Gili Genting Sumenep, Pulau dengan Hamparan Pasir Putih yang Menakjubkan

Gili Genting Sumenep, Pulau dengan Hamparan Pasir Putih yang Menakjubkan

Gili Genting dengan pesona alam super menakjubkan. Hamparan pasir putih dan perbukitan yang dijuluki keindahan bak surgawi.

Biaya Wisata: Mulai Rp 500.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Saat liburan tiba, waktunya memanjakan diri dengan pergi berwisata. Tidak perlu pergi ke luar negeri untuk bisa merasakan ketenangan dan kegembiraan. Karena terdapat wisata dalam negeri yang memberikan nuansa alam dengan penuh pesona keindahan yang memukau. Wisata tersebut adalah Gili Genting.

Wisata yang ada di Madura ini ternyata mampu menarik minat wisatawan. Tidak hanya lokal saja tetapi juga wisatawan asing. Keunikan dari keindahan lokasi wisata ini ternyata mampu membius pengunjung untuk berlama-lama di lokasi ini. Tidak hanya lautnya saja, tetapi keadaan dan warna pasirnya turut memberikan ketenangan.

Wisata bahari ini merupakan suatu pulau yang di dalamnya terdapat pantai yang terkenal. Pantai tersebut adalah Pantai Sembilan. Bahkan pantai ini menjadi ikon keindahan dari Pulau ini. Untuk dapat berkunjung kesana, wisatawan bisa menggunakan rute yang mudah. Sehingga tidak perlu kesulitan untuk bisa menikmati keindahan pulau ini. Berikut beberapa hal berkaitan dengan pulau ini.

Daya Tarik Wisata Gili Genting

Daya Tarik Wisata Gili Genting
Image Credit: Twitter.com @infosumenepkab

Pulau ini dipenuhi dengan pesona alam yang menakjubkan. Tidak heran banyak wisatawan yang rela menempuh jarak jauh untuk menikmati keindahan di pulau. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini.

1. Lokasi Pantai Bersih

Meskipun memiliki lokasi yang sangat luas dan di padati pengunjung, pantai di Gili Genting ini tetap terjaga kebersihannya. Hal tersebut dikarenakan pihak pengelola memberikan wawasan dan edukasi kepada pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan. Sehingga hal tersebut membuat pengunjung lebih terpacu untuk menjaga kebersihan.

Dari ujung ke ujung pantai ini sangat memukau kebersihannya. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya keindahannya saja, pengunjung menjadi merasa tenang dan tidak terganggu adanya sampah yang menumpuk. Karena hal tersebut tidak terjadi di lokasi wisata pulau ini.

2. Pasir Putih yang Menakjubkan

Salah satu daya tarik dari wisata pantai yang paling banyak disenangi pengunjung adalah keadaan pasir putihnya. Pasir putih di pulau ini berada di lokasi Pantai Sembilan nya. Keadaan pasirnya berbeda dari pantai pada umumnya. Warna putih di pantai ini sangat bersih dan tidak bercampur. Hal tersebut menjadi kesenangan sendiri untuk setiap wisatawan yang berkunjung.

Umumnya wisatawan suka meluangkan waktunya untuk bersantai di pantai. Pada pagi dan siang hari, ditemani dengan keadaan yang cerah langit yang mendukung, keeksotisan pantai ini sangat terasa. Ketenangan ombak memberikan nuansa baru pada pemandangan sekitar pantai.

Daya Tarik Gili Genting
Image Credit: Google Maps (Me Prasetyo)

3. Kondisi Malam Penuh Pesona

Biasanya pesona pantai terletak pada keadaan pagi harinya dan sore harinya. Jika pagi hari bisa menyaksikan matahari terbit, kemudian pada sore hari terdapat matahari terbenam. Tidak hanya itu saja, keadaan malam hari di lokasi pulau ini juga sangat menarik. Setiap pengunjung bisa menyaksikan gemerlap bintang yang ada di langit pantai.

Karena lampu di sekitar lokasi masih belum terlalu banyak, maka bintang di langit pantai akan terlihat dengan jelas. Berbeda jika berada di tengah perkotaan, terdapat lampu yang banyak dan terang, sehingga kondisi langit yang penuh bintang tidak terlihat.

4. Ombak Relatif Tenang

Pantainya memiliki keadaan ombak yang relatif tenang. Gili Genting menjadi lokasi paling favorit bagi wisatawan. Meskipun berada di tepian pantai, akan tetapi tidak perlu khawatir tersapu ombak. Karena gulungan ombak yang ada di pantai ini sangat terlihat tenang.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Gili Genting

Alamat Gili Genting
Image Credit: Instagram.com @hamza_ghazy11

Bagi masyarakat Madura, lokasi pulau ini sangat mudah dijangkau. Berada di Madura tepatnya di Kabupaten Sumenep. Lokasinya ada di Kecamatan Gili Genting dan ada di Wilayah Desa Bringsang.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tidak perlu khawatir. Karena rute untuk menuju lokasi ini tidak terlalu sulit. Jika pengunjung dari arah kota Surabaya, maka bisa melalui Jembatan Suramadu hingga ke Tangkel Bangkalan. Selanjutnya bisa menuju ke arah timur dengan tujuan Pamekasan.

Saat di Pamekasan, pengunjung bisa langsung melalui Pantai Talang Siring. Sebenarnya dari arah sini saja, wisatawan bisa langsung mengikuti arah. Karena terdapat plang yang berisikan arah ke area Gili Genting.

Disarankan untuk setiap wisatawan yang ingin berkunjung untuk memakai sepeda motor. Karena untuk menuju lokasi wisata ini, akan diangkut menggunakan perahu khusus untuk penyeberangan. Setelah itu, pengunjung bisa menaiki ojek menuju lokasi wisata pantai. Tetapi, bagi yang ingin berjalan kaki, aksesnya juga tersedia dan tidak sulit.

Keindahan pulau yang luar biasa ini, tentunya membuat banyak wisatawan semakin bertanya-tanya. Berapa tarif yang seharusnya dibayarkan untuk menikmati pesona alam yang menakjubkan. Tidak perlu khawatir, karena tiket masuk untuk menuju lokasi ini sangat terjangkau. Hanya berkisar 500 rupiah saja untuk setiap orangnya.

Tiket tersebut tentunya diluar harga kendaraan penyeberangan. Angkutan perahu kecil yang digunakan untuk menyeberang memiliki tarif sebesar 10 ribu rupiah. Sedangkan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menuju lokasi tersebut berkisar 30 menit saja. Sembari menunggu kendaraan sampai, pengunjung bisa menikmati keindahan dan ketenangan di perairan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Gili Genting

Aktivitas di Gili Genting
Image Credit: Instagram.com @ayuaprilirz

1. Fotografi dengan Objek Terbaik

Berfoto selalu menjadi aktivitas yang paling digemari oleh wisatawan. Gili Genting memiliki lokasi berfoto yang sangat menarik. Salah satunya adalah Tanjung Elaq yang ada di lokasi pulau ini. Keadaan alam tanjung ini sangat memesona sehingga selalu dipenuhi dengan pengunjung. tidak perlu mencari spot menarik, karena seluruh spot yang ada di lokasi ini menarik dan bisa dijadikan background.

2. Menikmati Pemandangan dari Puncak Bukit

Perbukitan yang ada di lokasi ini ternyata sangat sukses menarik perhatian setiap wisatawan. Banyak wisatawan yang rela bersusah payah dan kesulitan untuk menempuh jarak untuk mendaki bukit. Pasalnya, dari atas bukit, wisatawan bisa melihat keindahan hampir di seluruh pulau ini. Panorama yang tersedia memberikan kesan dan nuansa alam yang sangat menarik.

3. Berenang dan Menyelami Perairan

Ombak yang tenang di perairan ini memberikan pengaruh yang luar biasa kepada setiap pengunjung. hal tersebut menjadikan setiap wisatawan untuk berenang dan menyelami perairan di sekitar Gili Genting. Perlu diketahui, bahwa pengunjung harus tetap membawa beberapa pakaian ganti. Karena jika tidak, maka pengunjung tidak akan menemukan outlet atau tempat untuk menyewa peralatan.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau
Image Credit: Traveloka.com

Karena lokasinya yang bisa terbilang jauh, sehingga kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk menginap dari pada pulang pergi. Dengan menginap, mereka bisa merasa puas menikmati keindahan pulau kapan saja. Berikut ini merupakan beberapa penginapan terdekat yang bisa digunakan setiap wisatawan.

1. Odaita Hotel

Hotel dengan fasilitas lengkap ini memiliki lokasi yang lumayan dekat dengan pulau ini. Biaya sewanya untuk satu kamarnya hanya bernilai 200 ribu an saja untuk tiap malam. Pengunjung sudah bisa melepaskan lelah dan menikmati fasilitas yang super lengkap. Lokasi penginapan ini terlihat sangat bersih. Selain itu, penginapan ini juga termasuk dekat dengan Gili Labak.

2. Asembagus Family

Sebaiknya pengunjung melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum menginap. Pasalnya, hotel ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Sehingga banyak pengunjung yang memilihnya sebagai lokasi untuk transit. Harganya sendiri tidak mencapai seratus ribu. Hanya berkisar 60 ribu sampai 70 ribu saja untuk setiap malamnya.

Meskipun harganya terjangkau, tetapi fasilitas yang disediakan di hotel ini, bisa dibilang lumayan bagus. Pengunjung akan bisa menikmati pemandangan pulau yang indah. Selain itu, pengunjung bisa merasakan kenyamanan saat menginap di tempat ini.

3. Kaberaz Luxury

Penginapan ini tergolong mewah. Bahkan untuk biaya sewanya saja, setiap malam bisa mencapai 500 ribu lebih. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa menikmati beragam fasilitas mewah yang tiada duanya. Mulai dari fasilitas untuk sarapan, bersantai dan masih banyak lagi. Desain dari penginapan ini memang lebih modern dan sangat luas. Tidak heran jika tarifnya sangat mahal.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Genting

Fasilitas di Gili Genting
Image Credit: Google Maps (Valen Rahayu)

Pengunjung yang berwisata ke area pulau ini tidak perlu khawatir terkait dengan fasilitas yang disediakan. Karena, terdapat banyak fasilitas umum yang disediakan oleh pihak pengelola. Mulai dari tempat beristirahat, tempat makan, toilet dan masih banyak lagi.

Hal yang perlu dimengerti adalah pihak pengelola tidak menyediakan fasilitas untuk beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini. Seperti berenang dan menyelam, wisatawan sebaiknya membawa peralatan sendiri. Kemudian jangan lupa untuk selalu membawa pakaian ganti. Sehingga wisatawan bisa melakukan penggantian pakaian setelah beraktivitas di area air.

Gili Genting menjadi lokasi wisata yang populer di Pulau Madura. Lokasi ini kerap disebut-sebut masih menyimpan keindahan alam yang natural. Keadaan ombak yang tenang, kemudian pasir putihnya yang indah menambah pesona keindahan alam yang menakjubkan. Pengunjung bisa dengan mudah memilih waktu untuk berwisata. Pasalnya pada malam hari pun, langit terlihat indah bertabur gemerlap bintang.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending