Pantai Delegan Gresik – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Delegan Gresik

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Delegan salah satu pantai favorit di pesisir utara Gresik yang menyuguhkan pesona alam dan pantai pasir putih yang memukau.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejodadi, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Delegan yang luasnya sekitar 1,5 hektar, memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang. Anda tidak akan merasa lelah jika ingin berjalan-jalan menyusuri pantai. Di sini Anda dapat menikmati indah dan tenangnya suasana pantai. Ciri khas pantai utara Jawa yang ombaknya tidak terlalu besar, sangat nyaman dijadikan tujuan wisata keluarga dan aman bagi anak-anak.

Sebelumnya, pantai pasir putih di Gresik ini lebih dikenal dengan nama WISID (Wisata Indah Delegan). Kala itu tempat ini kurang diminati karena pengelolaan yang terbilang kurang maksimal. Namun, secara bertahap mulai banyak perubahan yang terjadi. Sekarang, tempat wisata ini dikelola warga Delegan dengan lebih baik, sehingga lebih terawat dan menarik minat wisatawan.

Kini Pantai Delegan menjadi salah satu obyek pariwisata yang diandalkan kota Gresik. Banyak wisatawan dari kota lain di Jawa Timur yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata bersama keluarga. Bukan tanpa alasan, sebab lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau dan tidak mematok harga mahal untuk dapat menikmati keindahannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Delegan

Daya Tarik Pantai Delegan
Image Credit: Instagram.com @wisatagresik

Pantai Delegan merupakan salah satu wisata pantai yang cukup diminati saat ini. Dengan pengelolaan yang baik, wisata pantai ini menjadi lebih menarik dan kekinian sesuai minat wisatawan terutama kaum milenial. Berikut ini beberapa hal menarik yang akan Anda temui di pantai ini.

1. Berbagai Wahana Seru

Para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini tidak hanya disuguhi keindahan alam. Namun, para pengunjung juga dapat bermain dengan wahana air yang cukup seru dan menegangkan. Beberapa wahana yang ditawarkan yaitu, banana boat, doughnut boat dan perahu bebek yang dapat Anda kayuh berkeliling sekitar pantai menikmati angin sepoi-sepoi.

2. Wisata Pantai yang Ramah Anak

Pantai Delegan yang termasuk dalam rangkaian pantai utara Jawa, memiliki ombak yang cukup tenang. Dengan begitu wisata ini cukup aman digunakan untuk bermain-main di bibir pantai ataupun berenang, bahkan anak-anak sekalipun.

Untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi pengunjungnya, pantai ini juga menyediakan banyak sekali pelampung dari ban bekas agar dapat digunakan oleh anak-anak. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar sepuluh ribu hingga dua puluh ribu rupiah untuk menyewa pelampung sepuasnya, tanpa batasan waktu pemakaian.

3. Dermaga

Pantai ini memiliki dermaga kecil dari beton, dimana kapal-kapal nelayan berwarna warni bersandar. Dari dermaga ini Anda dapat menikmati keindahan pemandangan pantai dengan hembusan angin yang lembut nan sejuk. Sebuah suasana yang menenangkan hati dan merilekskan pikiran.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Delegan

Harga Tiket Pantai Delegan
Image Credit: Google Maps (Ali Muntaha)

Kawasan wisata pantai ini berada di Desa Delegan, Kabupaten Gresik. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Gresik, dimana membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke sana. Lokasi Pantai Delegan juga tidak jauh dari Lamongan, tidak heran banyak wisatawan berasal dari sana.

Akses jalan menuju lokasi pantai dapat dibilang cukup baik. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk dapat sampai ke sana. Bagi wisatawan yang berangkat dari arah Kota Gresik, dapat mengambil rute menuju arah ke Sidayu. Begitu sampai di Hutan Jati Panceng, Anda dapat mengikuti papan penunjuk arah menuju lokasi wisata pantai ini.

Dari jalan utama Anda harus mengambil jalur ke utara sejauh satu kilometer sampailah di Pantai Delegan. Namun, apabila Anda berangkat dari arah Lamongan, maka cukup mengikuti rute menuju Wisata Bahari Lamongan, dilanjutkan menuju ke arah timur. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti papan penunjuk jalan menuju lokasi wisata.

Kawasan wisata pantai ini yang buka pukul 07.00-17.00 WIB ini selalu dipadati pengunjung terutama saat musim liburan. Jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih sepi maka bisa berkunjung di hari kerja. Untuk masuk kawasan wisata ini, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 per orang dewasa dan Rp 7.500,00 untuk anak. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kebijakan pengelola.

Selain membayar tiket masuk, Anda juga dikenakan biaya parkir Rp 2.000,00/motor dan Rp 5.000,00/mobil. Untuk wahana yang disewakan dibandrol dengan harga mulai Rp 10.000,00 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Delegan

Aktivitas di Pantai Delegan
Image Credit: Google Maps (Ervien Dyah Soebekti)

1. Bermain Layang-Layang

Salah satu kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan pantai ini yaitu bermain layang-layang. Angin pantai yang cenderung kencang semakin memudahkan Anda untuk menerbangkan layang-layang. Beberapa warung yang ada di lokasi pantai menjual layang-layang dengan berbagai ukuran dan bentuk mulai lima ribu rupiah.

Anda dapat dengan leluasa bermain layang-layang di sepanjang garis pantai, menikmati keseruan di tengah indahnya pesona pantai sekaligus bernostalgia ke masa kecil dulu.

2. Bersantai di Atas Kursi Malas

Jika lelah beraktivitas atau matahari bersinar terlalu terik, Anda dapat menikmat panorama pantai sambil bersantai di atas deretan kursi yang disediakan di pinggir pantai dan sering disebut dengan kursi malas. Kursi santai lengkap dengan payung yang melindungi dari terik mentari, benar-benar pas untuk sekedar duduk bermalas-malasan ditemani hembusan angin yang sejuk.

3. Mendayung Sampan

Puas bermain di pinggir pantai, saatnya mencoba hal baru dengan menikmati indahnya laut lepas. Anda dapat menyewa perahu sampan seharga Rp 10.000,00 untuk sekali jalan. Sebuah harga yang murah untuk pengalaman mendayung perahu di laut lepas sembari menikmati keindahan dan suasana yang menenangkan.

4. Hunting Foto

Belum lengkap rasanya, jika liburan tanpa ada sesi dokumentasi. Di Pantai Delegan ini, Anda dapat menemukan banyak spot menarik untuk didokumentasikan. Salah satu spot yang paling populer yaitu ujung dermaga dimana Anda dapat melihat momen sunset yang mempesona serta mengabadikannya melalui lensa kamera.

5. Wisata Kuliner

Para pengunjung dapat berwisata kuliner laut hingga puas di pantai ini. Menu andalan sekaligus favorit pengunjung yaitu ikan asap serta es kelapa muda. Anda dapat menikmati santap siang dengan menu yang nikmat sekaligus memanjakan mata dengan pemandangan alam yang begitu indah.

Jika tidak suka dengan menu ikan asap, masih banyak warung makan dengan beberapa menu yang berbeda di sana. Harga makanan di kompleks wisata ini terbilang murah dan cita rasanya juga nikmat.

6. Berenang dan Bermain Pasir

Air di pantai ini memang tidak terlalu jernih, tetapi tidak mengurangi keindahannya sama sekali. Kombinasi laut biru dengan pasir pantai nan lembut berwarna putih sungguh menggoda untuk bermain dengan keduanya.

Beruntung ombak pantai ini tidak terlalu besar, sehingga Anda dapat berenang dan bermain pasir dengan bebas di bibir pantai.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Delegan

Penginapan Dekat Pantai Delegan
Image Credit: Pegipegi.com

Bagi wisatawan luar kota yang ingin lebih lama menikmati indahnya Wisata Pantai Delegan, dapat memesan kamar hotel atau penginapan yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai ini. Berikut ini beberapa referensi hotel yang dekat dan cukup murah.

1. Hotel Aston Inn Gresik

Hotel yang berjarak 2,1 kilometer saja dari lokasi pantai ini beralamat di Jalan Sumatera, Kota Baru, Gresik. Hotel dengan konsep modern minimalis ini benar-benar mengutamakan kepuasan pelanggannya. Kamar yang bersih dan rapi, serta pelayanan yang ramah membuat Anda betah menginap di sini.

Fasilitas yang disediakan oleh Aston Inn Hotel Gresik yaitu kolam renang, spa, pusat kebugaran, restoran, serta jaringan internet gratis dengan kecepatan tinggi. Dengan segala fasilitas yang diberikan, tidak di sangka jika hotel ini memasang harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 386.000,00.

Letak hotel yang berada di atas sebuah mall, semakin menambah nilai plus hotel ini. Kamar dan lingkungan yang bersih serta nyaman, ditambah pelayanan yang ramah serta sigap menjadikan hotel ini salah satu hotel recomended ketika Anda berwisata di Gresik.

2. Hotel Santika Gresik

Hotel ini beralamat di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Gresik, yang jaraknya sekitar 3,5 kilometer dari Pantai Delegan. Memasang harga Rp 578.512,00/malam hotel ini memberi banyak fasilitas yang tentunya memanjakan pengunjung di sana.

Fasilitas yang ditawarkan Santika Hotel diantaranya kolam renang, bath tub shower, pembuat kopi / teh, pelayanan kamar dan free Wi Fi. Bahkan hotel ini juga menawarkan kamar dengan berbagai view berbeda sesuai kemauan pengunjung. Ukuran kamar yang luas serta bersih dan rapi makin menambah kenyamanan pengunjung.

Hotel Santika Gresik berada di dalam kompleks mall terbesar di Gresik. Hal ini memudahkan pengunjung yang ingin berbelanja atau sekedar nongkrong di cafe. Pelayanan hotel sangat ramah dan hangat, menghadirkan suasana kekeluargaan di dalam hotel yang mengusung nuansa elegan.

3. Pesonna Hotel Gresik

Hotel Pesonna merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dan liburan yang menyenangkan. Sebab hotel ini juga dilengkapi kolam renang anak, selain kolam renang untuk dewasa. Beberapa fasilitas lain yang ditawarkan yaitu minuman selamat datang, restoran, bar, persewaan mobil, transportasi menuju bandara, area parkir, jasa valley dan jaringan internet gratis.

Memberi banyak fasilitas yang ditawarkan, akan tetapi hotel ini memasang harga sewa kamar per malam yang terjangkau, yakni mulai Rp 364.463,00. Hotel berkonsep modern minimalis ini memberi pelayanan yang ramah dan cekatan, meski harga sewa kamar cukup murah, tetapi kualitas yang dihadirkan tidak murahan. Salah satu hotel recommended ketika berkunjung ke Gresik.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Delegan Gresik

Fasilitas di Pantai Delegan
Image Credit: Twitter.com @hipwee

Pantai Delegan menyediakan sarana bermain bagi anak-anak, seperti ban, banana boot, gazebo, ayunan dan perahu bebek. Di pantai ini juga telah disediakan kamar mandi bilas, toilet, musholla serta area parkir yang luas.

Untuk segi keamanan, pihak pengelola juga menggunakan bantuan aparat kepolisian juga TNI untuk menjaga suasana tetap kondusif terutama saat musim liburan dimana jumlah pengunjung melonjak hingga tiga kali lipat. Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan, sebab di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang sederhana tetapi menunya mampu menggoyang lidah pengunjung.

Itulah ulasan lengkap tentang Pantai Delegan di Gresik yang sayang untuk dilewatkan. Semoga ulasan ini bisa memberi informasi yang bermanfaat dan dapat menjadikan pantai ini sebagi salah satu alternatif tujuan wisata Anda bersama keluarga tercinta. Selamat menikmati liburan Anda.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending