Air Terjun Sikulikap Karo – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Air Terjun Sikulikap Karo

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Sikulikap salah satu air terjun tersembunyi di Berastagi Karo, Sumatera Utara. Wisata air yang kaya pesona, asri dan banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Doulu, Kec. Tanah Berastagi, Kab. Karo, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Sikulikap adalah satu dari banyak objek wisata air alami yang ada di Sumatera. Wisata air yang lokasinya berada di Kabupaten Karo tersebut memiliki ketinggian 30 meter. Air terjun yang menawan ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Air terjun itu dikelilingi pohon cemara yang menambah indah pemandangan.

Sekitar area wisata tersebut memiliki keindahan alam yang dapat menenangkan jiwa. Air terjun cantik ini memiliki nama lain Sampuren Sikulikap dalam bahasa lokal daerah Karo. Air terjun di lokasi ini sangat deras, dan sangat indah dibandingkan air terjun lainnya yang ada di Sumatera.

Menariknya, wisata air ini berada di tengah hutan hujan tropis. Selain itu di lokasi tersebut juga ada beberapa fasilitas dan wahana yang cukup baik dan bagus. Air di lokasi ini sangat dingin dan segar. Dimana aliran air di air terjun bersumber langsung dari Hutan Lindung Bukit Barisan. Namun para wisatawan dilarang langsung mandi di bawah derasnya air.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sikulikap

Daya Tarik Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Twitter.com @heidy_novi

1. Indahnya Air Terjun

Air Terjun Sikulikap dikelilingi bingkaian tebing berbatu dan diselimuti tumbuhan kecil-kecil. Hutan sekitar air terjun adalah hutan yang dilindungi. Hutan ini juga dijadikan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Kabupaten Karo.

Salah satu yang menjadi daya tarik di air terjun adalah adanya, sebuah tempat singgah atau istirahat yang dibuat dengan mengikuti gaya rumah adat Karo. Di tempat ini bisa dijadikan tempat bersantai dan menikmati bekal makanan Anda.

Lokasi air terjun yang sejuk dan menyegarkan dapat membuat Anda kedinginan. Hal ini karena debit air yang jatuh sangat besar dan deras. Sehingga beberapa peringatan ditempelkan di sekitar tempat. Dimana peringatan tersebut berbunyi larangan untuk tidak mandi di bawah air yang jatuh secara langsung.

Air terjun berada di bawah jurang yang disebut dengan nama jurang penatapan. Lokasi ini adalah tempat paling terkenal di Kabupaten Karo. Indah dan ramainya di kawasan jurang ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk berjualan jajanan dan kuliner lainnya.

BACA:  10 Pantai Cantik yang Ada di Sumatera Utara

Anda bisa mendapatkan jagung bakar, jagung rebus di lokasi tersebut. sambil menikmati makanan Anda juga akan menikmati keindahan alam berupa bukit, hutan dan air terjun.

Untuk bisa sampai di dekat air terjun Anda tidak perlu khawatir. Petugas pengelola air terjun ini sudah menyediakan jalur untuk turun ke air terjun yang aman dan mulus. Ada tangga dengan pegangan besi di pinggirnya yang dapat mengantarkan Anda ke sampai ke bawah dengan aman. Beberapa jalanan curam juga sudah diperbaiki dan diaspal.

2. View Berfoto yang Instagrammable

Di kawasan Air Terjun Sikulikap tersedia beberapa spot berfoto yang instagrammable. Spot-spot berfoto itu disediakan oleh pihak pengelola di area wisata ini. berfoto di tangga dengan lata air terjun menjadi favorit bagi remaja yang datang.

Di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun dibangun beberapa tempat berfoto. Ada latar cantik yang juga bisa dijadikan untuk berswafoto dan berselfie. Selain itu di dekat air terjun cantik ini juga ada sebuah pondok yang unik yang dijadikan tempat berfoto bagi para wisatawan.

Ada rumah hobbit yang juga dijadikan spot berfoto unik. Di depan rumah hobbit ini para wisatawan yang datang selalu mengantri untuk mendapatkan foto cantik di tempat tersebut.

Ada rumah pohon yang memberikan view air terjun dari ketinggian pohon. Adanya rumah pohon tersebut menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berbondong-bondong datang. Para pengunjung yang hobi hunting foto menjadikan lokasi ini adalah pilihan utama untuk berfoto

Selain itu, ada beberapa papan-papan unik dengan tulisan cantik yang dipajang. Adanya tulisan-tulisan ini juga dijadikan sebagai tempat berfoto dan berselfie bagi pengunjung.

Daya Tarik dari Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Instagram.com @zev_zlatan

3. Tempat Berfoto Preweding

Area hutan dan air terjun yang yang memberikan view keren dan kece membuat beberapa pengunjung menjadikan lokasi ini menjadi lokasi berfoto preweding yang bagus dan romantis. Lokasi dan suasana ini juga memberikan nuansa romantis untuk dijadikan berfoto bagi pasangan baru.

Diantara deretan pohon pinus adalah salah satu pilihan yang tepat untuk berfoto. Selain itu, ada sudut favorit yang dijadikan spot cantik berfoto bersama pasangan. Berfoto di tempat ini sangat cocok dibingkai cantik dan dipajang di dinding rumah Anda.

Sebelum datang ke lokasi wisata, cek dan perhatikan cuaca hari itu. Usahakan tidak datang pada saat hujan lebat. Atau Anda harus super hati-hati. Di tangga saat turunan akan lebih licin saat hujan dan memudahkan tergelincir.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sikulikap

Alamat Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Google Maps (Fdln)

Air Terjun Sikulikap Karo berada di Sumatera Utara. Titik keberadaannya yaitu di jalan Jamin Ginting, Desa Doulu, Tanah Berastagi, Karo. Dari Medan, perjalanan menuju lokasi wisata air terjun memakan waktu sekitar 3 jam.

BACA:  Pulau Pandang Batubara - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Air terjun tersebut menjadi pilihan utama berlibur bersama keluarga atau teman. Untuk rute menuju lokasi, jika berada di pusat kota Medan, arahkan kendaraan Anda menuju ke Martelu. Jalan ini akan membawa Anda sampai di perbatasan.

Setelah sampai di perbatasan Kabupaten Karo, maka Anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Sikulikap. Dari perbatasan ini rute untuk menuju wisata tersebut akan lebih mudah untuk didatangi.

Untuk para wisatawan yang membawa kendaraan, disediakan tempat parkir di dekat gerbang masuk wisata. Setelah itu Anda perlu berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

Untuk memasuki kawasan wisata air tersebut, Anda tidak akan dikenakan biaya. Hanya saja untuk kendaraan yang diparkir, Anda akan dikenakan tarif lima ribu rupiah untuk sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan sejenisnya dikenakan biaya sebesar sepuluh ribu rupiah.

Jam buka wisata air tersebut yaitu dari jam 7 saat matahari mulai naik sampai jam 5, ketika matahari mulai terbenam. Pengunjung disarankan untuk tidak berada di lokasi bawah jurang atau di dekat air terjun saat hari mulai gelap. Selain gelap, sangat berbahaya jika tidak melihat jalan yang licin.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sikulikap

Aktivitas di Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Instagram.com @ijal_mahendri

1. Trekking Menuju Air Terjun

Jalan-jalan santai menuju lokasi wisata air ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jalur trekking sudah dibuat dengan mulus dan bagus. Ada beberapa tangga yang akan dilewati. Setiap tangga terdapat pegangan besi untuk berpeganggan.

Trekking ini dimulai dari lokasi parkiran. Perjalanan tersebut dapat memberikan banyak pengalaman menarik untuk Anda. Jalur air terjun melewati hutan, sehingga akan terasa sangat seru. Hijaunya deretan pohon dan pemandangan yang akan ditemukan selama perjalanan dapat menambah koleksi foto Anda.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan anggrek hutan yang berbunga indah. Selain itu, beberapa monyet yang bermain-main di sekitar pepohonan dapat menjadi penyemangat perjalanan Anda selama menuju lokasi.

2. Bersantai di Area Air Terjun

Aliran air yang mengalir di kawasan Air Terjun Sikulikap berasal langsung dari pegunungan Karo. Ditambah dengan sepoi angin segar dari hutan wisata yang mengelilingi, membuat tempat ini menjadi lokasi bersantai yang nyaman.

Selain pemandangan yang menyejukkan, view di daerah ini juga dibingkai dengan aroma pohon pinus di sekitar air terjun. Lokasi ini sangat cantik dijadikan tempat berfoto atau membuat video.

3. Panjat Tebing

Lokasi air terjun ini sudah lama dijadikan sebagai lokasi yang digunakan sebagai area panjat tebing oleh para wisatawan. Dimana di dekat air terjun tersebut terdapat sebuah dinding tebing batu cadas yang bagus dijadikan sebagai tempat untuk olahraga ekstrim ini.

BACA:  10 Air Terjun di Pacet Mojokerto yang Populer & Terindah

Olahraga panjat tebing itu memiliki kemiringan sekitar 90 derajat. Medan yang seram dan menantang ini menjadi kegiatan favorit bagi banyak wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota dan mancanegara.

Komunitas untuk olahraga panjat tebing itu sering datang dan menggunakan lokasi ini untuk latihan. Bagi Anda yang suka ketinggian dan ingin menguji nyali bisa datang ke lokasi air terjun. Anda yang baru pertama ingin mencoba olahraga ini jangan khawatir dan takut, karena Anda akan diberikan peralatan dan keamanan dan pelatihan.

Aktivitas Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Google Maps (Irwan S.m)

4. Camping

Terdapat area kampung yang disediakan di dekat lokasi air terjun tersebut. Anda bisa mendirikan tenda sambil menikmati keindahan alam di sekitar. Anda tidak perlu takut kekurangan air jika berkemah di lokasi ini. dengan berjalan dekat saja Anda bisa mengambil air di air terjun yang airnya berasal dari pegunungan ini.

Bermalam dengan menikmati suasana hutan dan air terjun di sekitar wisata ini akan membuat Anda merasa relaks. Saat malam nyanyian jangkrik akan menemani tidur nyenyak Anda.

Anda bisa membuat acara seru saat berkemah di lokasi ini. Membuat api unggun misalkan. Setelah membuat api unggun, Anda bisa membakar jagung atau ayam di perapian. Kegiatan tersebut sering dilakukan beberapa pengunjung yang datang berkemah.

5. Barbeque Bersama Keluarga

Di sekitar air terjun bisa dilakukan kegiatan barbeque atau ngegrill seru bersama keluarga atau teman. Dimana lagi bisa ngegrill outdoor dekat air terjun kalau bukan di Air Terjun Sikulikap.

Tempatnya yang sangat mendukung membuat lokasi ini menjadi sangat cocok dan pas. Anda bisa menghabiskan liburan asik sambil makan-makan di dekat air terjun ini. dikelilingi pemandangan yang eksotis dan air terjun yang sangat mempesona menjadikan liburan Anda semakin penuh momen yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sikulikap Karo

Fasilitas Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Google Maps (Dokterkoboi Yt)

Fasilitas yang disedikan di lokasi wisata air tersebut cukup banyak. Ada spot berfoto yang unik dan menarik, ada tempat duduk dan tempat istirahat. Ada pondok kayu ala adat Karo. Ada fasilitas umum dan tempat parkir.

Selain itu, ada fasilitas yang dijadikan sebagai wahan olahraga dan bermain seru. Ada tempat climbing atau panjat tebing di dekat air terjun, ada lokasi kampung yang terletak di tempat yang strategis.

Itulah informasi tentang Air Terjun Sikulikap di Tanah Karo yang dulunya juga pernah tenar. Kini air terjun tersebut bangkit dan menjadi populer kembali. Setelah sekian lama tertidur. Kini menurut penjaga wisata, lokasi wisata air ini pernah kedatangan 1000 lebih pengunjung.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending