11 Pantai di Aceh yang Cantik & Hits

11 Pantai di Aceh yang Cantik & Hits

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu provinsi di Indonesia yang menawarkan beragam wisata alam indah, yaitu Provinsi Aceh. Provinsi ini adalah salah satu provinsi yang berada di paling ujung pulau Sumatera dan letaknya berbatasan secara langsung dengan Selat Malaka dan Teluk benggala.

Letak dari geografis tempat inilah yang akhirnya mengakibatkan banyak sekali area wisata di Aceh yang berupa destinasi pantai begitu indah serta menawarkan kealamian. Tempat tersebut memang seringkali diburu oleh para pengunjung. Tidak hanya mereka yang berasal dari Aceh saja, melainkan dari luar provinsi bahkan luar negeri.

Tempat wisata yang begitu menawan di Aceh merupakan hamparan pantai yang mengandung banyak sekali pesona serta pemandangan begitu memanjakan mata. Untuk pengunjung yang ingin menikmati segala keindahan dari pantai Aceh serta penasaran apa saja pantai-pantai yang sedang populer di sana, maka berikut adalah daftarnya.

1. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Image Credit: Google Maps SUKRON SAMOSIR

Rekomendasi pantai pertama yang bisa Anda kunjungi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yaitu Pulau Rubiah. Pulau ini menawarkan kekayaan biota laut serta keindahan alam yang sungguh luar biasa. Termasuk dalam salah satu pulau yang masih natural dan letaknya relatif bisa dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota.

Banyak sekali pengunjung yang melakukan aktivitas menyelam ataupun snorkeling di laut tersebut. Hal ini wajar saja, dikarenakan biota laut di tempat ini memang begitu beragam dan indah.

Tidak hanya itu saja, air Pulau Rubiah pun terbilang sangat jernih serta terjaga kealamian. Karena itu, Anda yang hobi snorkling dan menyelam patut mengunjungi pantai tersebut.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Rubiah, Kota Sabang, Aceh.

2. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon
Image Credit: Google Maps joe Kifli

Untuk pantai berikutnya yaitu Pantai Lhok Bubon. Berada di Kota Meoulaboh dan terletak tepat di pusat kota. Jaraknya hanya sekitar 8 kilometer dan Anda bisa menempuhnya dalam waktu 20 menit saja. Pemandangan pantai begitu menawan dan indah. Selain itu airnya terasa sangat jernih dan segar.

Hamparan Pasir Putih di Pantai Lhok Bubon memang terasa begitu lembut, sehingga cocok untuk Anda yang ingin jogging di sana. Tidak hanya pantainya yang indah, di Pantai Lhok Bubon tersebut pengunjung akan disuguhkan wisata kuliner yang begitu menggoda dan membuat lidah bergoyang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lhok Bubon, Kec. Samatiga, Kab. Aceh Barat, Aceh.

3. Pantai Lange

Pantai Lange
Image Credit: Google Maps Angler Log

Air laut yang bersih, udara sejuk serta suasana yang sepi dan tenang merupakan sesuatu yang bisa ditemukan di Pantai Lange. Referensi pantai di Provinsi Aceh utamanya yaitu Pantai Lange. Untuk yang ingin mencari tempat wisata yang jauh dari keramaian, maka pengunjung bisa mendapatkannya di pantai tersebut.

Tidak hanya pemandangan alamnya yang begitu memukau saja, pengunjung nantinya bisa melihat hal-hal unik lain di pantai. Perlu diketahui letaknya memang berimpitan dengan sebuah tebing, sehingga akan membuat pengunjung bisa merasakan nuansa yang sangat berbeda.

Andapun akan menyaksikan semburan air dari balik tebing yang terjadi secara alami. Pesona dari pantai memang belum banyak disentuh, sehingga hal itu akan membuat pengunjung merasa penasaran dan ingin mendatanginya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamlhom Kec. Lhoknga Kab. Aceh Besar, Aceh.

4. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga
Image Credit: Facebook SPORTOURISM.id

Pantai Lanaga merupakan salah satu pantai yang wajib ada di list wisata yang perlu untuk dikunjungi di Provinsi Aceh. Lokasi Pantai terletak di Desa Peunaga, Kabupaten Aceh Barat. Akses untuk menuju ke Pantai Lanaga relatif terjangkau, karena itu Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dari pusat kota Meulaboh, pantai ini hanya berjarak kurang lebih 5 km saja. Pemandangan pantai yang bersih dan asri merupakan salah satu daya tarik yang bisa Anda temukan. Anda pun juga disuguhu beragam aktifitas unik selama berada di sana. Salah satu yang cukup favorit adalah pertunjukan jet sky dan juga lomba balap perahu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Peunaga, Kec. Meureubo, Kab. Aceh Barat, Aceh.

5. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan
Image Credit: Google Maps JAMAHUN S

Jika kebetulan Anda berada di kota Blangpidie, Aceh Barat, maka sangat recommended untuk mengunjungi Pantai Pusong Sangkalan. Jarak dari pusat kota sendiri hanya sekitar 3 km saja. Beragam keunikan dan daya tarik Pantai Pusong Sangkalan menjadi alasan kenapa tempat tersebut begitu diminati pengunjung.

Panorama yang ditawarkan oleh Pantai Pusong Sangkalan memang tak kalah dari pantai-pantai lainnya yang bisa ditemukan di provinsi Bali. Pantai ini begitu terjaga, sehingga sangat bersih.

Hamparan pasirnya yang membentang luas di area tepian laut membuat siapapun merasa betah berada di sana. Pastikan Anda untuk selalu menjaga kebersihan selama berada di pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mns Baroh Lancok, Kec. Bandar Baru, Kab. Pidie Jaya, Aceh.

6. Pantai Lampuk

Pantai Lampuk
Image Credit: Google Maps Dèé

Salah satu pantai yang juga menjadi primadona di Provinsi Aceh yaitu Pantai Lampuk. Terlebih lagi ketika bencana tsunami belum menerjang provinsi ini, maka banyak sekali wisatawan yang memadati Pantai Lampuk. Bahkan pesonanya tidak memudar hingga sekarang.

Dengan pasir putih yang terhampar luas, bersih dan juga halus. Serta dipadu dengan area pinggiran berupa tebing batu dengan pepohonan hijau tinggi menjulang, membuat tempat tersebut layak untuk Anda kunjungi. Sekalipun saat ini telah banyak masyarakat yang mengunjungi tempat ini. Tapi kondisi air laut masih tetap segar dan jernih.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kec. Lhoknga, Kab Aceh Besar, Aceh.

7. Pantai Teupin Layeu

Pantai Teupin Layeu
Image Credit: Google Maps Dedi Arifa

Banyak pengunjung yang merasa tertarik untuk datang ke Pantai Teupin Layeu. Mayoritas masyarakat setempat menyebut Pantai Teupin Layeu sebagai pantai Iboih. Letaknya sendiri berada di bagian paling barat Banda Aceh.

Terkenal memiliki air yang begitu jernih sehingga pengunjung nantinya dapat menyaksikan keindahan bawah laut tanpa mereka harus menyelam ke dalamnya. Kejernihan itu akan langsung tampak ketika berada di pinggiran pantai. Keindahan dari laut tersebut memang membuat siapapun merasa betah dan ingin berlama-lama di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jalan Teupin Layeu, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

8. Pantai Pasir Putih Lhok Me

Pantai Pasir Putih Lhok Me
Image Credit: Google Maps Shahibul 91

Pantai Pasir Putih Lhok Me berada di dusun Lhok Me dan berjarak kurang lebih sejauh 30 km jika Anda berangkat dari kota Banda Aceh. Rute untuk menuju tempat ini relatif mudah, karena di pinggiran jalan sudah terdapat papan penunjuk. Tak sedikit wisatawan yang menyempatkan waktu untuk melancong ke pantai pasir putih Lhok Me.

Dengan hamparan pasir yang begitu indah dan berwarna putih, dipadu air yang begitu jernih kebiruan, membuat pantai tersebut jadi primadona. Saat berada di provinsi ini, maka pantai Lhok Me ini tidak boleh terlewatkan dalam daftar wisata yang patut untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar, Aceh.

9. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam
Image Credit: Google Maps Arya Pratama

Pantai berikutnya menjadi salah satu area wisata yang paling unik dan hits di Aceh. Umumnya Anda akan menemukan pantai yang memiliki warna pasir putih di area tepian laut. Namun berbeda dengan pantai satu ini, seperti namanya pantai tersebut memiliki pasir yang warna hitam.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena pasir hitam tersebut bukan karena pencemaran ataupun kotoran. Warna dari pasir disebabkan oleh karena pantai ini memiliki area hutan bakau yang cukup luas. Untuk air lautnya sendiri memang sangatlah jernih dengan warna kebiruan ataupun kehijauan jika Anda lihat dari jarak jauh.

Namun ketika Anda mulai mendekat, maka pemandangan di bawah laut akan tampak dengan jelas. Untuk salah satu sisi pantai terdapat hamparan batu karang yang sangat mempesona.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

10 Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Image Credit: Google Maps ejhaa

Pantai Sumur Tiga jika dilihat dari namanya saja tentu akan membuat pengunjung merasa penasaran. Menurut sejarah sendiri, konon tempat tersebut memang memiliki sumber air tawar yang berjumlah 3 buah. Itulah yang membuat pantai tersebut diberi nama pantai sumur tiga.

Sekalipun jarak sumur tersebut sejauh 15 m dari area laut, tapi uniknya sumur ini memiliki air yang rasanya begitu tawar. Selain hal unik berupa 3 sumur dengan rasa air tawar, pantai sumur tiga pun juga dikenal sebagai salah satu pantai yang cukup panjang dan terpanjang di Pulau Weh.

Hamparan pasir Pantai Sumur Tiga berwarna putih lembut dan juga bersih. Kebersihan dan keasrian dari pantai ini begitu terjaga dengan baik. Karena itu, wajar saja jika air lautnya begitu bening dan jernih. Pantai Sumur Tiga menjadi salah satu pantai cantik dan hit yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Provinsi Aceh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iem Meulee, Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

11. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi
Image Credit: Google Maps data meyzar

Untuk rekomendasi pantai cantik dan juga hits yang terakhir di Provinsi Aceh yaitu Pantai Kuala Merisi. Ketika Anda memutuskan untuk berkunjung ke provinsi tersebut, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berada di pantai ini. Sekalipun populer namun suasana di pantai ini terbilang cukup tenang dan sepi.

Anda yang berasal dari kota-kota besar dan ingin merasakan suasana yang begitu damai, tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, maka recommended sekali untuk datang ke Pantai Kuala Merisi. Beragam aktivitas seru dan menarik dapat dilakukan di Pantai Kuala Merisi.

Ombak yang ada di sana relatif tenang dan cukup kecil, karena itu kegiatan bermain air sangat memungkinkan untuk dilakukan. Anda bisa mengajak buah hati serta kerabat Anda untuk berenang dan mandi. Tempat tersebut memang sangat cocok untuk dijadikan area piknik keluarga.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teuku Umar, Dayah Baro, Kec. Krueng Sabee, Kab. Aceh Jaya, Aceh.

Itulah ulasan lengkap mengenai daftar rekomendasi pantai yang dapat Anda kunjungi selama berada di Provinsi Aceh. Pantai memang selalu mampu menyuguhkan kegiatan berlibur yang menarik dengan beragam keindahannya. Karena itu, jangan lupa memasukkan salah satu dari pantai yang sudah disebutkan di atas dalam list tempat wisata yang wajib dikunjungi di Aceh.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending