Curug Cibadak, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Garut

Curug Cibadak, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Garut
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Dengan kekayaan alam berlimpah yang dimiliki oleh Indonesia membuat kita dapat menemukan banyak sekali destinasi wisata alam yang memukau di masing-masing dari berbagai pelosok daerah. Salah satu contohnya adalah Curug Cibadak yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat atau lebih tepatnya berada di Kabupaten Garut.

Perlu diketahui bahwa Curug merupakan Bahasa Jawa yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Air Terjun. Kemudian nama curug diambil dari nama Sungai Cibadak yang mengalir melewati air terjun cantik tersebut. Objek wisata hits ini sebenarnya sudah dibuka sebagai salah satu destinasi wisata sejak tahun 2016 oleh masyarakat setempat.

Belakangan namanya semakin populer berkat berkembangnya sosial media. Tidak hanya itu, letaknya yang dekat dengan jalan juga membuat banyak wisatawan tidak perlu melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke lokasi air terjun berada. Bagi anda yang ingin mengunjungi curug asal Garut tersebut silahkan simak review singkat berikut ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Curug Cibadak

Daya Tarik Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps aan wahyudi

1. Pesoan Air Terjun

Daya tarik paling utama yang dimiliki oleh Curug Cibadak jelas adalah air terjun itu sendiri. Anda akan menemukan 2 tingkat air yang berada pada sebuah tebing tinggi, total ketinggian dari curug populer ini diperkirakan lebih dari 100 meter. Hal ini dikatakan oleh tim ekspedisi Metro TV dan tim panjat tebing yang sempat mencoba mengukurnya.

Aliran air yang ada di objek wisata alam ini juga cukup deras jadi anda harus berhati-hati jika ingin bermain air. Meskipun begitu aliran air tersebut tetap segar dan jernih meskipun saat musim hujan, pasalnya air ini berasal langsung dari sumbernya tanpa melewati sungai terlebih dahulu.

2. Hutan dan Hewan Liar

Disekitar air terjun menawan ini anda akan menemukan sebuah hutan yang sangat luas dan ditumbuhi banyak sekali pohon-pohon besar. Keberadaan hutan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pasalnya mereka bisa sekaligus menikmati alam yang masih asri untuk melepaskan segala beban masalah.

Hutan tersebut juga sekaligus menjadi rumah bagi banyak sekali spesies hewan, jadi jangan kaget jika anda menemukan sejumlah hewan liar di sekitar curug hits ini. Anda bisa sekaligus membawa kamera untuk memotret hewan-hewan liar tersebut, namun jangan sampai memburu mereka secara ilegal agar hewan-hewan liar ini tidak punah.

3. Sungai Cibadak

Daya tarik lainnya yang dimiliki adalah Sungai Cibadak yang menjadi salah satu lokasi berenang favorit bagi wisatawan. Memang di dekat air terjun cantik tersebut juga ada sebuah kolam yang bisa dijadikan sebagai tempat bermain air, namun kolam tersebut sangat dangkal sehingga tidak bebas jika digunakan untuk berenang.

Maka dari itu, jika anda ingin berenang maka Sungai Cibadak yang berada di sebelah air terjun setinggi 100 meter lebih ini bisa menjadi solusinya. Selain menjadi tempat berenang, anda juga bisa menggunakan sungai indah tersebut sebagai spot foto, karena di pinggirnya terdapat banyak sekali bebatuan yang akan sangat bagus jika dijadikan sebagai background.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Curug

Alamat Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps lung wen

Untuk alamat dari Curug Cibadak sendiri berada di Provinsi Jawa Barat, Desa Cisangkal, Kabupaten Garut, Kecamatan Cihurip. Jika ingin mencapai lokasi tersebut maka anda bisa mengambil start dari Alun-Alun Garut di Jl. Ahmad Yani No. 22 kemudian mengarah ke pertigaan Jl. Cimanuk lalu belok kiri.

Terus ikuti Jl. Cimanuk sampai melewati Jl. Raya Bayongbong dan tiba di perempatan setelah Pasar Cisurupan. Silahkan belok kiri di perempatan tersebut agar memasuki Jl. Raya Cisurupan – Cikajang kemudian lurus terus sampai memasuki Jl. Cikajang, Jl. Cipang Ramatan, Jl. Ciparay dan Jl. Raya Garut – Pameungpeuk.

Silahkan terus ikuti Jl. Raya Garut – Pameungpeuk sampai anda tiba di Cihurip, Cisangkal dan menemukan lokasi air terjun yang berada pada sebelah kiri jalan. Rute tersebut akan membuat anda melewati jalan sepanjang 61 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam 32 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Wira Xena

Bagi anda yang ingin menikmati panorama alam yang menawan Curug Cibadak harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Namanya tempat wisata sudah jelas tersedia fasilitas parkir kendaraan, dimana Anda juga perlu menyiapkan biayanya.

Ketika ingin berkunjung, perlu diketahui juga bahwa air terjun hits ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB, namun jika hari libur nasional tiba maka waktu bukanya bisa berubah.

Ragam Aktivitas yang Seru di Curug Cibadak

Ragam Aktivitas Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Nidanza Nova

1. Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Ketika anda menginjakan kaki di objek wisata Curug Cibadak, maka menikmati indahnya alam sekitar akan menjadi kegiatan menarik paling pertama yang dapat dilakukan oleh setiap wisatawan. Hal ini dikarenakan curug asal Garut, Jawa Barat ini memiliki pemandangan yang benar-benar cantik mulai dari air terjun, hutan, sungai, dan sebuah tebing tinggi.

Anda bahkan bisa duduk santai dibawah pohon sambil menghirup udara segar yang ada di kawasan wisata hits tersebut. Tidak hanya itu suara alam yang memukau seperti bunyi air yang jatuh dari atas ketinggian serta suara angin yang berhembus melewati pepohonan dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang.

2. Bermain Air

Salah satu kegiatan menarik yang paling sering dilakukan oleh wisatawan ketika berlibur ke Curug Cibadak adalah bermain air. Hal ini wajar saja karena air yang ada di kawasan wisata populer tersebut sangat jernih dan segar. Ada beberapa lokasi yang dapat anda gunakan untuk bermain air.

Lokasi pertama adalah sebuah kolam yang berada dekat dengan air terjun, namun lokasi ini hanya bisa dijadikan tempat bermain air atau asal basah saja. Lokasi kedua berada di Sungai Cibadak yang akan sangat cocok untuk anda yang mau berenang. Meskipun begitu harap tetap berhati-hati karena ada banyak batu di kedua lokasi tersebut.

3. Berfoto

Mengabadikan setiap momen saat liburan merupakan sebuah kegiatan yang sudah umum. Maka dari itu jangan pernah malu atau ragu untuk mengeluarkan kamera anda dan mengambil foto dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh anda dan orang-orang terdekat di lokasi air terjun menakjubkan tersebut.

Anda juga bisa berpose di beberapa tempat yang memiliki pemandangan bagus seperti air terjun, hutan, tebing, dan hutan. Meskipun diperbolehkan untuk mengambil gambar sepuasnya, namun anda juga harus tetap menjaga privasi wisatawan lain yang berlibur di area wisata alam tersebut.

Ragam Aktivitas di Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Alam Ahmad Hidayat

4. Camping

Curug Cibadak dikenal memiliki hutan yang sangat terjaga, dimana hal ini membuat beberapa orang tertarik untuk bermalam di destinasi wisata asal Garut ini dengan melakukan kegiatan camping. Kegiatan ini diperbolehkan asal anda harus mengikuti peraturan yang diberlakukan oleh pihak pengelola.

5. Menelusuri Hutan

Bagi anda yang memiliki hobi menelusuri hutan bisa melakukan kegiatan tersebut di alam sekitar air terjun cantik ini. Pasalnya hutan di sini masih sangat asri jadi anda dapat menemukan banyak sekali flora dan fauna yang hidup didalamnya. Akan tetapi harap meminta izin terlebih dahulu sebelum anda melakukan kegiatan menarik yang satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Denden Priandani

Meskipun sudah dibuka sebagai tempat wisata dari tahun 2016 namun Curug Cibadak terbilang masih sangat minim fasilitas. Tidak banyak fasilitas umum yang dapat anda temui di sekitar lokasi wisata alam ini, bahkan untuk memarkirkan kendaraan pribadi saja anda harus pintar-pintar memanfaatkan lahan di pinggir jalan.

Objek wisata air terjun menawan ini juga tidak memiliki toilet umum atau kamar mandi. Jadi bagi wisatawan yang mau membuang air besar atau kecil harus mencari semak-semak untuk melakukan aktivitas tersebut. Hal tersebut juga berlaku bagi wisatawan yang mau mengganti pakaian setelah bermain air.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda membawa kain sarung jika ingin bermain air di lokasi wisata hits tersebut, kain sarung ini bisa dijadikan sebagai penutup badan saat mengganti pakaian. Di destinasi wisata asal Garut ini juga tidak memiliki warung makan, jadi wisatawan harus membawa bekal dari rumah.

Dengan semakin populernya nama Curug Cibadak diharapkan kedepannya akan ada pengadaan fasilitas umum seperti area parkir, kamar mandi dan toilet umum. Dengan adanya fasilitas tersebut akan membuat jumlah pengunjung bertambah, apalagi mengingat alam di sekitar tempat wisata menawan ini sangat cantik.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending