Gili Nanggu Lombok, Pulau Cantik Nan Eksotis Surganya Pecinta Snorkeling

Gili Nanggu Lombok, Pulau Cantik Nan Eksotis Surganya Pecinta Snorkeling

Pulau terluar dari Kepulauan Lombok ini menyuguhkan keindahan bawah lautnya tersendiri. Bernama Gili Nanggu, Anda bisa memilih objek wisata bahari ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Biaya Wisata: Mulai Rp 400.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Sekotong Barat, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Sebuah gugusan pulau kecil yang terletak di ujung Lombok Barat ini memiliki keindahan alam yang wajib masuk dalam daftar kunjungan liburan Anda. Bernama Gili Nanggu, merupakan sebuah pulau yang memiliki luas 8 hektar dengan beberapa pepohonan yang tumbuh di bagian tengah pulaunya.

Keindahan bawah lautnya menjadi keunggulan utama yang ditawarkan oleh kawasan wisata tersebut. Sehingga terdapat banyak spot untuk melakukan kegiatan menarik yang berhubungan dengan perairan. Tak hanya itu, pulau kecil satu ini juga sering digunakan untuk menggelar acara tertentu.

Suasana yang terasa lebih sepi dari tempat wisata lain di sekitarnya, menjadikan lokasi pulau tersebut sangat cocok untuk mengadakan acara yang lebih privat. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat wisata satu ini, Anda bisa menyimak beberapa informasi berikut ini.

Daya Tarik Wisata Gili Nanggu

Daya Tarik Gili Nanggu
Image Credit: Twitter.com @lombok_poenya

1. Kekayaan Biota Laut

Kekayaan bawah laut dari pulau di ujung Lombok Barat ini memang menyuguhkan keindahan yang berbeda. Bagaimana tidak, air yang jernih dengan keadaan bibir pantai yang dangkal, membuat siapa saja dapat dengan mudah melihat ikan-ikan kecil berenang.

Tak hanya itu, keberagaman terumbu karang juga menjadi daya tarik lain dari kawasan kepulauan tersebut. Anda bisa menikmati keindahan kekayaan biota laut ini dengan snorkling atau diving. Hal tersebut tentu aman dilakukan karena ombak lautnya yang tak begitu ganas.

2. Menjadi Lokasi Favorit untuk di Sewa

Lokasi wisata pulau ini memang tidak begitu ramai, bahkan tak seperti tempat wisata lain yang berada di sekitarnya. Hal inilah yang menjadi alasan dari beberapa individu untuk menyewa pulau tersebut. Banyak acara tertentu yang bersifat lebih privat digelar di pulau ini.

Banyak diantaranya yang rela memesan jauh-jauh hari untuk dapat menikmati keindahan pulau ini secara individu. Namun biaya untuk menyewa suatu pulau memanglah tidak sedikit, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Bahkan tak jarang wisatawan dari mancanegara yang sudah memesan pulau ini untuk mengadakan party khusus bersama teman atau keluarga. Tak hanya itu, lokasi pulau tak berpenghuni ini juga diakses dengan transportasi air dari bandara terdekat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gili Nanggu

Alamat Gili Nanggu
Image Credit: Instagram.com @aiutari

Untuk lokasinya sendiri, Gili Nanggu ini berada di daerah Kecamatan Sekotong Barat yang masih satu wilayah dengan Lombok Barat. Perjalanan menuju lokasi wisatanya pun hanya dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi air. Jika Anda merupakan wisatawan dari luar daerah, maka rute keberangkatan akan berawal dari bandara tersebut.

Setelah beberapa jam berada pada ketinggian melewati banyak perairan di Indonesia, maka pesawat yang Anda gunakan akan mendarat di bandara internasional di Lombok Barat. Perjalanannya selanjutnya akan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum untuk menuju kawasan pelabuhan. Kendaraan umum yang biasa digunakan oleh para wisatawan adalah bus.

Kendaraan bus ini banyak dipilih karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal, jadi Anda dapat menghemat biaya selama liburan berlangsung. Setelah 5-10 menit perjalanan dari bandara menggunakan bus, Anda akan sampai di Pelabuhan Lembar yang cukup ramai oleh wisatawan.

Kemudian Anda bisa memilih berbagai jenis kapal yang akan digunakan untuk menyeberangi perairan laut lepas agar sampai di lokasi wisata tersebut. Untuk biaya sewa kapalnya sendiri, sebuah kapal dengan kapasitas maksimal 10 orang dipatok dengan harga Rp 400.000.

Agar mendapat harga yang lebih hemat, Anda bisa berangkat bersama dengan wisatawan lain. Biaya sewa yang berharga ratusan tersebut dapat dibagi sama rata dengan para penumpang kapal lainnya. Selama perjalanan menggunakan transportasi air ini, akan melihat keindahan Pulau Lombok dari sudut pandang yang berbeda.

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi tempat wisata pulau Gili Nanggu, dapat terlebih dahulu menyiapkan dana sebesar Rp5000 untuk membeli tiket masuk. Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah ini, Anda akan dimanjakan oleh pesona keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau berpasir putih satu ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gili Nanggu

Aktivitas di Gili Nanggu
Image Credit: Twitter.com @indtravel

1. Camping

Bagi Anda yang menyukai dunia perkemahan, tak ada salahnya mencoba mendirikan tenda di kawasan pulau kecil satu ini. Selain dapat bermalam di alam terbuka, Anda juga dapat menghemat biaya untuk dapat menginap beberapa malam di pulau ini.

Berbagai kebutuhan perlengkapan untuk camping ini, dapat Anda persiapkan terlebih dahulu dari rumah. Namun jika Anda tidak memiliki perlengkapannya sama sekali, jangan khawatir, karena akan ada tempat persewaan alat untuk mendirikan sebuah tenda.

2. Sewa perahu nelayan

Wisatawan yang ingin merasakan kesegaran air namun takut untuk berenang, dapat mencoba berkeliling perairan laut dengan menggunakan perahu nelayan. Anda akan diajak mengitari kawasan pulau, dan dapat melihat ekosistem laut dari jarak yang cukup dekat.

Sebenarnya perahu milik para nelayan ini berguna untuk menangkap ikan, yang merupakan profesi sehari-hari dari warga setempat. Namun karena keramahan dari warga sekitar, Anda dapat menggunakan perahu tersebut untuk berkeliling di perairan jernih dari Gili Nanggu ini.

3. Berenang

Untuk Anda yang langsung menceburkan diri jika bertemu air laut, Anda wajib merasakan kesegaran air laut yang terlihat sangat jernih dari pulau ini. Ombaknya yang tenang dan tidak ada batuan karang yang menghalangi, menjadi lokasi yang aman untuk melakukan kegiatan seru satu ini.

Setelah selesai berenang, Anda dapat mengganti pakaian di beberapa kamar ganti yang sudah disediakan untuk para wisatawan. Kemudian Anda bisa mencari hidangan lezat di restoran atau rumah makan terdekat, untuk mengisi perut sekaligus tenaga Anda yang sudah kosong.

Aktivitas Gili Nanggu
Image Credit: Instagram.com @tanjungkelor_boattransport

4. Jogging

Menikmati pagi hari dengan jogging, dapat Anda lakukan di pulau cantik satu ini. Selain tujuan berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat, Anda bisa merasakan udara segar dari pulau di saat pagi hari.

Dengan mengambil rute jalanan pinggiran laut Gili Nanggu, suara deburan ombak yang menenangkan akan terdengar seperti musik dari alam. Sinar matahari pagi yang mengenai tubuh Anda, akan terasa hangat dan tentu saja memberikan sejuta manfaat baik bagi tubuh.

5. Menyambangi konservasi penyu

Pulau kecil di bagian luar Kepulauan Lombok ini menjadi lokasi untuk mendirikan balai konservasi penyu. Terdapat banyak telur penyu yang dirawat dengan baik di balai konservasi ini.

Wisatawan yang ingin melihat secara langsung telur penyu yang sudah menetas menjadi tukik. Lalu pengelola balai konservasi tersebut akan mengajak Anda untuk melepaskan tukik tersebut di lautan lepas.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau

Penginapan Terdekat Pulau
Image Credit: Traveloka.com

1. Gili Nanggu Cottage and Bungalow

Penginapan satu ini terletak di kawasan wisata Gili Nanggu, yakni di bagian sisi selatan dari pulau tersebut. Walaupun biaya sewanya yang terkenal cukup mahal, namun fasilitas yang diberikan dari penginapan ini pun cukup memadai.

Tema yang dipilih untuk setiap bangunan kamarnya pun juga unik, yakni dengan bentuk yang menyerupai rumah honai dengan atap dari tanaman kering. Lingkungan terbuka yang terlihat menyatu dengan alam sekitarnya, membuat suasana asri akan terasa di penginapan satu ini.

2. Kiyakabin

Hotel yang penataannya rapi di setiap sudutnya ini, menjadi favorit bagi para wisatawan yang akan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Lombok Barat. Letaknya yang berada dekat dengan bandara, memudahkan wisatawan dari luar daerah untuk menjangkau lokasi penginapan tersebut.

Terdapat sebuah kolam renang yang menghadap langsung ke arah pantai, yang bisa digunakan untuk menikmati pagi hari yang santai. Tak lupa ditemani oleh berbagai macam makanan lezat yang disajikan khusus untuk memenuhi isi perut Anda.

3. Alden Beach House

Resort mewah satu ini merupakan salah satu penginapan lain yang berada dekat dengan bandara maupun pelabuhan di kawasan Lombok Barat. Material bambu banyak dipilih untuk digunakan pada beberapa ruangan dari penginapan. Hal ini akan menambah daya tarik tersendiri dari penginapan tersebut.

Selain karena pelayanannya yang ramah, resort ini juga menyuguhkan pemandangan indah dari suasana lautan lepas. Keindahan alam tersebut dapat Anda nikmati dengan duduk di beberapa gasebo dari bambu yang telah disediakan oleh penginapan satu ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Nanggu

Fasilitas Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps (Tisna Pratama)

Di kawasan wisata Gili Nanggu ini, tersedia berbagai fasilitas memadai yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang berdatangan. Bahkan dapat Anda temukan sebuah resort mewah dengan desain bangunan menarik yang menawarkan kenyamanannya tersendiri.

Selain itu, beberapa cafe dan restoran berkelas internasional dapat dengan mudah Anda temukan di kawasan pulau kecil tersebut. Adapun sebuah gasebo yang disediakan bagi wisatawan yang ingin bersantai menikmati semilir angin dari laut.

Itulah informasi mengenasi kawasan wisata Gili Nanggu yang namanya kini mulai populer. Walaupun masih terbilang sepi dari kunjungan wisatawan, namun hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pulau kecil yang tidak begitu luas ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending