Pantai Cemara Wakatobi, Tujuan Favorit Para Pecinta Diving

Pantai Cemara Wakatobi, Tujuan Favorit Para Pecinta Diving
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Waha, Sombu, Kec. Wangi-Wangi, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Map: Cek Lokasi

Pantai Cemara adalah satu dari sejuta bukti keindahan pantai yang berlokasi di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang begitu eksotis dengan perpaduan pasir putih dan warna lautnya yang apik. Dengan semua perpaduan ini mampu memikat siapa saja untuk menghabiskan waktu liburannya disini. Terbukti dengan pengunjungnya yang tidak hanya datang dari dalam Wakatobi saja.

Pasir putih yang tersebar di tepian pantai memiliki tekstur lembut sehingga sangat nyaman jika dipijak oleh kaki. Gradasi warna hijau dan biru air lautnya yang terhampar luas di sepanjang mata memandang sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat selepas sibuk akan pekerjaan harian. Belum lagi ditambah dengan pepohonan rindang yang berdiri kokoh di tepian bibir pantai menciptakan udara sejuk.

Selain itu, beberapa saung yang disediakan menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Cemara sembari menyantap makanan. Sehingga, pantai ini cocok jika dijadikan sebagai area rekreasi bagi keluarga. Ditemani dengan semilir angin yang dibawa dari pepohonan rindang dan ombak kecilnya, semakin menambah kesan liburan di Wakatobi bersama keluarga menjadi lebih berkesan. Menarik bukan?

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara

Daya Tarik Pantai Cemara
Image Credit: Instagram.com @infoduniatravel

Pantai pasir putih ini merupakan salah satu destinasi bahari yang berlokasi di Wakatobi tepatnya di Kecamatan Wangi-Wangi. Pantai ini termasuk pantai favorit dengan banyak kunjungan dalam tiap minggunya. Pengunjung pantai ini pun tidak hanya berasal dari dalam daerah Wakatobi saja, tetapi juga luar daerah bahkan mancanegara. Beragam daya tarik yang dimiliki menjadikan pengunjung tertarik untuk datang.

1. Menawarkan Lanskap Panorama Pantai yang Eksotis

Pantai Cemara terkenal akan suguhan panorama pantainya yang eksotis. Eksotisme dari pantai inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Memiliki pasir putih yang lembut dan warna lautnya dengan gradasi biru dan hijau sangatlah nyaman untuk dipandang. tak hanya itu saja, deretan pepohonan yang berdiri di tepian pantai pun semakin menambah kesan eksotis.

2. Dihuni Oleh Beragam Biota Lautnya yang Menakjubkan

Obyek wisata berbentuk pantai satu ini merupakan tempat yang sangat cocok disambangi bagi wisatawan pecinta olahraga snorkeling. Pasalnya, keindahan biota laut yang tinggal dibawah perairannya tak kalah menakjubkan dari panorama pantai itu sendiri. Belum lagi ditambah dengan air lautnya yang jernih dan dangkal tidak pernah mengecewakan siapapun untuk mencoba kegiatan snorkeling di pantai ini.

3. Dilengkapi Wahana Permainan yang Memacu Adrenalin

Selain cocok dijadikan sebagai area rekreasi bagi wisatawan pecinta olahraga snorkeling, Pantai Cemara juga cocok disambangi untuk Anda pecinta wahana permainan yang memacu adrenalin. Keseruan dalam mencoba wahana permainan disini akan membuat agenda liburan Anda semakin terasa berkesan. Apalagi jika ditambah dengan lanskap panorama eksotis yang ditawarkan oleh pantai dari Wakatobi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai

Alamat Pantai Cemara Wakatobi
Image Credit: Google Maps (Syarif S)

Pantai Cemara merupakan salah satu pantai eksotis yang terletak di Wakatobi tepatnya di Kelurahan Sombu, Jalan Raya Waha. Pantai ini hanya berjarak 15 km dari pusat Kabupaten Wakatobi. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini sudah dinilai memadai. Wisatawan hanya perlu mengarahkan kendaraannya sejauh 100 meter dari jalan utama melewati jejeran pepohonan kelapa.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menyambangi lokasi pantai ini hanya sekitar 24 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Wakatobi. Untuk mencapainya, wisatawan tidak perlu khawatir mengenai akses yang akan dilalui karena jalan menuju pantai sudah memadai. Lokasinya yang berdekatan dengan rumah penduduk juga menjadi alasan mengapa akses jalannya tergolong memadai.

Untuk menyambangi Pantai Cemara ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan beroda empat ataupun dua. Mengingat akses jalan yang dilalui sudah tergolong memadai untuk dilalui kendaraan beroda empat. Bagi wisatawan yang tertarik untuk menyambangi pantai dengan pesona eksotis ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari pusat Kabupaten Wakatobi untuk menuju ke Jalan Raya Waha.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Dusun untuk kemudian berbelok ke arah kanan menuju Jalan Lebe Umara. Selanjutnya, wisatawan dapat berbelok ke arah kiri menuju Jalan Lumba-Lumba lalu belok ke arah kanan untuk sampai ke Jalan Jend. Alhmad Yani. Teruskan perjalanan dan belok ke arah kanan untuk menuju Jalan Raya Waha hingga menemukan destinasi wisata pantai yang dituju.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps (Alfi Kusuma Admaja)

Wisatawan yang tertarik menyambangi pantai ini, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam yang akan merusak kualitas dompet Anda. Dengan harga yang bersahabat dikantong, wisatawan sudah bisa menikmati lanskap panorama eksotis yang disuguhkan oleh Pantai Cemara ini. Eksotisme pantai dengan keragaman biota lautnya dapat wisatawan rasakan disini dengan tarif yang bersahabat.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menyambangi pantai dari Wakatobi dapat mempersiapkan dana sebesar Rp 10.000 sebagai tiket masuknya. Nominal ini tentunya tergolong sebanding bahkan murah untuk sebuah tiket masuk pantai yang menawarkan keindahan alam yang tidak bisa ditakar. Wisatawan tidak akan menyesal menginjakkan kaki disini, di setiap jengkal dari pantai ini menawarkan keindahan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Cemara

Aktivitas di Pantai Cemara Wakatobi
Image Credit: Instagram.com @inalis_veranica_ritonga

1. Mengabadikan Lanskap Panorama Eksotis

Eksotisme yang disuguhkan oleh Pantai Cemara sudah tidak perlu diragukan lagi betapa menakjubkannya. Keindahan yang disuguhkan layaknya surga bagi pecinta fotografi. Wisatawan bisa mengabadikan setiap celah dari pantai ini dalam beberapa jepretan foto. Selain itu, wisatawan penggila selfie pun bisa mengambil foto disini dengan background eksotis yang disuguhkan oleh wisata pantai.

2. Menyelam Bersama Biota Laut

Keragaman biota laut yang hidup dibawah perairannya menjadi daya pikat yang khas dari pantai eksotis ini. Wisatawan bisa merasakan menyelam bersama beragam biota laut yang tak kalah indah dari pemandangan pantainya. Air lautnya yang jernih pun semakin melengkapi kegiatan menyelam dibawah perairan Pantai Cemara. Wisatawan yang tertarik bisa menyewa peralatan menyelam di sekitar pantai ini.

3. Mencoba Wahana Banana Boat

Wahana yang tersedia bukanlah wahana permainan yang tergolong biasa-biasa saja, namun tergolong memacu adrenalin seperti halnya banana boat. Wahana banana boat yang biasanya berkapasitas sebanyak 5 orang dapat dinaiki wisatawan bersama keluarga. Wisatawan dapat merasakan sensasi menerjang arus ombak ditemani pemandangan pantai dari angle yang berbeda.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan di Sekitar Pantai Cemara
Image Credit: Google Maps (Nirma Devy Yuniarti)

1. Hotel Wisata Beach Wakatobi

Hotel Wisata Beach Wakatobi menawarkan penginapan yang sangat unik seperti restorannya yang terletak diatas laut. Sajian makanan yang disajikan oleh hotel ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Selain itu fasilitas yang disediakan pun lengkap dan memadai dengan resepsionis yang melayani 24 jam. Cocok dijadikan sebagai tempat bermalam bagi wisatawan yang lelah berlibur di pantai.

2. Hotel Wakatobi

Letak dari Hotel Wakatobi yang berada di pinggir jalan utama menjadikan hotel ini dilirik banyak pengunjung. Kamar dari hotel ini juga tergolong luas dilengkapi dengan pelayanannya yang ramah. Pelayan disini melayani 24 jam penuh bagi pengunjungnya. Selain pelayanan, hotel ini juga disertai dengan AC dan genset yang akan menjaga lampu untuk tetap hidup walau terjadi pemadaman listrik.

3. Wisma Maharani

Penginapan terakhir yang cocok dijadikan sebagai tempat bermalam bagi para wisatawan Pantai Cemara ialah Wisma Maharani. Sebab, fasilitas yang tersedia di Wisma Maharani sangatlah lengkap dan memadai, sehingga wisatawan tidak akan merasa kecewa saat bermalam di penginapan satu ini. Mulai dari tv, Wi-fi, AC, kamar mandi dan yang terpenting ialah tempatnya yang bersih dari sampah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Cemara Wakatobi

Fasilitas Pantai Cemara Wakatobi
Image Credit: Google Maps (Lim_22)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Cemara sudah tergolong lengkap dan memadai. Mengingat lokasinya yang berada tidak jauh dari pusat Kabupaten Wakatobi yaitu hanya sekitar 15 km dan bisa ditempuh dalam waktu 24 menit saja. Selain itu lokasi pantai ini juga berdekatan dengan perumahan warga sehingga fasilitas yang disediakan sudah pasti lengkap dan memadai.

Fasilitas seperti warung makan dan pondokan dapat wisatawan manfaatkan untuk berpiknik bersama keluarga. Dengan menyantap makanan sembari melihat pemandangan pantai dengan kesan eksotis mampu menghapus kepenatan akibat pekerjaan. Wisatawan dapat berpiknik bersama keluarga tercinta dengan fasilitas warung makan dan pondokan yang telah disediakan.

Selain fasilitas warung dan pondokan, area pantai pun dilengkapi dengan fasilitas lain seperti ayunan dan wahana permainan. Wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas pendukung ini untuk menunjang aktivitas liburan selama berada di pantai pasir putih ini. Wahana permainan yang tersedia disini berupa banana boat yang dimana merupakan wahana permainan yang dikenal memacu adrenalin.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pantai Cemara di Wakatobi. Pesona eksotisme yang disuguhkan disertai dengan harga tiket yang bersahabat menjadikan pantai ini favorit sebagai area rekreasi. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari keramaian serta fasilitas yang lengkap dan memadai merupakan nilai tambah dari pantai di Wakatobi ini. Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan liburan di pantai eksotis ini?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending