10 Pantai Cantik yang Ada di Sumatera Barat

Pantai Cantik Sumatera Barat

Ingin Liburan Hangat di Pantai? Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Sumatera Barat. Objek Wisata Bahari Cantik, Eksotis dan Terhits yang Menarik untuk Dijelajahi Saat Liburan.

Apabila mengulik mengenai keindahan pantai di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Seperti halnya dengan Provinsi Sumatera Barat sudah lama dikenal sebagai salah satu wilayah yang kaya akan budaya, alam, serta kuliner yang melimpah dan serba lengkap. Tidak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung ke ranah minang tersebut.

Salah satu hal yang paling banyak dicari oleh para pelancong adalah wisata baharinya. Sumatera Barat memiliki deretan pantai indah, yang langsung menghadap ke arah Samudera Hindia yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Image Credit: Pariwisataindonesia.id

Wisata bahari pertama yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berlibur ke Sumatera Barat yaitu Pantai Air Manis yang ada di daerah Padang. Tentu Anda ingat legenda malin kundang yang menceritakan seorang saudagar kaya, yang kemudian dikutuk menjadi batu oleh ibunya lantaran telah menjadi anak yang durhaka.

Di Pantai Air Manis ini, terdapat sebuah relief batu yang jika diperhatikan terlihat seperti pecahan kapal dan seseorang yang tertelungkup pada pasir pantai. Konon relief tersebut merupakan jelmaan dari malin kundang. Keberadaan dari batu malin kundang inilah yang berhasil menarik para wisatawan berbondong bondong datang kemari.

Lokasi: Jl. Pantai Air Manis, RT.1/RW.1, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

2. Pantai Padang

Pantai Padang
Image Credit: Indonesiakaya.com

Pantai selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Padang yang berada di pusat kota Padang, sehingga akses menuju lokasi pantai tersebut sangat mudah untuk dilalui. Wisata bahari satu ini cukup berbeda dengan pantai lainnya, karena di Pantai Padang telah dilakukan pembangunan yang lebih modern.

Jadi di pantai ini Anda bisa menemukan berbagai fasilitas memadai, mulai dari pusat kuliner hingga area bermain anak. Terlepas dari fasilitasnya yang lengkap, panorama di area pantai juga begitu layak untuk dikagumi. Perbukitan hijau yang populer dengan nama Gunung Padang nampak cantik mengelilingi area pantai, yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menyegarkan.

Lokasi: Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

3. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Image Credit: Indonesiawow.com

Pantai Caroline yang berada di kawasan Teluk Bungus menjadi salah satu bukti bahwa keindahan alam Sumatera Barat tidak perlu Anda ragukan lagi. Pantai ini dulunya dikenal sebagai pantai pribadi karena sepinya pengunjung yang datang. Namun kini Pantai Caroline selalu tampak ramai akan wisatawan, dan menjadi salah satu objek yang wajib disinggahi di kota Padang.

Keunikan yang mampu menggaet para turis untuk mampir kemari yaitu terletak pada garis pantainya yang membentuk huruf W, atau berbentuk hati bila dilihat dari atas menggunakan drone. Selain itu ombaknya yang cukup tenang juga banyak digemari oleh pengunjung, karena mereka bisa bermain air dengan puas dari bibir pantai.

Lokasi: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

4. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Image Credit: Paketwisatapadang.com

Pantai Nirwana menjadi destinasi wisata yang cocok bagi Anda penggemar fotografi, karena objek wisata ini memiliki pemandangan senja yang merupakan salah satu spot terbaik dan terfavorit untuk berburu foto kece di daerah Padang. Karakteristik Pantai Nirwana ini memiliki debur ombak yang tergolong tenang, sehingga cocok digunakan bermain air sepuasnya.

Selain itu hamparan pasir putihnya yang bertekstur halus juga membuat para pengunjung betah untuk berlama lama di sini, menikmati pasir halus di jari jari kaki. Menariknya lagi, dari area Pantai Nirwana ini Anda bisa melihat deretan kapal berjejer rapi di Pelabuhan Teluk Bayur yang datang dan pergi pelabuhan.

Lokasi: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

5. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Image Credit: Detik.com

Selanjutnya ada Pantai Pasumpahan yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat. Pantai yang berada di Pulau Pasumpahan ini menjadi salah satu wisata bahari dengan panorama alam yang terindah di Padang. Di destinasi ini, Anda tidak hanya dimanjakan dengan hamparan pasir putih halus saja, namun juga disuguhkan hamparan laut eksotis.

Laut di Pantai Pasumpahan memiliki warna kebiruan yang begitu jernih, dimana Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang begitu mempesona. Ditambah lagi dengan pemandangan landscape dari perbukitan hijau yang berada di sekeliling area pantai, sungguh sangat indah dan begitu menyegarkan sejauh mata memandang.

Lokasi: Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

6. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Pasir Jambak terkenal oleh kecantikan alamnya yang mampu membuat siapapun yang melihatnya tidak henti hentinya untuk berdecak kagum. Pantai ini juga menjadi salah satu primadona tujuan wisata di Padang apabila liburan tiba. Pantai Pasir Jambak sendiri hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Padang, sehingga cukup mudah ditemukan.

Di Pantai Pasir Jambak Anda bisa bermain air sepuasnya ditemani dengan debur ombak pantai yang tenang, dan angin semilir khas pantai yang begitu menyejukkan. Selain pemandangan alamnya yang begitu indah, wisata bahari satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai mulai dari toilet bersih, ruang bilas, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

7. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah
Image Credit: Lintassumbar.id

Pantai Gandoriah berada di kawasan Padang pariaman, dan menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang tidak boleh Anda lewatkan di Sumatera Barat. Asal usul dari nama pantai ini sendiri memiliki kisah menarik di baliknya. Dimana nama Gandoriah adalah nama dari seorang gadis di dalam cerita rakyat Minangkabau.

Perjalanan cinta Gandoriah dan Anggun Nan Tongga diabadikan dalam nama pantai ini, dan hotel Nan Tongga yang merupakan hotel tertua di Pariaman yang terletak di tepi pantai. Terlepas dari legendanya, pantai satu ini memiliki panorama alam yang begitu unik. Terdapat setidaknya gugusan 6 pulau kecil yang terlihat begitu indah seolah menghiasi cakrawala.

Selain pemandangan laut lepas yang memiliki gugusan pulau kecil yang begitu apik digunakan sebagai latar belakang foto, di pantai ini Anda juga bisa menemukan monumen berbentuk tank. Monumen tersebut bernama Monumen Perjuangan TNI Angkatan Laut Kota Pariaman, yang turut serta dijadikan sebagai objek untuk berburu foto instagramable.

Lokasi: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

8. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman
Image Credit: Kidalnarsis.com

Pantai Kata merupakan pantai kebanggaan orang Pariaman, yang nama pantainya sendiri diambil dari dua buah nama daerah yang berada di kota Pariaman tersebut. Nama daerah yang dimaksud yaitu Desa Karan Aur dan Desa Taluak, jadi kata Ka berasal dari Karuan Aur dan Ta berasal dari Taluak. Kini Pantai Kata ini menjadi salah satu wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung.

Bagi Anda para pemburu spot foto yang instagramable, maka sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Pantai Kata satu ini. Karena di wisata ini Anda bisa menemukan banyak sekali spot foto estetik yang dapat dibidik dan diabadikan di dalam sebuah potret. Selain itu Pantai Kata juga memiliki hutan pinus hijau nan rindang, yang membuat suasana sekitar menjadi lebih sejuk.

Pantai Kata Pariaman ini juga merupakan salah satu spot untuk menikmati matahari terbenam yang menjadi favorit warga sekitar. Indahnya lembayung senja yang membayang di laut dan pemandangan kapal kapal nelayan yang menjauh dari bibir pantai, menjadi sebuah pemandangan eksotis yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Lokasi: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

9. Pantai Cermin

Pantai Cermin Pariaman
Image Credit: Visitpariaman.com

Satu lagi wisata bahari yang terletak ada di Pariaman, Sumatera Barat yang wajib untuk Anda kunjungi yakni Pantai Cermin. Lokasi pantai satu ini hanya sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota Pariaman, dan secara administratif berada tepat di Desa Karan Aur. Anda hanya perlu berkendara sekitar 15 hingga 20 menit saja dari pusat kota jika ingin bertandang ke pantai ini.

Begitu tiba di kawasan pantai, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang memiliki dataran landai yang disekitarnya ditumbuhi oleh pohon kelapa dan pohon pinus yang rindang. Ini merupakan potensi alam yang begitu menarik untuk Anda saksikan dan nikmati. Sejauh mata memandang pemandangan hijau tersebut dijamin bisa menyegarkan mata.

Di Pantai Cermin ini Anda bisa duduk di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan hamparan laut yang begitu luas dan indah. Selain itu di sini Anda juga bisa mencoba bermain main air maupun berenang, karena gelombang ombaknya cenderung tenang dan tidak besar. Namun jika Anda ingin beranang, tetap selalu waspada agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Lokasi: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

10. Pantai Ketaping

Pantai Ketaping
Image Credit: Flickr.com

Terakhir Pantai Ketaping atau sering juga disebut dengan Pantai Katapiang, yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Sumatera Barat. Pantai ini berada tidak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau, yaitu hanya berjarak sekitar 9 kilometer saja. Namun bila ditinjau dari pusat kota Pariaman sendiri, pantai ini memang terletak lebih jauh dari pantai lainnya.

Hampir mirip dengan Pantai Cermin, Pantai Ketaping juga dipenuhi dengan pepohonan yang tumbuh dengan subur. Ada juga beberapa area yang sengaja ditanami dengan rumput, dan terlihat begitu terawat. Sehingga suasana pantai menjadi sangat sejuk dan menyegarkan, ditambah dengan semilir angin khas pantai yang membuat deretan pohon melambai cantik.

Dengan suasana yang tenang, Pantai Ketaping banyak dikunjungi di akhir pekan atau ketika musim liburan. Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai yang begitu seru, seperti bermain layang layang. Angin yang cukup kencang di area pantai bisa membuat permainan layang layang menjadi semakin seru.

Lokasi: Katapiang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman.

Itulah beberapa pantai tercantik yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Meski tidak cukup termasyhur di kalangan masyarakat luar, namun deretan pantai ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia sehingga memiliki pemandangan laut lepas yang begitu eksotis. Berbagai pantai cantik tersebut sangat layak dijadikan sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending