dan kolam penampung air, tingginya sekitar 2,5 m. Coban Bawah yaitu air terjun ketiga yang sumbernya dari aliran air atasanya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngadas, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.

7. Coban Tundo

Coban Tundo
Image Credit: Instagram.com @kemanakitaofc

Jika Anda sedang berwisata ke pantai di daerah Malang Selatan, jangan lupa mampir ke Coban Tundo. Coban Tundo merupakan air terjun yang letaknya paling atas. Ia mempunyai beberapa cm cekungan. Sehingga air terjun ini bisa digunakan untuk berenang.

Akan tetapi, Anda harus benar-benar bisa berenang dan jangan dekat-dekat dengan air terjunnya. Namun disini ada persewaan ban pelampung untuk Anda yang kurang bisa berenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tambakasri, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur.

8. Coban Nirwana

Coban Nirwana
Image Credit: Instagram.com @nizal_amna_alfatih

Air terjun Nirwana atau bisa juga di sebut Air Terjun Mbok Karimah adalah air terjun yang sedang hits di Malang. Air terjun ini terletak di Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Namun, meskipun baru saja terkenal, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Berbagai hal unik dapat Anda temukan di tempat ini. Salah satunya seperti pemandangan keren yang bisa di buat foto selfie.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan Lor Gedangan, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.

9. Air Terjun Coban Manten

Air Terjun Coban Manten
Image Credit: Instagram.com @taqkim

Coban Manten berada di desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini sangat cantik dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Malang. Ia juga sering disebut dengan nama Coban Kembar.

Di tempat ini ada 2 air terjun yang berjajar dalam satu tebing layaknya sepasang pengantin. Bisa jadi, sebab hal itulah air terjun ini disebut Coban Manten. Lokasinya masih tersembunyi dan jarang dikunjungi sehingga alamnya masih terlihat alami.

BACA:  Pantai Plengkung Banyuwangi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

10. Air Terjun Coban Jahe

Air Terjun Coban Jahe
Image Credit: Instagram.com @ryan_2920

Air Terjun Coban Jahe berada di Dusun Begawan, persisnya di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Tepatnya berada di kawasan Perhutani unit II Jatim Malang dan masih tersembunyi. Sehingga membuat nuansa coban ini terasa sangat alami.

Terdapat taman yang menghiasi sekitar Coban jahe, membuatnya nampak anggun nan mempesona. Tebingnya menjulang tinggi disertai bebatuan besar, pepohonan hijau yang rindang dengan percikan air yang terpancar dari derasnya ketinggian coban Jahe membuat tentram wisatawan yang memandangnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.

11. Coban Tengah

Coban Tengah
Image Credit: Facebook.com @CobanTengahPujon

Coban tengah mempunyai pemandangan yang sangat indah. ia memiliki ketinggian sekitar 50 m. Coban ini juga dikenal dengan nama Coban Dudo. Memiliki air yang terjun bebas dan deras, membuat keberadaan kolam dibawahnya.

Lingkungan sekitar sangat sejuk sehingga cocok untuk bersantai sambil berenang. Hal ini mungkin disebabkan coban ini masih sepi pengunjung. Sehingga terhindar dari tangan-tangan jahil.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

12. Air Terjun Coban Cinde

Air Terjun Coban Cinde
Image Credit: Google Maps (Syamsu Anaqin)

Coban Cinde berada di Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Jaraknya dari kota Malang sekitar 27 km. Coban ini juga masih tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan.

Bagi pencinta petualang wajib banget ke tempat ini. Karena medan untuk sampai ke coban ini lumayan berat. Di kawasan Coban Cinde ini juga ada dua air terjun yang bisa Anda jumpai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Benjor, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur.

13. Coban Ciblungan

Coban Ciblungan
Image Credit: Instagram.com @onezliano

Coban Ciblungan berlokasi di Dampit, Amplegading, Kabupaten Malang. Coban ini terkenal Indah dan belum banyak wisatawan. Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi namun sangat menyejukkan. Di tempat ini sudah disediakan kamar mandi, jadi buat Anda yang suka bermain air jangan lupa bawa baju ganti.

Untuk harga tiket masuknya tidak ada ya, jadi masih gratis. Namun untuk parkir kendaraan Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Dampit-Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Kec. Sidorenggo, Kab. Malang, Jawa Timur.

14. Sumber Pitu Tumpang

Sumber Pitu Tumpang
Image Credit: Instagram.com @reyin_feno_mega

Coban ini dinamakan sumber pitu karena memiliki sumber atau aliran air sebanyak 7 aliran. Air tersebut mengalir di bebatuan yang ditumbuhi rerumputan hijau. Airnya sangat jernih dan segar. Anda bisa berenang pula disini karena dibawah aliran sumber ini ada kolamnya.

Namun sebelum sampai di sumber pitu (tujuh) nya kita dihidangkan sebuah air terjun tunggal yang mengalir membasahi tebing-tebing cantik. Jaraknya dengan sumber pitu hanya berkisar 150 m saja loh.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krajan, Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa .

15. Sumber Pitu Pujon

Sumber Pitu Pujon
Image Credit: Instagram.com @yemimaria_drg

Sumber pitu atau dalam bahasa Indonesia ini berarti air terjun yang berjumlah tujuh ini berbeda dengan di Duwet Tumpang. Namun keasriannya tetap sama saja. Banyak ladang warga yang indah.

BACA:  Pantai Gatra Malang Selatan - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Perjalanan kesana cukup sulit, namun Anda bisa melihat ladang warga dan perbukitan yang indah. Adapula kursi di bagian-bagian tempat untuk istirahat. Semua akan terbayar saat sudah sampai di lokasi air terjun.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pujon Kidul, Krajan, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

16. Coban Kodok

Coban Kodok
Image Credit: Instagram.com @kkn112sukomulyo

Tak jauh dari Sumber Pitu Pujon, ada Coban Kodok. Hanya sekitar 30 menit-an saja. Tempat ini juga jarang diketahui orang. Tak ada petunjuk untuk pergi ke air terjun ini, jadi tanyakan kepada warga setempat ya.

Kendaraannya titipkan di rumah warga, sebab harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit untuk bisa sampai air terjun. Selain itu, harus melewati perkebunan warga setempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Gumul, Bian, Sukomulyo, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur.

17. Coban Jidor

Coban Jidor
Image Credit: Instagram.com @ridwanesia_

Air terjun coban jidor termasuk wisata tersembunyi dan belum banyak wisatawan yang tahu. Coban Jidor ini menyuguhkan panorama air terjun yang sangat alami, baik alam di sekitarnya, maupun cobannya sendiri.

Meskipun tidak sepopuler coban-coban di sekitarnya, Coban Jidor memiliki keindahan dan keasrian yang tak kalah dari air terjun di satu kecamatan tersebut. Aliran airnya juga relatif jernih, bersih, dan sangat segar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Kec. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur.

18. Coban Bidadari

Coban Bidadari
Image Credit: Google Maps (Rizky Pratama)

Coban bidadari ini memiliki panorama sunrise dan sunset. Selain itu bisa juga menikmati pelangi yang dipancarkan oleh coban itu sendiri. Kondisi airnya pun masih sangat alami dan membuat udara disekitarnya terasa sejuk. Sehingga Anda terasa bebas dan melupakan beban Anda untuk sementara waktu.

Coban Bidadari juga memiliki Spot yang instagrammable seperti panorama gunung, Sayap Bidadari, Rumah Hobbit, Rumah Pohon, Ayunan di tepi jurang, dan Gardu Pandang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Gubugklakah, Gubukklakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur.

19. Coban Sewu

Coban Sewu
Image Credit: Instagram.com @ma.landscape

Coban Sewu memiliki arti Air Terjun yang berjumlah seribu. Letaknya berada di perbatasan Malang dengan Lumajang. Namun jika di lumajang ia dikenal dengan nama Tumpak Sewu.

Jalan yang dilalui untuk menuju ke Coban Sewu yaitu jalan berupa tangga dari bambu yang dibuat oleh penduduk setempat. Setelah sampai di bawah, baru Anda bisa menikmati betapa indahnya Coban Sewu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Besukcukit, Sidorenggo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur.

20. Coban Kethak

Coban Kethak
Image Credit: Instagram.com @randy_o41

Coban Kethak berasal dari dahulu kawasan perbukitannya merupakan tempat tinggal kera-kera. Lokasinya sangat mudah dicari, yakni di pinggir jalan yang dilewati oleh bis kota.

Coban Kethak terletak di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang ini memiliki batu berbentuk singa yang mengeluarkan air terjun yang kencang dan keras setinggi 15 m. Suaranya terdengar gagah dan membuat hutan tak terdengar sunyi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pait Utara, Kec. Kasembon, Kab. Malang, Jawa Timur.

Nah, itulah rekomendasi Air Terjun atau Coban yang ada di Malang, Jawa Timur. Masih banyak sekali yang asri dan tersembunyi bukan? Selain itu, harga tiketnya juga sangat terjangkau oleh semua orang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending