Curug Balong Endah Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Balong Endah Bogor – Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket – Curug Balong Endah salah satu air terjun yang populer di Bogor, Jawa Barat yang menyajikan pesona alam yang tidak biasa. Memiliki air yang jernih dan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Curug Pangeran, Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Sebagai daerah yang dijuluki sebagai Kota Hujan, Bogor nyatanya memiliki segudang tempat wisata yang menakjubkan. Tidak hanya Kebun Raya Bogor atau puncak Bogor saja, tapi juga curug yang begitu mempesona. Curug adalah air terjun dalam istilah yang berbeda. Di Bogor sendiri ada air terjun bernama Curug Balong Endah.

Curug yang satu ini merupakan temat wisata yang baru saja dibuka pada tahun 2016. Namun, karena keindahannya, curug eksotis ini sudah banyak dikunjungi oleh para pecinta wisata alam. Bagaimana tidak destinasi wisata alam yang satu ini menyuguhkan sensasi air terjun yang berbeda. Jika dilihat dari lokasinya Balong Endah masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun.

Dengan kenampakan alam yang begitu luar biasa. Di tambah dengan nyiurnya burung yang hinggap di pepohonan seolah menambah indah suasana. Selain itu di curug inilah Anda akan merasakan tiada beban sama sekali. Sebab sebanyak mata memandang yang ada hanyalah rasa syukur akan ciptaan Tuhan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Balong Endah

Daya Tarik Curug Balong Endah
Image Credit: Google Maps (69 farhan_)

1. Kolam Alami yang Memukau

Curug ini memang memiliki aliran air terjun yang cukup deras dengan kolam yang berada di bawahnya. Lokasi curug ini berada di belantara hutan dengan lokasinya yang mencapai 900 meter di atas permukaan laut. Membuat curug ini memiliki udara yang begitu sejuk. Apalagi ketika pagi dan sore hari, hawa sejuk cenderung dingin itu akan merasuk ke dalam kulit.

Air terjun dengan air jernih serta kawasan kolam yang indah ini memang mempesona. Apalagi di sekeliling kolam akan Anda dapati bebatuan karang alami. Tebing tinggi juga seolah menjadi tembok kokoh yang melindungi kawasan curug.

Di balik airnya yang begitu bening, Curung Balong Endah dipenuhi dengan bebatuan air. Selain itu terdapat pula batuan besar di beberapa titik. Meski dengan curug yang tidak begitu tinggi, aliran air disini tidak pernah kering. Pastikan Anda merasakan sensasi mandi di kolam alami yang disajikan oleh alam.

2. Pancuran Air yang Jernih

Seperti yang sudah diketahui bahwa curug ini memiliki air terjun dengan debit air yang cukup deras. Sehingga airnya tidak pernah kering meski sedang musim kemarau sekalipun. Apalagi saat hujan tiba, curug ini akan memiliki air dengan aliran yang lebih deras lagi.

Harmoni dari riuhnya pepohonan yang diterpa angin serta aliran air yang jatuh menimpa batuan alam. Akan menjadi musik indah yang menyapa telinga Anda. Sejenak lupakan segala kesibukan, dan rilekskan badan dengan airnya yang sejuk.

Daya Tarik dari Curug Balong Endah
Image Credit: Okezone.com

3. Berada di Lereng Gunung Salak

Daya tarik dari Curug Balong Endah selanjutnya adalah tentang lokasinya itu sendiri. Di mana air terjun yang satu ini berlokasi di lereng gunung salak. Sehingga bisa dibayangkan betapa alaminya air yang ada di curug tersebut.

Tidak heran pula jika air terjun ini dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi. Untuk menuju kesana pengunjung harus rela trekking menyusuri hutan di Lereng Gunung Salak.

Meski jalanan untuk sampai kesini cukup curam, Anda tidak akan kecewa dengan kenampakan alam yang akan didapati. Air jernih, batuan air alami, serta tingginya air terjun memberikan sensasi tersendiri. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di tempat ini.

4. Pemandangan Kolam dari Atas Tebing

Untuk Anda yang ingin melihat pesona air terjun dari ketinggian, Curug Balong Endah bisa disaksikan lebih dekat. Artinya Anda bisa berdiri bersisian dengan air terjun dengan trekking medan yang cukup curam.

Memandang kolam air terjun dari atas tebing memang mengasikkan. Ditambah dengan pemandangan bebatuan besar di sekelilingnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Balong Endah

Alamat Curug Balong Endah
Image Credit: Google Maps (Odie Akbar)

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Balong Endah bisa langsung datang ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Pasalnya tempat ini memang berada di satu kawasan dengan taman nasional tersebut.

Tepatnya ada di daerah Desa Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasi curug yang satu ini juga begitu dekat dengan wisata air terjun lainnya seperti Curug Pangeran.

Untuk bisa pergi ke Desa Picung, pengunjung harus menempuh beberapa rute terlebih dahulu. Medan menuju lokasi memang bisa dibilang cukup sulit. Pasalnya tempatnya memang berada di lereng Gunung Salak. Maka tidak heran Anda harus melalui tanjakan, turunan, serta jalan berkelok.

Apabila perjalanan dimulai dari Kota Bogor, Anda bisa langsung menuju ke arah IPD Darmaga. Selanjutnya berkendaralah hingga sampai ke Ciampea.

Jika Anda mengikuti jalan, maka akan sampai di persimpangan Cikampak, di sini Anda harus mengambil arah ke Bunder. Lajukan kendaraan Anda hingga menemui gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Balong Endah ada di dalam kawasan tersebut. Dari rute yang sudah dijelaskan sebelumnya, kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai. Meski harus menempuh rute yang tidak mudah, semua itu akan terbayarkan saat Anda sampai di air terjun menawan ini. Segala lelah akan sirna dan yang tersisa hanyalah rasa kagum akan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Harga Tiket Masuk Curug Balong Endah Bogor

Harga Tiket Curug Balong Endah
Image Credit: Youtube.com @beritadaerah

Menjadi salah satu curug yang menjadi tujuan wisatawan saat berada di bogor, Curug Balong Endah juga mematok tarif kepada setiap pengunjung. Meski begitu harga tiket masuknya cukup murah. Karena berada satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, maka Anda juga perlu membayar tiket untuk masuk ke sana.

Jika dirinci lebih jauh, tiket masuk taman nasional adalah Rp 10.000. untuk masuk ke lokasi curug maka Anda perlu biaya tambahan sebesar Rp 7500. Sedangkan untuk yang membawa kendaraan pribadi juga dikenakan biaya retribusi parkir kendaraan.

Bagi pengendara roda dua, biaya parkirnya adalah Rp 5.000. Untuk yang membawa mobil dikenakan tarif lebih besar yaitu Rp 10.000.

Balong Endah memang terkenal akan keindahan alam serta airnya yang jernih. Tidak heran, wisatawan di sana juga banyak yang dari luar kota. Meski begitu, hanya di waktu tertentu saja agar Anda bisa menikmati wisata alam ini. Pasalnya air terjun ini hanya dibuka saat hari Sabtu dan Minggu saja. Itupun mulai pukul 08.00 – 15.00.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Balong Endah

Aktivitas di Balong Endah
Image Credit: Google Maps (Baweh 85)

1. Duduk Santai Menikmati Pemandangan Sekitar

Sebenarnya ada bnyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Curug Balong Endah. Diantara banyaknya aktivitas tersebut yang paling tidak bisa dilewatkan adalah menikmati waktu memandangi indahnya alam sekitar curug.

Anda bisa duduk santai sambil melihat ke sekeliling. Dari sejauh mata memandang yang nampak hanyalah tebing tinggi, pepohonan, air terjun, serta kolam bening di bawahnya. Sungguh itu adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa dan patut disyukuri.

Duduk di pinggiran kolam sambil mencelupkan kaki ke dalam air akan membuat tubuh Anda rileks seketika. Tidak lupa pula kicauan burung yang terbang dari satu pohon ke pohon lainnya.

2. Berenang

Memang kurang afdhol rasanya jika ke wisata air terjun tapi tidak merasakan kesegaran air pegunungan yang ada. Nah, di air terjun Balong Endah jangan sampai lupa untuk melakukan aktivitas ini ya.

Sebenarnya di tempat ini terdapat beberapa kolam yang menjadi tempat jatuhnya air terjun. Sehingga pengunjung dapat memilih kolam yang ingin digunakan untuk berenang.

Selain itu, air di curug juga berwarna biru kehijauan. Sehingga pengunjung pasti mendapatkan liburan yang tidak akan terlupakan. Meski begitu tetaplah berhati-hati saat berada disini. Batuannya cukup licin, kolamnya pun memiliki kedalaman yang berbeda yaitu dari 1 sampai 3 meter.

Pengunjung bisa berenang dan berendam sepuasnya di curug tersebut. Semua rasa lelah akibat trekking medan yang cukup curam akan sirna ketika setelah sampai di lokasi curug dan menceburkan diri ke dalamnya.

3. Hunting Foto Sekitar Curug

Berada di tempat yang memiliki pemandangan indah, tentunya Anda tidak akan melewatkan kegiatan mengabadikan momen bukan? Iya, Curug Balong Endah yang terkenal dengan keasriannya itu memang menyimpan banyak spot foto yang instagramable. Ada beberapa titik yang memang harus masuk ke dalam layar potret Anda. Pemandangan kolam air terjun menjadi salah satunya.

Selain itu, Anda juga bisa berpose di atas batuan besar yang ada di sana. Yang pasti abadikan momen berkesan sebanyak mungkin. Untuk itu jangan lupa membawa perlengkapan untuk foto keren Anda ya.

Aktivitas Seru di Balong Endah
Image Credit: Instagram.com @hadjukemal

4. Kulineran

Perlu Anda ketahui bahwa di lokasi Curug Balong Endah juga terdapat tempat makan yang wajib disinggahi. Berwisata kuliner khas Bogor, Jawa Barat akan menjadi hal yang mengasikkan. Ada banyak makanan lezat yang layak dicoba, diantaranya adalah toge goreng, es pala, laksa, asinan,dan masih banyak lagi.

5. Menjelajah Area Sekitar Sungai

Bagi yang tidak suka ataupun tidak bisa berenang, ada aktivitas lain yang bisa dicoba yaitu trekking area sungai. Anda bisa berjalan menyusuri aliran air terjun tersebut sambil menikmati indahnya pepohonan yang tumbuh mengelilingi lokasi wisata. Tempatnya yang jauh dari keramaian akan membuat suasana hati menjadi lebih tenang.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Balong Endah Bogor

Fasilitas di Curug Balong Endah
Image Credit: Pondokrasamala.com

Air terjun eksotis ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika berkunjung ke sini. Di tempat ini sudah tersedia fasilitas publik berupa area parkir, toilet, serta mushola untuk beribadah. Selain itu bagi yang terpaksa tidak membawa perbekalan, di sini juga terdapat beberapa kedai makanan. Sehingga ketika perut sudah semakin lapar,

Anda bisa langsung bersantap di kedai tersebut. Ada banyak menu yang bisa dipilih. Menikmati makanan sambil melihat pemandangan alam sekitar akan menjadi hal yang menyenangkan. Untuk yang ingin menginap, di sekitar lokasi Curug Balong Endah juga terdapat penginapan. Lokaisnya masih berada di Desa Pamijahan yaitu Pondok Rosamala. Tempat menginap yang satu ini banyak dipilih oleh wisatawan karena memiliki nuansa pedesaan.

Apalagi udaranya yang begitu sejuk khas Kota Hujan Bogor. Di lereng Gunung Salak inilah tempat terbaik untuk rehat sejenak dari aktivitas yang begitu padat. Nah, itu tadi berbagai hal mengenai Curug Balong Endahd di Bogor. Tempat sejuk, asri, serta alami yang masih ada hingga kini. Tempatnya tepat berada di lereng Gunung Salak. Pastikan Anda mampir kesini saat berkunjung ke Bogor ya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending