15 Curug (Air Terjun) di Subang yang Populer & Terindah

15 Curug (Air Terjun) di Subang yang Populer & Terindah

Subang memiliki beragam destinasi wisata alam yang menawan untuk dieksplor pesonanya. Inilah rekomendasi wisata curug atau air terjun terindah di Subang, Jawa Barat yang menarik dikunjungi saat liburan dan akhir pekan.

Selain terkenal sebagai kota nanas karena sebagian mata pencaharian penduduknya adalah bertani nanas, Subang juga menyimpan sejuta pesona pariwisata. Kota-kota di Jawa Barat pada umumnya menawarkan rekreasi dengan tema pegunungan yang sejuk dengan berbagai macam aliran air terjun atau dengan nama lokal “Curug”.

Subang memiliki topografi yang diapit oleh bentangan pegunungan dengan ketinggian 500-1500 mdpl membuat kota ini sangat sejuk dan indah. Panorama Subang begitu menawan. Wisata alamnya seolah tidak pernah habis untuk di eksplor. Terlebih bila kita mencari wisata alam yang berhubungan dengan elemen air. Dari mulai pemandian air panas, air terjun hingga mata air alam berceceran di Subang.

Curug atau air terjun selalu menjadi pilihan yang tepat saat ingin melepas penat dari riuhnya suasana perkotaan, hingga melepas stress dari aktivitas harian. Sangat kental dengan histori, dan mitos masyarakat di sekitarnya peran curug pada zaman dahulu kala penting untuk aktivitas spiritual, sosial dan budaya. Di Kabupaten Subang, destinasi wisata alam berupa curug sangat mudah ditemukan, seperti yang daftar direkomendasikan di bawah ini.

1. Curug Mandala

Curug Mandala
Image Credit: Instagram.com @christonisitorus

Curug yang pertama yakni Mandala. Keunikan yang dimiliki destinasi wisata ini yakni dinding sekitar aliran air terjun yang membentuk sebuah cekungan yang mirip kolam pemandian. Sehingga menarik minat wisatawan untuk merasakan kesegaran airnya.

Harga tiket masuk kawasan sangat murah, cukup dengan lima ribu rupiah saja Anda dapat merasakan pesona Curug Mandala. Akses menuju lokasi juga mudah, yakni di Desa Cicadas Kecamatan Segalaherang Kabupaten Subang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cicadas, Sagalaherang, Kab.Subang, Jawa Barat.

2. Curug Ciangin

Curug Ciangin
Image Credit: Instagram.com @agoes_bimaa

Curug ini menjadi salah satu curug yang sangat diburu di Kabupaten Subang karena terkenal akan kesegaran dan kejernihan airnya. Lokasi sekitar curug juga masih hijau dan asri. Pepohonan rindang dan batu-batuan sungai masih nampak alami. Tak heran bila saat mengunjungi wisata ini pengunjung akan tidak sabar untuk menceburkan diri ke tempat ini.

Aliran air dari curug ini cukup rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa kesakitan saat mendekat. Alamat curug ini berada di Ciebeusi, Kecamatan Ciater Kab. Subang. Jam buka atau operasional destinasi ini dari pukul delapan pagi hingga setengah lima sore.

Pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp 10.000 untuk memasuki lokasi dan biaya parkir sebesar lima ribu rupiah. Namun hal itu sepadan dengan panorama yang akan di dapatkan. Karena Curug Ciangin sangat menawan dan memiliki ketinggian air sekitar sembilan meter.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Neglasari, RW.04, Cibeusi, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

3. Curug Cijalu

Curug Cijalu
Image Credit: Google Maps (Husnul Kh)

Memiliki aliran air yang cukup tinggi dengan dua anak air terjun dan dinding curug yang bertingkat membuat pemandangan curug ini begitu eksotis. Menuju lokasi untuk menikmati keindahan curug ini juga cukup mudah namun menarik bagi para pecinta alam.

Karena selama perjalanan wisatawan akan disuguhkan pesona hutan yang masih asri, dan tak jarang akan melihat beberapa satwa yang berkeliaran seperti monyet. Biaya retribusi yang di kenakan untuk memasuki kawasan ini sebesar sepuluh ribu rupiah dengan jam operasional dari pukul tujuh pagi hingga lima sore. Dari lokasi parkir, wisatawan harus berjalan lagi untuk dapat melihat Curug Cijalu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat.

4. Curug Cileat

Curug Cileat
Image Credit: Instagram.com @rizkililah.mp4

Menjadi salah satu wisata curug andalan di Kabupaten Subang. Curug ini menjadi salah satu wisata air terjun tertinggi. Curug Cileat memiliki dua aliran air dan masing-masing memiliki ketinggian yang hampir sama.

Agar dapat sampai di lokasi curug, pengunjung harus mengeksplorasi kawasan Gunung Canggah. Curug Cileat beralamatkan di Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak. Lokasinya masih cukup mudah untuk Anda temukan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Kec. Cisalak, Kab. Subang, Jawa Barat.

5. Curug Capolaga

Curug Capolaga
Image Credit: Google Maps (Wisata Alam Capolaga)

Berada di lokasi wisata terpadu, banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Curug Capolaga. Pengunjung dapat merasakan suasana berkemah di pinggir sungai sambil menikmati cucuran air terjun. Air terjun ini berada di Desa Cicadas Kecamatan Sagalaherang . Lokasi curug berdekatan dengan Sungai Cimuja sehingga banyak aktivitas di sekitar sungai dapat dilakukan di sekitar curug ini.

Tempat ini juga tidak jauh dari jalan tol dan memiliki ekosistem yang unik. Fasilitas yang di sediakan di sekitar lokasi juga cukup lengkap sehingga pengunjung tidak perlu khawatir maupun bosan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Panaruban Desa, Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

6. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareudeuy
Image Credit: Google Maps (Giw Vlog)

Destinasi wisata air terjun yang bernama Curug Cibareubeuy ini dapat ditemukan. Curug ini memiliki aliran air yang tidak terlalu lebar dengan dinding batuan yang banyak ditumbuhi lumut.

Air yang jatuh dari atas curug masih cukup deras. Dengan suasana sekitar yang masih asri dan terdapat banyak batu-batuan besar sebagai tempat bersandar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

7. Curug Karembong

Curug Karembong
Image Credit: Twitter.com @zonasubang

Curug Karembong memiliki aliran air yang cukup deras. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi derasnya pancuran air terjun mungkin curug ini menjadi pilihan yang cocok. Batu-batuan sekitar air terjun juga nampak unik dan bertingkat.

Dinding curug tidak memiliki banyak tumbuhan dan pepohonan yang tinggi, sehingga sejauh mata memandang hanya ada air dan batu. Nampak seperti di film-film petualangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kampung Panaruban, Sagalaherang, Kec. Cicadas, Kab. Subang, Jawa Barat.

8. Curug Sadim

Curug Sadim
Image Credit: Instagram.com @hhaarruuunnn

Curug Sadim adalah salah satu hidden gem di Subang dan menjadikan perjalanan menuju lokasi tidaklah mudah. Untuk menuju destinasi ini pengunjung perlu menyusuri desa untuk dapat melihat keindahan curug. Berlokasi di Desa Cicadas Kampung Panaruban. Apabila pengunjung sedang berwisata di sekitar lokasi perkebunan teh Ciater tidak ada salahnya untuk sesekali mampir ke lokasi ini.

Pancuran air tidak terlalu deras dan ketinggian air terjun tidak sampai sepuluh meter, lokasi sekitar air masih banyak ditumbuhi paku purba membuat pengunjung seolah-olah sedang memasuki jurasic park.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

9. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak
Image Credit: Instagram.com @young_mhoto

Memiliki ketinggian air sekitar tujuh sampai delapan meter,dengan goa yang cukup tersembunyi bernama goa badak. Dengan lokasi yang cukup unik tersebut menjadikan destinasi ini banyak dicari.

Pemandangan sekitar curug berupa bebatuan goa berwarna cokelat kelabu. Selain itu,fasilitas yang di dapat saat memasuki curug cukup lengkap yaitu kamar mandi, penginapan, mushola dan area parkir.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamandi, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

10. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Image Credit: Instagram.com @fyn28_

Sekilas dinding air terjun nampak bertingkat seperti terasiring sehingga membuat aliran air memberikan ilusi yang cukup indah. Dinding curug yang cukup lembab membuatnya banyak ditumbuhi lumut dan terlihat licin.

Lokasi sekitar curug juga berdekatan dengan area persawahan dan perkebunan warga. Debit aliran air cukup deras sehingga menarik bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

11. Curug Wangun

Curug Wangun
Image Credit: Facebook.com @kompeparkabupatensubang

Curug Wangun terletak di Desa Bunaira Kec. Tanjungsiang Kab. Subang.. Aliran air di curug ini dapat dibilang cukup tinggi. Memiliki dua aliran air dengan ketinggian berkisar antara lima belas sampai dua puluh meter.

Pesona dari curug ini yaitu dinding bebatuan yang cukup lebar sehingga cocok digunakan untuk berselfie ria. Selain itu fasilitas dari destinasi ini cukup lengkap diantaranya taman bermain dan kolam renang.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buniara, Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang, Jawa Barat.

12. Curug Agung

Curug Agung
Image Credit: Google Maps (Myshop Martin)

Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, membuat para wisatawan mengunjungi kolam air panas yang berada di sekitar curug ini dan sekalian mampir ke Curug Agung.

Pesona curug ini sangat menakjubkan dengan pemandangan batu kapur alami di sekitarnya. Sekitar lokasi air terjun juga masih rimbun dengan pohon palem di sekitarnya. Lokasi destinasi ini juga tak jauh dari Bandung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

13. Curug Cina

Curug Cina
Image Credit: Google Maps (Ngubek Ngubek Indonesia)

Lokasi curug ini berada di Desa Curugagung, Kec. Sagalaherang. Akses menuju destinasi ini juga mudah. Pengunjung cukup mengikuti rute yang ada di google map dan dapat perjalanan dapat ditempuh dari kota-kota besar seperti Bandung.

Pemandangan sekitar lokasi masih alami dan asri. Agar dapat menikmati wisata ini pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 saja sebagai harga tiket masuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinapeul, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang, Jawa Barat.

14. Curug Masigit

Curug Masigit
Image Credit: Instagram.com @chilll.n.eat

Curug ini juga menjadi salah satu wisata yang paling dicari masyarakat Subang dan sekitarnya. Memiliki kedalaman air kolam sekitar sepuluh meter membuat destinasi ini digunakan pengunjung sebagai tempat uji adrenalin dengan melompat indah. Aliran airnya tidak terlalu tinggi, dengan warna air nampak seperti hijau kelabu dan kolam air cukup luas.

Pemandangan sekitar curug juga nampak seperti Green canyon namun versi mini, bebatuan besar berwarna cokelat muda dengan minim pepohonan.

Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang, Jawa Barat.

15. Curug Pandawa 5

Curug Pandawa 5
Image Credit: Twitter.com @si_raar49

Pancuran air yang tidak terlalu tinggi dan aliran air yang tenang membuat curug ini cocok dijadikan sebagai tempat berwisata bersama keluarga. Selain itu medan yang ditempuh untuk menyaksikan curug ini relatif mudah dan tidak ekstrem sehingga cocok dikunjungi berbagai kalangan usia. Dinamakan Pandawa 5 karena curug ini memiliki lima tingkatan air.

Selain mengunjungi curug, Anda juga dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola seperti cafeteria dan gazebo.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Itulah beberapa curug terindah di Subang yang populer. Sempatkan waktu untuk mengunjungi destinasi wisata alam untuk menghilangkan penat. Jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup dan alat untuk berfoto karena keindahan alam sungguh sayang untuk dilewatkan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending