Keindahan Curug Cibulao Bogor, Menikmati Kesegaran & Beningnya Air Terjun

Keindahan Curug Cibulao Bogor, Menikmati Kesegaran & Beningnya Air Terjun
Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Liburan memang waktu yang sangat tepat untuk menenangkan diri. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk melakukan liburan. Ada yang berjalan-jalan lintas kota, ada yang menikmati pemandangan laut. Ada pula yang menikmati suasana air terjun. Seperti halnya, Curug Cibulao. Air terjun yang populer ini memang memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Keindahan tersebut menjadikan banyak turis khususnya lokal untuk mengunjunginya. Sensasi dan gemercik air terjun memberikan gebrakan baru pada ketenangan. Salah satu yang menjadi pusat perhatian tidak hanya keindahan dan kesegaran air terjunnya saja. Akan tetapi juga keindahan alam yang ada di sekelilingnya. Berwisata ke lokasi ini, wisatawan bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Curug Cibulao telah ada sejak lama dan menjadi tempat wisata yang paling diidamkan. Meskipun untuk mengunjunginya membutuhkan waktu yang relatif sedikit lama, akan tetapi tempat ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. Meskipun sangat lelah, tetapi seakan kelelahan tersebut terbayarkan dengan keindahan yang akan diperoleh di air terjun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cibulao

Daya Tarik Curug Cibulao
Image Credit: Facebook.com @curug_cibulao

Wisata ini memiliki daya tarik yang beragam. Mulai dari lokasinya yang unik dan erat dengan keindahan alam, hingga suasananya yang menyenangkan. Hal tersebut, menjadikan lokasi ini banyak diburu oleh pelancong. Tidak hanya berlibur, tetapi juga melepas kerinduannya pada alam. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki wisata Curug Cibulao.

1. Warna Air Jernih Kebiruan

Pernah melihat air terjun dengan warna biru? Kejernihan air yang ada di lokasi ini memang sangat bagus. Selain jernih, airnya memiliki warna biru yang menarik. Bahkan meskipun tidak menyelam, wisatawan bisa dengan mudah melihat ke dalam melalui permukaan air. Hal tersebut dikarenakan, saking jernihnya air terjun ini.

Sebenarnya biru bukan warna asli dari air. Air tetap berwarna bening. Akan tetapi ketika telah jatuh ke bawah, dan berkumpul dalam jumlah banyak, air akan terlihat memunculkan warna biru yang jernih. Tentu kejadian ini merupakan hal yang sangat unik. Terlebih lagi, jika dilihat akan sangat menyegarkan dan menenangkan.

2. Memiliki Dua Tempat Telaga

Keunikan yang ada di lokasi wisata ini yaitu adanya dua telaga yang berbeda dengan kedalaman yang berbeda pula. Telaga pertama yang biasanya digunakan untuk berenang adalah yang memiliki kedalaman berkisar 8 meter. Meskipun relatif dalam, akan tetapi pihak pengelola sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk keamanan setiap wisatawan yang berkunjung.

Ada pula telaga dengan kedalaman berkisar 5 meter. Telaga ini ada di wilayah atas. Dengan kedalaman tersebut, air yang ada di telaga ini terlihat sangat jernih. Telaga yang satu ini juga menjadi salah satu tempat favorit pengunjung. Bukan saja karena tidak terlalu dalam, letaknya yang di atas menjadi tantangan tersendiri jika ingin mengunjunginya.

Daya Tarik Cibulao
Image Credit: Google Maps (Ceng Chiang)

3. Wahana Bebatuan Alam

Bebatuan yang ada di Curug Cibulao merupakan murni dan bentukan dari alam. Sehingga bentuknya sangat menarik meskipun tidak simetris. Bebatuan tersebut biasa digunakan oleh wisatawan untuk menguji adrenalin mereka. Mereka diperbolehkan mendaki secara bebas oleh pihak pengelola. Akan tetapi jika kondisi cuaca buruk dan bebatuan licin, wisatawan tidak boleh bermain diatasnya.

Bebatuan yang ada di lokasi wisata ini sangat banyak. Jika dipadukan dengan kesegaran air terjun dan pemandangan alam yang menarik, tentunya momen duduk di atas batu akan sangat unik. Jika sedang musim kemarau, wisatawan akan menaiki batu hingga berjam-jam. Mereka berfoto atau sekedar memandangi pesona keindahan alam yang ada di wisata ini.

4. Hamparan Pepohonan

Air terjun memang selalu ada di lokasi sekitar hutan dan pepohonan. Seperti halnya Curug Cibulao. Wisata ini dikelilingi dengan pepohonan yang sangat rindang. Bahkan saat pertama kali datang ke lokasi ini, wisatawan akan dikejutkan dengan hamparan pepohonan yang berjajar dengan rapi. Bahkan seakan-akan sejauh mata memandang hanya terlihat pepohonan rindang saja.

Bahkan ketika wisatawan melakukan pembayaran di loket, banyak yang terpukau dengan keindahan wisata alam ini. Serasa lengkap, air terjun yang dipadukan dengan hutan yang memiliki pepohonan rindang. Wisatawan selalu mengambil foto estetik di sekitar pepohonan. Banyaknya pepohonan yang rindang ini juga merupakan daya tarik dari wisata air tejun Cibulao.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cibulao

Alamat Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Roma Afrizon)

Bagi masyarakat yang ada di sekitar Jawa Barat pastinya sudah tidak merasa asing dengan air terjuj ini. Air terjun Curug Cibulao memiliki lokasi di Jawa Barat yaitu di Daerah Bogor. Lokasi tepatnya ada di Puncak Kecamatan Megamendung. Akses untuk menuju lokasi ini juga dibilang sangat mudah. Setiap wisatawan bisa menemukan lokasi wisata dengan mudah dan tidak kesulitan.

Sedangkan jika berbicara mengenai rutenya, pengunjung bisa mengambil start dari Jalan Raya Puncak. Kemudian bisa mengambil arah sebelah kiri hingga masuk ke arah Desa Cilember. Dari arah situ, bisa terus mengikuti arah saja yaitu ke arah Jalan Pesantren. Saat memasuki kawasan ini, wisatawan harus benar-benar memerhatikan langkah mereka.

Karena jalanan utama di sekitar bisa dibilang sangat terjal. Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke lokasi ini, sebaiknya bertanya terlebih dahulu pada warga sekitar. Sehingga bisa mempersiapkan diri ketika melewati jalur ini. Meskipun jalurnya terjal, akan tetapi keindahan yang diperoleh akan sangat menakjubkan. Sehingga wisatawan akan merasa puas.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Cibulao

Harga Tiket Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Mawardy Gardening)

Pihak pengelola telah menetapkan harga yang berbeda untuk setiap wisatawan. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengelola kekayaan pariwisata di Indonesia. Setiap wisatawan siap membayar berapapun untuk menikmati wisata yang sangat indah ini.

Bagi wisatawan lokal, maka dikenakan tarif sebesar 12 ribu per orang untuk sekali masuk. Sedangkan wisatawan mancanegara harus merogoh kocek sebesar 50 ribu untuk bisa menikmati lokasi wisata ini. Kemudian untuk camping domestik, tarif yang dikenakan sebesar 22 ribu. Wisatawan asing dikenakan biaya sebesar 60 ribu.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, juga disediakan lahan parkir yang bisa dibilang luas. Parkir kendaraan roda dua, memiliki tarif sebesar 5 ribu. Sedangkan untuk mobil dikenakan tarif 10 ribu rupiah. Wisata ini dibuka pukul 7 pagi sampai jam 5 malam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Cibulao

Aktivitas di Curug Cibulao
Image Credit: Instagram.com @curugcibalao

Wisatawan bisa menikmati berbagai kegiatan di lokasi wisata ini. Tidak hanya tempatnya yang mendukung karena berbaur dengan alam. Akan tetapi juga kondisi serta suasananya yang sangat natural. Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang biasanya dilakukan wisatawan di Curug Cibulao.

1. Berenang

Banyak wisatawan yang membawa baju ganti super lengkap. Karena mereka selalu menggunakan kesempatan di wisata ini untuk berenang. Telaganya tidak terlalu dalam. Sehingga wisatawan diperbolehkan berenang secara bebas. Akan tetapi tetap dalam pemantauan. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, bisa menggunakan alat bantu.

Alat bantu untuk berenang bisa dibawa sendiri maupun menyewa. Tempat wisata ini menyediakan penyewaan peralatan untuk bermain air. Harganya sendiri juga bervariasi. Sehingga wisatawan tidak perlu repot dan berat membawa peralatan dari rumah.

2. Menyelam

Keindahan bawah telaga di Curug Cibulao memang sangat memukau. Banyak wisatawan yang memilih untuk melakukan penyelaman. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa menikmati keindahan alam bawah permukaan air secara langsung. Keadaan air yang jernih turut memberikan wisatawan kemudahan untuk memandang.

Penyelaman sendiri harus menggunakan peralatan khusus. Wisatawan bisa juga menyewa di lokasi ini. Kemudian untuk tempat penyelaman, wisatawan akan diberikan lokasi khusus. Sehingga tidak bercampur dengan permainan air yang lainnya. Pihak pengelola memang mengelola lokasi wisata ini dengan sangat baik.

3. Cliff Jumping

Permainan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli yang profesional. Karena untuk melakukan hal ini diperlukan keberanian yang luar biasa. Tetapi bagi orang yang menyukai tantangan ekstrim, akan merasa tertantang dan sangat antusias. Untuk melakukan hal ini, pengunjung harus berani memanjat terlebih dahulu kemudian melakukan lompatan ke telaga.

Aktivitas tersebut bisa menjadi sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang masih amatir. Sehingga sangat disarankan khusus untuk profesional saja. Karena lompatan yang tinggi sangat berbahaya.

Aktivitas Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ramdani)

4. Berfoto

Wisatawan biasanya sangat menyukai berfoto di lokasi Curug Cibulao ini. Pasalnya keindahan yang ada di alam wisata ini sangat menakjubkan. Mereka bisa memilih berbagai background alam yang diinginkan.

Mulai dari pepohonan yang rindang dan menarik. Kemudian air yang sangat jernih dengan gemericik yang menenangkan. Ada pula bebatuan besar yang sangat indah.

5. Bermain Air Terjun

Kegiatan yang satu ini memang menjadi kegiatan utama dan pasti dilakukan. Bermain dibawah air terjun memang sangat menyegarkan. Sehingga banyak wisatawan memanfaatkannya sebagai media terapi. Ada yang percaya bahwa dengan berendam dibawah air terjun bisa menyembuhkan penyakit seperti pegal-pegal dan lain-lain.

Pihak pengelola akan memberikan arahan mengenai tempat yang diperbolehkan digunakan untuk berendam. Air terjun ini memang menjadi destinasi wisata yang kaya dengan kegiatan permainan air. Segala bentuk sarana prasarana juga menunjang tempat wisata.

6. Kemah dan Piknik

Memiliki lokasi yang masih asri, menjadikan setiap wisatawan tertarik untuk mendirikan kemah atau ber piknik di Curug Cibulao. Hal tersebut dipermudah lagi dengan adanya banyak outlet yang disediakan. Menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Wisatawan bisa dengan leluasa mengisi perut ketika sedang lapar.

Apabila ingin berkemah, maka pengunjung bisa membayar tarif sebesar 40 ribu. Dengan tarif tersebut, pengunjung bisa melakukan kemah di area air terjun. Gemercik air dan suasana angin malam menjadikan pengalaman berkemah lebih menyenangkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Cibulao Bogor

Fasilitas Curug Cibulao
Image Credit: Google Maps (Ahmad Fauzi 21)

Pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas umum untuk wisatawan. Mulai dari adanya toilet, mushola dan masih banyak lagi. Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir. Kemudian ada pula berbagai outlet yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tidak hanya itu, berbagai jenis permainan air juga disediakan sarana dan prasarana untuk wisatawan.

Curug Cibulao menjadi lokasi paling populer dengan kelengkapan destinasinya. Tidak hanya adanya air terjun, dua jenis telaga hingga pepohonan rindang menjadi alasan banyak wisatawan yang tertarik. Tempat ini menjadi lokasi wisata yang paling banyak disarankan ketika wisatawan mengambil liburan. Memiliki akses yang mudah dengan berbagai keindahan alamnya yang menakjubkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending