Coban Bidadari, Pesona Air Terjun Cantik Nan Indah di Malang

Coban Bidadari, Pesona Air Terjun Cantik Nan Indah di Malang
Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Gubugklakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Malang memang selalu mampu menyuguhkan area wisata yang begitu keren dan indah. Anda yang bepergian ke kota tersebut dijamin tak akan merasa kecewa. Salah satu wisata baru yang sangat rekomended untuk dikunjungi yaitu Coban Bidadari. Tempat wisata tersebut memang begitu alami dan mampu menyuguhkan kesegaran.

Air Terjun Bidadari merupakan wisata berupa air terjun yang memang sudah ada sejak lama. Hanya saja tempat tersebut baru viral di sosial media. Tak hanya mampu menyuguhkan keindahan dari air terjun yang begitu mempesona, namun beragam spot foto indah dan kekinian menjadi salah satu daya tarik.

Area wisata Air Terjun Bidadari memiliki spot foto yang terbilang banyak serta unik. Spot foto yang begitu kekinian sangat cocok untuk dijadikan latar belakang untuk berfoto, terlebih lagi pemandangan alam sekitar yang dipenuhi dengan pepohonan pinus dan perbukitan, tentu akan membuat hasil foto makin mengagungkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Bidadari

Daya Tarik Coban Bidadari
Image Credit: Google Maps Eka Ardi Lazarus (EkaLazarus)

1. Keindahan Air Terjun

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Coban Bidadari tentunya yaitu keindahan dari air terjun. Air terjun tersebut memiliki background berupa hutan yang begitu lebat. Wisatawan akan langsung dapat merasakan kesegaran dan juga ketenangan ketika baru menginjakkan kaki di tempat ini.

Dengan suasana yang begitu tenang dan segar, pasti akan membuat pikiran dan badan jadi lebih fresh. Selain oleh karena alamnya yang sangat indah memukau, area wisata juga terlihat unik karena masih begitu alami. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian kurang lebih 50 meter.

Airnya yang mengalir dengan deras dan vertikal terasa begitu segar, terlebih ketika percikan dari air tersebut menyentuh wajah Anda. Hanya itu saja udara sekitar yang berhembus perlahan akan membuat Anda merasa begitu nyaman. Menikmati waktu santai di tempat ini tentu sangat mengasyikkan sekali. Terlebih jika Anda datang bersama dengan pasangan.

Tempat wisata Air Terjun Bidadari ini mempunyai pesona alam yang memang mayoritas berupa tebing dan pepohonan. Pengunjung nantinya akan mampu merasakan suasana alam yang begitu khas daerah dataran tinggi. Karena itulah, area wisata tersebut merupakan pilihan yang sangat pas Jika Anda ingin menyaksikan suasana alam yang alami.

2. Air Terjun yang Begitu Sejuk

Sesampainya Anda di Coban Bidadari Anda perlu menuruni area tebing tanah yang cukup curam. Namun lelah Anda tersebut akan menguap begitu saja saat sudah tiba di tempat wisata. Air Terjun Bidadari yang memiliki air begitu sejuk, bersumber langsung dari alam hutan sehingga akan membuat Anda merasa begitu segar.

Karena itulah, tak jarang wisatawan yang datang ke sini akan mandi dan bermain air. Begitu pula Anda saat berada di tempat tersebut jangan lewatkan kesempatan ini. Air mengalir dari Air Terjun Bidadari memang berasal dari area hutan. Hutan yang ada di sana merupakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Lokasi dari Air Terjun Bidadari berada di dalam jalur tracking untuk menuju ke Gunung Semeru jika di sini wisatawan berangkat dari kota Malang. Maka dari itu, wajar saja jika pendaki mampir ke air terjun ketika mereka berangkat atau sekembalinya dari perjalanan menuju Gunung Semeru.

3. Trekking Seru ke Coban Bidadari

Daya tarik lain yang membuat Coban Bidadari sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi yaitu air terjun memiliki jalur tracking yang begitu seru. Untuk menuju ke wilayah air terjun ini, maka nantinya wisatawan akan diharuskan untuk berjalan kaki.

Jarak yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi air terjun setidaknya yaitu 1 km. Anda perlu untuk menyiapkan tubuh sebelum akhirnya mengunjungi tempat tersebut. Ada baiknya bagi Anda membawa bekal dari rumah berupa air minum atau makanan.

Sehingga ketika di tengah perjalanan Anda merasa kelaparan atau haus maka bisa segera menikmati bekal yang Anda bawa. Selain karena jarak untuk menuju ke Air Terjun Bidadari relatif cukup jauh, medan yang harus dilalui pun juga tergolong terjal.

Jalur tracking ini berupa jalanan setapak dan masih belum di paving. Wisatawan disarankan agar memakai alas kaki ataupun pakaian yang nyaman saat ingin mengunjungi tempat wisata. Ketika datang musim penghujan, maka sebaiknya berhati-hati karena jalanan memang cenderung licin. Selain itu juga di bagian kanan dan kiri jalan merupakan jurang.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Coban

Alamat Coban Bidadari
Image Credit: Google Maps Rizky Pratama

Tempat wisata Coban Bidadari ini berada di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo. Letak dari Air Terjun Bidadari berada tepat di bawah naungan wilayah Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, maka setidaknya Anda harus menempuh perjalanan selama 1 jam, karena memang jarak yang harus dilewati sejauh 32 km.

Untuk rutenya sendiri menuju area wisata terbilang tidak terlalu sulit. Wisatawan nantinya dapat masuk ke Bromo melalui Malang. Nantinya Anda hanya cukup mengikuti petunjuk jalan kemudian temukan wilayah air terjun sebelum Anda memasuki pintu masuk Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Coban Bidadari

Harga Tiket Masuk Coban Bidadari
Image Credit: Google Maps Sanny Octavia Kusnadi

Seperti halnya tempat wisata lain, pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan dan keseruan dari Coban Bidadari nantinya akan dikenakan biaya tiket masuk. Untuk harganya sendiri memang tidak terlalu mahal. Selain itu akan ada biaya parkir yang harus dibayar.

Biaya tiketnya sendiri yaitu sebesar Rp 15.000. tak ada perbedaan untuk anak-anak ataupun orang dewasa, begitu juga ketika datang saat hari libur ataupun hari biasa. Untuk parkir mobil yaitu sebesar Rp 10.000, sedangkan wisatawan yang membawa motor akan dikenakan parkir sebesar Rp 5.000.

Area wisata yang masih begitu alami ini mempunyai jam operasional dan penting untuk Anda ketahui. Waktu terbaik mengunjunginya tentu saja saat pagi hari, karena saat itu matahari belum terlalu terik. Selain itu, pilihlah cuaca yang cerah agar bisa menyaksikan keindahan dari sunrise dan juga sunset.

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Coban Bidadari

Aktivitas Seru di Coban Bidadari
Image Credit: Google Maps Wibisono Autopia

1. Menikmati Senja

Coban Bidadari yang berada di Kota Malang ini menawarkan suasana senja yang memang tak mampu ditandingi oleh tempat manapun. Aktivitas bersantai saat menjelang sore hari tentu akan sangat menyenangkan jika Anda melakukannya di tempat ini, terlebih bersama dengan pasangan Anda.

Sambil lalu Anda menunggu saat-saat ketika matahari tersebut berangsur turun terbenam, Anda bisa sekalian menikmati sajian makanan ataupun minuman. Di ketinggian tersebut nyatanya terdapat warung yang menjual beberapa makanan lezat dan juga minuman nikmat dengan harga yang cukup terjangkau.

Ketika senja, Anda akan menyaksikan dari bagian atas Air Terjun Bidadari warna langit perlahan berganti menjadi jingga yang begitu indah. Hal tersebut tentu akan tampak begitu kontras dengan pepohonan yang berwarna hijau di area sekitar. Sinar matahari berwarna orange tersebut akan menyapu tumbuhan hijau dan berubah warna jadi keemasan.

Mentari akan tampak mulai perlahan turun, kemudian diiringi dengan warna merah yang semburat di langit. Suara air yang bercipratan akan semakin terdengar syahdu di telinga. Suasana senja yang begitu indah ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai waktu yang tepat saat ingin relaksasi.

2. Abadikan Momen di Spot Foto Kekinian

Coban Bidadari ini memang sangatlah populer sebagai salah satu destinasi untuk Anda yang ingin berburu foto instagenik. Hal itu disebabkan karena ada banyak sekali spot foto keren dan rata-rata spot foto yang disediakan tersebut berada di area ketinggian.

Salah satu spot yang cukup terkenal dan menjadi favorit para pengunjung yang datang yaitu ayunan taman langit. Wisatawan dapat seolah-olah bermain ayunan di atas awan. Spot foto lain yang tak boleh Anda lewatkan yaitu rumah pohon, sarang burung dan lain sebagainya.

3. Menyaksikan Keindahan Coban Bidadari dari Ketinggian

Panorama yang terhampar di tempat wisata indah ini memang begitu membuat mata siapapun jadi terpukau. Hal tersebut dibuktikan oleh tumbuhan hijau yang tumbuh lebat dan melingkupi area cuban. Vegetasi tersebut tumbuh subur di area tebing-tebing yang mengitari wilayah air terjun.

Pemandangan yang sangat membuat mata Anda merasa dimanjakan ini akan jadi lebih seru disaksikan dari area ketinggian. Terdapat banyak sekali spot yang dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk membersihkan panorama tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Coban

Fasilitas Coban Bidadari
Image Credit: Google Maps Lilia Alstroemeria

Fasilitas yang tersedia di Coban Bidadari ini terbilang cukup lengkap dan memadai. Karena itulah, Anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di sana dengan leluasa dan tentunya akan membuat aktivitas jadi lebih menyenangkan.

Beberapa fasilitas yang disediakan seperti toilet. Kondisi toilet yang ada di tempat tersebut terbilang cukup bersih dan nyaman untuk digunakan. Di tempat ini juga terdapat area parkir yang aman dan juga cukup luas.

Pihak pengelola wisata juga membangun sebuah mushola untuk Anda yang ingin menunaikan ibadah salat. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin menikmati santapan nikmat, maka bisa mampir di warung yang sudah ada di sana.

Demikianlah ulasan mengenai Coban Bidadari yang terdapat di Kabupaten Malang. Saat Anda tengah berencana untuk berlibur, maka Air Terjun Bidadari ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu tempat wisata favorit, khususnya di daerah Malang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending