Pantai Banyu Meneng Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Banyu Meneng Malang – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Banyu Meneng salah satu wisata pantai nan eksotis di Malang, Jawa Timur. Wisata bahari ini menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, bukit batu karang, air yang tenang cocok untuk bermain air dan berenang.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Bandungrejo, Kec. Bantur, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang memiliki banyak tempat wisata yang belum terekspos dan belum terjamah oleh wisatawan, salah satunya yaitu Pantai Banyu Meneng. Wisata pantai ini memiliki lokasi yang tersembunyi. Akses jalan menuju lokasi pantai ini juga sangat terbatas. Dimana kendaraan umum belum ada yang sampai ke lokasi ini.

Meski keberadaannya yang belum diketahui, pantai ini adalah salah satu pantai yang banyak dicari oleh wisatawan. Pantai eksotis yang belum banyak didatangi ini menjadi buruan dari banyak pecinta alam. Pantai ini mulai populer setelah beberapa unggahan foto cantik bertebaran di sosial media tentang pantai ini.

Pantai Banyu Meneng ini adalah merupakan wilayah yang dijadikan tempat konservasi Lutung Jawa. Sehingga pantai ini dijaga dan dirawat oleh pemerintah. Akses jalan menuju pantai ini juga akan segera di perbaiki dan tempat ini juga dalam rencana untuk diperindah lagi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Banyu Meneng

Daya Tarik Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Instagram.com @abdoel_ontheway

1. Pantai Teduh dan Asyik

Di pinggir pantai cantik ini tumbuh pohon-pohon yang besar dan membuat rindang sekitar tempat ini. Meski keadaan matahari sedang menyengat, di Pantai Banyu Meneng ini, Anda bisa duduk santai di bawah pohon besar ini.

Ombaknya tenang dan airnya yang bersih dan menyejukkan. Garis pantai tidak terlalu panjang namun memiliki keindahan yang mempesona. Seperti air pantainya memiliki warna kehijauan yang sangat indah.

Pantai ini belum banyak pengunjungnya, sehingga pantai ini masih asri, alami, bersih dan tidak banyak sampah. Di sekeliling pantai ini juga terdapat hutan mangrove yang menambah kesejukan dan nyaman tempat ini.

2. Dekat dengan Pantai Lainnya

Selain menikmati keindahan Banyu Meneng yang menawan, Anda juga bisa mendatangi beberapa pantai lain yang berdekatan dengan pantai ini. Ada Pantai Kondang Merak dan Pantai Selok.

Dua pantai ini berada bersebelahan dengan Banyu Meneng. Anda hanya perlu berjalan sekitar kurang lebih dua menit untuk sampai ke pantai ini. Selain dekat, Anda juga tidak perlu membayar masuk lagi untuk mengunjungi dua pantai indah ini.

3. Spot Foto di Atas Bukit

Ada sebuah bukit batu karang yang berada di Pantai Banyu Meneng ini. Bukit batu karang ini berada di bagian barat pantai. Anda bisa mendaki bukit ini untuk mendapatkan beberapa spot foto yang unik dan cantik.

Di bukit ini juga terdapat sebuah landmark yang berupa tugu dan bertuliskan Banyu Meneng. Di depan tugu ini sering dijadikan tempat berfoto yang instagrammble. Selain bagus, lokasi ini menjadi salah satu daya tarik utama dan tempat favorit bagi wisatawan yang datang.

Selain dijadikan tempat berfoto ria bersama teman-teman, lokasi ini juga dijadikan tempat foto prewedding.

Daya Tarik Pantai Banyu Meneng Malang
Image Credit: Instagram.com @taufiqurrahmanendogh

4. Hunting Foto

Bagi Anda yang tidak suka mandi air pantai, Anda bisa mengelilingi pantai yang tidak terlalu panjang ini. Jalan-jalan dan hunting foto di sekeliling Pantai Banyu Meneng ini, Anda akan menemukan banyak spot foto yang akan menjadi foto menakjubkan. Jika berjalan-jalan sampai ke atas bukit karang pantai ini, Anda akan menemukan banyak tempat unik, antimainstrem untuk berfoto.

5. Tempat Berenang Seru

Keadaan pantai yang memiliki perairan dangkal dengan pesona hamparan pasir putih dan airnya yang jernih menjadi salah satu daya tarik. Pesona alam yang belum banyak disentuh ini menjadi pilihan beberapa keluarga untuk datang berlibur dan refresing otak bersama keluarga.

Pantai ini pun seru dijadikan tempat berenang ramai-ramai. Pantai ini juga dikelilingi hutan yang menjadi salah satu sorotan untuk datang dan menikmati keindahan pantai ini.

6. Sunset Indah di Pantai

Senja, saat tenggelamnya mentari menjadi saat syahdu. Dimana 45 menit waktu senja memamerkan kemolekannya kepada manusia menjadi momen yang selalu dinantikan siapa saja. Saat sunset ini selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Saat cuaca sedang cerah, Anda akan menyaksikan keajaiban dari keindahan sunset di Pantai Banyu Meneng yang akan menyihir. Keindahan senja di tengah pantai selalu menjadi tujuan pertama pengunjung datang ke tempat ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Meneng

Image Credit: Instagram.com @setyawan.budi.1509
Image Credit: Instagram.com @setyawan.budi.1509

Lokasi tepat pantai eksotis ini adalah di Bandungrejo, Bantur, Malang, Jawa Timur. Ada sedikit jalur yang menuju pantai ini sangat ekstrem dan Anda perlu berhati-hati.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Banyu Meneng ini Anda perlu menyewa kendaraan untuk sampai ke lokasi. Mengingat kendaraan umum belum ada yang bisa mengantar sampai ke titik lokasi. Perjalanan dari kota Malang ke lokasi pantai ini berjarak sekitar 66 Km.

Dari kota Malang ke arah selatan, ikuti jalur menuju Gadang. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Balulang. Anda akan menemukan sebuah pertigaan di daerah Krebet, kemudian ikuti jalur menuju Gondang Legi. Setelah itu di perjalanan berikutnya, Anda akan menemukan perempatan di Balekambang dan arahkan kendaraan ke arah kanan.

Setelah mengikuti jalan, Anda akan menemukan sebuah gerbang masuk menuju ke Pantai Kondang Merak. Dari arah pantai ini Anda akan diarahkan menuju ke lokasi Banyu Meneng dengan berjalan kaki sejauh 100 meter.

Harga tiket yang harus dibayar untuk menikmati keindahan pantai ini adalah Rp 10.000 untuk satu orang pada week days. Saat weekend, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 untuk satu orang.

Untuk tiket parkir sepeda motor biaya yang akan dikenakan yaitu Rp 7.500. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Banyu Meneng

Aktivitas di Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Instagram.com @setyawan.budi.1509

1. Mandi dan Bermain Air

Banyu Meneng memiliki ombak yang tenang dengan air yang bersih. Suasana ini sangat cocok bagi Anda yang suka berendam di tengah pantai. Anda bisa mengajak anak-anak bermain air dengan aman dan nyaman.

Sekitar perairan pantai ini tidak dalam, sangat dangkal dan cocok mandi, berenang dan bermain bersama anak-anak. Sampai jarak beberapa meter ke tengah pantai ini masih hanya setinggi lutut kedalamannya.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika membawa anak-anak dan keluarga berlibur ke pantai ini. Kegiatan ini selalu menjadi momen utama saat berkunjung ke pantai. Sehingga Anda hanya perlu mengawasi ketika anak-anak bermain air di pantai ini.

2. Bermain Ayunan di Pinggir Pantai

Di pinggir Pantai Banyu Meneng ini terdapat sebuah ayunan. Ayunana ini bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati semilir angin pantai. Ayunan ini dikaitkan di atas sebuah pohon besar yang dekat dengan pantai. Saat bermain ayunan, kaki Anda akan merasakan lembutnya pasir putih di pantai ini secara langsung.

Ayunan ini menjadi salah satu tempat andalan untuk berfoto. Di ayunan ini juga banyak dijadikan spot foto dengan berlatarkan tulisan Banyu Meneng. Anda juga bisa melakukan sesi foto preweding di lokasi ini.

3. Camping di Sekitar Pantai

Beberapa pengunjung ada yang pernah bermalam di pinggir pantai ini. Camping dan membuat tenda di sekitar pantai ini akan sangat seru bersama teman. Menikmati gemintang di langit dengan pemandangan laut yang cantik.

Suasana malam dingin dengan hembusan angin malam akan membuat suasana semakin seru. Membuat api unggun ditemani secangkir kopi dan alunan dari gitar akan menciptakan memori yang takkan terlupakan.

Jika ingin menggelar tenda di pantai ini Anda harus izin kepada penjaga pantai terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya penjaga pantai tahu dan tetap menjaga keamanan di pantai ini. Selain itu untuk camping, Anda akan diberikan biaya tambahan yaitu Rp 5.000 perorang.

4. Sunrise yang Mempesona

Setelah menghabiskan malam seru dan asik di lokasi camping ini, saat pagi Anda bisa menikmati keindahan sunrise di pinggir pantai. Saat-saat ini selalu dinantikan oleh banyak orang.

Fajar yang mulai menampakkan diri selalu terlihat indah dari arah manapun. Apalagi saat berada di pantai. Menikmati sunrise dengan kopi hangat di pinggir pantai.

5. Snorkeling dan Diving Seru

Tidak hanya memiliki pantai yang indah dan cantik, Pantai Banyu Meneng ini juga memiliki pesona alam yang luar biasa. Menikmati keindahan alam bawah laut ini menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan.

Para wisatawan pecinta snorkeling dan berenang dengan menyaksikan terumbu karang di pantai ini tanpa bosan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung menyewa alat snorkeling ini di sekitar pantai.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Banyu Meneng

Penginapan Pantai Banyu Meneng
Image Credit: Instagram.com @udee_jabrique

Pantai yang masih tergolong baru ini belum memiliki penginapan maupun sejenisnya yang dekat dengan pantai. Pantai ini sangat jauh dari penginapan.

Solusi bagi Anda yang belum ingin beranjak dari pantai indah ini adalah bermalam di pinggir pantai. Di dekat pantai ini tersedia sebuah lokasi yang dibuat untuk wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini. Lokasi camping ini menjadi salah satu kegiatan menarik bagi wisatawan yang datang.

Akan ada beberapa pengunjung yang membuat tenda di pinggir pantai ini saat gelap mulai menyapa. Anda bisa turut membuat tenda di lokasi ini, sehingga bisa melanjutkan jalan-jalan dan bertualang di sekitar pantai ini keesokan harinya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Banyu Meneng Malang

Image Credit: Instagram.com @setyawan.budi.1509

Fasilitas di pantai ini sudah terbilang cukup lengkap. Ada lokasi parkir yang aman dan sangat luas untuk menitipkan kendaraan Anda. Tempat parkiran yang luas ini disediakan untuk berjaga-jaga jika datang pengunjung yang banyak. Ada beberapa fasilitas umum lain seperti Toilet, tempat wudhu dan mushola.

Ada beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman. Anda tidak perlu takut merasa kelaparan jika bermalam di pantai ini. Selain itu warung di Pantai Banyu Meneng ini juga menyediakan makanan tradisional dan ada seafood yang segar dan enak.

Ada beberapa masyarakat yang memberikan penyewaan peminjaman alat-alat di pinggir pantai. Ada alat bermain air seperti snorkeling dan permainan lainnya.

Itulah review tentang Pantai Banyu Meneng indah, menakjubkan dan selalu bersih ini. Jika berkunjung ke pantai ini usahakan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan membawa kembali sampah plastik Anda. Jika tidak bisa turut membantu membersihkan pantai, setidaknya turutlah untuk menjaga.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending