Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Panorama Alam nan Eksotis di Balik Tebing

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Panorama Alam nan Eksotis di Balik Tebing

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga TiketAir Terjun Sri Gethuk salah satu objek wisata alam yang menakjubkan di Gunung Kidul, Jogja. Air terjun yang dikenal dengan nama Slempret ini menawarkan keindahan tebing setinggi 30 meter, air yang jernih, pesona sungai Oyo dan berbagai aktivitas liburan menarik.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk mempunyai pesona keindahan alam yang sangat alami dan asri. Keindahan yang dimiliki oleh destinasi wisata yang satu ini bahkan disebut-sebut tidak kalah dengan Grand Canyon yang terletak di Amerika. Setiap mata yang melihat pasti akan selalu terpukau dengan tempat wisata yang satu ini.

Tempat wisata air terjun ini juga menjadi salah satu yang masih jarang disentuh oleh para pengunjung. Pasalnya, memang tempat wisata yang satu ini masih cukup muda atau belum terlalu lama dibuka untuk umum. Meskipun demikian, berbagai hal menarik yang ada di sana mampu menyedot ketertarikan dan minat para pengunjung untuk berlibur di sini.

Siapa saja yang sudah pernah datang ke tempat wisata yang satu ini, pasti akan langsung merasa jatuh cinta dengan air terjun tersebut. Tak hanya para pengunjung yang berasal dari Indonesia saja yang berlibur di tempat yang satu ini. Akan tetapi, ada juga beberapa pengunjung yang berasal dari manca negara terlihat sangat senang menghabiskan waktu di sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sri Gethuk

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Twitter.com @traveloka

1. Nama yang Unik

Tak dapat dipungkiri bahwa nama atau sebutan dari sebuah tempat wisata mampu menjadi menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Apalagi jika nama tersebut terbilang unik atau masih asing didengar oleh kebanyakan masyarakat umum. Tak terkecuali dengan tempat wisata yang bernama Air Terjun Sri Gethuk yang satu ini.

Kebanyakan orang pasti mengira bahwa asal-usul nama air terjun tersebut berasal dari nama makanan khas orang Jawa yang berbahan utama singkong, yaitu Gethuk. Namun kenyataannya hal itu tidak benar, kata Gethuk tersebut diperoleh dari Kethuk, yaitu salah satu alat perangkat yang terdapat pada gamelan jawa.

2. Banyak Tebing Karst

Air terjun yang satu ini terletak pada tebing-tebing karst yang memanglah merupakan ciri-ciri topografi dari Kab Gunung Kidul sendiri. Adanya tebing-tebing karst yang kuat dan kokoh tersebut seolah melindungi alam yang ada di sana supaya tetap lestari dan tidak dirusak oleh tangan-tangan manusia yang usil.

Selain itu, adanya tebing-tebing karst ini juga semakin memperindah panorama di sana. Tebing-tebing tersebut juga dipenuhi oleh berbagai macam tumbuhan hijau yang dapat semakin menambah kesan yang asri dan alami dari tempat wisata yang satu ini.

Daya Tarik Sri Gethuk
Image Credit: Facebook.com @backpackerindonesia

3. Suara Gemercik Air

Suara dari gemercik air yang ada di sini seolah-olah mampu menjadi magnet untuk wisatawan untuk merasakan bagaimana sensasi mandi di bawah derasnya percikan dan guyuran dari air terjun. Wisatawan bisa secara leluasa untuk menikmati seru dan segarnya percikan dan guyuran air terjun dari bawah.

Selain itu, air yang ada ada di bawah juga sangat jerih dan tenang. Sehingga mampu membuat tubuh semakin rileks dan pikiran semakin damai. Airnya juga sangat segar dan memiliki warna seperti kehijauan. Kemudian, Anda juga tidak perlu takut tenggelam ketika berenang di sini karena air yang ada di bawah tergolong dangkal.

4. Adanya Cerita yang Berkembang

Sejak dahulu, masyarakat yang ada di sekitar sana sudah mempercayai kalau Air Terjun Sri Gethuk ini merupakan tempat untuk penyimpanan perangkat gamelan berupa Kethuk. Perangkat gamelan Kethuk tersebut dimiliki oleh mahluk halus yang disebut dengan Jin Anggo Meduro.

Sampai sekarang, cerita ini masih terus dipercayai oleh masyarakat setempat dan bahkan berkembang luas. Di waktu-waktu tertentu, tak jarang terdengar suara gamelan yang berasal dari air terjun yang telah dibuka sebagai destinasi wisata sejak tahun 2007 silam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Alamat Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Muhammad Zaky Zakwandarsyah)

Jika Anda penasaran dengan tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk ini, maka langsung saja meluncur ke Kab Gunung Kidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya lagi terletak di Dsn Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kec Playen. Air terjun yang satu ini juga berada di tepi dari Sungai Oyo serta ada di arah Tenggara dari Kota Yogyakarta.

Untuk bisa menuju ke tempat wisata yang satu ini, maka Anda dapat melali jalur utama yang akan dimulai dari Kota Yogyakarta dengan menuju ke arah Jalan Wonosari sampai tiba di Piyungan. Dari Piyungan tersebut, perjalanan dilanjutkan terus menuju ke arah Patuk, lalu ke arah Sambipitu sampai Anda bertemu dengan pertigaan Lanud TNI AU yaitu Lapangan Gading.

Di pertigaan tersebut, Anda dapat mengambil arah kanan yang akan menuju ke Playen sampai perempatan di Pasar Playen. Selanjutnya, di sinilah Anda dapat bertanya mengenai arah jalan yang menuju ke tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk kepada orang-orang yang ada di situ. Apabila malas bertanya, Anda tetap dapat meneruskan perjalanan dengan melihat papan petunjuk arah yang sudah ada.

Pasalnya, papan petunjuk arah menuju ke lokasi wisata tersebut sudah ada kisaran 500 m dari lokasi Pasar Playen. Selain itu, Anda juga dapat melihat rute perjalanan dengan membuka peta navigasi yang ada di smartphone masing-masing. Setelah itu, wisatawan masih akan dihadapkan dengan 2 pilihan jalur yang harus ditempuh

Pertama, yaitu dengan melakukan tracking yaitu menyusuri jalanan yang sempit dan diapit oleh luasnya hamparan sawah yang jauhnya kurang lebih 450 m. kemudian, masih ditambah lagi oleh anak tangga yang mempunyai kisaran 96 undakan.

Jalur yang kedua yaitu dengan menyusuri perairan Sungai Oyo dengan memakai rakit sederhana yang terbuat dari drum dan papan bekas. Waktu yang akan dibutuhkan untuk perjalanan jalur ini kurang lebih 7 menitan saja dan memerlukan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk pulang dan juga pergi.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Zamimotret)

Mengenai tiket masuk, Anda tidak perlu takut karena harga yang dipatok terbilang cukup terjangkau untuk semua kalangan. Tidak terlalu berbeda dengan kebanyakan destinasi wisata lainnya yang berada di Yogyakarta, yang memang sudah disebut murah dan terjangkau. Anda hanya perlu membayar biaya untuk masuk sekitar 15 ribu rupiah saja untuk satu orang pengunjung.

Harga ini sudah mencakup tiket masuk ke wisata Gua Rancang Kencono. Namun, apabila Anda akan menyewa beberapa perlengkapan yang ada di sini, maka harus menyiapkan dana yang lebih banyak. Anda pun harus paham bahwa harga dari tiket masuk ke destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada informasi yang pastinya.

Oleh karena itu, jangan heran apabila nantinya Anda akan dimintai biaya tiket masuk dengan harga yang berbeda. Namun, apabila ada kenaikan harga pun, biasanya tidak akan jauh-jauh dari nominal harga yang telah disebutkan di atas tadi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Sri Gethuk

Aktivitas di Sri Gethuk
Image Credit: Facebook.com @p3sonawisataindonesia

1. Bersantai di Sekitar Air Terjun

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan di tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk yaitu bersantai sembari menikmati panorama alam yang luar biasa. Terdapat banyak orang yang ingin menghabiskan waktu liburan di suatu tempat wisata hanya dengan bersantai dan tidak melakukan terlalu banyak kegiatan yang menguras tenaga.

Hal itu bertujuan untuk menghilangkan segala penat yang dirasakan sehari-hari. Bersantai di tempat wisata yang satu ini juga sangat cocok apabila dilakukan saat setelah hujan turun. Alasannya karena wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan pelangi yang ada di air terjun tersebut.

Fenomena pelangi yang muncul tersebut benar-benar cantik dan menakjubkan. Jadi, Anda bisa merencanakan berkunjung ke tempat ini ketika sedang musim hujan supaya terlihat pelangi yang cantik.

2. Bermain Air dan Berenang

Saat Anda berkunjung ke tempat wisata air terjun, maka bermain air dan berenang merupakan salah satu kegiatan menarik yang sangat sayang apabila dilewatkan. Anda dapat merasakan sejuknya guyuran air yang membasahi badan dari atas sampai ke bawah. Segarnya air tersebut dapat menghilangkan rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang panjang untuk bisa sampai di tempat wisata yang satu ini.

wisatawan pun dapat melakukan kegiatan berenang di Sungai Oya yang terletak di tempat wisata ini. Apabila Anda tidak dapat berenang, maka tidak perlu merasa sedih. Alasannya karena sudah ada jasa penyewaan ban dan pelampung yang ditawarkan oleh para pengelola tempat wisata tersebut. Namun, ada harga yang perlu Anda bayarkan untuk penyewaan ban dan pelampung tersebut.

Aktivitas Sri Gethuk
Image Credit: Twitter.com @traveloka

3. Hunting Foto Keren

Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat wisata yang sangat tepat untuk berburu foto. Ada banyak spot foto yang bagus untuk dipotret dan diabadikan, misalnya saja seperti air terjun, sungai yang jernih, serta tebing-tebing kars yang memukau. Para fotografer pun sering mengunjungi tempat wisata yang satu ini karena ingin memotret beragam panorama alam di sana.

Berselfie pun merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan di tempat wisata yang satu ini. Anda dapat mengabadikan berbagai momen seru dengan orang-orang tercinta dengan beragam pemandangan latar belakang yang berbeda-beda. Dijamin, hasil foto yang Anda jepret nantinya bisa semakin estetik dan bagus.

Memotret bebatuan yang berada di bawah air terjun adalah salah satu spot yang banyak digemari banyak orang. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati saat membawa kamera ataupun handphone agar tidak rusak karena terkena air.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas di Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Instagram.com @kampoengbaron

Destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk ini mempunyai fasilitas yang sudah cukup mendukung. Fasilitas tersebut misalnya saja seperti mushola, warung, persewaan rakit, persewaan ban dan pelampung, penitipan barang, dan toilet umum. Fasilitas yang sudah disebutkan itu juga dikelola dan dirawat dengan baik. dengan begitu, wisatawan dapat berlibur di tempat ini dengan merasa nyaman.

Selain itu, juga sudah tersedia area parkir kendaraan yang terbilang cukup luas. Sehingga, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, bisa menitipkannya di area parkir tersebut. Tarif untuk parkir pun tidak akan menguras kantong. Untuk motor akan dipatok dengan harga 5 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil akan dibatok sebesar 10 ribu rupiah saja.

Nah, itulah berbagai informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk. Destinasi wisata alam yang menyejukan dan menarik untuk disinggahi. Jadikan tempat wisata yang satu ini sebagai daftar referensi yang wajib dikunjungi saat ada di Gunung Kidul.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending