Pantai Batu Bedaun Bangka, Pantai Cantik Tempat Bermain Olahraga Air

Pantai Batu Bedaun Bangka, Pantai Cantik Tempat Bermain Olahraga Air

Daya Tarik, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Batu Bedaun salah satu destinasi bahari yang populer di Sungai Liat, Kabupaten Bangka. Pantai berpasir yang menyuguhkan panorama alam yang menawan dan tempat menikmati olahraga air yang seru.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 10.00-22.00 WIB, Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Apabila berbicara tentang pantai, pasti tidak lepas dengan lautan luas dan pesisirnya yang memukau. Indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan dikarenakan jumlah lautannya yang lebih banyak daripada daratannya. Pantai Batu Bedaun merupakan salah satu destinasi yang ada di Indonesia dan diminati banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Meskipun memiliki lokasi yang masih terpencil, akan tetapi ada wisatawan asing yang pernah mencapai ke sana. Tempat ini memiliki keindahan alam yang jauh dari kata perubahan. Setiap pengunjung akan merasakan keindahan dengan nuansa alam yang masih asri. Penamaan pantai ini juga dipenuhi dengan beberapa fakta sejarah.

Sebelum mengunjungi pantai ini, akan sangat lebih baik jika wisatawan mengetahui apa saja daya tarik hingga fasilitas yang dimiliki oleh pantai ini. Hal tersebut akan sangat berguna sehingga wisatawan bisa mempersiapkan barang apa saja yang harusnya dibawa. Berikut ini merupakan beberapa hal berkaitan dengan Pantai Batu Bedaun.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bedaun

Daya Tarik Pantai Batu Bedaun
Image Credit: Twitter.com @jagalaut

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Tidak jarang wisatawan yang rela berkunjung jauh-jauh dan melewati medan yang tidak mudah untuk menikmati keindahan pantai ini. Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini tidak hanya bersumber dari keindahan pemandangannya saja. Akan tetapi juga berkaitan dengan asal usul pemberian nama Pantai Batu Bedaun.

1. Banyak Bebatuan yang Tersusun Alami

Biasanya jika berkunjung ke sebuah pantai wisatawan akan menemukan ombak laut kemudian batu karang hingga pasir yang berwarna putih atau hitam. Di pantai ini wisatawan akan menemukan keunikan atau hal yang baru.

Pasalnya bukanlah batu karang, tetapi batuan granit yang tersusun secara alami batuan tersebut memiliki beberapa lokasi. Bahkan karena keindahan penyusunan batuk, banyak wisatawan yang menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat berfoto bersama. Di setiap sudut, di setiap permukaan terdapat kumpulan batu-batu granit yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

2. Memiliki Pohon Keramat

Sebenarnya pohon ini merupakan pohon pada umumnya. Akan tetapi jumlah dan lokasi tumbuhnya membuat pohon ini seolah-olah keramat. Di seberang terdapat sebuah pulau yang terbuat dari batuan granit pada. Pulau tersebut bukan Pulau luas yang bisa dihuni manusia akan tetapi Hanya berupa penampakan seperti Pulau saja.

Uniknya lagi di permukaan pulau tersebut ditumbuhi oleh satu pohon yang berukuran besar. Anehnya pulau tersebut terbuat dari kumpulan batuan granit. Jika dipikirkan akan sangat tidak masuk akal ada tumbuhan yang bisa hidup di atas batuan granit dalam waktu yang sangat lama. Fakta tersebut merupakan hal yang sangat unik bagi wisatawan.

Daya Tarik Batu Bedaun
Image Credit: Twitter.com @jabaralibtn

3. Hamparan Pasir Putih dengan Kombinasi Ombak yang Tenang

Bagi wisatawan yang merasa lelah atau penat dengan pekerjaan sehari-hari atau masalah hidup. Lokasi pantai ini menjadi destinasi yang sangat disarankan untuk menghibur diri atau menenangkan pikiran. Pantai ini memiliki warna pasir Putih dan dengan ombak yang tenang. Pada pantainya terdapat banyak pohon palem yang rindang.

Pengunjung tidak perlu cemas merasa panas ataupun gerah ketika berada di Pantai batu Bedaun. Selain keindahan tersebut ada pula beberapa fasilitas yang diberikan kepada pengunjung. Seperti adanya beberapa tempat peristirahatan. Pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas dengan semilir angin yang sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Bedaun

Alamat Pantai Batu Bedaun
Image Credit: Google Maps (Yeyen Mardyani)

Bagi penduduk yang tinggal di Bangka Belitung tentunya sudah tidak asing dengan Pantai Batu Bedaun yang sering dianggap sebagai taman surga. Pantai ini terletak di kabupaten Bangka yaitu di bagian Kecamatan Sungailiat lebih tepatnya lagi ada di kampung Bukit Kuala yang berada di Kelurahan Sinar Jaya.

Bagi yang ingin mengunjungi pantai ini, terdapat rute yang cukup mudah untuk dilalui. Meskipun pantai ini tergolong asing akan tetapi jalan untuk menemukan lokasi ini bisa dibilang tidak sulit. Estimasi jarak dari pantai ini ke pusat kota adalah sekitar 9.2 km.

Tetapi wisatawan tidak perlu cemas karena apabila ada di kawasan Bangka jarak tersebut bisa dengan cepat ditempuh. Lokasi Bangka masih tidak terjadi kemacetan yang bisa mengulur waktu.

Sangat disarankan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini untuk membawa kendaraan pribadi. Karena berada di lokasi yang lumayan terpencil, maka untuk mendapatkan kendaraan umum akan sedikit susah.

Berbeda jika menggunakan jasa penyewaan yang telah disediakan. Tidak perlu khawatir meskipun baru pertama kali menuju pantai ini, di setiap persimpangan jalan dipasang beberapa tanda atau arah menuju lokasi pantai. Sehingga wisatawan tidak perlu lagi untuk tersesat.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Bedaun Bangka

Harga Tiket Batu Bedaun
Image Credit: Google Maps (Elsa Wira Wasistha)

Pantai dengan keindahan alamnya yang masih alami dan menakjubkan ini ternyata memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Pengunjung hanya cukup membayar Rp 3.000 saja dan sudah menikmati seluruh keindahan yang ada di pantai ini. Harga tersebut selain parkir kendaraan.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana Senja di pantai ini juga bisa, karena jam buka Pantai Batu Bedaun adalah mulai dari jam 10 pagi Hingga jam 10 malam. Pantai ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Setiap fasilitas memiliki harga yang berbeda-beda.

Misalkan saja untuk pengunjung yang ingin bermain jet ski maka harus membayar biaya berkisar Rp350.000 untuk permainan setiap 15menit. Kemudian tarik untuk bermain speed boat, harga yang ditawarkan adalah Rp500.000 untuk setiap 3 putaran. Adapula kegiatan memancing di tengah laut di mana pengunjung harus menyewa kapal. Biaya penyewaan kapal adalah berkisar 5 juta

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Batu Bedaun

Aktivitas di Batu Bedaun
Image Credit: Instagram.com @rewantalia_official

Pengunjung bisa menikmati atau melakukan berbagai kegiatan di pantai ini. Rasanya akan terasa sangat kurang apabila mengunjungi pantai yang sangat eksotis tanpa menikmati berbagai kegiatan yang memiliki ikatan nuansa alam. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan.

1. Memancing di Tengah Laut

Bagi wisatawan yang hobi memancing tentunya kegiatan ini merupakan hobi yang sangat menarik. Di pantai ini juga disediakan peralatan set memancing lengkap hingga kapalnya. Pengunjung bisa memancing sendiri atau mengajak teman menuju ke tengah laut. Memancing ikan sembari menikmati keindahan laut dan ombak yang tenang dengan semilir angin yang menyejukkan.

2. Naik Speed Boat

Permainan yang satu ini memang sangat menguji mental. Biasanya pengunjung yang masih amatir akan diarahkan atau diawasi oleh orang yang sudah ahli. Sekali menyewa, pengunjung bisa bermain hingga 3 putaran. Permainan ini merupakan salah satu jenis fasilitas yang paling banyak disukai oleh pengunjung. Selain menguji mental, permainan ini juga bisa menguji adrenalin wisatawan.

3. Bermain Jet Ski

Permainan ini biasanya digemari oleh anak muda zaman sekarang. Meskipun tergolong pantai yang baru, akan tetapi batu Bedaun menyiapkan fasilitas bermain jet ski untuk wisatawan. Sekali melakukan penyewaan, maka pengunjung akan diberikan waktu 15 menit untuk memainkannya.

4. Mencoba Banana dan Donut Boat

Wahana air yang paling seru saat berada di pantai ini adalah Banana Boat dan Donut Boat. Pengunjung yang ingin mencoba permainan ini dikenai biaya sekitar 50.000 rupiah. Banana sampai tiga jatuh di tengah laut, sementara Donut Boat berputar 3 sampai 4 kali.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Pegipegi.com

Lokasi dengan keindahan yang eksotis ini menjadikan pengunjung merasa tertarik untuk berlama-lama di Pantai Batu Bedaun. Oleh karena itu, banyak pihak pengelola yang menyediakan penginapan yang bisa digunakan wisatawan.

Jarak penginapan juga tidak terlalu jauh dengan lokasi pantai. Sehingga wisatawan dengan mudah bisa menuju lokasi pantai tanpa memerlukan waktu yang lama.

1. Pesona Bay Hotel

Penginapan ini terletak di Sungailiat dengan harga Rp. 360.000 untuk setiap malam. Harga tersebut sudah termasuk pajak sehingga wisatawan bisa dengan bebas menikmati segala fasilitas yang disediakan. Penginapan ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dengan desain yang modern. Wisatawan akan dimanjakan dengan pelayanan yang diberikan oleh penginapan ini.

2. Bos Hotel Sungailiat

Penginapan ini memiliki nuansa modern dengan desain yang unik. Apabila ingin menginap maka harus membayar sebesar Rp 450.000 untuk setiap malamnya. Penginapan ini memiliki lokasi yang sangat nyaman dengan pemandangan yang sangat menarik.

3. Hotel Tanjung Pesona

Hotel ini selalu dipadati oleh wisatawan karena adanya pemandangan pantai secara langsung yang bisa dinikmati. Untuk menginap di hotel ini maka diperlukan biaya sebesar Rp 426.075 per malam. Harga tersebut sudah termasuk segala fasilitas dan pelayanan yang diberikan di penginapan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bedaun Bangka

Fasilitas di Pantai Batu Bedaun
Image Credit: Twitter.com @faturrrrachman

Pantai pasir putih ini memiliki fasilitas lengkap yang memanjakan wisatawan. Mulai dari fasilitas khusus hingga umum. Pantai ini menyediakan seperti Saung atau Gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat setelah perjalanan menuju pantai. Gazebo tersebut menghadap ke arah laut sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan laut dengan langit kebiru-biruan yang memanjakan mata.

Pantai Batu Bedaun menjadi destinasi yang menyediakan berbagai fasilitas lengkap dan terfavorit bagi wisatawan di Kabupaten Bangka. Sangat sayang jika tidak berkunjung ke pantai ini. Pantai dengan segala keindahannya yang memukau kemudian dengan keunikannya yang menjadi ciri khas. Pantai ini bahkan sering dijuluki sebagai taman surga oleh beberapa wisatawan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending