Pantai Bocor Kebumen, Pantai Indah untuk Menikmati Sunset

Pantai Bocor Kebumen, Pantai Indah untuk Menikmati Sunset

Pantai Bocor atau dikenal dengan sebutan Pantai Setrojenar termasuk objek wisata pantai yang indah di Kebumen, Jawa Tengah yang menarik dijelajahi. Pantai berpasir hitam menjadi tempat terbaik menikmati panorama sunset dan beragam kegiatan liburan yang seru.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Godi, Setrojenar, Kec. Buluspesantren, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang hobi berlibur ke daerah pantai dan hendak mengujungi Jawa Tengah, Pantai Bocor bisa menjadi pilihan. Sekadar melepas penat dengan menikmati indahnya matahari terbenam akan sedikit membuat rileks. Lokasinya yang berada jauh dari perkotaan akan sangat membuat para wisatawan nyaman.

Wisata satu ini masih belum begitu dikenal oleh kebanyakan orang. Mengingat banyak wisatawan lebih memilih pergi ke daerah Kota Kebumen saja, tanpa menelisik lebih jauh ke daerah pedesaan. Tak heran jika Anda berkunjung ke sana, view pantai begitu asri dan cantik. Seperti belum pernah dijamah oleh manusia.

Pantai Bocor masih termasuk dalam pantai daerah selatan, dimana pantai perairan ini dikenal memiliki ombak yang besar dan berbahaya. Bagi Anda yang hendak berenang, tetap patuhi aturan dari penjaga pantai. Selalu waspada dan berhati-hati untuk menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bocor

Daya Tarik Pantai Bocor
Image Credit: Google Maps (Noval Malzel)

Pantai Bocor menjadi salah satu destinasi yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kebumen, Jawa Tengah. Kearifan lokal yang begitu kental, membuat pantai ini banyak diminati wisatawan. Tidak hanya ramai dikunjungi di hari libur, pantai ini juga tak pernah sepi pengunjung di hari biasa.

1. Pemandangan yang Memukau

Walaupun sudah banyak diketahui warga sekitaran Kebumen, siapa sangka pantai ini masih belum terlalu mencolok bagi pelancong luar Jawa Tengah. Letaknya yang berada jauh dari pusat kota, membuat pantai ini tidak begitu diketahui. Namun, perlahan banyak pengunjung mulai menyadari keberadaan pantai satu ini.

Dengan kurangnya pengetahuan masyarakat luar mengenai keberadaan Bocor, membuat destinasi Kebumen ini begitu asri. Kebersihan pantai serta pemandangan yang indah menjadi alasan utama pengunjung tak pernah bosan mengunjungi destinasi ini. Akan sangat disayangkan jika berkunjung ke Kebumen tanpa mampir ke Bocor.

2. Menikmati Indahnya Sunset

Jika aktivitas di kota membuat Anda begitu penat, maka jangan lupakan melihat matahari terbenam saat berlibur ke pantai. Rasanya akan kurang lengkap jika meninggalkan Pantai Bocor tanpa menikmati sunset. Berjemur di cuaca yang cerah menjelang sore hari dapat menjadi pilihan, sambil sunset tiba.

Pantai ini akan semakin menawan jika Anda mengabadikan beberapa moment menuju sunset saat sore hari. Dengan background sunset, Anda bisa mengambil gambar siluet secara langsung. Hasil dokumentasi nanti pasti akan sangat indah dan begitu nyata karena pengambilan gambar yang dilakukan secara langsung.

Daya Tarik dari Pantai Bocor
Image Credit: Google Maps (Sapitri Na)

3. Keramahan Warga Asli Sekitar Pantai

Tujuan seorang wisatawan berlibur ke suatu tempat tentu banyak sedikit dipengaruhi oleh keindahan alam yang begitu asri. Letak wisata yang begitu jauh dari perkotaan membuat penduduk kota berlomba-lomba mengunjunginya. Namun, Bocor tidak hanya memiliki itu.

Keramahan warga asli Desa Bocor yang bertempat tinggal di sekitaran area pantai akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Penduduk yang tinggal di desa cenderung tidak begitu mengetahui kehidupan kota. Menjadikan penduduk asli desa ini selalu bersikap ramah pada para pengunjung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Bocor

Alamat Pantai Bocor
Image Credit: Google Maps (Itsna Luthfia)

Sesuai dengan namanya, Pantai Bocor terletak di Desa Bocor. Lebih tepatnya masuk di Kecamatan Bulupesantren, termasuk wilayah Kabupaten Kebumen, provinsi Jawa Tengah. Karena memasuki wilayah Kabupaten Kebumen, titik lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat Kota Kebumen sendiri.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini, perlu waktu tempuh sekitar 20 menit dari Kota Kebumen. Jarak yang ditempuh sekitar 12 km. Tapi, tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata pada umumnya, waktu tempuh bisa melebihi yang diperkirakan menjelang masa hari libur, seperti saat liburan sekolah atau libur lebaran.

Akses jalan menuju Bocor bisa dibilang masih cukup baik. Jalanan pantai ini merupakan jalan yang biasa digunakan warga sekitar saat akan beraktivitas. Entah sekadar berangkat kerja atau bepergian ke area sekitar pantai. Kendaraan seperti sepeda motor atau mobil bisa menjadi transportasi pilihan saat berkunjung ke Bocor.

Demi menghemat biaya, para pengunjung bisa dan diperbolehkan membawa kendaraan pribadi, yakni kendaraan roda empat. Wisatawan luar kota pun juga bisa menggunakan bus umum jika menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata pilihan untuk perayaan kelulusan, study tour, atau liburan semester.

Pada umumnya saat akan memasuki destinasi wisata pantai, tak terkecuali pantai cantik di Kebumen ini, pengunjung akan dikenakan biaya atau tiket masuk area pantai. Biaya ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan atau perbaikan area sekitaran pantai. Ini akan sangat membantu wisata baru, seperti Bocor agar lebih berkembang lagi.

Harga awal masuk Bocor saat itu sekitar Rp 2.000,00 pada akhir pekan. Sedangkan, di hari biasa untuk menikmati view pantai Anda tidak akan dikenakan biaya. Semakin dikenalnya pantai ini oleh masyarakat luar Kebumen, akhirnya ditetapkan tarif sebesar Rp 5.000,00 per orang, baik di hari biasa maupun akhir pekan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Bocor

Aktivitas di Pantai Bocor
Image Credit: Google Maps (Roni Setyawan)

1. Bermain Bersama Anak

Bagi pengunjung Pantai Bocor yang memiliki putra atau putri, pantai ini bisa menjadi pilihan menarik liburan keluarga Anda. Pengunjung bisa bermain pasir, lalu membuat istana pasir. Bisa juga dengan sekadar bermain air sambil menikmati pemandangan pantai ini di waktu-waktu tertentu.

2. Menikmati Pemandangan Pantai

Menikmati pemandangan pantai di waktu pagi dengan semilir angin akan membuat tenang dan damai. Ini akan sangat membantu Anda dalam merefresh kembali pikiran setelah terlalu lama bekerja. Hal tersebut juga bertujuan membuat tubuh Anda lebih sehat karena berada pada situasi yang nyaman.

3. Memancing

Ikan segar yang diambil langsung dari laut pasti memiliki rasa yang jauh lebih manis daripada ikan yang biasa dijual di pasaran. Anda bisa memancing ikan langsung di pantai ini untuk menikmati sensasi rasa manis tersebut. Ikutlah kapal nelayan sekitar Bocor saat akan memancing.

Aktivitas Pantai Bocor
Image Credit: Twitter.com @hsnmub

4. Bakar Ikan di Tepi Pantai

Kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di Pantai Bocor, yakni membakar ikan. Setalah memancing ikan bersama dengan nelayan, tentu pengunjung bisa memakan ikan hasil pancing tersebut. Anda bisa menyewa peralatan bakar yang diperlukan dari tempat makan yang menyediakan atau request secara langsung.

5. Menikmati Panorama Sunset

Jangan lupa menikmati indahnya sunset di Bocor menjelang malam. Mengingat begitu asri dan indahnya pemandangan Bocor, pasti akan suguhan sunset pantai ini juga tak kalah memukau dari pantai lain. Abadikan momentum sunset Bocor dengan mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.

6. Lari Pagi Sekaligus Menjelajah Pantai

Anda bisa menikmati keindahan Bocor sambil berolahraga di pagi hari. Luangkan waktu beberapa menit untuk berolahraga walaupun sedang berlibur. Lari pagi di sekitaran area pantai akan membuat badan terasa lebih sehat. Jangan pergi terlalu jauh agar Anda tidak tersesat, ya.

Penginapan Murah Dekat dari Lokasi Pantai Bocor

Penginapan Pantai Bocor
Image Credit: Indoplaces.com

1. Meotel Kebumen

Untuk menghabiskan beberapa malam di Pantai Bocor, Meotel Kebumen bisa menjadi salah satu pilihan, loh. Terletak di lokasi yang begitu strategis, membuat penginapan ini banyak direkomendasikan para pengunjung. Dengan desain hotel yang megah, Meotel Kebumen termasuk penginapan dengan tarif cukup terjangkau.

2. Hotel Nasional

Mematok harga mulai dari Rp 55.000,00 per malam, Anda bisa menikmati fasilitas terbaik yang disediakan oleh Hotel Nasional. Mengusung konsep hunian yang sederhana, namun tetap elegan menjadikan Anda semakin nyaman selama berada di Kebumen. Terletak di pusat kota Kebumen, Penginapan ini juga berada di lokasi yang strategis.

3. Hotel Putra

Berada di Jalan Pemuda, Dukuh, Kabupaten Kebumen membuat penginapan juga ikut direkomendasikan pengunjung Bocor. Tempat singgah ini menawarkan fasilitas dengan harga relatif murah untuk satu kali bermalam. Anda akan dimanjakan dengan layanan room service, akses internet sepuasanya, hingga sarapan gratis.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Bocor Kebumen

Fasilitas Pantai Bocor
Image Credit: Google Maps (Aries Cow)

Fasilitas yang disediakan pihak Pantai Bocor akan membuat pengunjung betah selama berada di sana. Selalu mengutamakan kenyamanan pengunjung menjadi tujuan utama dibukanya wisata Bocor. Hal ini diharapkan membuat wisatawan tak bosan-bosan untuk terus mengunjungi pantai tersebut di masa mendatang.

Bagi wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, Bocor menyediakan lahan parkir khusus. Warung di sekitar area pantai pun dibuat senyaman mungkin untuk menjamu para pengunjung yang datang. Bagi pengunjung yang suka berkuda, Bocor juga menyediakan jasa sewa kuda untuk menemani Anda mengelilingi area pantai.

Bagi pengunjung yang suka berenang, maka tidak perlu risau. Larangan berenang langsung di pantai karena ombak yang terlalu berbahaya, menjadikan pihak Bocor membangun kolam kecil sebagai tempat berenang. Anda bisa menikmati fasilitas tersebut jika ingin berenang.

Beberapa informasi di atas bisa dijadikan referensi sebelum mengunjungi Pantai Bocor sebagai destinasi liburan Anda. Mulai dari lokasi, rute perjalanan, hingga penginapan bisa Anda temukan. Semoga kearifan lokal Bocor bisa dikenal masyarakat lokal maupun mancanegara agar pantai ini bisa terus berkembang menjadi destinasi pilihan yang wajib dikunjungi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending