Pantai Depok, Bantul

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Depok Bantul menyajikan pemandangan yang berbeda dan menjadi pilihan yang tepat untuk berburu kuliner. Wisata bahari ini menjadi incaran untuk menyantap seafood yang lezat.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.
Map: Cek Lokasi

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, tak heran jika sering disebut surga bagi para traveller. Tidak sulit menemukan destinasi wisata di Jogja termasuk pantai. Ada salah satu pantai yang sangat mempesona yaitu Pantai Depok Bantul. Jika sedang mencari tempat wisata untuk liburan, Anda bisa memasukkan pantai ini ke daftar wisata yang akan dikunjungi. Penasaran dengan pesona yang dimiliki pantai satu ini? Yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Depok

Daya Tarik Pantai Depok
Image Credit: Instagram @alfiah.agustin

Pantai satu ini memang tergolong unik jika dibandingkan dengan pantai lain pada umumnya. Jika setiap kali ke pantai, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai seperti ombak dan pasir di sekitaran pantai. Namun, saat singgah di pantai ini Anda akan disajikan dengan pemandangan berupa sebuah pasar yang tampak menarik. Pasar ini menjual berbagai macam bumbu dapur. Dan yang lebih menarik, Anda bisa mencoba berbagai kuliner yang dijual di pasar ini.

Berbagai sajian mulai dari bubur, sambal goreng hingga capcay bisa ditemukan dengan mudah. Anda bisa memilih santapan sesuai selera untuk mengisi perut di pagi hari. Mencari olahan laut di tempat ini juga bukan hal yang sulit, apalagi pantai ini memiliki sumberdaya ikanyang melimpah. Tak hanya menjual kuliner, pasar ini juga sebagai tempat untuk menjual ikan ikan hias yang lucu dan menggemaskan. Anda bisa mendapatkan ikan ikan ini dengan harga yang cukup murah.

Daya Tarik Pantai Depok Bantul
Image Credit: Trepelin.com

Jika ingin menikmati suasana pasar yang ramai, Anda sebaiknya mengunjungi pantai ini di pagi hari. Matahari yang belum terlalu terik, membuat suasana di pantai ini lebih sejuk. Pengunjung bisa bermain air sembari menyaksikan kapal kapal bersandar yang tampak apik. Pemandangan lain yang bisa ditemukan yakni sampah sampah yang langsung dibersihkan oleh petugas. Ada juga pengunjung pasar yang langsung membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Salah satu area yang cukup menarik perhatian adalah Laguna yang berjarak sekitar 500 meter dari pantai ini. Laguna ini memang tampak sepi, karena banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Padahal kawasan ini memiliki pemandangan bak berada di luar negeri. Di sini, Anda akan menemukan banyak orang yang sedang memancing ikan. Selain itu, Laguna juga menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan berbagai jenis burung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Depok

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Depok
Image Credit: Tempatasik.com

Lokasi pantai satu ini terbilang cukup mudah ditemukan. Masih satu kawasan dengan pantai Parangtritis, tepatnya di Kecamatan Kretek, Bantul. Sehingga akses menuju lokasi pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika berangkat dari kawasan Malioboro, belok ke kiri hingga menemukan perempatan lampu merah. Kemudian, Anda harus belok ke kanan hingga menemukan jembatan besar.

Sebelum sampai di gapura pintu, Anda harus mengarahkan kendaraan belok ke kanan. Selanjutnya, ikuti jalan hingga sampai ke pantai Depok. Atau lebih mudahnya melewati jalan Mataram-Jalan Mayor Suryotomo-Jalan Brigadir Jenderal Katamso-Jalan Parangtritis-ambil jalan ke arah Jalan Pantai Depok. Perjalanan dari Jogja menuju pantai satu ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jarak sekitar 50 km. Anda bisa memakai GPS untuk mempermudah perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Depok, Bantul

Harga Tiket Masuk Pantai Depok
Image Credit: Bagusdwijanarko.wordpress.com

Liburan ke pantai satu ini tidak akan banyak menguras kantong, terutama jika Anda tinggal di kawasan Yogyakarta. Pengunjung hanya akan dikenakan tarif sekitar Rp 10.000 untuk satu orang. Menariknya, biaya tiket masuk ini sudah membolehkan Anda menikmati berbagai pantai yang ada di kawasan ini mulai dari pantai cemara sewu, gumuk pasir hingga parangtritis. Tentu saja biaya tiket masuk tersebut berbeda dengan biaya parkir kendaraan.

Jika membawa motor, Anda akan dibebankan biaya Rp 2 ribu saja. Sedangkan jika membawa mobil maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu. Tarif yang terbilang murah untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Bahkan tarif parkir sudah termasuk jika pengunjung ingin mengunjungi laguna depok. Namun, harga tiket masuk ini bisa saja mengalami perubahan di kemudian hari, terutama saat ada event yang diadakan di kawasan ini.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Depok

Kegiatan di Pantai Depok
Image Credit: Piknikman.com

Mengunjungi pantai ini, Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang menarik. Tentu saja kegiatan andalannya mencicipi kuliner yang nikmat dan lezat dengan harga yang murah. Ada banyak warung maupun rumah makan yang menjual berbagai menu makanan khas Jogja,mulai dari makanan tradisional hingga olahan seafood. Olahan yang dijual berasal dari tangkapan warga sekitar yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Mengingat pantai ini juga tempat pelelangan ikan.

Dan menariknya lagi, rumah ikan tersebut dibangun dengan menghadap langsung ke selatan. Tujuannya agar wisatawan bisa menikmati kuliner sembari menyaksikan pemandangan laut yang indah. Karen langsung diperoleh dari nelayan, maka olahan seafood yang dijual tentu lebih fresh dan Anda bisa memilih jenis ikan yang akan dimasak untuk diberikan kepada penjual. Kuliner yang dijual juga cukup murah, bahkan pengunjung bisa menawarnya lagi.

Salah satu menu yang menjadi andalan adalah ikan cakalang yang dibandrol sekitar Rp 8 ribu persatu kilogram. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ikan kakap merah dengan mudah. Tidak ada salahnya membeli banyak untuk diolah saat di rumah. Puas berburu kuliner, Anda bisa melanjutkan berburu spot instagenik di landasan pesawat terbang. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda atau warga Jogja untuk menikmati panorama sunset.

Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar laguna dengan menaiki perahu naga. Pengunjung akan dikenakan tarif Rp 10 ribu untuk mendapatkan fasilitas satu ini. Jika mengunjungi pantai ini di akhir pekan atau waktu liburan, Anda akan berkesempatan menikmati suasana pasar digital. Konsep pasar ini mengusung tema jaman dulu, dimana pengunjung harus melakukan transaksi dengan menggunakan koin. Jadi sebelumnya, Anda harus menukarkan uang dengan koin terlebih dulu.

Penginapan di Sekitar Pantai Depok

Penginapan di Sekitar Pantai Depok
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai satu ini memang menawarkan keunikan yang sulit tidak dapat ditemukan di tempat lain. Tak jarang pengunjung yang datang dari luar kota ingin menghabiskan waktu lebih banyak di wisata ini. Bermalam di sekitar pantai menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati suasana pantai di pagi hari. Ada banyak penginapan yang bisa Anda tuju dengan fasilitas dan harga yang berbeda beda. Sehingga Anda bisa mencari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan Anda juga bisa mendapatkan hotel dengan harga yang cukup murah sekitar Rp 200 ribu permalam. Sedangkan jika menikmati liburan bersama keluarga, Anda bisa menginap di homestay yang ditawarkan oleh penduduk sekitar. Tentu Anda akan dikenakan tarif yang lebih murah, fasilitas penginapan juga terbilang cukup memadai. Jika merencanakan menginap di musim liburan, Anda bisa booking sebelum hari H sehingga ketika akan menginap Anda tinggal menuju lokasi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Depok

Fasilitas di Pantai Depok
Image Credit: Tempatasik.com

Fasilitas menjadi hal yang cukup penting diperhatikan, terutama jika ingin mendapatkan liburan yang lebih menyenangkan. Bisa dikatakan fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Lahan parkir di tempat ini juga cukup memadai. Menariknya lagi, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan Lifeguard dari petugas keamanan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Jika ingin camping di sekitaran pantai, Anda bisa menyewa tenda yang telah disediakan oleh pengelola wisata.

Selain itu, ada wisata ini juga menyediakan perahu bagi pengunjung yang ingin menikmati laguna depok. Jika liburan bersama anak anak, tempat wisata ini juga menyediakan permainan mobil mobilan dan disewakan dengan harga yang cukup murah. Tak hanya itu, ada berbagai spot foto menarik yang disediakan ditambah lagi ATV untuk menghibur para pengunjung. Mencari tempat makan di pantai satu ini juga sangat mudah.

Tempat wisata satu ini bisa dikatakan paket lengkap. Menghabiskan liburan di pantai indah ini, tak hanya memanjakan mata namun juga mengenyangkan perut. Selain itu, harga tiket masuk yang murah dan makanan dijual dengan harga terjangkau, sehingga sangat cocok para backpacker. Berbagai pemandangan menarik di pantai Depok Bantul sangat sayang untuk dilewatkan, oleh sebab itu Anda perlu membawa kamera terbaik saat mengunjunginya.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending