10 Curug (Air Terjun) di Sentul Bogor yang Populer & Terindah

Curug Sentul Bogor

Destinasi wisata alam yang masih alami di kawasan Sentul Bogor tentu memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi saat liburan. Inilah rekomendasi curug terindah di Sentul yang populer dengan pesonanya yang menakjubkan.

Air terjun merupakan destinasi wisata alam yang bayak digandrungi oleh semua kalangan. Pasalnya, air terjun atau curug terkenal memiliki pemandangan yang masih begitu alami. Apalagi mayoritas lokasinya berada di pegunungan dan bersumber dari alam. Daerah yang memiliki banyak tempat wisata curug adalah Sentul.

Sentul merupakan daerah yang berada dalam naungan Kota Hujan Bogor. Seperti yang diketahui, kota ini merupakan daerah yang masih begitu sejuk dengan panorama alam khas pegunungan. Tidak heran, saat musim liburan tiba Sentul, Bogor banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi dengan deretan curugnya yang masih begitu alami.

Daya tarik serta kesegaran airnya memang menggoda untuk diselami. Rasakan gemericiknya air pegunungan yang membasuh tubuh. Juga panorama alam di sekeliling yang hijau. Berbagai lokasi air terjun pun banyak diburu oleh wisatawan. Terutama bagi mereka yang cinta akan keindahan alam. Berikut deretan air terjun eksotis di Sentul, Bogor yang menarik Anda kunjungi.

1. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Youtube.com (Yusrizal)

Terdapat sebuah wisata alam curug bernama Leuwi Hejo. Tepatnya berada di Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Bisa dibilang, air di curug ini beda dari yang lain. Pasalnya airnya bergradasi antara biru kehijauan.

Sehingga menciptakan suasana yang begitu tenang. Di sekeliling air terjun, pengunjung dapat melihat bahwa tempat ini diapit oleh tebing tinggi. Meski curug Leuwi Hejo tidak begitu tinggi, pesona alam yang diberikan mampu memukau wisatawan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang terutama saat hari libur tiba. Dari segi fasilitas, Curug Leuwi Hejo terbilang cukup memadai. Pasalnya sudah terdapat kamar mandi serta area penitipan helm.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

2. Curug Ciburial

Curug Ciburial
Image Credit: Google Maps (Putri Wanasita)

Bogor memang tidak henti-hentinya menyuguhkan panorama alam yang begitu luar biasa. Apalagi daerah Snetul yang kaya akan wisata curug. Seperti destinasi liburan Curug Ciburial dengan kolam alami yang cukup dalam. Tempat ini berada di Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul.

Airnya yang jernih dan segar membuat siapapun terlena ingin berendam di dalamnya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Pasalnya curug ini memiliki kolam yang cukup dalam. Jadi, jika ingin sampai ke tengah pastikan Anda ahli berenang ya. Sedangkan untuk yang belum piawai, bisa mandi di tepi kolamnya. Atau Anda juga bisa menikmati angin sepoi yang bertiup lembut.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

3. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari
Image Credit: Tabloidwisata.com

Dari berbagai lokasi yang ada di Sentul, Air Terjun Bidadari adalah salah satunya. Wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan alam yang begitu memukau. Apalagi lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan, membuat udara di sekitarnya terasa begitu segar. Bahkan popularitas dari Air Terjun Bidadari sudah tidak asing lagi bagi turis.

Nama Bidadari yang tersemat di dalamnya memang bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, keindahan yang disajikan tidaklah main-main. Mata airnya bersumber langsung dari pegunungan sehingga masih terasa segar. Di sekitar air terjun juga terdapat dua bongkahan batu besar yang merupakan hiasan dari alam.

Lokasi air terjunnya tidak jauh dari pintu keluar tol Sentul. Rasakan kesegaran airnya yang begitu jernih. Banyak pengunjung yang memutuskan untuk berenang di sekitar air terjun.

Untuk bisa akses segala fasilitas di Air Terjun Bidadari Anda bisa merogoh kocek sekitar Rp 25.000. Selain itu, fasilitas yang ada di Air Terjun Bidadari juga sudah cukup memadai. Disini Anda bisa menemukan arena outbound serta penjual makanan yang berjajar di sekelilingnya.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

4. Curug Barong

Curug Barong
Image Credit: Google Maps (hasan sadiq)

Curug barong terletak di Pabuaran, Sukamakmur, Bogor. Menjadi salah satu air terjun yang ada di Sentul, Curug barong memiliki pemandangan alam yang begitu eksotis. Di sekeliling Curug Anda akan melihat tebing-tebing tinggi serta tumbuhan yang melekat padanya. Air yang ada di disini tidak lain bersumber dari Sungai Cirangrang. Lokasinya .asih begitu alami sehingga airnya pun jernih dan segar.

Curug Barong terletak di pedalaman hutan, sehingga pengunjung harus melewati trekking yang cukup terjal. Untuk itu, jika Anda ingin berkunjung ke curig ini sebaiknya menghindari musim hujan. Sebab. Pada saat itulah kondisi jalanan begitu licin dan beresiko untuk dilewati.

Dengan keadaan alam yang luar biasa, Curug Barong memang banyak dikunjungi oleh para penikmat wisata alam. Untuk bisa sampai di curug yang menakjubkan tersebut Anda harus rela berjalan kaki sekitar 10 – 15 menit dari arah Leuwi Hejo. Meski melelahkan, Anda akan takjub dengan keadaan alam yang disajikan. Sehingga penat pun hilang seketika begitu sampai di Curug Barong.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

5. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung
Image Credit: Twitter.com @seff60

Sentul memang memiliki banyak sekali tempat wisata terutama yang berkenaan dengan alam. Salah satu yang bisa menjadi destinasi wisata pilihan adalah Curug Cibaliung yang berada di Cibadak Sukamakmur. Seperti destinasi air terjun pada umumnya, kondisi alam Curug Cibaliung masih nampak alami. Selain itu, di sana juga masih diapit dengan tebing besar dengan tumbuhan paku yang melekat di tebingnya.

Lokasi Curug Cibaliung memang belum banyak diketahui, sebab tempatnya yang berada di dalam hutan. Itulah yang membuat curug ini masih begitu asri dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Aliran airnya cukup deras dengan warnanya yang kehijauan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

6. Curug Hordeng

Curug Hordeng
Image Credit: Google Maps (Hendra Suprianto)

Ingin ke tempat indah nan asri tapi masih bingung dengan lokasi? Cobalah untuk berkunjung ke Bogor, tepatnya daerah Sentul. Di sana terdapat Curug Hordeng yang masih segar dan alami. Rasakan sensasi liburan bersatu dengan alam.

Di sekeliling air terjun pengunjung akan mendapati tebing batu serta pepohonan hijau yang menjulang. Curug Hordeng terletak di Cibadak, Sukamakmur, Bogor.

Lokasinya yang berada di tengah hutan membuat curug ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Meski begitu pesona alamnya tidak dapat diragukan. Angin sepoi, harmoni air yang jatuh dari ketinggian seolah memberikan kesan tersendiri. Cocok sekali untuk Anda yang mendambakan ketenangan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

7. Curug Leuwi Cepet

Curug Leuwi Cepet
Image Credit: Google Maps (Joe Janisad)

Curug Leuwi Cepet masih termasuk ke dalam list curug terindah di Sentul, tepatnya di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Tempatnya masih begitu asri dengan hiasan batuan besar dari alam, serta diapit oleh tebing batu. Pengunjung pasti terpukau saat berada di sini. Apalagi dengan warna airnya yang jernih kehijauan. Membuat siapapun ingin segera berendam di dalamnya.

Curug yang satu sebenarnya masih terusan dari tiga curug lainnya, yaitu Leuwi Hejo, Leuwi Barong, dan Lieuk. Jadi, dengan berkunjung ke Leuwi Cepet Anda pun akan mendapatkan pemandangan dari tiga curug lai yang ada di situ.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

8. Curug Kencana

Curug Kencana
Image Credit: Google Maps (Toro Haryanto)

Masih berada di daerah sekitar Sentul, kali ini tempatnya di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Terdapat sebuah sajian indah dari alam bernama Curug Kencana. Tempat ini masih begitu alami dengan jembatan gantung berada tepat di atasnya.

Lokasinya masih alami sebab berada di kedalaman hutan. Untuk itu, pengunjung harus melalui trekking yang cukup sulit untuk bisa sampai di sini.

Airnya langsung bersumber dari Gunung Panca yang menjadi lokasi bersemayamnya Curug Kencana. Biasanya, pengunjung akan mencoba sensasi melompat dari atas tebing menuju kolam air di bawahnya.

Kegiatan ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menguji adrenalin. Namun Anda tetap harus berhati-hati ya, pasalnya curug Kencana memiliki kolam dengan kedalaman 6 meter. Sedangkan untuk tebingnya sendiri setinggi 7 meter.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

9. Curug Nangka

Curug Nangka
Image Credit: Google Maps (Yan Raditya)

Curug yang tidak kalah indah nan memukau berada di Sukajadi, Tamansari, Bogor. Sampai di tempat, Anda akan sesaat terpukau dengan kenampakan yang disajikan. Dengan air terjun yang cukup tinggi serta kolam alami yang jernih, membuat pengunjung ingin segera menceburkan diri.

Melihat sekeliling Anda akan mendapai pepohonan hijau serta beberapa fasilitas yang bisa digunakan. Tempatnya juga instagramable untuk sosial media Anda. Tinggi air terjun yang mencapai 25 meter membuat siapapun terpana.

Sebaiknya Anda tidak mandi tepat berada di bawahnya. Pasalnya curug tersebut memiliki aliran air yang cukup deras. Selain itu, area trekking pengunjung juga akan diwarnai dengan keberadaan monyet liar yang seolah saling bercengkerama.

Harga Tiket: Rp 14.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kota Bogor, Jawa Barat.

10. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung
Image Credit: Tribunnews.com

Tebing batu yang mengelilingi Curug Cikuluwung seolah menyita perhatian pengunjung ketika sampai di lokasi. Curug Cikuluwung juga dikelilingi oleh deretan bebatuan alam yang nampak indah. Lokasinya yang berada jauh dari keramaian membuat pengunjung harus rela melakukan trekking berjalan kaki.

Meski melelahkan, saat sampai di lokasi rasa itu akan sirna seketika. Sebab yang dirasa hanya kedamaian dan angin sepoi yang bertiup perlahan. Untuk yang tidak bisa berenang namun tetap ingin merasakan kesegaran airnya bisa menyewa pelampung.

Bersantai ria dengan berfoto juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tempat ini berada di Cibitung Wetan, Pamijahan, Bogor. Tempatnya cocok untuk Anda yang mendambakan suasana tenang serta udara sejuk khas pegunungan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Suka Asih, RT.01/RW.08, Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Itulah beberapa wisata air terjun atau curug terindah di Sentul, Bogor yang sudah dapat membuktikan bahwa dalam hal sektor wisata Indonesia cukup memadai. Selain itu, wisata alam tersebut juga tidak masih banyak yang belum tersentuh pembangunan. Sebagian tempat wisatanya pun masih belum memiliki fasilitas yang memadai.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending