15 Curug (Air Terjun) di Sukabumi yang Populer & Terindah

15 Curug (Air Terjun) di Sukabumi yang Populer & Terindah

Sukabumi dikenal memiliki berbagai wisata alam yang menakjubkan dan pastinya sangat menarik untuk dijelajahi. Inilah daftar air terjun atau curug di Sukabumi yang menyuguhkan pesona alam yang memukau dan menyegarkan.

Sukabumi adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini sangat terkenal dengan berbagai objek wisata yang dimilikinya. Mulai dari wisata alam yang sangat eksotis hingga wisata kuliner yang menggiurkan. Banyaknya objek wisata yang dimiliki kota ini dikarenakan wilayah Sukabumi sangatlah luas.

Di antara objek wisata yang dapat ditemui di kota ini yaitu pantai, tempat bersejarah, air terjun atau curug, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan kota Sukabumi sangat cocok untuk dijadikan tujuan berlibur di akhir pekan. Salah satu wisata alam yang wajib untuk Anda eksplor keasriannya yaitu air terjun atau yang biasa disebut curug.

Curug yang berada di kota ini jumlahnya sangat banyak. Kali ini para wisatawan akan diajak untuk berkelana menyusuri macam-macam curug yang disuguhkan oleh kota Santri ini. Mendengar kata curug saja sudah terbayangkan betapa segar airnya dengan keasrian alam di sekelilingnya. Tentu saja hal yang seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut deretan curug terindah di Sukabumi yang bisa menjadi referensi bagi Anda!

1. Curug Sentral

Curug Sentral
Image Credit: Google Maps (Badri Tamam)

Rekomendasi pertama air terjun atau curug di Sukabumi yang wajib sekali untuk dikunjungi yaitu Curug Sentral. Curug ini berada di wilayah Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat. Keindahan alam dari curug ini tentu tidak akan mengecewakan para pengunjung. Pasalnya curug ini masih terjaga keasriannya sehingga memberi kesan masih alami.

Curug ini memiliki daya tarik tersendiri yang dapat membedakan dengan curug yang lainnya. Keistimewaan curug ini yaitu memiliki tujuh curug yang berasal dari satu sungai. Untuk setiap curug pun memiliki nama tersendiri. Nama tersebut pun disesuaikan dengan tingkatan curug tersebut. Seperti Curug Sentral 1, Curug Sentral 2, Curug Sentral 3, dan begitu seterusnya.

Untuk Curug Sentral 1 memiliki intensitas air yang cukup deras. Sehingga sangat rawan jika para wisatawan bermain di bawah curug ini. Akan tetapi untuk intensitas air di Curug Sentral 2 tidak terlalu deras seperti milik Curug Sentral 1. Di tingkatan kedua ini para wisatawan dapat bermain air dan berenang di kolam yang berada di bawah curug ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Curug Sentral, Kec. Kabandungan, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

2. Curug Cirajeg

Curug Cirajeg
Image Credit: Instagram.com @imammuhajirin

Air terjun kedua yang wajib untuk dikunjungi yaitu Curug Cirajeg. Keberadaan curug ini yaitu di daerah Purabaya, Sukabumi. Lokasi curug ini sangatlah unik. Jika biasanya sebuah curug berada di kawasan hutan dan juga terpencil, akan tetapi untuk curug ini berada di tengah areal persawahan yang membuatnya terlihat berbeda.

Keberadaan air terjun ini terlihat sangat lebar dan tidak seperti biasanya. Curug ini dibatasi oleh dinding batu yang berwarna hitam di samping kanan dan kiri air. Untuk debit air dari curug ini sangatlah dinamis. Hal ini dikarenakan perubahan musim yang terjadi. Jika sedang berada di musim kemarau maka debit air sedikit dan begitu juga sebaliknya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Neglasari, kec. Purabaya, kab. Sukabumi, Jawa Barat.

3. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik
Image Credit: Instagram.com @ciletuhhills

Masih tentang curug yang berada di Sukabumi dan kali ini akan membahas tentang Curug Puncak Manik. Curug ini tidak pernah sepi pengunjung baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pasalnya lokasi dari curug ini sangatlah strategis terlebih karena curug ini masih masuk ke dalam wilayah Geopark Ciletuh.

Curug Puncak Manik memiliki ketinggian sekitar 100 meter sehingga menyebabkan intensitas debit air ketika turun sangatlah deras. Hal ini menjadikan curug ini mempunyai sensasi air yang sangat segar dengan panorama alam di sekitar yang sangat mempesona. Seperti tebing di samping curug yang menjulang tinggi dan juga hijaunya tumbuhan di sekelilingnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

4. Curug Tengah Puraseda

Curug Tengah Puraseda
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Tak hentinya ketika berbicara mengenai air terjun di kota ini. Untuk air terjun satu ini yaitu Curug Tengah Puraseda. Untuk berkunjung di air terjun ini maka para wisatawan harus berkelana hingga ke daerah Cibenda, Sukabumi, Jawa Barat. Di daerah inilah curug ini berada. Curug ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Jika curug sebelumnya adalah bagian dari kawasan Ciletuh Geopark, maka Curug Tengah pun juga menjadi bagian darinya. Hal ini dikarenakan air terjun ini masih satu aliran dengan Sungai Ciletuh. Daya tarik yang ditawarkan curug ini pun tidak akan mengecewakan para wisatawan.

Di antara daya tarik curug ini yaitu airnya yang sangat jernih sehingga menjadikan apa yang ada di dalam air menjadi nampak. Ditambah keadaan alam sekitar curug yang masih terjaga keasriannya. Selain itu juga terdapat kolam di bawah air terjun ini. Hal inilah yang menjadikan para pengunjung bisa menikmati dengan cara berenang atau hanya bermain air saja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Puraseda, Kec. Leuwiliang, Kota Bogor, Jawa Barat.

5. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Image Credit: Instagram.com @dhevyfransisca

Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai Curug Cimarinjung. Keberadaannya yaitu di daerah Ciemas, Sukabumi. Jika dua curug sebelumnya adalah bagian dari Geopark Ciletuh, maka hal tersebut juga berlaku bagi Curug Cimarinjung. Berdasarkan namanya, maka curug ini mempunya sumber aliran air dari Sungai Cimarinjung.

Dari sungai tersebut, maka air tidak hanya mengalir ke Curug Cimarinjung saja. Akan tetapi juga mengalir ke dua curug lainnya yaitu Curug Dogdog dan juga Curug Nyelempet. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Hal ini menjadikan curug ini terlihat seperti menjulang tinggi. Curug ini sangat unik karena ada dua buah batu yang berfungsi mengapit aliran udara sebelum turun.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Curug Cimarinjung, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

6. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan
Image Credit: Instagram.com @fyrouzabadi

Objek wisata selanjutnya yaitu Curug Bibijilan. Sebuah curug yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh curug yang lainnya. Hal yang membedakan tersebut yaitu aliran air dari curug ini keluar melewati bebatuan kapur. Sungguh tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Curug ini berlokasi di daerah Nyalinding, Sukabumi dan keberadaannya masih satu kawasan dengan Gua Buni Ayu. Sehingga ketika Anda berkunjung ke curug ini sudah tentu akan mengunjungi Gua Buni Ayu juga.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimerang, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

7. Curug Awang

Curug Awang
Image Credit: Instagram.com @novanurwahyu

Destinasi wisata selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan yaitu Curug Awang. Untuk mendapati curug ini ternyata tidaklah susah. Pasalnya Curug Awang ini ternyata masih satu kawasan dengan Geopark Ciletuh. Di kawasan geopark ini pun terdapat beberapa curug lainnya. Hal ini tentu memudahkan para wisatawan yang berkunjung.

Sesuatu unik terdapat di curug ini. Banyak orang mengatakan bahwa curug ini mirip seperti niagara hanya saja ukurannya lebih kecil. Keberadaan curug ini yaitu di daerah Ciemas. Curug ini memiliki tebing yang bermaterial breksi sehingga menjadikan curug ini berwarna kecoklatan. Debit air di curug ini pun sesuai dengan pergantian musim yang terjadi.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

8. Curug Cikaret

Curug Cikaret
Image Credit: Instagram.com @ifarief

Curug yang akan dijelajahi selanjutnya yaitu Curug Cikaret. Curug ini masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi curug ini masih jarang terjamah oleh manusia. Pasalnya Curug Cikaret ini merupakan curug yang baru saja dibuka. Sehingga akses menuju curug ini masih terjal dan dibutuhkan tour guide untuk sampai di tempat.

Curug ini berada dalam satu jalur dengan Curug Sodong. Akan tetapi aksesibilitas menuju curug ini memerlukan tenaga yang ekstra. Diperlukan trekking agar bisa sampai di curug ini. keberadaan curug ini yaitu di daerah Ciemas, Sukabumi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

9. Curug Cikaso

Curug Cikaso
Image Credit: Instagram.com @ahmadyusup92

Air terjun indah kali ini yaitu Curug Cikaso yang beerlokasi di daerah Cibitung. Curug ini juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan lain yaitu Curug Luhur Sukabumi. Ketinggian yang dimiliki curug ini yaitu sekitar 80 meter. Untuk curahan dari air terjun ini dibagi menjadi tiga titik yaitu Curug Aseupan, Curug Menong, dan juga Curug Aki.

Karena curug ini memiliki tiga titik curahan air maka sudah pasti air di curug ini sangatlah deras. Di bawah air terjun ini pun terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang maupun hanya sekedar bermain air. Tentu air di kolam ini sangat jernih dan menyegarkan. Akan tetapi para wisatawan diminta untuk tetap hati-hati karena kedalamannya sekitar 15 meter.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

10. Curug Pareang

Curug Pareang
Image Credit: Instagram.com @herawatisuryanegara

Curug selannjutnya yaitu Curug Pareang yang lokasinya yaitu di daerah Sindang Resmi, Jampang Tengah. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Sehingga menjadikan air terjun ini seolah-olah landscape.

Curug ini sangat menarik untuk dikunjungi pasalnya memiliki tingkatan air terjun yang berjumlah delapan. Di bawah curug ini terdapat kolam yang terbentuk dari aliran air terjun yang cukup deras. Untuk dapat sampai di curug ini diperlukan trekking yang lebih karena aksesibilitas menuju curug ini masih dalam proses perbaikan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindangresmi, Kec. Jampang Tengah, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

11. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Abdullah Syafii)

Destinasi wisata selanjutnya yaitu Curug Cibeureum yang berada di wilayah Cibodas tepatnya masuk ke area wisata Taman Nasional Kaki Gunung Gede Pangrango. Cibeureum memiliki arti merah yang dalam hal ini dikarenakan dinding tebing yang ditumbuhi oleh lumut yang berwarna merah.

Curug ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan hiking. Dikarenakan untuk dapat sampai di tujuan maka diharuskan menempuh jarak 2,6 km dengan jalan kaki.

Harga Tiket: Rp 18.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

12. Curug Sodong

Curug Sodong
Image Credit: Instagram.com @cmonnaz

Air terjun Sodong terletak di daerah Ciemas dan masih termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuk. Curug ini juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan lain yaitu Curug Penganten atau Curug Kembar.

Ketinggian yang dimiliki oleh Curug Sodong ini yaitu sekitar 20 meter. Tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu pendek. Curug ini merupakan curug yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Geopark Ciletuk.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Komplek Geopark Ciletuh, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

13. Curug Puncak Jeruk

Curug Puncak Jeruk
Image Credit: Instagram.com @endang_sulaiman

Trip wisata selanjutnya menuju Curug Puncak Jeruk yang masuk dalam kawasan Geopark Ciketuh. Lokasi curug ini yaitu di daerah Ciemas. Untuk dapat sampai di lokasi ini dibutuhkan perjuangan yang lebih. Sebelum sampai di lokasi, para wisatawan akan disuguhkan dengan hutan pinus dan cengkeh yang menyambutnya.

Yang menarik dari curug ini yaitu dua tingkatan aliran air yang dimilikinya. Ketinggian dari curug ini pun hanya sekitar 15 meter saja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

14. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa
Image Credit: Instagram.com @dewhy07

Curug kali ini yaitu Curug Cigangsa yang terletak di Surade. Curug ini sangat istimewa karena terbentuk setelah terjadinya gempa yang menyebabkan longsor.

Curug ini ternyata memiliki tiga tingkatan yang mana keberadaannya berfungsi untuk mengairi sawah. Curug ini masih jarang dijamah oleh wisatawan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

15. Curug Sawer

Curug Sawer
Image Credit: Instagram.com @azizsyaifullah

Objek wisata terakhir yaitu Curug Sawer yang lokasinya di Kadudampit, Sukabumi. Curug ini cukup eksotis sehingga menjadikan wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Curug ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Hal yang menarik dari curug ini yaitu adanya jembatan gantung atau suspension bridge yang menurut pendapat masyarakat sebagai jembatan terpanjang se-Asia.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

Itulah rekomendasi curug atau air terjun favorit di Sukabumi yang menawarkan pemandangan alam memukau. Tentu sangat banyak, bukan? Jadi, langsung saja tentukan curug mana yang akan Anda kunjungi!

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending