10 Pantai Cantik yang Ada di Sumatera Utara

Pantai Cantik Sumatera Utara

Tertarik Liburan di Pantai? Jangan Lupa Kunjungi Wisata Pantai Terindah di Sumatera Utara. Destinasi Wisata Bahari Populer dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi.

Tanah Sumatera dianugerahi keindahan alam yang luar biasa, salah satunya ada di Sumatera Utara. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang cantik dan eksotis, terutama destinasi wisata terkenalnya, Danau Toba. Akan tetapi, provinsi ini juga memiliki sederet pantai cantik yang menarik Anda kunjungi.

Ada beberapa wisata bahari yang tak kalah menarik untuk dieksplor lebih dalam, karena banyak masyarakat luar Sumut yang belum mengenalnya. Berikut daftar wisata pantai populer di Sumatera Utara yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Cermin, Serdang Bedagai

Pantai Cermin, Serdang Bedagai
Image Credit: Huisee.net

Lokasi tepatnya berada di Serdang Bedagai, Desa Pantai Cermin Kanan yang hadir sebagai destinasi wisata keluarga. Pantai ini memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pusat kota Medan, dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Anda perlu kondisi tubuh serta kendaraan yang prima, meskipun kontur jalannya sudah memadai dan diperbaiki.

Daya tarik utama dari destinasi ini, yaitu memiliki keindahan alam yang luar biasa serta pasir putih yang lembut. Anda bisa bermain pasir di tepi pantai untuk membuat kastil atau lainnya. Selain itu, lokasi ini juga menawarkan resort dan taman rekreasi agar liburan Anda lebih berkesan. Tempat ini menjadi sangat ramah anak dan cocok untuk liburan keluarga.

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

2. Pantai Pandan, Tapanuli Tengah

Pantai Pandan, Tapanuli Tengah
Image Credit: Deliserdangmall.com

Destinasi wisata satu ini menjadi salah satu pantai cantik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Sumatera Utara. Lokasi tepatnya berada di kabupaten Tapanuli Tengah dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Sibolga. Anda bisa memakai kendaraan pribadi roda dua atau roda empat, agar mobilitas liburan keluarga jauh lebih nyaman dan aman.

Pesona yang disuguhkan untuk para pengunjung cukup menarik, yaitu air laut yang jernih serta pasir putih yang lembut. Pasir ini membentang di sepanjang lautan, sehingga sangat nyaman untuk berjalan jalan di bibir pantai. Suasana tepi pantai akan semakin nyaman dan teduh karena adanya pohon pohon yang menjulang serta rimbun di sekitarnya.

Fasilitas yang tersedia untuk pengunjung cukup melimpah, salah satunya rumah makan dengan olahan laut yang mampu menggoyang lidah. Selain itu, tersedia pula penginapan untuk para pengunjung yang berasal dari luar kota. Harga tiap kamar dibanderol dengan cukup murah dan disertai fasilitas yang memadai, sehingga liburan Anda terasa semakin menyenangkan.

Lokasi: Jl. Sisimangaraja, Padang Sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah.

3. Pantai Mutiara, Serdang Bedagai

Pantai Mutiara, Serdang Bedagai
Image Credit: Disporaparbud.serdangbedagaikab.go.id

Bagi masyarakat Desa Kota Pari, Serdang Bedagai tentu sudah tidak asing dengan pantai satu ini. Lokasi tepatnya berada di kawasan hutan bakau, sehingga daya tarik utamanya ada di hamparan pohon yang luas. Lak heran pantai ini asri, nyaman, dan para pengunjung betah berlama lama berlibur di tempat ini.

Para wisatawan yang datang ke tempat ini dapat melepas penat dan merefresh pikiran. Tenangnya laut beserta asrinya tanaman bakau menjadi salah satu alasan. Yang tak kalah menarik, yaitu adanya tempat penangkaran ikan laut dan kepiting di kawasan hutan bakau. Dua hewan laut ini menjadi salah satu mata pencaharian unggul bagi masyarakat sekitar.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung juga sangat memadai. Anda bisa menikmati makan siang di kawasan hutan bakau dengan sajian menu yang mampu menggoyang lidah. Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa istirahat sejenak untuk melepas lelah di pondokan yang telah disediakan.

Lokasi: Kota Pari, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

4. Pantai Lumban Bul Bul Balige

Pantai Lumban Bul Bul Balige
Image Credit: Tripelaketoba.com

Salah satu destinasi yang sangat terkenal di Sumatera Utara, yaitu Danau Toba. Tak jauh dari destinasi wisata ini terdapat kota Balige yang terkenal memiliki pantai cantik, yaitu Pantai Lumban Bul Bul. Jarak tempuh yang diperlukan agar sampai di lokasi wisatanya berkisar 2 km saja. Para wisatawan bisa berkunjung ke tempat ini baik menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Daya tarik utama dari pantai cantik satu ini, yaitu ombaknya yang cukup tenang dan pasir putih yang lembut. Ombak tenang ini membuat para wisatawan dapat bermain air di tepi pantai dengan aman dan nyaman. Yang tak kalah menarik, pasir berwarna putih yang lembut ini mampu membuat Anda nyaman berlama lama berjalan di atasnya.

Lokasi: Lumban Bulbul, Balige, Kab. Toba Samosir.

5. Pantai Bali Lestari, Serdang Bedagai

Pantai Bali Lestari. Serdang Bedagai
Image Credit: Correcto.id

Lokasi wisata ini tak jauh dari Pantai Cermin sebelumnya, sehingga Anda bisa berkunjung ke dua tempat sekaligus. Menariknya, para pengunjung akan disuguhi nuansa pantai ala Bali yang sangat kental. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa spot pantai yang dilengkapi patung atau ornamen khas Pulau Dewata. Tempat ini bisa jadi obat rindu para pecinta pantai Bali.

Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan sangat menarik, yaitu banana boat yang dapat Anda sewa untuk memuaskan hobi watersport. Bagi yang ingin menantang adrenalin lainnya, ada pula parasailing yang bisa Anda sewa dengan harga terjangkau. Jika tak ingin aktivitas yang terlalu berat, Anda bisa menyewa kapal kecil untuk berkeliling di sekitar pantai.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini, yaitu di saat hari kerja efektif. Hal tersebut dikarenakan tak banyak jumlah pengunjung, sehingga Anda bisa berfoto di berbagai spot menarik. Bila Anda datang di saat libur akhir pekan, maka bisa dipastikan lokasi ini terlalu ramai dan padat oleh pengunjung.

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

6. Pantai Pondok Permai, Serdang Bedagai

Pantai Pondok Permai, Serdang Bedagai
Image Credit: Facebook.com @pantaipondokpermai

Pantai yang diklaim sebagai salah satu pantai terbersih di Sumut ini berada di kabupaten Serdang Bedagai. Rekomendasi tempat liburan terbaik ini memerlukan jarak tempuh sekitar 50 km dari pusat kota Medan. Dengan begitu, Anda harus berangkat lebih awal agar dapat menikmati liburan di pantai dengan sangat memuaskan.

Daya tarik utama dari pantai ini cukup menawan, yaitu laut dangkal serta ombak yang tak terlalu besar. Anda bisa membawa keluarga serta anak anak untuk liburan yang aman dan nyaman. Yang membuat wisata ini menarik, yaitu Anda bisa bermain layang layang di tepi pantai serta voli pantai dengan jumlah pemain sebanyak tiga orang.

Lokasi: Pantai Cermin Kanan, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai.

7. Pantai Saroke dan Pantai Lagundri, Pulau Nias

Pantai Saroke dan Pantai Lagundri, Pulau Nias
Image Credit: Tribunnewswiki.com

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya, salah satunya Pulau Nias. Pulau satu ini telah dikenal oleh banyak orang, bahkan hingga ke mancanegara karena budayanya. Tak hanya itu, pulau satu ini juga dikenal sebagai lokasi yang memiliki keindahan alam luar biasa terutama pantainya yang mampu memikat hati siapa saja yang berkunjung.

Terdapat dua pilihan pantai untuk Anda, yaitu Pantai Lagundri dan Saroke yang memiliki keindahan luar biasa serta ombak yang tinggi. Ombak di kedua pantai ini cocok untuk Anda yang menyukai olahraga surfing. Anda perlu menjajal surfing di tempat ini karena dapat menyuguhkan pengalaman berselancar di ketinggian ombak yang tak biasa.

Para pegiat olahraga ini tentu sudah tak asing dengan pantai pantai di Indonesia yang memiliki ombak untuk surfing. Tak hanya cocok sebagai pelatihan surfing, lokasi wisata ini juga sering dikunjungi wisatawan lainnya. Anda bisa berlibur di tempat ini untuk menikmati keindahan pantai serta suara debur ombak yang saling berkejaran.

Lokasi: Jl. Sorake, Botohilitano, Kec. Fanayama, Kab. Nias Selatan.

8. Pantai Tureloto, Pulau Nias

Pantai Tureloto, Pulau Nias
Image Credit: Pegipegi.com

Kembali mengisi deretan pantai di Pulau Nias yang tak boleh Anda lewatkan, karena Pantai Tureloto memiliki keindahan luar biasa. Keindahan alam satu ini mampu memanjakan mata Anda, mulai dari batuan karang yang cantik hingga pasir putih yang lembut. Paduan dua keindahan alam tersebut jadi salah satu ikon Pantai Tureloto yang sangat unik.

Yang membuat pantai ini semakin menarik, yaitu diklaim sebagai laut mati versi Indonesia. Pasalnya, para pengunjung tak perlu takut tenggelam saat berenang di tengah laut. Kadar garam yang tinggi membuat siapa saja bisa mengapung, meskipun tidak dilengkapi alat pelampung. Hal ini mirip dengan keunikan dari laut mati yang terletak di tiga negara.

Lokasi: Desa Balefadorotuho, Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara.

9. Pantai di Pulau Pandang Batubara

Pantai di Pulau Pandang Batubara
Image Credit: Triptrus.com

Lokasi tepat pantai ini berada di salah satu pulau terluar Indonesia, yaitu Pulau Pandang. Para pengunjung harus menempuh perjalanan darat dan laut untuk sampai ke lokasi tersebut. Jalur darat ditempuh selama kurang lebih 4 jam, sedangkan jalur laut memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, yaitu air laut berwarna kehijauan yang sangat jernih. Selain itu, sekitar pantai memiliki suasana yang sangat asri karena dilengkapi tumbuhan yang rimbun dan lebat. Dengan begitu, para pengunjung akan merasa sangat betah di sini.

Lokasi: Selat Malaka, Kab. Batu Bara.

10. Pantai Berawe, Pulau Kampai Langkat

Pantai Berawe, Pulau Kampai Langkat
Image Credit: Pituwolusongo.com

Liburan yang berbeda bisa Anda temukan saat mengunjungi Pantai Berawe yang menghadap langsung ke Selat Malaka. Destinasi satu ini berada di Pulau Kampai yang memerlukan jarak tempuh sekitar 96 km dari pusat kota Medan. Anda hanya perlu menempuh jalur darat untuk sampai ke tempat ini.

Daya tarik utama dari lokasi ini, yaitu hamparan pasir putih yang luas yang cocok untuk menyusuri pantai. Selain itu, Anda juga akan disuguhi deburan ombak yang cukup kuat dan terpaan angin yang segar. Pengalaman liburan di Sumatera Utara kali dijamin tak akan terlupakan.

Lokasi: Desa Pulau Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kab. Langkat.

Berlibur ke salah satu provinsi yang memiliki keindahan luar biasa tentu menyenangkan. Anda wajib menjajal destinasi wisata pantai yang disuguhkan oleh alam Sumatera Utara. Dengan begitu, liburan akan terasa semakin berkesan dan pastikan membawa peralatan yang memadai mulai dari fotografi hingga perlengkapan penunjang lainnya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending