Air Terjun Parangloe Gowa, Menikmati Keindahan Air Terjun Sembari Kulineran

Air Terjun Parangloe Gowa, Menikmati Keindahan Air Terjun Sembari Kulineran
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Parangloe yang berlokasi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini memiliki pemandangan deretan bebatuan yang berundak-undak sembari dialiri oleh air. Karena hal inilah air terjun ini juga dinamakan Air Terjun Bertingkat dan Air Terjun Bersusun sebab bentuk air terjunnya yang berupa susunan atau tingkatan bebatuan. Bentuknya yang seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Air Terjun Parangloe ini disebut-sebut sebagai air terjun yang terindah di Gowa berkat susunan bebatuannya yang berderet rapi menjulang tinggi. Suasana dari air terjun ini masih tergolong alami sebab lokasinya yang belum banyak orang yang tahu. Selain alami, suasana tenang yang begitu damai juga dapat dengan mudah wisatawan temukan ketika memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan disini.

Dengan struktur air terjunnya yang memiliki kekhasan tersendiri serta lokasinya yang alami dengan suasana tenang begitu memikat para wisatawan untuk datang kesini. Terlebih para wisatawan yang mendambakan berlibur dengan panorama air terjun cantik sembari ditemani oleh suasana yang tenang dan alami. Sangat wajib disambangi untuk anda yang sedang mencari spot destinasi wisata liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Parangloe

Daya Tarik Air Terjun Parangloe
Image Credit: Twitter.com @Khatulistiwamks

Obyek wisata dengan aliran air setinggi 20 meter ini juga memiliki daya tarik yang bisa menjadi poin tambah untuk anda yang berencana datang kesini.

1. Lokasinya di Tengah Hutan Belantara

Air terjun yang hits di Gowa ini berada di tengah hutan belantara. Hingga udara asri merupakan hal yang dapat dengan mudah wisatawan temukan disini. Deretan pepohonan hijaunya akan menyambut wisatawan mulai dari lokasi parkir hingga ke sekeliling area Air Terjun Parangloe. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun wisatawan akan ditemani dengan deretan pepohonan hijau layaknya berada di hutan belantara.

Lokasinya yang seakan berada di tengah hutan belantara ini menciptakan udara asri yang begitu lekat terasa. Sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai area melepas penat dari hiruk-pikuk kota. Pepohonan hijau yang menjulang tinggi di sisi-sisi air terjun juga meningkatkan kesan alami layaknya dekorasi cantik yang dibuat oleh alam. Bagaimana, apakah anda sudah tertarik untuk berlibur disini?

2. Dilengkapi dengan Gazebo dan Warung Makan

Jika membahas tentang obyek wisata tentu kurang lengkap kalau melewatkan keberadaan warung makannya. Seperti halnya gazebo dan warung makan yang dapat wisatawan temukan di air terjun ini. Menyajikan kesejukan udara karena lokasinya di tengah hutan belantara menjadikan wisata kuliner adalah hal yang berpotensi baik jika dilakukan disini. Wisatawan yang datang tidak akan merasa lapar.

Selain warung makannya yang menjadi incaran para wisatawan pecinta makan, kawasan Air Terjun Parangloe juga dilengkapi dengan gazebo. Gazebo-gazebo yang berdiri di lokasi ini menawarkan pemandangan air terjun lengkap dengan pepohonan rindang yang terlihat begitu asri. Wisatawan yang berlibur disini akan merasakan liburan yang berkualitas dengan keberadaan gazebo dan warung makan serta suasananya.

3. Keindahan Suguhan Air Terjun

Daya tarik utama sekaligus menjadi daya tarik yang mempengaruhi jumlah pengunjung disini ialah dari keindahan suguhan air terjunnya. Tidak ada kata lain yang bisa menjelaskan dengan detail mengenai tempat ini selain kata ‘indah”. Bahkan karena keindahan yang disuguhkan menjadikan Parangloe disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Gowa oleh para wisatawan yang datang. Tentu ini merupakan fakta.

Air terjun yang menjatuhkan air segar ini memiliki tinggi 20 meter dengan keunikan yang dimilikinya. Bagaimana tidak unik, pasalnya air terjun ini memiliki struktur bebatuan yang berderet menjulang keatas sembari dialiri oleh jetuhnya air. Hal inilah yang menjadi incaran para pengunjungnya, sebab pemandangan indah seperti ini belum tentu dapat ditemukan dalam destinasi wisata air terjun lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Parangloe
Image Credit: Google Maps (Parayitno Budi Santoso)

Air Terjun Parangloe termasuk dalam obyek wisata favorit wisatawan walaupun lokasinya masih tergolong sepi. Berdasarkan namanya, air terjun dengan pemandangan indah ini berlokasi di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tepatnya di Desa Bori. Wisatawan bisa menempuh jarak sejauh 20 km dari Kota Makassar. Rute yang dilalui pun terdiri dari dua akses jalan menuju air terjun.

Rute pertama yaitu dengan memulai perjalanan dari pusat Kota Makassar. Setelah wisatawan berada di Makassar, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju Kabupaten Gowa. Wisatawan dapat menempuh perjalanan melewati Kelurahan Malino yang berlokasi di Kecamatan Tinggimoncong. Hingga sampailah di Bendungan Bili-Bili dengan luas bendungan sebesar 384,40 km2.

Selanjutnya, wisatawan dapat menuju ke rute kedua. Wisatawan dapat menemukan sebuah kantor kelurahan yang berjarak 200 meter dari pusat Kelurahan Malino. Setelahnya, teruskan perjalanan ke jalan masuk yang berada di samping kantor kelurahan tersebut. Wisatawan akan menempuh perjalanan sejauh 2 km untuk menuju pusat air terjun. Rute ini pun bisa juga dilalui oleh kendaraan beroda dua.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Parangloe
Image Credit: Twitter.com @GNFI

Keindahan alam yang disajikan secara khusus untuk para pengunjungnya menjadikan Air Terjun Parangloe begitu diminati. Bahkan, wisatawan yang berkunjung pun tidak hanya berasal dari dalam daerah Gowa saja, tetapi juga luar daerah. Banyak wisatawan yang berdatangan dari luar daerah hanya untuk merasakan suguhan alam yang disajikan secara apik oleh air terjun ini. Bagaimana dengan anda?

Wisatawan yang tertarik menyambangi air terjun ini bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 200.000 sebagai biaya menuju lokasi. Mengingat bahwa banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah menjadikan bus sebagai transportasi yang bisa dipilih untuk menuju air terjun. Dengan dana itu, wisatawan dapat menempuh perjalanan dari pusat Kota Makassar menuju Kelurahan Malino dengan bus.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun

Aktivitas Seru di Air Terjun
Image Credit: Google Maps (Edwar Suyanto)

1. Trackking di Tengah Hutan Belantara

Wisatawan yang hendak merasakan keindahan sesungguhnya dari air terjun ini bisa sekalian melakukan aktivitas trackking. Sebab lokasinya yang berada di hutan belantara menjadikan aktivitas trakking merupakan sesuatu yang pas dilakukan disini. Mengingat juga bahwa wisatawan harus menempuh perjalanan 2 km dari kantor lurah untuk menuju air terjun. Jadi trackking disini sangat pas jika dilakukan.

Bebatuan yang cukup terjal dan licin merupakan hal yang lumrah jika trackking disini. Wisatawan juga bisa menemukan batang pohon yang tumbang sehingga akan sedikit menghalangi perjalanan, namun hal itu bukan menjadi suatu masalah bahkan bisa dikatakan menjadi suatu keseruan tersendiri. Suasana alam yang sejuk serta dikelilingi oleh tingginya pepohonan hijau menjadi teman baik dalam perjalanan.

2. Berwisata Kuliner Diatas Gazebo

Air terjun yang berada di Gowa ini ternyata juga dilengkapi dengan warung makan lengkap dengan gazebo yang menyertainya. Keberadaan warung makan disini menjadikan Parangloe sebagai air terjun yang tidak ketinggalan dengan wisata kulinernya. Cocok sekali disambangi untuk anda para pecinta makanan yang ingin merasakan sensasi berbeda dalam menyantap makanan dengan view alamnya.

Wisatawan bisa mencicipi beragam makanan ringan yang dijajakan oleh warung makan disini. Kegiatan menyantap makanan akan semakin terasa jika dilakukan diatas gazebo yang telah disediakan. Sembari menatap indahnya air terjun menjadikan momen bersantap lebih berkesan berkualitas. Jadi, bagi wisatawan yang tertarik menyambangi air terjun ini tidak perlu khawatir mengenai adanya warung makan.

3. Merasakan Kesegaran Air Terjun

Wisatawan yang ingin merasakan kesegaran sesungguhnya dari Air Terjun Parangloe bisa dengan bermain air di aliran air bawahnya. Namun, hati-hati merupakan suatu hal yang harus wisatawan perhatikan dengan seksama. Karena air terjun ini pernah beberapa kali memakan korban. Jadi, wisatawan bisa lebih berhati-hati dengan tidak melanggar larangan agar tidak terjadi hal-hal buruk.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Parangloe

Fasilitas di Air Terjun Parangloe
Image Credit: Google Maps (Jefri Sattu)

Lokasinya yang berada sedikit jauh dari pusat Kota Makassar serta berada di pedesaan menjadikan fasilitas yang disediakan disini hanya tersedia seadanya saja. Tempatnya yang terpencil dengan jumlah wisatawannya yang tidak seberapa juga menjadi hal pendukung mengapa fasilitas yang ada di Air Terjun Parangloe hanya seadanya. Terlepas dari itu, air terjun ini tidak kalah dalam menyajikan pemandangan.

Hanya terdapat beberapa fasilitas umum seperti halnya warung makan yang dilengkapi gazebo. Warung makan yang tersedia disini menjajakan berbagai jenis makanan ringan yang bisa dijadikan sebagai pengganjal lapar. Keberadaan warung makan yang berada disini menjadi kesenangan tersendiri untuk para wisatawan yang lelah selepas trackking menuju tujuan.

Selain warung makan, air terjun ini juga menyediakan gazebo yang bisa dipakai pengunjungnya untuk duduk dan bersantai sembari bersantap. Gazebo ini memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah dengan susunan meningkat dari bebatuannya. Sehingga wisatawan bisa mendapatkan dua fasilitas umum sekaligus saat berkunjung kesini.

Demikianlah beberapa hal menarik mengenai Air Terjun Parangloe. Air terjun yang menawarkan pesona keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Bentuk dekorasi alam yang disuguhkan oleh air terjun ini menjadikannya memiliki daya pikat tersendiri yang patut dipuja. Lokasinya yang tenang dengan jumlah pengunjung yang tidak ramai juga menjadi pelengkap ketika berlibur disini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending