Pantai Elyora Batam, Pantai Pasir Putih yang Eksotis di Jembatan Barelang

Pantai Elyora Batam, Pantai Pasir Putih yang Eksotis di Jembatan Barelang

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Elyora salah satu pantai pasir putih yang indah di ujung Jembatan Barelang Batam, Kepulauan Riau. Pantai yang bersih dengan panorama alam menawan dan didukung fasilitas yang memadai layak menjadi tujuan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang kota Batam, maka tidak akan ada habisnya jika membahas soal pantai indah yang berada di kota ini. Tidak heran memang karena letak tempat ini dikelilingi pantai dan laut dari segala penjuru arah. Dari banyak pantai yang ada di Batam, salah satu yang dijadikan rekomendasi wisata yakni Pantai Elyora.

Pantai yang dibuka untuk umum pada Januari tahun 2018 silam ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun, sebelum secara resmi dibuka, pantai ini sangatlah sepi karena belum banyak orang yang tahu. Seiring berjalannya waktu, keberadaan pantai ini pun mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Maka dari itu, pemerintah setempat pada akhirnya membenahi fasilitas yang ada di pantai serta menata bagian-bagian pantai agar terlihat lebih indah. Terbukti, setelah resmi dibuka pantai ini pun menjadi buruan para wisatawan yang datang ke kota Batam untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Elyora

Daya Tarik Pantai Elyora
Image Credit: Google Maps (Dikdok B)

1. Memiliki Pesisir Pantai yang Luas

Pantai Elyora memang memiliki kemiripan dengan salah satu pantai di Batam lainnya, yakni pantai Reviola. Kemiripan kedua pantai tersebut terletak pada luasnya pesisir pantai. Jadi, tidak sedikit yang beranggapan bahwa pantai ini merupakan saudara kembar pantai Reviola. Tidak hanya itu, kedua pantai juga memiliki pemandangan yang sama-sama indah.

Luasnya pesisir pantai akan semakin terlihat ketika air laut sedang surut. Pantai ini terlihat memiliki pasir yang sangat luas dan bisa dimanfaatkan untuk bermain para pengunjung. Jadi, ketika air sedang surut Anda dapat melakukan banyak hal di pesisir pantai.

Momen saat surut bisa Anda manfaatkan untuk berbagai aktivitas. Biasanya para pengunjung memanfaatkan luasnya pantai untuk berbagai permainan seperti sepak bola, voli, atau hanya sekedar jogging.

2. Pasir Putih yang Lembut

Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir yang dimiliki. Pasir putih yang halus menjadi daya tarik utama yang ditawarkan kepada pengunjung. Hal itulah yang menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki pantai ini karena tidak semua pantai di Kota Batam memiliki pasir yang berwarna putih dan bersih.

Anda akan merasa takjub dan terpesona ketika sampai di pantai ini. Keindahan pasir putihnya akan menyambut Anda. Lokasi wisata ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata keluarga. Anda bisa membawa keluarga untuk piknik di pasir yang indah. Anak-anak bisa bermain pasir di pinggir pantai.

Daya Tarik Elyora
Image Credit: Google Maps (Croco Twinkle)

3. Pohon Bakau Kering di Tengah Pantai

Ketika cuaca sedang terik teriknya, para wisatawan pada umumnya berteduh dibawah pohon bakau besar yang kering ini. Para pengunjung bisa bersantai dibawah pohon bakau tersebut sembari menikmati makanan atau minum air kelapa yang telah dipesan. Karena ketika cuaca sedang terik, Anda akan merasakan lelah dan haus lebih cepat dibanding saat cuaca normal.

Selain sebagai tempat untuk berteduh dari teriknya matahari, tak jarang orang-orang berfoto di bawah pohon bakau kering ini. Para wisatawan merasa bahwa pohon bakau yang kering tersebut memiliki nilai keindahan ketika difoto. Tak ayal jika banyak sekali orang beramai-ramai dibawah pohon bakau, walaupun disaat cuaca sedang tidak terik.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Elyora

Alamat Pantai Elyora
Image Credit: Google Maps (Bang Map)

Pantai pasir putih ini berlokasi di Pulau Galang, lebih tepatnya berada sekitar kurang lebih 75- 80 Km dari pusat Kota Batam. Maka dari itu, waktu yang ditempuh untuk menuju pantai ini kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan tergantung kondisi jalan dan juga si pengemudi.

Sepanjang perjalanan, Anda dapat melihat segarnya pemandangan alam berupa hutan ataupun kebun yang akan menemani perjalanan Anda. Lokasi wisata ini terletak di bagian akhir dari Jembatan Barelang, yaitu terletak di Jembatan yang bernama Raja Kecik atau bisa dibilang Jembatan 6. Anda tidak perlu takut tersesat, karena sepanjang jalan sudah banyak petunjuk jalan.

Setelah menemukan sebuah petunjuk jalan akhir menuju tempat wisata yang ingin Anda tuju, tinggal beberapa langkah lagi untuk bisa sampai ke titik lokasi wisata. Jalan menuju lokasi wisata terbilang cukup berbatu dan juga becek. Namun, hal itu dapat terbayar lunas ketika sampai dan bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan dalam bentuk pantai di Kota Batam.

Saat Anda sudah sampai di Pantai Elyora, nantinya terdapat petugas yang akan menjual tiket masuk ke pantai dengan harga yang sangat terjangkau. Harga tiket masuknya hanya sekitar 10.000 rupiah untuk satu orang dan bukan untuk 1 kendaraan. Dengan harga 10.000 rupiah saja, Anda bisa menikmati pantai yang menakjubkan.

Harga tersebut sangatlah murah dengan banyaknya daya tarik dan juga fasilitas yang memadai. Untuk biaya lain yakni ada biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dibawa. Biaya parkir untuk kendaraan roda empat yakni Rp 5000 dan untuk roda dua yakni Rp 2000 saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Elyora

Aktivitas di Pantai Elyora
Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

1. Mencoba Fasilitas Permainan

Jika Anda bosan dengan hanya berenang ataupun bermain pasir, disini terdapat fasilitas permainan air yang menarik untuk dicoba. Pengelola pantai sudah menyediakan fasilitas permainan air seperti banana boat dan juga perahu kecil.

Bagi Anda yang senang memacu adrenalin, bermain banan boat bisa menjadi pilihan wahana yang tepat. Tidak perlu khawatir, karena wahana banana boat telah dilengkapi keamanan yang terjamin. Untuk menikmati wahana ini Anda harus menyiapkan budget diluar harga tiket masuk tentunya.

Selain itu, disini juga terdapat sebuah persewaan perahu kecil untuk menuju pulau di seberang. Untuk tarifnya sendiri sangatlah murah, yakni hanya sekitar Rp 30.000 untuk satu orang. Disana nanti Anda juga dapat berfoto-foto dengan background pemandangan lautan yang indah.

2. Mengambil Gambar di Spot-Spot yang Indah

Rasanya kurang afdhol jika pergi ke suatu tempat yang eksotik dan mempesona namun lupa untuk berfoto dan mengabadikan momen tersebut. Hal itulah yang dilakukan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Elyora. Tidak mengherankan memang karena di pantai ini terdapat banyak sekali spot foto yang instagrammable dan cocok untuk dishare di media sosial.

Tidak jarang, pantai ini juga digunakan sebagai spot untuk sesi pemotretan pra wedding. Keindahan alam pantainya yang memukau memang sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto pasangan yang akan menikah. Pastinya pasangan yang mengabadikan momen spesial akan merasa puas dengan hasil foto yang diperoleh.

Image Credit: Google Maps (Eri Metria)

3. Berenang di Pinggir Pantai dan Bermain Pasir

Ombak disini yang cukup tenang dan bersahabat jadi sangat aman untuk berenang. Meski demikian, Anda harus tetap menjaga keselamatan Anda maupun orang terdekat.

Tentunya, jika ingin berenang pastikan Anda sudah mahir berenang serta menggunakan alat pendukung keselamatan seperti pelampung. Jika Anda tidak membawa perlengkapan tersebut, disini juga ada tempat penyewaan yang bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda membawa keluarga kesini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk bermain pasir putih yang indah. Lembutnya pasir pantai Elyro tentu bisa dijadikan berbagai miniatur bangunan yang unik seperti istana, rumah dan miniatur hewan-hewan.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Elyora

Penginapan Pantai Elyora
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Morelo Kelong Resort

Bagi yang memiliki budget minim, penginapan ini bisa dijadikan referensi yang tepat. Resort ini memang memiliki fasilitas yang tidak terlalu banyak, tetapi sangat nyaman untuk ditinggali. Pemandangan sekitar lokasi juga cukup indah. Jarak antara penginapan dengan pantai hanya sekitar 15 km saja. Lokasi berada di daerah Sijantung.

2. SBS Resort

Hotel ini terbilang cukup lengkap fasilitasnya. Namun, jaraknya lebih jauh dibanding penginapan sebelumnya yakni 20 km. Hotel bintang 3 ini berlokasi di Sembulang. Untuk masalah harga penginapan juga masih cukup terjangkau. Selain itu, Anda juga bis menikmati view sekitar penginapan yang memukau.

3. Labun Island

Rekomendasi terakhir yang bisa Anda jadikan pilihan menginap ketika di sekitar Pantai Elyora yakni Labun Island. Jarak hotel ini sangatlah dekat dengan lokasi pantai, yakni hanya 6,9 km saja sehingga cukup dekat. Fasilitas yang disediakan di penginapan ini juga terbilang cukup lengkap.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Elyora Batam

Fasilitas Pantai Elyora Batam
Image Credit: Google Maps (TheDeVid Channel)

Untuk masalah fasilitas di Pantai Elyora memiliki banyak sekali fasilitas yang sangat menunjang kebutuhan para pengunjung yang datang ke lokasi. Fasilitas tersebut seperti contohnya toilet, kamar mandi atau ruang ganti dan juga terdapat tempat untuk sholat.

Selain itu, di lokasi wisata ini terdapat sebuah gazebo yang disewakan, untuk tarif sewa dipatok harga 100.000 rupiah. Gazebo ini bisa digunakan untuk menikmati bekal yang Anda bawa atau menikmati kuliner yang ada di sekitar pantai. Selain itu, pantai ini juga tersedia lahan parkir yang cukup luas.

Ketika Anda datang ke Kota Batam, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Elyora. Karena dengan kedatangan Anda, membuat destinasi wisata ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dengan demikian, akan semakin banyak wisatawan yang hadir ke pantai ini.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending