Coban Rais, Wisata Air Terjun Eksotis & Menantang di Batu Malang

Coban Rais, Wisata Air Terjun Eksotis & Menantang di Batu Malang
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Coban Rais adalah tempat wisata air terjun yang seringkali digadang-gadang sebagai air terjun terindah di Kota Batu. Hal tersebut memang tidak mengherankan sebab tempat wisata ini sangat identik dengan pesona alamnya yang begitu memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang menakjubkan yakni sekitar 75 meter. Warnanya sangat putih dan tegas seolah-olah seperti pisau alam yang menjadi pemisah antara bebatuan dan pohon-pohon rindang yang berada di sekitarnya.

Karena keindahannya tersebut, Coban Rais pun menjadi lokasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan saat mengunjungi Batu, Malang. Banyak yang rela datang dari tempat yang sangat jauh hanya untuk menyaksikan kemegahan yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Rais

Daya Tarik Coban Rais
Image Credit: Facebook.com @kitamuda.id

Air terjun ini merupakan tempat wisata alam yang senantiasa ramai oleh pengunjung bahkan pada saat hari-hari yang sibuk sekalipun. Daya tarik yang dimilikinya begitu beragam, sehingga tak ayal hal itu pun membuat siapa saja akan merasa tertarik untuk mengunjungi tempat ini setidaknya sekali dalam hidup mereka.

1. Berada di Kawasan Perbukitan

Hal pertama yang membuat Coban Rais begitu menarik adalah lokasinya yang begitu strategis karena berada di kawasan perbukitan. Itulah yang membuatnya memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, dikelilingi oleh pepohonan dengan ketinggian lebat yang mampu membuat udara di sekelilingnya menjadi sangat segar.

Berada di sekitar lereng Gunung Panderman juga membuatnya menjadi spot wisata yang disukai oleh para pendaki dan mereka yang menyukai petualangan. Hutan yang mengitari area air terjun mampu melindungi pengunjung dari sengatan matahari yang sangat panas, sehingga saat dikunjungi pada siang hari pun pengunjung tidak perlu khawatir mengenai tempat untuk berteduh.

2. Aliran Air Mengalir dengan Memesona

Selain pepohonannya yang rindang, air yang berada di tempat wisata ini mengalir dengan sangat memesona dan anggun. Dari atas, suara air yang jatuh dengan cepat akan menimbulkan gemuruh air yang sangat besar, namun hal itulah yang membuat tempat ini begitu menakjubkan dibanding dengan tempat wisata alam yang lainnya.

Sungai-sungai yang ada di tempat ini tampak begitu jernih dan terawat kebersihannya sebab sampah-sampah yang terbuang berserakan akan segera dibasmi oleh penjaga tempat ini. Hal itu pun membuat pengunjung bisa melihat ikan-ikan kecil yang ada di dalam sungai berenang ke sana dan ke mari dengan lincah menggunakan mata telanjang.

3. Suasana yang Damai

Tidak bisa dipungkiri, Coban Rais ini memang menawarkan udara yang begitu segar. Anda tidak perlu khawatir mengenai polusi suara ataupun polusi udara sebab tempat ini berada di tempat yang jauh dari pusat kota sehingga tidak akan ada keramaian ataupun kendaraan dengan suara bising yang menjengkelkan.

Anda hanya akan mendengar kicauan burung-burung kecil yang bersuara dalam waktu yang cukup sering, dan mereka pun terbang dalam jarak yang cukup tinggi dari tanah. Selain itu, gemericik air pun akan terdengar dengan lembut sehingga mampu membuat pikiran Anda menjadi damai dan senantiasa berada dalam ketenangan.

Daya Tarik dari Coban Rais
Image Credit: Twitter.com @eastjavatourism

4. Harus Ditempuh dengan Berjalan Kaki

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, hal itu menyebabkan akses menuju tempat ini terbilang cukup sulit. Pengunjung harus berjalan kaki sebesar kurang lebih 3 kilometer terlebih dahulu sebelum sampai di lokasi yang sesungguhnya. Meskipun begitu, pemandangan yang bisa Anda lihat sepanjang perjalanan terasa sangat indah sehingga Anda pun tidak akan merasa kelelahan.

5. Spot Foto yang Menarik

Di tempat wisata Coban Rais ini, terdapat beragam spot foto yang sangat menarik dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satu spot foto yang paling terkenal adalah spot foto dengan bentuk ‘I Love You’ berukuran besar yang terbuat dari kayu. Spot foto ini memiliki lokasi yang mudah ditemukan sebab berada di sebelah taman Bukit Bulu.

Karena bentuknya yang unik, banyak wisatawan yang memanfaatkan spot foto ini sebagai latar belakang untuk melakukan selfie ataupun foto bersama dengan orang yang dicintainya. Suasana romantis pun membuat pengunjung rela mengantre dalam waktu yang lama untuk memotret di spot foto yang dianggap sebagai ikon dari tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Coban Rais

Alamat Coban Rais
Image Credit: Facebook.com @cobanrais

Coban Rais berlokasi di sekitar Gunung Panderman, sebuah gunung yang menjadi pemisah antara Kabupaten Blitar dan kawasan Malang Raya. Berada di Kecamatan Batu membuat wisatawan dapat menemukan tempat wisata ini dengan cukup mudah sebab sudah semakin banyak angkutan umum yang bisa digunakan untuk mencapai tempat ini.

Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Batu dan menunggu selama kurang lebih 30 menit sampai satu jam untuk mencapai lokasi, tergantung dari cuaca dan situasi di jalan. Dalam perjalanan, Anda dapat melalui Terminal Batu yang mana di tempat tersebut Anda bisa menemukan informasi mengenai petunjuk arah yang harus ditempuh untuk menuju air terjun ini.

Kemudian, Anda bisa memarkirkan kendaraan di sekitar area perkemahan. Dari tempat tersebut, Anda harus bersedia berjalan kaki dalam waktu yang lama dan harus penuh kehati-hatian sebab Anda akan menyebrangi belasan sungai yang sangat menantang. Untuk itulah, saat menuju tempat ini Anda harus memakai alas kaki yang tidak licin dan tidak memiliki hak tinggi.

Harga tiket masuk yang perlu dibayar sebelum memasuki Coban Rais terbilang cukup murah dan sangat bersahabat. Pengunjung hanya akan dikenai biaya sebesar 10 ribu saja per orangnya, dan setelah itu mereka pun sudah diperbolehkan memasuki area air terjun yang selalu buka setiap harinya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa harga tersebut masih termasuk harga tiket masuk saja. Sehingga, apabila Anda ingin menikmati wahana lain yang tersedia di tempat ini Anda masih harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket wahana tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Coban Rais

Aktivitas di Coban Rais
Image Credit: Google Maps (Ahmad Wahyu)

1. Bermain Air

Kegiatan pertama yang wajib dilakukan di tempat wisata ini tentu saja adalah bermain di dalam air. Sungai yang ada di tempat wisata ini memiliki air yang begitu segar dan menyejukkan, sehingga sangat bagus saat digunakan untuk mandi ataupun sekadar berenang saja. Selain itu, aliran airnya yang tidak terlalu ganas dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai di dalam air.

2. Mengunjungi Bukit Bulu Coban Rais dan Batu Flower Garden

Di tempat wisata ini, terdapat beberapa wahana lain yang tidak kalah menarik yaitu Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Bukit Bulu adalah bukit yang berada di sekitar area tempat wisata ini, dan menawarkan pemandangan bukit yang dipenuhi oleh rerumputan segar berwarna hijau.

Sedangkan Batu Flower Garden adalah taman yang dipenuhi oleh bunga beserta spot foto yang sangat indah. Taman inilah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan sebab menawarkan pemandangan menarik dan wahana permainan yang sangat unik dibandingkan tempat wisata lainnya.

3. Bermain di Hutan Salju

Apakah Anda penasaran bagaimana rasanya bermain salju? Jika iya, maka Coban Rais dapat menjadi tempat wisata yang sempurna untuk menghapus rasa penasaran itu sebab tempat ini memiliki suatu zona khusus yang dipenuhi oleh salju.

Pada zona tersebut sudah tersedia beragam fasilitas yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai kawasan di luar negeri. Untuk memanfaatkan zona ini, Anda tidak perlu khawatir sebab pihak pengelola sudah menyiapkan kaos tangan yang tebal dan pakaian khas musim dingin untuk para wisatawan.

4. Taman Hammock

Taman Hammock yang masih satu lokasi di Batu Flower Garden ini pun menjadi wahana yang patut untuk dicoba. Taman ini telah menyediakan beragam wahana menarik yang mampu memuaskan pengunjung untuk menikmati keindahan Batu Flower Garden.

Beberapa wahana yang bisa dicoba yaitu Flying Hammock, Hammock Tower, Triangle Hammock Tower, Spider Hammock, dan Hammock Garden. Semua wahana tersebut terdiri atas aktivitas unik yang dijamin menyajikan sensasi tersendiri ketika Anda ingin mencobanya.

Aktivitas Coban Rais
Image Credit: Google Maps (Agus Subakti)

5. Bersepeda di Atas Udara

Wahana Sepeda Udara menjadi wahana yang tidak boleh dilupakan begitu saja saat membicarakan mengenai tempat wisata Coban Rais ini. Pengunjung yang menyukai sensasi menantang adrenalin pun dapat menggunakan wahana ini untuk memuaskan hasrat mereka sebab mereka dapat merasakan betapa menegangkannya bersepeda di atas udara dan ketinggian.

Saat menaiki sepeda gantung tersebut, pengunjung dapat meminta tolong fotografer yang ada di sekitar wahana untuk memotret aktivitas mereka saat berada di atas. Pengunjung pun dapat menggunakan sepeda tersebut secara berdampingan, sehingga mereka yang merupakan pasangan kekasih bisa memanfaatkan wahana ini untuk menciptakan momen indah bersama.

6. Berkemah

Selain menjadi tempat untuk liburan, ternyata tempat wisata ini juga populer sebagai tempat yang digunakan untuk bumi perkemahan. Hal tersebut tentu disebabkan oleh panorama alamnya yang sangat menantang sehingga membuat wisatawan dan pihak akademis memanfaatkannya sebagai area untuk berkemah dan berpetualang.

Tidak hanya itu, pada kawasan ini terdapat sebuah jalur pendakian menuju puncak Gunung Panderman yang sangat cocok untuk digunakan oleh para pendaki awam. Areanya yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau disertai oleh suasana alam yang begitu segar membuat tempat ini begitu dicintai oleh para penikmat alam.

7. Menikmati Keindahan Air Terjun

Hal terakhir yang bisa dilakukan ketika berada di tempat ini yaitu menikmati keindahan air terjun. Anda dapat duduk santai di bawah area air terjun sambil memperhatikan bagaimana megahnya air yang turun dari atas menuju ke bawah dalam waktu yang begitu singkat.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Coban Rais

Image Credit: Twitter.com @puspitafm

Fasilitas yang ada di Coban Rais sudah bisa dibilang cukup lengkap, hampir mirip dengan tempat wisata lainnya. Di tempat ini, pengunjung sudah disediakan fasilitas seperti warung makanan, area parkir, toilet, dan lain-lain.

Selain itu, pada pintu masuk banyak pedagang yang menjual beragam makanan dan oleh-oleh khas Jawa Timur. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang merasa kelaparan dan ingin melakukan jelajah kuliner di tempat ini.

Nah, begitulah beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai Coban Rais, sebuah wisata terkenal yang ada di Malang ini. Tidak hanya menyajikan keindahan alam saja, namun ternyata tempat wisata air terjun ini pun menyimpan beragam kelebihan yang akan sangat sayang untuk dilewati begitu saja.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending