Pantai Cibangban, Sukabumi

Pantai Cibangban, Sukabumi

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.
Map: Cek Lokasi

Menjadi negara kepulauan membuat Indonesia memiliki garis pantai yang panjang. Dan sudah bukan rahasia lagi, jika Indonesia memiliki segudang pantai yang cantik nan mempesona. Berbicara mengenai pantai mempesona, Sukabumi memiliki banyak pantai cantik. Salah satunya adalah pantai Cibangban. Penasaran dengan keelokan yang dimiliki pantai tersebut, yuk simak ulasan ini.

Daya Tarik Pantai Cibangban

Daya Tarik Pantai Cibangban
Image Credit: Damanmaulana.blogspot.com

Sebagai pantai yang kerap kali menjadi tujuan destinasi wisata, tentu saja pantai Cibangban memiliki daya tariknya sendiri. Dimana salah satu daya tarik tersebut adalah suasana pantai yang sepi dan jauh dari keramaian. Sehingga banyak yang menyebut jika pantai tersebut terlihat eksotis. Berkunjung ke pantai Cibangban akan menghadirkan suasana seperti di pulau terpencil dan jarang didatangi karena masih terlihat asri dan eksotis.

Selain karena pantai yang asri dan eksotis, pengunjung juga akan dimanjakan dengan ombak yang jernih akibat adanya perpaduan dengan laut lepas di selatan Jawa. Pantai Cibangban semakin menarik dengan keberadaan hamparan pasir lembut di sepanjang bibir pantai. Dimana fasilitas alam tersebut dapat menimbulkan sensasi rileks di kaki serta mampu menjernihkan otak.

Daya Tarik Pantai Cibangban Sukabumi
Image Credit: Trepelin.com

Dikarenakan pantai Cibangban yang masih jarang dikunjungi hingga menjadikan tempat tersebut serasa pulau terpencil, maka dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk memanjakan diri dengan melakukan selfie. Untuk Anda yang gemar berpose eksotis atau penikmat foto yang ingin mengabadikan momen memesona, maka berkunjung ke pantai Cibangban sangat direkomendasikan.

Dengan adanya larangan keras dari pemerintah terkait dengan kegiatan buang sampah sembarangan, menjadikan pantai Cibangban sebagai salah satu pantai paling bersih di Sukabumi. Dimana hal tersebut merupakan keuntungan yang sangat menyenangkan bagi pengunjung pantai. Pasalnya pantai yang bersih dari sampah, merupakan idaman dan tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Cibangban

Alamat dan Rute Menuju Pantai Cibangban
Image Credit: Pergipergiyuk.com

Kota Sukabumi memang dikenal dikelilingi oleh berbagai pantai, dimana salah satunya adalah pantai Cibangban. Secara administratif, pantai tersebut terletak di desa Pasirbiru, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dimana pantai tersebut berjarak sekitar 10 kilometer dari pantai Pelabuhan Ratu, sehingga hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 menit perjalanan.

Jika Anda sudah mengetahui letak pantai Pelabuhan Ratu atau berasal dari Sukabumi, maka hanya perlu menemukan gapura dengan ukuran besar yang berjarak 10 kilometer dari pantai Pelabuhan Ratu. Setelah menemukan gerbang, maka hanya tinggal berbelok dan mengikuti papan petunjuk yang sudah ada. Perjalanan menuju pantai pun tidak ada rintangan yang berarti, sebab jalan yang rusak telah diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Untuk pengunjung yang berasal dari luar Sukabumi, terutama Jawa Tengah atau Jawa Timur maka perjalanan yang perlu ditempuh akan membutuhkan waktu lebih lama. Pengunjung yang berasal dari Jawa Tengah dan sekitarnya yang menggunakan kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk lewat jalur Tol Cipali dibandingkan melalui jalan raya Pantura. Sebab perjalanan melalui tol Cipali lebih menghemat waktu selama 1 jam.

Kemudian dari tol Cipali, bisa melanjutkan perjalanan sekitar 515,4 kilometer jauhnya menuju Sukabumi. Dimana perjalanan tersebut akan melewati pusat kota Bandung, kemudian menuju ke arah Selatan Sukabumi dengan mengikuti papan penunjuk arah hingga menemukan pantai Pelabuhan Ratu sebagai patokan. Dari pantai Pelabuhan Ratu, maka bisa berkendara sejauh 10 kilometer hingga menemukan gerbang pantai Cibangban.

Sementara untuk pengunjung yang berasal dari wilayah Jakarta, Tangerang, atau Bekasi maka bisa melalui tol Jagorawi dan jalan Tangkil Agrabinta. Dimana jalur tersebut dari arah Jakarta Pusat hanya memakan waktu kurang lebih 3 jam 50 menit. Sedangkan bagi pengunjung yang berasal dari Banten bisa menggunakan rute lewat jalan Raya Pantura, tol Merak, atau melewati Jakarta kemudian ke arah tol Tangerang dengan jarak tempuh sekitar 6 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Cibangban

Harga Tiket Masuk Pantai Cibangban
Image Credit: Yukpiknik.com

Pantai yang dikelola oleh pemerintah setempat ini, dibuka untuk umum dari hari senin hingga minggu alias buka setiap hari dengan tarif yang sangat terjangkau. Dimana tiket masuk tersebut hanya Rp. 2 ribu per orang untuk akses seharian berada di pantai guna menikmati segala keindahan yang dimiliki pantai Cibangban, mulai dari hanya duduk santai menikmati ombak hingga menyaksikan keelokan sunrise dan sunset.

Biasanya harga tiket masuk tersebut akan mengalami kenaikan di hari libur. Namun tetap saja masih sangat ramah di kantong, karena hanya bertambah dua kali lipat saja dari harga biasa sebagai kompensasi pelayanan ketertiban. Harga parkir kendaraan pun terbilang cukup murah, untuk sepeda motor dikenai parkir sebesar Rp. 3 ribu. Kemudian untuk mobil pribadi dan mini bus ditarik parkir sebesar Rp. 12 ribu. Sedangkan untuk bus besar dan truk ditarik sebesar Rp. 22 ribu.

Kegiatan Menarik di Pantai Cibangban

Kegiatan Menarik di Pantai Cibangban
Image Credit: Nyabatravel.wordpress.com

Kebanyakan pantai di sepanjang selatan pulau Jawa, dikenal akan keganasan ombaknya. Hal tersebut dikarenakan adanya pertemuan langsung dengan samudera Hindia. Namun pantai Cibangban memiliki ombak yang tidak seganas pantai lainnya. Meskipun begitu, Anda harus tetap berhati hati jika ingin melakukan kegiatan renang. Namun jika hanya tidak ingin berenang di laut, Anda juga bisa hanya duduk bersantai sambil menikmati pemandangan para nelayan mencari ikan di siang hari.

Tidak hanya itu, adanya angin yang bertiup sepoi sepoi dapat dimanfaatkan untuk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan batu batu karang. Karena pantai yang menghadap ke arah terbitnya matahari, di tempat tersebut pengunjung bisa menyaksikan pemandangan sunrise yang memesona. Jika Anda bosan menikmati sunrise dari pinggir pantai, maka bisa menyewa perahu untuk berlayar ke tengah laut. Dengan demikian, Anda akan merasakan sensasi sunrise yang berbeda.

Selain dari tepi pantai, pemandangan elok yang disuguhkan pantai Cibangban juga bisa disaksikan dari atas bukit yang tak jauh dari pantai. Lokasi tersebut juga menjadi spot favorit pemburu foto guna mengambil foto pantai Cibangban dari ketinggian. Sebab dari ketinggian, potret pantai memiliki kesan lebih indah karena membentuk teluk dengan perahu perahu nelayan yang menghadap ke arah pantai. Karena tempatnya yang sepi, pantai tersebut juga cocok untuk Anda yang gemar berselfie.

Fasilitas Umum di Pantai Cibangban

Fasilitas Umum di Pantai Cibangban
Image Credit: Njw1969.wordpress.com

Karena letak pantai Cibangban yang tidak jauh dengan pantai di sekitarnya, pengunjung bisa dengan mudah menemukan berbagai macam fasilitas umum, terutama masalah penginapan. Disana pengunjung bisa menemukan tempat menginap baik berupa guest house, villa, hotel, resort, hingga hotel. Berbagai tempat menginap tersebut menawarkan bermacam macam harga serta fasilitas. Menginap di kawasan pantai akan semakin menyenangkan, sebab disuguhi oleh pemandangan samudera Hindia.

Selain itu untuk mengakomodasi pariwisata daerah, pemerintah setempat sudah menyediakan berbagai fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung, seperti toilet umum dan ruang ganti yang memadai. Tidak hanya itu pengelola juga mengatur adanya warung warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, baik sajian khas Jawa Barat ataupun seafood sekitar lokasi pantai.

Untuk pengunjung yang ingin membeli cenderamata dan oleh oleh khas daerah setempat, di sekitar pantai juga sudah ada berbagai toko oleh oleh. Salah satunya ada kios sebagai pengumpul serta pengrajin batu. Di pantai Cibangban juga disediakan tempat untuk menyewa papan seluncur atau beberapa peralatan permainan air lainnya. Untuk pengunjung yang tidak membawa kamera, disana juga sudah ada tukang foto keliling yang menyediakan jasa.

Tips Berwisata di Pantai Cibangban

Tips Berwisata di Pantai Cibangban
Image Credit: Damanmaulana.blogspot.com

Tidak sedikit orang yang melakukan perjalanan wisata tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Dimana pengunjung tersebut terlalu terburu buru, sehingga tidak ada kesiapan matang pada saat berkunjung ke tempat wisata. Tidak jarang akan ada momen yang terlewat karena melakukan liburan yang tidak direncanakan. Untuk itu, usahakan rencanakan perjalanan agar mendapatkan kenangan yang tidak terlupakan.

Saat Anda akan berlibur ke pantai Cibangban, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Sebelum berangkat, maka pastikan membawa kamera, lensa wide, dan tripot. Dimana ketiga benda tersebut berguna untuk mengabadikan keindahan pantai Cibangban dengan maksimal. Kemudian saat di pantai, jagalah barang barang bawaan pribadi dengan hati hati. Serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Berlibur merupakan salah satu cara untuk melepas stres dan penat dari hiruk pikuk kehidupan di perkotaan. Tempat yang tenang dan sepi merupakan destinasi yang paling tepat. Dan pantai Cibangban Sukabumi merupakan destinasi liburan yang tepat. Ketika Anda berada di Sukabumi, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai Cibangban yang menyuguhkan pemandangan cantik nan mempesona.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending