Curug Nangka Bogor, Wisata Air Terjun Indah dengan Aktivitas Seru

Curug Nangka Bogor, Wisata Air Terjun Indah dengan Aktivitas Seru
Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa Bogor memiliki destinasi wisata dengan daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Curug Nangka yang menjadi bagian Taman Nasional Halimun Salak. Air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Lokasinya sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan sehingga tidak begitu menyulitkan.

Nama air terjun tersebut konon katanya diambil dari banyaknya pohon nangka di sekitarnya pada zaman dahulu. Hal ini menjadi ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan air terjun lain. Sekarang, pohon nangka tidak ditemukan lagi di sekitar air terjun yang indah ini. Meski begitu, masyarakat tetap menyebut nangka untuk namanya karena sudah menjadi ciri khasnya sampai sekarang.

Destinasi wisata alami ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Hal ini disebabkan ketinggiannya yang berada 750 meter di atas permukaan laut. Jadi, pengunjung bisa menikmati kesejukan ini untuk menjernihkan pikiran sekaligus melepas penat. Terdapat juga aliran sungai jernih yang menjadi jalan bagi pengunjung menuju Curug Nangka sehingga perjalanan ke sini terasa seru dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Nangka

Daya Tarik Curug Nangka
Image Credit: Instagram.com @bellacalistha

1. Pemandangan Alami Curug yang Indah

Curug ini memiliki pemandangan alami yang sangat indah. Hal tersebut. menjadi daya tarik utamanya sehingga banyak pengunjung datang ke tempat wisata alami ini. Lokasinya yang masih termasuk di lereng gunung Salak membuat suasanya sejuk khas pegunungan. Aliran sungai serta banyaknya pepohonan menambah lengkap panorama pemandangan yang bisa dinikmati dari air terjun alami ini.

2. Kolam di bawah Curug yang Jernih

Selain pemandangannya yang indah, kolam dari air terjun ini juga sangat menarik perhatian pengunjung. Airnya sangat jernih dan menyegarkan sehingga sangat menyenangkan jika digunakan untuk berendam sekaligus berendam. Pengunjung juga bisa bermain air asalkan tidak terlalu dekat dengan curug, Bagi yang tidak ingin berenang atau berendam, bisa menikmati keindahan airnya dari pinggir curug.

3. Aliran Sungai yang Jernih

Curug Nangka juga memiliki daya tarik berupa aliran sungai yang jernih. Air sungai menjadi penunjuk jalan untuk pengunjung menuju lokasi air terjun. Aliran air jernih dari sungai ini tentu akan sangat menggoda pengunjung untuk berendam maupun berenang. Selain itu, pengunjung bisa juga memotret foto dengan latar belakang sungai yang menawan untuk diunggah langsung ke media sosial.

Daya Tarik dari Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Air Terjun Curug Nangka)

4. Suasana yang Sejuk

Karena curug yang indah ini terletak 750 meter di atas permukaan laut, suasananya sangat sejuk dan tidak begitu panas. Hal ini tentu sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai menjernihkan pikiran sekaligus melepas penat. Suasana yang sejuk dari tempat wisata ini juga didukung dengan banyaknya vegetasi di sekitarnya. Hal ini membuat udara yang ada di kawasan air terjun alami ini terasa lebih segar.

5. Pepohonan yang Rimbun

Salah satu destinasi air terjun alami di Bogor ini juga memiliki pepohonan rimbun di sekitarnya. Tentu saja banyaknya pepohonan ini membuatnya cocok untuk berteduh. Pengunjung bisa bersantai di bawah pepohonan sambil menikmati pemandangan air terjun yang mempesona. Keberadaan vegetasi di sekitarnya juga membuat udara terasa segar sehingga pengunjung betah berlama-lama di sini.

6. Area Camping Khusus

Curug Nangka juga menyediakan area camping khusus yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Area ini tentu sangat menyenangkan bagi pengunjung yang kebetulan ingin camping beramai-ramai dengan keluarga maupun teman. Untuk fasilitas pendukungnya, pengunjung tidak perlu khawatir. Pengelola sudah meyediakan aliran listrik serta toilet sehingga pengunjung bisa camping dengan nyaman di tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Nangka

Alamat Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Nikita Kamka)

Curug Nangka terletak di lereng Gunung Salak, terpatnya masih berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Jadi, rute untuk menuju ke air terjun ini sangat mudah untuk dijangkau. Pengunjung bisa pergi ke sini dari Kota Bogor. Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk pergi ke air terjun alami ini.

Pertama, menggunakan Tol Lingkar Luar Bogor. Kedua, menggunakan rute Ciapus untuk mencapai lokasi air terjun. Jika ingin melalui Tol Lingkar Luar Bogor, pengunjung bisa mengambil pintu luar di kawasan Lotte Mart.

Kemudian, belok kiri menuju ke arah Yasmin. Ikuti terus jalan ini hingga mencapai kawasan Cimaburan. Dari kawasan Cimaburan, ikuti jalan lagi hingga mencapai pintu gerbang air terjun. Jadi, menggunakan rute ini sangat mudah karena cukup mengikuti jalan umum yang sudah disediakan. Kemudian, jika ingin melalui rute Ciapus, pengunjung bisa menuju Tol Jagorawi.

Setelah sampai di pintu keluarnya, bisa berbelok ke kanan untuk menuju mall BTM sekaligus Kebun Raya Bogor. Dari kawasan ini, pengunjung bisa berbelok ke arah daerah Cipus atau Ciomas. Ikuti terus jalan ini sampai ke Jalan Pasir Kuda dan belok kanan ke Jalan Raya Ciapus. Ikuti lagi jalan ini hingga mencapai pintu masuk air terjun.

Hal yang perlu diingat dalam mencapai lokasi Curug Nangka ini adalah kondisi lalu lintasnya. Pastikan ketika berkunjung ke sini ketika hari biasa agar tidak terkena macet di jalan. Jadi, bisa lebih cepat ketika berangkat maupun pulang dari air terjun ini. Selain itu, akan lebih baik menghindari musim Hujan ketika pergi ke sini. Hal ini penting karena jalanan menuju ke tempat ini licin dan aliran curug membahayakan.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Nangka

Harga Tiket Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Hachi Februarindu)

Harga tiket masuk ke Curug Nangka cukup terjangkau. Destinasi wisata alami ini memiliki dua gerbang yang sama-sama menuju lokasi air terjun. Untuk gerbang pertama, pengunjung cukup membayar Rp 7.500. Sedangkan untuk gerbang kedua, pengunjung bisa membayar Rp 15.000. Kedua harga ini cukup terjangkau sehingga pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Untuk harga parkir sendiri juga cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil pada hari biasa. Sedangkan untuk akhir pekan, pengunjung akan dikenai biaya parkir Rp 7.500 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil. Untuk layanan camping sendiri, harganya juga cukup terjangkau dimana hanya dikenakan Rp 20.000 per malam.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Nangka

Aktivitas di Curug Nangka
Image Credit: Instagram.com @barkahbar

1. Berjalan-jalan

Curug Nangka merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat pas jika digunakan untuk berjalan-jalan. Hal ini disebabkan lokasinya yang berada di ketinggian sehingga suasanya sejuk dan udara terasa segar.

Jalanan menuju tempat wisata alami ini menanjak dan berliku. Namun, hal tersebut justru menimbulkan sensasi dan tantangan tersendiri. Sambil berjalan-jalan juga bisa menikmati pemandangan yang indah.

2. Bersantai Sambil Menikmati Keindahan Air Terjun

Selain berjalan-jalan, bersantai juga menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan di air terjun alami ini. Pengunjung bisa menikmati keindahannya sambil berteduh di bawah pepohonan yang rimbun. Keberadaan vegetasi juga membuat udaranya menjadi segar. Bersantai di curug ini tentu menyenangkan karena bisa menyegarkan pikiran sekaligus melepas penat dari kegiatan sehari-hari.

3. Berendam dan Berenang di Kolam

Selain berjalan-jalan dan bersantai, pengunjung bisa berendam sekaligus berenang di curug yang indah ini. Tentu tidak lengkap rasanya sudah jauh-jauh ke sini tetapi tidak menikmati kesegaran air.

Oleh karena itu banyak sekali pengunjung yang berenang sekaligus berendam di kolam. Meski begitu, hindari kegiatan ini pada saat musim hujan karena aliran curug yang sangat deras bisa membahayakan keselamatan.

4. Camping

Wisata Curug Nangka ini juga menyediakan area khusus camping yang tentu bisa dimanfaatkan pengunjung. Jadi, tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari area berkemah yang nyaman. Selain itu, fasilitas seperti kamar mandi, lampu, dan aliran listrik juga sudah disediakan. Jadi, pengunjung bisa membersihkan diri dan mendapatkan penerangan memadai. Peralatan elektronik juga bisa dioperasikan di sini.

Aktivitas Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Lina Marliana)

5. Berfoto

Pemandangan yang ada di curug alami ini sangat indah sehingga berfoto menjadi kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung bisa mengambil spot yang dirasa bagus agar bisa menghasilkan foto dengan latar unik dan menarik. Hasil foto yang unik dan menarik tentu bisa dibagikan langsung di akun media sosial pribadi.

6. Menikmati Sajian Kuliner Terjangkau

Di sekitar area air terjun ini terdapat berbagai penjual makanan yang bervariasi. Harga yang ditawarkan untuk setiap makanan juga terjangkau dan tidak terlalu mahal. Jadi, pengunjung bisa menikmatinya setelah puas menikmati keindahan air terjun. Dengan begitu perut akan kenyang dan perjalanan pulang ke rumah akan terasa lebih nyaman.

7. Berburu oleh-oleh

Terdapat berbagai penjual souvenir di sekitar destinasi air terjun di Bogor ini. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan pengunjung yang ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga yang dibanderol untuk souvenir sangat terjangkau. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir kalau isi dompet akan terkuras. Jadi, jangan lupa membeli oleh-oleh setelah puas menikmati pesona curug ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Curug Nangka Bogor

Fasilitas Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Akbar Nugroho)

Curug Nangka juga menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Terdapat tempat parkir yang cukup luas bagi pengunjung yang memarkirkan kendaraannya. Selain itu, ada juga area khusus yang bisa digunakan untuk camping. Tentu saja hal tersebut sangat menyenangkan untuk pengunjung yang datang beramai-ramai dengan teman maupun keluarga. Tidak perlu bingung lagi mencari area camping.

Selain itu, ada berbagai fasilitas lain yang disediakan air terjun alami ini. Ada fasilitas listrik dan lampu yang akan memudahkan pengunjung jika membutuhkan penerangan memadai dan terbiasa memakai barang elektronik.

Disediakan juga toilet dan kamar mandi yang sangat berguna jika ingin membersihkan diri. Selain itu, ada juga bonus sarapan jika kebetulan camping di area yang sudah disediakan di tempat ini.

Untuk urusan kuliner, pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada warung yang menyediakan makanan dengan harga terjangkau. Makanan yang disediakan bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Terdapat juga penjual souvenir yang bisa dimanfaatkan pengunjung jika ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai daya tarik, alamat, harga tiket masuk, kegiatan, beserta beragam fasilitas yang disediakan Curug Nangka. Destinasi wisata alami ini memang menarik berkat penamaannya sekaligus keindahan alaminya. Jadi, jika kebetulan mengunjungi Bogor terutama Taman Nasional Halimun Salah, cobalah untuk mengunjungi air terjun alami ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending