Pantai Drini Gunung Kidul, Menikmati Keindahan Laut dari Atas Kano

Pantai Drini Gunung Kidul, Menikmati Keindahan Laut dari Atas Kano
Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai menjadi salah satu lokasi wisata yang paling tepat untuk mengisi waktu berlibur. Pantai memang memiliki banyak pesona alam yang eksotis. Salah satu pantai yang disarankan adalah Pantai Drini. Pantai ini bisa membuat setiap orang yang mengunjunginya akan selalu mengingat dan tidak tak pernah move on. Pasalnya keindahan pantai ini memang sangat menakjubkan.

Pantai Yogyakarta ini memang menjadi Primadona dari wisata kelautan. Hampir setiap hari setiap wisatawan akan datang mengunjungi dan meramaikan tempat ini. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Mereka rela menempuh waktu berjam-jam dan menempuh jarak yang jauh untuk mengunjungi keindahan yang ada di pantai ini.

Hal tersebut sukses membuat pemerintah Yogyakarta lebih memperhatikan potensi wisata kelautan. Hampir seluruh fasilitas di desain dan disusun dengan kualitas yang tinggi. Sebelum berkunjung ke Pantai Drini. Berikut ini beberapa hal berkaitan dengan pantai ini mulai dari daya tarik hingga fasilitas yang dimilikinya. Sehingga sebelum berkunjung, wisatawan sudah memiliki gambaran terlebih dahulu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Drini

Daya Tarik Pantai Drini
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai ini tidak lepas dari daya tarik keindahan yang mempesona. Seluruh keindahan yang ada di pantai ini tidak lain merupakan karya alam dan masih memiliki pemandangan yang natural. Tidak heran jika setiap orang Rela berkunjung di pantai ini dalam waktu yang lama. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Drini.

1. Pulau Minimalis di Tengah Pantai

Apabila umumnya Pulau memiliki ukuran yang besar dan berada di tepi lautan atau di tengah lautan. Berbeda dengan pulau yang ada di pantai ini. Di tengah-tengah pantai terdapat pulau dengan lebar yang sempit akan tetapi sangat panjang pada pulau tersebut sukses membelah pantai ini menjadi 2 bagian yang berbeda.

Setiap wisatawan tertarik mengunjunginya karena memiliki penampilan dan kesan yang unik. Keindahan tersebut sering dijadikan sebagai tempat instagramable. Wisatawan mencari Spot menarik untuk berfoto, karena hanya cukup berdiam diri di pulau tersebut sudah mendapatkan latar belakang foto yang menakjubkan.

2. Tebing Berukuran Besar

Pulau ini memiliki tebing yang berukuran besar dan menjulang tinggi. Tebing-tebing tersebut tertata secara tidak beraturan akan tetapi memiliki nilai seni. Setiap pengunjung akan sangat senang mengambil beberapa momen berharga di bawah tebing tersebut.

Tebing tersebut juga dilalui air sehingga ketika air bergelombang dan menghantam tebing maka akan menimbulkan dan menunjukkan keindahan yang luar biasa. Setiap wisatawan akan berusaha mengabadikan momen tersebut. Karena pertemuan air dan batu tebing secara tidak sengaja menimbulkan pertikaian yang besar dan sangat indah apabila di foto dengan tepat.

3. Aktivitas Nelayan

Berkunjung ke pantai ini, wisatawan bisa melihat banyak kapal nelayan yang berjajar. Terlebih lagi aktivitas di pagi dan sore hari wisatawan bisa melihat secara langsung nelayan yang sedang bekerja mencari ikan. Mengingat di sekeliling pantai mata pencaharian utama dari masyarakat adalah mencari ikan. Tentunya pemandu menjadi pemandangan dan sangat unik.

Selain hanya memandang, wisatawan bisa bertanya, bisa belajar, mengenai berbagai hal berkaitan dengan mencari ikan. Nelayan yang ada di pantai tersebut juga ramah dan memberikan informasi terkait seputar mencari ikan.

Daya Tarik Drini
Image Credit: Facebook.com @jogjafamilyfm

4. Perpaduan Pasir Hitam dan Pasir Putih

Biasanya di pantai memiliki 1 Jenis pasir saja. Apabila tidak pasir hitam pasti pasir putih. Akan tetapi berbeda dengan pasir yang ada di Pantai Drini. Pantai ini memiliki perpaduan pasir berwarna hitam dan pasir berwarna putih. Tentunya kedua perpaduan pasir tersebut memiliki keindahan dan warna yang eksotis. Pengunjung bisa menikmati bermain dengan pasir hitam ataupun Pasir Putih.

Daya tarik ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh pantai yang ada di Yogyakarta. Setiap pantai di sini tidak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Bali. Bahkan beberapa pantai yang ada di Yogyakarta sempat dianggap sebagai surga dunia karena keindahannya yang memukau.

5. Momen Matahari Terbit Terbaik

Matahari terbit selalu dikaitkan dengan pantai. Apabila wisatawan ingin menikmati keindahan matahari terbit yang memukau, maka bisa mengunjungi Pantai Drini ini. Pantai dengan tumpukan batu karang yang menjulang, ternyata memberikan keindahan yang luar biasa saat matahari terbit.

Untuk mengejar momen ini, wisatawan terima datang lebih awal agar tidak terlewatkan kesempatan melihat matahari terbit. Selain matahari terbit, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbenam. Keindahannya yang eksotis memberikan kesan romantis.

Banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini dengan membawa orang terkasih. Lebih uniknya lagi, pihak pengelola juga menyediakan tempat yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Drini

Alamat Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Agvs wahyu)

Pantai ini menjadi pantai yang sangat terkenal di daerah Yogyakarta. Bagi masyarakat Yogyakarta tentunya sudah tidak asing dengan pantai ini. Mereka bisa dengan mudah mengunjunginya kapan saja. Pantai Drini terletak di area Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Tanjung Sari, tepatnya di Desa Banjarejo.

Akses untuk menuju lokasi pantai ini juga tidak terlalu sulit. Karena pantai ini telah populer, sehingga wisatawan bisa langsung mengunjunginya dengan mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan. Tetapi, secara garis besar untuk mengunjungi pantai ini bisa melalui beberapa rute.

Misalkan wisatawan berasal dari arah Solo, maka bisa menggunakan pilihan dua jalur. Jalu pertama yaitu melalui Klaten kemudian Cawas dilanjutkan ke Semin hingga ke Watukelir. Setelah dari Watukelir, wisatawan bisa menuju Tanjung Sari.

Jalur kedua yaitu melalui Sukoharjo selanjutnya menuju ke Solo kemudian Tawangsari dilanjutkan Semin Anda di kemudian bisa melewati Watukelir hingga ke Karangmojo dan langsung bisa mengambil jalur ke Tanjungsari.

Sedangkan apabila berasal dari Yogyakarta maka bisa mengambil arah Piyungan kemudian Patuk, langsung ke Sambiputu. Mengikuti petunjuk arah hingga ke Tanjung Sari. Setiap wisatawan bisa memilih dengan bebas rute mana yang hendak digunakan ketika berkunjung ke panti ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Drini

Harga Tiket Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Arnali Rafflessia)

Pantai yang dikenal dengan keindahan alamnya ini memiliki tarif yang sangat terjangkau. Dengan tarif tersebut, setiap pengunjung bisa dengan bebas keluar masuk pantai asalkan membayar. Setiap wisatawan akan dikenakan tarif biaya sebesar 4000 rupiah saja. Mereka bisa menikmati pemandangan sepuasnya.

Namun, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, harus melakukan parkir. Biaya untuk parkir juga tidak terlalu mahal. Hanya berkisar 5 ribu saja untuk mobil dan 3 ribu untuk kendaraan bermotor. Wilayah atau lahan parkir yang disediakan juga sangat luas, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tidak kebagian lahan parkir.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Drini

Aktivitas di Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Nur Arifin Enggar Kurniawan)

Wisatawan sangat tertarik berkunjung ke pantai karena selain bisa menikmati pemandangan yang eksotis Nanda mereka juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Drini.

1. Berjemur

Wisatawan bisa menikmati keindahan dan kehangatan matahari pagi dengan cara berjemur. Terdapat lokasi tersendiri yang disediakan oleh pihak pengelola. Sehingga wisatawan bisa leluasa dan menikmati waktunya untuk berjemur, tanpa khawatir terganggu oleh anak-anak yang sedang bermain.

2. Surfing

Surfing hanya bisa dilakukan saat ombak sedang besar atau pasang. Meskipun demikian, pantai ini tergolong pantai yang memiliki ombak besar, sehingga wisatawan bisa melakukan surfing berulang kali. Peralatan surfing bisa dibawa sendiri atau melakukan penyewaan di tempat yang telah disediakan.

3. Snorkeling

Snorkeling menjadi kegiatan air yang paling banyak dinikmati. Karena tidak setiap pantai menyediakan fasilitas ini. Pantai Drini memiliki air yang jernih, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah laut.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang ingin snorkeling, harus meminta izin terlebih dahulu pada pihak pengelola. Karena kegiatan ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Tempatnya saja juga dibedakan.

4. Memainkan Kano

Aktivitas yang satu ini juga tidak kalah populer dan banyak dilakukan oleh wisatawan. Mereka biasa bermain kano dan bermain dengan ombak. Saat ombak sedang besar, wisatawan bisa bermain kano di tepian saja agar tidak berbahaya. Akan tetapi jika ombak mengecil, wisatawan diperbolehkan bermain agak ke tengah. Tentunya dengan pengawasan dari pihak pengelola.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Pegipegi.com

Keindahan pantai ini ternyata sukses menyita perhatikan dari wisatawan. Mereka rela menginap ketika berlibur untuk menikmati keindahan Pantai Drini dengan puas. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat menginap yang memiliki lokasi dekat dengan pantai.

1. Omah Sundak Homestay

Jarak penginapan ini dari pantai hanya 3,3 Km saja. Pengunjung bisa dengan cepat menuju pantai. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk setiap malamnya, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 200 hingga 230 ribu saja. Penginapan ini juga menyediakan fasilitas khusus untuk setiap pengunjung. Jadi, meskipun murah, akan tetapi pelayanannya tetap berkualitas.

2. Griya Limasan gunung Kidul

Penginapan ini juga termasuk yang paling banyak digunakan wisatawan. Salah satu penyebabnya selain lokasi yang dekat, adalah harganya yang relatif terjangkau. Dari penginapan ini ke Pantai Drini, hanya berjarak 19,7 km saja.

Sedangkan terkait dengan harga per malamnya berkisar 190 ribu hingga 230 ribu. Fasilitas yang disediakan juga termasuk lengkap. Serta pelayanan yang diberikan juga sangat bagus.

3. Queen Of The South Resor

Penginapan ini dianggap sebagai penginapan yang paling laku. Hampir setiap hari, selalu dikunjungi wisatawan. Meskipun harganya relatif tinggi, akan tetapi banyak wisatawan yang memilih lokasi ini. Lokasi ini berjarak 29 Km dari pantai. Akan tetapi, keindahan pemandangan di area penginapan telah menghipnotis banyak pengunjung. Harga untuk setiap malamnya berkisar 700 hingga 800 ribu.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

Karena pantai ini termasuk populer. Maka pihak pengelola selalu mengevaluasi dan menyediakan fasilitas yang lengkap. Hal tersebut membuat wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan merasa betah. Kebersihan dari pantai ini juga merupakan hal yang penting. Pihak pengelola akan selalu memberikan peringatan pada wisatawan untuk menjaga kebersihan.

Pantai Drini termasuk dalam pantai eksotis yang paling sering dikunjungi di Gunung Kidul. Pantai dengan fasilitas yang lengkap ini memang memiliki daya tarik yang memukau. Seperti keindahan batuan karangnya, kemudian adanya pulau kecil hingga fasilitas permainan air yang lengkap. Tidak heran banyak pengunjung yang rela berlama-lama berlibur di pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending