Pantai Bandengan Jepara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Bandengan Jepara – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga TiketPantai Bandengan salah satu wisata bahari favorit di Jepara yang menyuguhkan keindahan alam yang memukau dan banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang pantai di kawasan Jawa Tengah khususnya Jepara, nama Tirto Samudro atau yang kini dikenal sebagai Pantai Bandengan adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi pilihan wisatawan. Letaknya yang dapat langsung menghubungkan ke wisata Pulau Panjang, semakin memikat hati wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Begitu memasuki kawasan wisata ini, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan asri pepohonan yang menjulang tinggi di sekitar pantai, serta udara yang begitu menyejukkan. Sebuah pemandangan layaknya wisata pantai yang ada di Pulau Bali, memanjakan para wisatawan dengan keindahan serta kenyamanan.

Pantai Bandengan sangat bersih, jarang sekali terlihat adanya sampah. Hal ini tak lepas dari kinerja petugas kebersihan yang sigap untuk menegur pengunjung apabila mereka kedapatan membuang sampah sembarangan. Para petugas ini juga secara berkala membersihkan lokasi pantai dari sampah ataupun kotoran.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bandengan

Daya Tarik Pantai Bandengan
Image Credit: Facebook.com @wisataweb

Wisata pantai di Jepara ini memang belum setenar Pantai Kartini apalagi Karimunjawa. Namun, pantai ini cukup digemari karena memiliki banyak hal menarik yang dapat Anda eksplore ketika berkunjung kemari. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki pantai Bandengan.

1. Taman Indah di Bibir Pantai

Salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini yang tidak Anda dapati di pantai lain yaitu keberadaan taman yang indah di bibir pantai. Suasana sejuk dan asri membuat Anda lebih rileks saat berada di sini. Anda akan merasa lebih tenang dengan bersantai di taman ini.

2. Festival Unik

Kawasan pantai sering sekali diadakan festival yang tergolong unik. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Festival yang pernah diadakan diantaranya seperti festival lumbon, festival layang-layang, lomba Motorcross dan boat festival.

3. Wahana Water Sport

Salah satu spot favorit di Pantai Bandengan yaitu sarana water sport. Bagi Anda yang hobi olahraga air, pantai ini dilengkapi beberapa wahana olahraga air diantaranya seperti jetski, water jetpack, banana boat, water flying fish dan wahana ombak buatan bagi para pecinta selancar. Berbagai wahana tersebut akan menambah keseruan liburan Anda.

4. Gazebo di Pinggir Pantai

Bagi wisatawan yang lelah setelah seharian beraktivitas di pantai, atau memang tujuan berlibur ke pantai untuk refreshing dengan bersantai saja maka gazebo yang terletak di pinggir pantai dapat menjadi alternatif pilihan. Anda dapat menikmati panorama indah di sekitar pantai sambil bersantai merasakan semilir angin yang begitu sejuk dam membuai di gazebo yang nyaman ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Bandengan

Rute Pantai Bandengan
Image Credit: Google Maps (Lm Haikal Diaz Alejandro)

Bertempat di Desa Bandengan, Kabupaten Jepara, Pantai Bandengan berada 7 kilometer dari pusat Kota Jepara. Lokasi pantai ini berada tak jauh dan berada di sisi bagian timur kota Semarang. Akses jalan menuju wisata ini sudah bagus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, roda empat dan juga bus pariwisata.

Para wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan tentang keselamatan, kenyamanan dan keamanan jalur menuju lokasi pantai ini. Sebab selain kondisi jalan yang bagus, jalur menuju lokasi wisata ini sudah terjangkau aplikasi GPS dan banyak terdapat papan penunjuk arah.

Rute yang harus Anda lalui untuk sampai ke lokasi pantai ini dari pusat kota yaitu mengarah ke Jalan Jepara. Hanya dalam waktu 10 menit Anda akan sampai di sebuah pertigaan yang mengarah pada gapura masuk Pantai Bandengan.

Namun, jika Anda berangkat dari Semarang maka lajukan kendaraan ke arah Jalan Yos Sudarso kemudian lanjutkan ke arah Demak dengan mengambil sisi sebelah kiri yaitu jalur Kudus-Semarang yang merupakan jalur padat merayap terlebih ketika musim liburan.

Ikuti jalan Demak Welahan yang mengarah ke jalur Jepara-Kudus. Dari sini Anda dapat melihat papan penunjuk arah yang terpasang di beberapa titik jalan dan sampailah di lokasi wisata. Rute dari Semarang ini memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara

Harga Tiket Pantai Bandengan
Image Credit: Facebook.com @infojsr

Untuk dapat masuk ke lokasi pantai, tarif yang dikenakan bisa dikatakan cukup terjangkau. Harga tiket untuk anak-anak dan dewasa berbeda-beda. Selain itu, harga tiket juga dipengaruhi waktu berkunjung, misal Sabtu-Minggu dan Senin-Jumat yang memiliki harga masing-masing.

Biaya masuk untuk anak-anak yakni Rp 2.000 pada hari biasa dan Rp 3.000 untuk hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan untuk dewasa, harga tiket masuk Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.000 pada saat weekend tiba.

Harga tiket masuk yang ditawarkan tentu belum termasuk biaya lain-lain seperti menyewa wahana-wahana yang ada di dalamnya, termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk biaya parkir roda dua yakni sekitar Rp 2.000, mobil Rp 4.500, dan bus sebesar Rp 10.000.

Jika ingin menikmati wahana seperti banana boat Anda hanya perlu menyiapkan Rp 30.000/orang. Selain itu, ada wahana jetski yang bisa disewa Rp 60.000/15menit, dan Rp 10.000 untuk donuts ban. Dengan bandrol yang masih terbilang terjangkau ini, tentu akan membuat Anda merasa puas bisa berkunjung ke pantai ini, bukan?

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Bandengan

Aktivitas di Pantai Bandengan
Image Credit: Google Maps (Birawa Pro)

1. Berenang

Keindahan pantai dengan airnya yang jernih dan cukup tenang serta hamparan pasir putih, akan menggoda Anda untuk berenang dan bermain pasir di destinasi ini. Berkat kejernihan airnya, Anda dapat melihat ikan berwarna-warni serta biota laut lain ketika berenang di Pantai Bandengan.

Pihak pengelola pantai juga menyediakan persewaan pelampung. Ada dua jenis pelampung yang disewakan, yaitu donuts ban yang terbuat dari ban dalam bekas, serta pelampung bebek. Harga sewanya cukup murah hanya sepuluh ribu rupiah.

2. Berkeliling dengan ATV dan Kano

Garis pantai yang cukup panjang serta wilayah yang cukup luas menjadikan wisata pantai ini sangat menarik untuk dieksplor. Anda dapat berkeliling di sekitar pantai dengan menggunakan ATV yang disewakan di sekitar pantai.

Puas berkeliling di area daratan, Anda juga bisa mengelilingi perairan pantai menggunakan perahu kano yang juga disewakan di pantai ini. Bahkan Anda juga bisa sekaligus menyeberang ke pulau tak berpenghuni yang sering disebut Pulau Panjang.

3. Hunting Foto

Pantai Bandengan memiliki banyak spot menarik untuk dijadikan obyek maupun latar belakang foto. Anda dapat mengeksplore keindahan alam seperti momen sunset melalui jepretan kamera. Selain itu, Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang tempat atau wahana menarik di pantai ini seperti gazebo, banana boat, wave ocean dan lainnya.

4. Berwisata Kuliner

Selain menikmati keindahan pantai, di wisata pantai ini Anda juga dapat berwisata kuliner laut sepuasnya. Sebab banyak sekali warung makan yang berdiri di sekitar lokasi pantai. Harga yang dipatok cukup terjangkau, menu yang disajikan juga lezat. Jadi, ketika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda tidak perlu takut kelaparan karena ada begitu banyak kuliner menarik yang bisa dicoba.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Bandengan

Penginapan Dekat Pantai Bandengan
Image Credit: Traveloka.com

Lokasi pantai yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, menjadikan oara wisatawan cukup mudah menemukan penginapan. Bahkan masih di area pantai juga tersedia beberapa penginapan yang cukup nyaman dengan harga terjangkau. Berikut ini beberapa penginapan yang ada di sekitar Pantai Bandengan.

1. Bandengan Beach Hotel

Hotel ini berada di dalam kawasan pantai. Hanya berjarak sekitar 408 meter dari lokasi pantai, yaitu di Jalan Tirto Samudro , Bandengan. Hotel dengan bangunan berlantai 3 ini mengusung konsep minimalis modern. Harga yang ditawarkan juga ekonomis, mulai dari Rp 175.000,00/malam.

Lokasi hotel ini juga dekat dengan obyek wisata lain, pusat kota dan PS Alta Resto yang sudah begitu populer. Hotel dengan harga murah, tetapi memberi banyak fasilitas guna memberi kenyamanan pengunjungnya. Beberapa fasilitasnya yaitu Layanan kamar dan keamanan 24 jam, ruang rapat, dan lain-lain.

Hotel ini sangat disarankan bagi Anda yang berlibur ala backpacker. Tetap nyaman meski dengan sedikit biaya pengeluaran.

2. Hotel d’Season Premiere

Terletak di Jalan Pariwisata, Jepara, hotel ini hanya berjarak 231 meter saja dari wisata Pantai Bandengan. Dengan istirahat hotel ini, Anda akan memperoleh pemandangan pantai yang memanjakan mata dari kamar yang Anda sewa.

Hotel yang mengutamakan kenyamanan, kebersihan dan kerapihan ini memasang harga mulai Rp 675.000,00/malam. Sedikit mahal memang, tetapi sepadan dengan kenyamanan dan kepuasan yang Anda dapatkan saat menginap di sini.

Beberapa fasilitas yang diberikan oleh hotel d’season premiere antara lain: Spa, Pusat kebugaran, Kolam renang outdoor, dan masih banyak lainnya. Apabila Anda sedang ingin liburan ala sultan, maka hotel ini dapat menjadi pilihan.

3. Palm Beach Resort Jepara

Bertempat di Jalan Tirta Samudra, Jepara, dapat menjadi rekomendasi menarik ketika berada di Pantai Bandengan. Hotel ini memiliki jarak yang sangat dekat dengan lokasi pantai, yakni hanya berjarak sekitar 100 meter. Menawarkan akses yang mudah dan dekat Alun-Alun Jepara serta beberapa obyek wisata menarik lainnya yang ada di kota ini.

Palm Beach Resort yang begitu asri ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Disini, Anda bisa menikmati fasilitas-fasilitas seperti Fasilitas rapat, Free Wifi, Resepsionis, keamanan 24 jam, Jasa laundry, kolam renang, Bilyard, dan masih banyak lainnya.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, hotel ini mematok harga mulai Rp 472.500,00/malam. Cukup terjangkau untuk hotel dengan kualitas yang terbilang baik.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Bandengan Jepara

Fasilitas di Pantai Bandengan
Image Credit: Facebook.com @plunqme

Wisata pantai favorit di Jepara ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Hal tersebut bertujuan untuk memberi kenyamanan para wisatawan yang datang. Keberadaan fasilitas tersebut selain memberi kenyamanan tetapi juga kemudahan bagi wisatawan untuk memenuhi setiap kebutuhannya selama berlibur di pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata ini bisa dikatakan cukup lengkap. Disini Anda akan menjumpai fasilitas seperti Toilet, Kamar mandi bilas yang jumlahnya cukup banyak, Mushola, persewaan tikar, Rumah makan, Penginapan, Pusat oleh-oleh, Tempat penitipan dan lain-lain.

Itulah ulasan dari wisata Pantai Bandengan Jepara. Sebuah obyek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya Jepara. Semoga ulasan ini cukup memberi informasi bagi Anda, serta dapat menjadi referensi salah satu destinasi wisata yang akan Anda tuju nantinya.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending