Pantai Cemara Sadu Jambi – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Cemara Sadu Jambi - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Cemara Sadu salah satu wisata pantai yang unik di Tanjung Jabung Timur, Jambi yang menarik untuk dieksplor. Pantai cantik yang menjadi tempat migrasi burung dari Asia Timur dan Australia.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sungai Cemara, Kec. Sadu, Kab. Tanjung Jabung Timur, Jambi; Map: Cek Lokasi

Tanah Andalas menyimpan berbagai keunikan alamnya tersendiri. Tidak hanya karena rangkaian pegunungan barisan yang ada di bagian tengahnya saja, namun bagian pesisirnya juga tidak kalah memukaunya. Pada salah satu Provinsi terluasnya, yaitu Jambi, terdapat sebuah pantai unik. Tempat tersebut adalah Pantai Cemara Sadu.

Objek wisata tersebut terkenal karena menjadi tempat bermigrasi bagi berbagai jenis burung yang berasal dari seluruh dunia. Tak ayal fenomena ini menjadi bonus tersendiri bagi para wisatawan yang hendak singgah ke sana untuk sekedar menghabiskan waktu luang mereka. Selain itu, ada berbagai hal lainnya yang membuat pengunjung tertarik untuk datang ke sana.

Dengan lokasinya yang berada dekat dengan salah satu taman nasional terbesar di nusantara, bahkan seluruh Asia Tenggara, membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Tak jarang orang berdatangan ke sana hanya untuk sekadar berburu foto-foto. Hal itu karena memang panorama yang ditawarkan membuat siapapun yang datang menjadi rugi jika tidak melakukan kegiatan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara Sadu

Daya Tarik Pantai Cemara Sadu
Image Credit: Imcnews.id

1. Migrasi Burung-Burung Dari Seluruh Dunia

Ini menjadi daya tarik utama yang membuat orang-orang berminat untuk datang ke sana. Dengan mendatangi tempat tersebut, maka pengunjung dapat secara langsung melihat berbagai jenis burung yang sedang melakukan migrasi dari tempat asal mereka. Disinyalir gerombolan hewan tersebut berasal dari negara-negara di bagian utara, seperti China dan juga Rusia.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak setiap waktu wisatawan yang berkunjung bisa menikmati fenomena alam tersebut. Hal itu karena migrasi hanya dilakukan pada saat negara asal binatang-binatang tersebut masih dalam musim dingin. Biasanya hal tersebut terjadi pada akhir tahun hingga beberapa saat setelah pergantian tahun, yakni pada Desember hingga sekitar bulan Mei.

Terdapat puluhan jenis burung yang bisa dilihat oleh warga sekitar dan juga siapapun yang berwisata di Pantai Cemara Sadu. Kawanan fauna itu telah terbang bermil-mil jauhnya dari tempat asal mereka untuk mencari suhu yang pas untuk mencari makan dan juga berkembang biak pastinya. Tidak jarang diantara mereka yang melahirkan di tempat-tempat migrasi mereka karena memang cocok untuk bagi bayinya.

BACA:  Pantai Sendang Biru Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Berdasarkan pernyataan para peneliti, kawasan pesisir daerah Sadu memang telah menjadi titik singgah kawanan itu sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Dengan kondisi dan juga bentuk bentangan alamnya yang landai dan juga area pasirnya yang cukup luas, memang cocok bagi segerombolan burung untuk singgah sejenak.

Kawasan Pantai Cemara di daerah Sadu merupakan salah satu rangkaian jalur untuk migrasi di kawasan Asia Timur hingga ke Benua Australia. Hal ini menjadi bukti bahwa salah satu tempat di nusantara masih terbilang asri dan wajib untuk dijaga keasliannya.

2. Kondisi Alami Pantai Cemara Sadu

Karena lokasi tersebut menjadi salah satu tempat burung-burung dari berbagai belahan dunia singgah, maka otoritas setempat belum melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kawasan wisata itu. Hal ini bertujuan agar daerah tersebut masih tetap dipakai oleh hewan-hewan tersebut untuk menetap sementara selama beberapa bulan.

Pemerintah daerah di sana khawatir bila dilakukan pembangun meskipun kecil pada beberapa titik di sana, akan mengakibatkan fenomena cantik tersebut menjadi hilang. Burung-burung tidak lagi tertarik menggunakannya untuk tempat hidup sejenak. Hal ini akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar, mengingat sebenarnya hal itulah yang membuat kawasan ini menjadi populer.

Langkah tersebut membuat keadaan di sana masih terbilang alami dari tangan-tangan manusia. Pasir di sana masih murni dan tidak nampak sedikitpun sampah yang tergeletak. Luas area pasir juga cukup besar, membuat pengunjung bisa saja bermain dengan leluasa. Namun, tetap harus menjadi perhatian bahwa jangan sampai aktivitas pribadi mengganggu keberadaan hewan di sana.

Panorama di Pantai Cemara Sadu juga memikat banyak orang untuk menjernihkan pikiran dari padatnya kegiatan sehari-hari. Hal ini tidak mengagetkan lantaran di dekat sana banyak di tumbuhi vegetasi alam yang membuat sejuk suasana. Dengan semua unsur yang ada di sana, pemandangannya sebenarnya sangat indah. Bahkan tak jarang yang menyamakannya dengan tempat-tempat di luar negeri.

Daya Tarik Pantai Cemara
Image Credit: Facebook.com @jalanjalanjambi

3. Vegetasi Sekitar Pantai

Keunikan dari tempat wisata ini sama seperti namanya. Bisa ditemui dengan mudah berbagai pohon cemara yang ternyata tidak hanya menjadi ciri khas dari pantai itu saja, akan tetapi juga area sekitarnya. Tumbuhan tersebut banyak hidup di sekitar sana dan menghiasi kawasan sekitar destinasi wisata di sana.

4. Pasir Coklat yang Memikat

Pasir yang terhampar pada destinasi wisata tersebut berwarna coklat yang pekat hingga kerap kali terlihat hitam. Hal ini menambah keeksotisan area tersebut. Dengan luas hamparannya yang mencapai hampir 500 hektar membuatnya sangat luas untuk menjadi area bermain turis yang singgah. Pengunjung bisa dengan bebas memainkan pasir-pasir tersebut.

BACA:  10 Pantai Terindah di Jambi yang Wajib Anda Kunjungi

5. Suasana Sepi nan Syahdu

Area tersebut memang belum dibangun lebih lanjut oleh pihak-pihak sekitar. Selain karena demi menjaga kealamiannya, namun juga karena kondisinya yang cukup jauh dari pemukiman manusia. Akan tetapi, hal tersebut justru membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi karena wisatawan bisa dengan leluasa menikmatinya dengan kondisi yang teramat tenang dan syahdu.

Alamat, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Sadu Jambi

Alamat Pantai Cemara Sadu
Image Credit: Facebook.com @awe.cick

Salah satu destinasi wisata yang ada Pulau Sumatra ini berada di sebuah desa kecil yang bernama Sungai Cemara. Letaknya ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tepatnya di Kecamatan Sadu. Itulah sebabnya tempat itu dinamakan Pantai Cemara Sadu. Karena lokasinya tersebut, maka jalur akses untuk sampai di sana bisa melalui air maupun darat.

Pantai ini berada di samping Taman Nasional Berbak yang merupakan tempat perlindungan alam basah paling luas di Asia Tenggara. Area konservasi itu banyak didominasi oleh hutan rawa sehingga tanahnya berjenis gambut. Sebenarnya di sana juga ada pantai yang banyak disinggahi oleh burung-burung dari luar daerah, akan tetapi tujuan singgah mereka masih tetap di Pantai Cemara.

Dikarenakan letaknya ada di daerah pesisir timur Pulau Sumatra dan berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Riau serta berada di sekitar rawa, membuat konturnya lembek. Perlu menjadi pertimbangan ketika memutuskan untuk mengunjungi destinasi tersebut jika melalui jalur darat.

Hal ini karena infrastruktur untuk menuju kawasan itu belum terbangun secara sempurna. Jika berasal dari Ibukota Provinsi Jambi, maka perlu menempuh perjalanan menuju ke daerah Nipah Panjang. Tempat itu berada di kabupaten yang sama dengan objek wisata tersebut.

Pengunjung bisa menempuhnya dengan berbagai moda transportasi baik pribadi maupun publik. Jika sudah sampai di tempat tersebut, maka perjalanan harus dilanjutkan dengan jalur air. Hal tersebut memang dikarenakan pantai itu berada di area rawa dan sangat sulit jika menggunakan transportasi darat untuk sampai di titik wisata itu.

Untuk mengakses seluruh kawasan wisata itu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Karena lokasinya yang masih dalam tahap pengembangan, pemerintah setempat tidak membangun infrastruktur yang memadai di sana sehingga siapapun yang ingin mendatangi tempat tersebut bisa dengan bebas singgah tanpa harus khawatir akan tarif masuknya.

Tidak ada batasan waktu untuk berkunjung ke destinasi itu, namun patikan jangan berkunjung ketika hari sudah gelap. Hal ini karena belum ada infrastruktur yang lengkap sehingga orang yang singgah di sana pastinya hanya bisa melihat kondisi dengan samar-samar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cemara Sadu

Aktivitas di Pantai Cemara Sadu
Image Credit: Kompas.com

1. Berpotret Ria

Hal ini menjadi aktivitas yang harus dilakukan ketika mengunjungi objek wisata alam itu. Karena keadaannya yang masih sangat natural, banyak hal bisa menjadi objek berfoto para turis yang hadir. Selain itu, fenomena migrasi yang menjadi ciri khas objek ini juga dapat menjadi salah satu latar belakang yang pas untuk gambar yang diambil.

BACA:  Pantai Carolina Padang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

2. Berkeliling Mengitari Pantai

Selain mengambil potret gambar yang indah, pengunjung juga dapat menikmati keseluruhan area wisata itu dengan berjalan-jalan menikmati keindahan alamnya. Pasirnya yang lembut dan juga terpaan angin yang sejuk hilir mudik di area tersebut membuat kegiatan yang satu ini menjadi sangat wajib dilakukan. Akan sangat rugi jika pengunjung tidak berkeliling menikmati seluruh sisi tempat tersebut.

Banyak hal yang dapat dieksplorasi di pantai yang elok itu. Selain karena pasirnya, pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya juga menjadi objek yang indah untuk dinikmati. Pengunjung bisa berkeliling ke kawasan pepohonan cemara yang hidup mengitari pantai. Hal ini menjadi suatu pengalaman yang luar biasa manakala berlibur di objek wisata pesisir timur Sumatra tersebut.

Aktivitas di Pantai Cemara
Image Credit: Facebook.com @raju.alfathir

3. Berteduh di Rindangnya Pohon Cemara

Karena banyaknya pohon tersebut tumbuh di sekitarnya, membuat pengunjung bisa saja menggunakan untuk berteduh menikmati suasana. Aktivitas yang satu ini dapat menjernihkan pikiran dan membuat tubuh menjadi rileks. Suasana pantai yang hangat membuat siapapun akan merasakan sensasi luar biasa sebuah rekreasi bahari.

4. Berkemah

Meskipun tidak ada penginapan yang ada di sekeliling pantai, namun pengunjung bisa saja menghabiskan malam di tempat tersebut dengan mendirikan tenda-tenda bersama dengan teman-teman ataupun kerabat yang lain. Aktivitas berkemah memang menjadi alternatif bagi mereka yang hendak menikmati suasana malam hari di Pantai Cemara daerah Sadu tersebut.

Jika sudah mendirikan tenda perkemahan, maka kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah membuat api unggun. Menikmati kehangatan tersebut bersama dengan orang-orang spesial yang turut hadir bersama-sama memang sangat amat menyenangkan untuk dilakukan.

Pada saat yang sama wisatawan dapat memasak makanan dan membuat minuman hangat untuk bersama-sama dikonsumsi oleh rombongan yang ikut. Dengan begitu, pengalaman berekreasi di sana menjadi semakin indah dan tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cemara Sadu

Fasilitas di Pantai Cemara
Image Credit: Instagram.com @bachtiarrisyad

Tempat ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai layaknya destinasi wisata serupa lainnya. Lokasi itu memang cocok untuk mereka yang ingin mengeksplorasi kawasan yang masih alami dan asli. Namun, setidaknya ada perahu-perahu warga yang hidup di sekitar sungai cemara untuk hilir-mudik orang-orang yang datang.

Keindahan Jambi ternyata bisa ditemukan di berbagai sisi tidak hanya pada bagian hutan konservasinya saja. Pada pesisirnya juga menyimpan berjuta keindahan asli alam yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Pantai Cemara Sadu merupakan salah satu dari sekian tempat di pesisirnya yang rugi jika tidak dikunjungi.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending