Pantai Batu Karas, Pangandaran

Pantai Batu Karas, Pangandaran

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.
Map: Cek Lokasi

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak digemari dan dikunjungi oleh masyarakat dunia. Negara negara dengan pantai memesona nan eksotis merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi. Sebagai negara kepulauan dengan garis pantai yang panjang, Indonesia tak kalah populer di mata dunia. Ada sekian banyak pantai Indonesia yang menjadi idaman, salah satunya adalah Pantai Batu Karas Pangandaran.

Tak hanya menarik wisatawan domestik, pantai di Pangandaran ini juga menarik minat wisatawan dunia. Karena semakin populer, pihak pengelola pun terus berbenah guna memberikan tempat wisata yang memberikan pelayanan terbaik. Tidak hanya menawarkan kecantikan panorama saja, pantai tersebut juga menawarkan berbagai kegiatan menarik. Penasaran dengan pantai Batu Karas Pangandaran? Yuk simak ulasan ini.

Daya Tarik Pantai Batu Karas

Daya Tarik Pantai Batu Karas
Image Credit: Advjourney.com

Pantai di Indonesia terkenal memiliki daya tarik yang memang tidak bisa ditolak pesonanya, bahkan masing masing pantai memiliki daya tariknya tersendiri. Sama seperti pantai batu Karas yang memiliki daya tarik tersendiri, hingga masyarakat dunia pun berbondong bondong datang berkunjung. Renang dan surfing adalah daya tarik yang paling banyak digemari di kalangan wisatawan.

Seperti yang diketahui, pantai pantai yang berada di sepanjang selatan pulau jawa dikenal memiliki ombak yang ganas. Dimana hal tersebut karena adanya pertemuan langsung dengan samudera Hindia. Namun pantai Batu Karas berbeda, pasalnya di sepanjang pantai tersebut terkenal aman dari risiko tenggelam ataupun terseret ombak. Sehingga tidak mengherankan jika pantai tersebut menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun asing untuk sejenak menikmati pantai atau lainnya.

Meskipun terbilang memiliki air yang tenang, namun pantai Batu Karas Pangandaran terkenal dengan ombak lautnya yang menantang. Hal tersebutlah yang membuat pantai Batu Karas populer di kalangan pala peselancar. Dimana mereka berbondong bondong ingin merasakan sensasi menaklukkan ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Bahkan tidak jarang banyak peselancar yang menyebut pantai tersebut sebagai Bali Kecil.

Daya Tarik Pantai Batu Karas Pangandaran
Image Credit: Fr.magicseaweed.com

Menurut situs www.wannasurf.com, ombak yang dimiliki pantai Batu Karas cocok untuk peselancar kelas pemula dan menengah. Sedangkan untuk peselancar profesional, pantai tersebut terlalu mudah untuk ditaklukkan. Yang menjadi daya tarik pantai satu ini di mata peselancar adalah adanya teluk kecil, sehingga mereka tidak perlu mendayung papan terlalu jauh untuk menuju titik awal gelombang.

Pengunjung yang ingin melakukan selancar, disana bisa dengan mudah menjumpai persewaan peralatan selancar serta instruktur peselancar berpengalaman yang bisa mengajarkan para pemula. Di pantai Batu Karas terdapat 3 spot favorit para peselancar, yakni Bulak Pendek, Legok Pari, dan Karang. Bulak Pendak biasanya digunakan oleh peselancar profesional karena memiliki gelombang tinggi dan panjang. Sedangkan Legok Pari, cocok bagi pemula karena memiliki ombak yang tidak tinggi.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Batu Karas

Alamat dan Rute Menuju Pantai Batu Karas
Image Credit: Gvpangandaran.com

Pantai Batu Karas terletak Pangandaran, lebih tepatnya berlokasi di desa Batukaras kecamatan Cijulang. Pantai tersebut sekitar 34 km dari pusat kabupaten Pangandaran. Pantai yang disebut sebut sebagai perpaduan pantai Pangandaran dan Batu Hiu ini, ternyata telah tercatat di situs milik PBB atau insto.unwto.org sebagai salah satu objek wisata favorit bagi masyarakat dunia.

Jika pengunjung berasal dari arah Jakarta dan sekitarnya, maka jarak ke wisata pantai Batu Karas kurang lebih sekitar 392 kilometer ke arah tenggara. Sementara untuk pengunjung yang berasal dari kawasan Bandung dan sekitarnya, maka jarak yang harus ditempuh ke pantai Batu Karas sekitar 197 kilometer ke arah tenggara. Sedangkan pengunjung yang datang dari arah pantai Pangandaran, jaraknya hanya sekitar 34 kilometer dan butuh waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan, jika telah tiba di Pangandaran bisa langsung mengambil arah ke Cijulang. Menggunakan rute satu ini tidaklah terlalu sulit, sebab sudah ada banyak papan penunjuk arah. Tapi jika kesulitan membaca papan penunjuk arah, bisa bertanya kepada masyarakat sekitar. Sementara itu, jika pengunjung ingin menggunakan kendaraan umum maka bisa datang dulu ke terminal Pangandaran.

Dari terminal Pangandaran, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan minibus atau angkot dengan tujuan Cijulang. Namun dari Cijulang, satu satunya transportasi yang bisa digunakan agar sampai ke pantai Batu Karas adalah dengan ojek. Tarif dari ojek tersebut sekitar Rp. 30 ribu, namun harga tersebut masih bisa dinegosiasikan dengan tukang ojeknya.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas
Image Credit: Bodyraftingpangandaran.com

Untuk memajukan dan memberikan fasilitas terbaik bagi para pengunjung, pengelola pantai Batu Karas menetapkan harga tiket masuk. Dimana harga tiket masuk tersebut disesuaikan dengan transportasi yang digunakan oleh pengunjung. Untuk pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan alias hanya berjalan kaki, harga tiket masuk sebesar Rp 1.500. Kemudian untuk pengunjung dengan menaiki sepeda motor, tiket masuk seharga Rp. 3.900.

Pengunjung dengan kendaraan sejenis Jeep atau Sedan, tarif masuk seharga Rp. 9.200. Untuk pengunjung yang membawa kendaraan sejenis Carry, akan ditarik tarif sebesar Rp. 17.200. Pengunjung yang membawa kendaraan dengan penumpang besar, tarif masuk pantai sebesar Rp. 22.200. Pengunjung dengan bus kecil, tarifnya sebesar Rp. 32.700. Pengunjung pantai dengan bus sedang, tiket masuk seharga Rp. 49.500. serta pengunjung dengan bus besar, tiketnya sebesar Rp. 80.500.

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Karas

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Karas
Image Credit: Mypangandaran.com

Tidak hanya terkenal di kalangan para peselancar, pantai Batu Karas juga terkenal sebagai objek wisata keluarga. Pasalnya di pantai tersebut terdapat berbagai wisata bahari yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Ada berbagai permainan air yang bisa dinikmati, seperti jet ski dan juga banana boat. Selain itu juga ada wisata kereta kuda di sepanjang pantai. Tidak hanya itu, pantai Batu Karas juga cocok untuk pengunjung yang suka berpetualang, karena ada sejumlah tempat hiking dan kemah.

Tidak hanya melakukan kegiatan di pantai, pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan mangrove sembari mengambil foto selfie. Di dekat hutan mangrove juga terdapat muara sungai Cijulang yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tetapi yang lebih menarik, di sungai tersebut terdapat perahu yang diberi nama Restoran Apung. Perahu tersebut bisa menampung 20 orang yang memiliki pijakan dua lantai, dimana lantai satu khusus digunakan untuk restoran.

Di perahu tersebut juga ada permainan loncat ke sebuah balon besar. Balon besar tersebut diletakkan di belakang perahu sebagai pacuan loncat ke sungai. Namun jika tidak ingin menikmati permainan loncat apung, pengunjung juga bisa tinggal di atas perahu kemudian menikmati pemandangan hutan mangrove serta keindahan muara dan nelayan yang tengah menjala ikan. Rute perjalanan perahu tersebut juga tidak terlalu jauh, yakni hanya di sekitaran muara sampai hutan mangrove.

Penginapan Dekat Pantai Batu Karas

Penginapan Dekat Pantai Batu Karas
Image Credit: Booking.com

Bagi pengunjung yang ingin berlama lama di pantai bahkan ingin menginap atau pengunjung yang terlalu capai untuk melakukan perjalanan, maka tidak perlu khawatir. Sebab, di sekitar pantai Batu Karas Pangandaran sudah ada banyak penginapan maupun hotel. Dimana hotel dan penginapan tersebut sangat bervariasi, bahkan ada beberapa hotel yang juga menawarkan cottage dan bungalow.

Jarak penginapan atau hotel dari pantai tidak terlalu jauh, ada beberapa penginapan yang hanya butuh waktu 5 menit saja. Selain itu, ada berbagai fasilitas yang ditawarkan masing masing hotel baik itu hotel kecil maupun hotel dengan bintang lima. Namun jika pengunjung ingin mengetahui lebih dekat adat dan kebiasaan masyarakat setempat, maka bisa menyewa salah satu rumah penduduk.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Karas

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Karas
Image Credit: Anzarnurhidayati.blogspot.com

Karena termasuk objek wisata yang menjadi favorit dunia, pantai Batu Karas memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dimana fasilitas umum tersebut mulai dari penginapan dan hotel yang tersedia, penyewaan perlengkapan berselancar untuk pengunjung yang ingin merasakan ombak di pantai Batu Karas, restoran ataupun café yang bisa dikunjungi oleh wisatawan saat lapar, serta ada fasilitas olahraga air.

Tidak lupa juga adanya kamar mandi serta tempat ibadah. Di pantai Batu Karas juga ada berjejer toko souvenir dan cenderamata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Dimana barang barang yang dijual di toko tersebut terdiri dari aneka t-shirt, pakaian renang, serta kerajinan yang terbuat dari kerang ataupun benda benda laut lain. Jika Anda tertarik berbelanja, jangan lupa untuk menawar.

Demikian ulasan mengenai pantai Batu Karas Pangandaran yang perlu Anda ketahui. Meskipun terbilang sangat populer di kalangan peselancar, namun pantai satu ini masih termasuk sepi bila dibandingkan dengan pantai populer lainnya yang ada di Pangandaran. Sehingga pengunjung pun bisa menikmati pantai dengan suasana santai dan senang. Semoga ulasan ini dapat membantu dan selamat berkunjung di pantai Batu Karas.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending