Pantai Base G Jayapura, Pesona Pantai Indah dengan Suguhan Alam yang Memukau

Pantai Base G Jayapura, Pesona Pantai Indah dengan Suguhan Alam yang Memukau
Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tanjung Ria, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua; Map: Cek Lokasi

Obyek wisata yang dimiliki oleh Papua memang tidak pernah absen dalam menyita komentar baik dari para pengunjungnya. Oleh sebab itu, pengunjungnya tidak hanya berasal dari dalam daerah saja tetapi bahkan mancanegara. Salah satu bukti bahwa Papua memiliki obyek wisata memukau ialah Pantai Base G Jayapura dengan sajian pemandangan yang berperan layaknya obat untuk menghilangkan penat.

Pantai ini memiliki butiran-butiran kecil pasir nan halus yang berwarna putih. Pasir ini membentang dari ujung ke ujung pantai. Sambutan memukau dari pemandangan lautnya yang berwarna biru pun dapat menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Tidak puas dengan itu saja, gundukan bukit yang berdiri tegap dengan warna hijaunya yang sejuk turut menghiasi tepian pantai ini. Sungguh memukau!

Bukan hanya pesonanya saja yang menjadikan pantai ini dilirik oleh wisatawan mancanegara. Pantai Base G memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diulas. Nama asli dari pantai ini bernama Pantai Tanjung Ria. Dulunya lokasi ini digunakan homebase bagi pasukan Sekutu pada Perang Dunia ke-2. Huruf G yang berada di ujung nama pantai diambil dari abjad ke-7 yang berarti homebase ke-7 Sekutu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Base G

Daya Tarik Dimiliki Pantai Base G
Image Credit: Facebook NusaTrip

Pemandangan pantainya yang memukau didukung oleh nilai sejarahnya yang masih sangat tercium jelas hingga sekarang tidak heran kalau pantai ini menjadi destinasi favorit para wisatawan. Layaknya berada di surga, wisatawan dapat menghilangkan penat ketika melihat pemandangan yang disuguhkan. Dengan berwisata kesini wisatawan tidak akan menyesal sebab beragam daya tariknya yang menarik.

1. Suguhan Panorama Pantai

Hal pertama dan yang paling utama diincar dari sekian juta daya tarik pantai ini ialah suguhan panoramanya. Berbeda ketika berkunjung ke suatu desa yang dimana wisatawan akan disambut oleh tarian khas daerah tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Base G akan disambut oleh dekorasi alam khas ciptaan-Nya. Pasir putih yang lembut dan air laut biru serta gundukan bukit yang asri.

2. Melimpahnya Ikan-ikan

Bukan hanya suguhan panoramanya saja yang patut dipuja-puja. Melimpahnya ikan-ikan disini pun menambah panorama pantai. Beragam jenis ikan dari berbagai ukuran hidup tenang di perairan sekitar pantai ini. Tidak hanya melimpah saja, biota laut yang berada disini juga masih sangat terjaga alami dan bersih jauh dari tangan perusak alam.

Daya Tarik Pantai Base G
Image Credit: Instagram Jonathan.Mauri

3. Gulungan Ombak yang Tenang

Tidak seperti pantai-pantai lainnya yang memiliki ombak yang besar, Pantai Base G memiliki struktur ombak yang tergolong tidak terlalu besar. Ombaknya yang tenang ini terlihat sangat kontras dengan pemandangan indah dari pantainya. Buih-buih putih yang dibawa dari gulungan ombaknya mengusap lembut pasir pantainya yang berwarna putih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Base G
Image Credit: Google Maps BabyD Channel

Sudahkah anda mencatat Pantai Base G dalam daftar destinasi anda? Jika iya, maka langkah selanjutnya ialah mengetahui alamat lengkap dan rute menuju miniatur surga tujuan. Pantai ini berlokasi di Kota Jayapura tepatnya Kecamatan Jayapura Utara, Desa Tanjung Ria. Lokasinya berjarak kurang lebih 10 km dari Distrik Jayapura Utara.

Akses jalan yang akan dilalui oleh para pengunjung sangatlah mudah. Waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan dari Kota Jayapura Utara berkisar antara 17 menit. Adapun untuk wisatawan yang datang dari luar daerah bisa meluangkan waktu cukup lama mengingat jarak yang ditempuh juga cukup jauh. Yaitu selama 80 menit perjalanan jika wisatawan memulai perjalanan dari Bandara Sentani.

Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Jalan Kinsa yang berlokasi di Kota Jayapura Utara untuk kemudian berbelok ke arah kiri menuju Jalan M. Yamin. Dari Jalan M. Yamin wisatawan bisa berbelok ke arah kiri lagi menuju ke Jalan Sujarwo Condronegoro. Setelahnya, arahkan kendaraan ke kiri menuju Jalan Tanjung Ria IV. Dari sini, wisatawan bisa mengikuti rute jalan untuk menuju ke Pantai G Base.

Sedangkan untuk wisatawan yang mungkin berasal dari luar daerah dan turun di Bandara Sentani bisa memulai perjalanan dari Jalan Bandara Sentari untuk kemudian berbelok ke arah kiri menuju Jalan Raya Abepura. Saat menemui bundaran ambil jalan menuju Jalan Ardipura Raya. Teruskan perjalanan hingga ke Jalan Dr. Sam Ratulangi untuk ke Jalan Tanjung Ria IV belok ke arah kanan hingga menemui lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Base G
Image Credit: Google Maps Mc_Ephend Srava Cabva

Berkunjung ke Pantai Base G tidak perlu mempersiapkan biaya yang banyak-banyak karena pantai ini memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Bahkan, anda yang mungkin notabennya sebagai anak kos-kosan pun dapat dengan leluasa masuk ke pantai ini karena harga tiketnya yang bersahabat. Cocok juga disambangi oleh anda yang berjiwa hemat namun menginginkan liburan pantai.

Dengan uang sebesar Rp 5000 sampai dengan Rp 10.000 saja, wisatawan sudah bisa menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan secara ciamik oleh pantai cantik ini. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dibebankan oleh biaya parkir sebesar Rp 20.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp 50.000 untuk kendaraan beroda empat. Karena kawasan ini masih dikelola oleh masyarakat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai G Base

Aktivitas Seru di Pantai G Base
Image Credit: Instagram gwl

1. Menyaksikan Kemegahan Sunrise

Jangan heran kalau saat pagi-pagi buta sudah banyak wisatawan yang berdatangan ke Pantai Base G. Sebab, mereka semua sedang menunggu detik-detik sunrise yang akan tersaji secara menakjubkan. Langit gelap yang kian berganti menjadi berwarna jingga keungu-unguan terlihat begitu indah dengan pesona ombak lautnya yang tenang. Kicauan burung-burung dari gundukan bukit juga akan menghiasi suasana.

2. Memancing Limpahan Ikan

Memancing merupakan suatu kegiatan yang cukup diminati oleh sebagian orang, mungkin termasuk anda. Berkunjung disini merupakan pilihan yang sangat tepat dilakukan jika anda adalah pemancing sejati. Wisatawan bisa memancing ikan-ikan yang jumlahnya melimpah disini. Dari berbagai jenis dan ukuran. Wisatawan juga akan ditemani masyarakat sekitar yang turut menyukai kegiatan memancing.

3. Berenang Santai di Bibir Pantai

Ombak yang berada di Pantai Base G ini tergolong tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan pemecah gelombang yang berlokasi 1 km dari bibir pantai telah dibangun oleh para pengelola. Sehingga ombak yang berada di Pantai Base G ini tidak terlalu besar. Wisatawan dapat berenang di bagian bibir pantainya. Sebab disini cukup luas dengan kedalaman yang rendah.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Base G
Image Credit: Google Maps Arno Febrianto

1. Hotel BEISSJI INN

Hotel BESISSJI INN berlokasi dekat dengan Pantai Base G. Lokasinya yang dekat ini berdampak baik bagi pemandangan yang disuguhkan. Dari lantai empat hotel ini, wisatawan dapat dengan mudah melihat pemandangan Kota Jayapura Utara lengkap dengan pemandangan pantai pada malam hari. Suara deburan ombak pada malam hari pun akan menjadi alunan musik alam yang indah.

2. Tirta Mandala Hotel

Tirta Mandala Hotel memiliki fasilitas yang cukup menarik bagi wisatawan yaitu kolam renang. Kolam renang di hotel ini berukuran cukup besar dan dapat menampung banyak pengunjung. Tidak hanya kolam renangnya saja yang harus dilirik, restoran yang berada di hotel ini pun cukup unik. Restoran yang berada di Tirta Mandala Hotel berada persis diatas air.

3. Edotel Yotefa View Jayapura

Bermalam di hotel yang berada dekat pantai tidak perlu khawatir kehilangan koneksi internet. Edotel Yotefa View Jayapura menawarkan fasilitas Wi-Fi stabil bagi para pengunjungnya. Kebersihan juga dapat dengan mudah anda temui dalam setiap sudut hotel disini. Tidak lupa dengan desain bangunan luarnya yang didominasi oleh warna putih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Base G
Image Credit: Google Maps Eko B Christian

Lokasi pantai yang berdekatan dengan Kota Jayapura serta rute dan akses perjalanan yang sangat mudah untuk ditempuh menjadikan fasilitas di pantai ini sudah tersedia secara lengkap dan memadai. Wisatawan akan difasilitasi oleh berbagai fasilitas yang ada dengan tujuan kepuasan pengunjung. Pantas kalau Pantai Base G selalu ramai disambangi oleh wisatawan daerah maupun mancanegara.

Area parkir yang berada disini dapat wisatawan manfaatkan untuk menaruh kendaraan pribadi baik itu kendaraan beroda dua ataupun empat. Harga yang harus dikeluarkan pun sudah tersedia. Kamar mandi dan toilet disini bisa wisatawan manfaatkan untuk membersihkan badan selepas berenang ataupun bermain. Toiletnya pun bisa digunakan sebagai tempat untuk mengganti pakaian jika ingin berenang.

Gazebo yang tersedia dapat wisatawan manfaatkan untuk bersantai sembari berbincang dengan keluarga ditemani pesona panorama pantai. Warung makan yang berada disini pun akan melengkapi kegiatan selama disini. Beragam jenis makanan dan minuman tersaji untuk para pengunjungnya. Wisatawan bisa merasakan kesejukan dari rimbunnya pepohonan sembari bersantap dibawah gazebo.

Jadi, untuk anda yang sudah merasa penat entah itu karena pekerjaan atau lain hal itu tandanya otak anda perlu istirahat. Beristirahat di Pantai Base G Jayapura menjadi pilihan yang cermat sekaligus efektif untuk menghilangkan penat. Harga tiket yang bersahabat tidak akan menambah kepenatan para pengunjung selagi berlibur disini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending