Pantai Gemah Tulungagung – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Gemah Tulungagung

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Gemah, salah satu wisata bahari populer di Tulungagung. Pantai yang terkenal dengan pesona alamnya dan dilengkapi fasilitas wisata yang memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Soireng, Keboireng, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tulungagung memanglah sebuah kota kecil yang ada di Jawa Timur. Namun, di dalamnya menyimpan sejuta pesona alam yang indah. Terkenal dengan deretan wisata pantai yang memiliki hamparan pasir putih bersih dan luas.

Pantai Gemah merupakan satu dari sekian banyak pantai yang dimiliki Tulungagung. Keberadaannya menjadi bagian dari keindahan alam yang tersimpan dalam balutan kota kecil yang ramah. Hamparan laut luas warna biru dengan sentuhan gradasi hijau tosca di bibir pantai merupakan satu dari sekian banyak daya tariknya.

Tentunya akan banyak lagi keunikan yang akan Anda temukan. Serta banyak hal-hal menarik yang bisa Anda eksplor saat berwisata ke Pantai Gemah. Mulai dari wahana tambahan, fasilitas penunjang, hingga pemandangan alami yang menakjubkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gemah

Daya Tarik Pantai Gemah
Image Credit: Google Maps (Trioisnansyah Marwi)

Pantai ini adalah bagian dari beberapa pantai unggulan yang terletak di Tulungagung. Keberadaannya sudah banyak dikenal oleh khalayak umum. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, terlebih saat hari libur atau akhir pekan akan semakin ramai. Buka selama 24 jam. Rahasia ketenarannya adalah daya tarik alamnya yang masih terjaga.

1. Pasir yang Luas dan Bersih

Siapa yang tidak tertarik dengan pesona pasir putih Pantai Gemah? tentunya tidak seorangpun. Teksturnya yang lembut nyaman digunakan untuk berjalan-jalan dan duduk bersantai. Selain itu juga bisa digunakan bermain bersama anak. Garis pantai yang panjang menambah kesan luas pelataran dari hamparan pasir tersebut.

2. Ombaknya Tenang dan Tidak Terlalu Besar

Bukanlah sebuah rahasia jika jajaran pantai selatan memiliki ombak yang cukup tenang dan tidak terlalu besar. Inilah daya tarik yang juga terdapat pada wisata bahari ini. Dengan ini Anda bisa berendam dan juga berenang dengan aman dan nyaman tanpa khawatir tergulung ombak ganas. Airnya juga sejuk dan menenangkan.

BACA:  Pantai Sendiki Malang - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket
Daya Tarik dari Pantai Gemah
Image Credit: Google Maps (Aufa Alfarikhi)

3. Menawarkan Wahana Menarik

Wahana-wahana tambahan di pantai ini tentu tidak kalah dengan pantai di Bali. Banyak sekali pilihan yang bisa Anda temukan seperti ATV, Motor Trail, Flying fox, hingga Banana Boat. Semua bisa Anda nikmati dengan membayar biaya tambahan untuk sewa per jamnya sesuai tarif yang ditentukan oleh pengelola.

4. Hutan Pinus

Daya tarik Pantai Gemah yang satu ini memberikan kesan teduh dan juga nyaman. Deretan hutan Pinus yang berjejer rapi di sekitar pantai menambah elok pemandangan. Terlebih saat panas matahari mulai terik, sangat berguna sebagai tempat berteduh sembari menggelar tikar dan menyantap makanan.

5. Pemandangan Sunset dan Sunrise

Bagi Anda pemburu keindahan biasan cahaya dari sunset dan juga sunrise, pantai ini adalah pilihannya. Ini adalah bagian dari daya tarik lain yang dimilikinya. Pengunjung yang ingin mendapatkan momen terbaiknya bisa datang saat subuh ataupun sore hari. Lebih seru lagi jika menginap, agar benar-benar tidak tertinggal.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Gemah

Rute Pantai Gemah
Image Credit: Google Maps (Doddy Purbo)

Pantai cantik ini adalah satu dari beberapa tujuan wisata pantai yang ada di Tulungagung. Lokasinya berjarak sekitar 37 kilo meter dari pusat kota. Jika dikonversikan dalam hitungan waktu yaitu sekitar satu jam perjalanan. Akses jalannya bagus dengan kondisi jalan yang baik.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Pantai Gemah bisa menggunakan bantuan map on-line untuk mencapai lokasi. Titik tempatnya juga cukup akurat karena banyak yang mengaksesnya. Selain itu juga bisa menyewa pemandu agar perjalanan juga lebih mudah. Perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun rombongan travel.

Jika Anda berasal dari luar daerah Kediri, silahkan mengambil jalur rute menuju wilayah Kediri. Setelah berada di daerah tersebut lanjutkan menuju jalur Tulungagung. Saat sampai di pusat Kota silahkan ikuti petunjuk arah yang ada di sepanjang jalan. Kemudian ambil arah menuju jalan Pesantren. Setelah itu belok kiri setelah jarak 2,5 kilo meter.

Sekitar 550 meter dari titik tersebut kemudian belok kanan. Selanjutnya kurang lebih sekitar 2 kilometer silahkan belok kiri. Setelah itu Anda akan melewati objek wisata lainnya yang berada tepat di kanan jalan. Jangan berhenti lanjutkan menuju daerah Pasar Boyolangu. Setelah sampai di tempat tersebut silahkan belok kiri menuju jalan Ki Mangun Sarkoro.

Teruskan perjalanan Anda hingga jarak 7 kilo meter lalu belok kiri menuju Jalan Raya Popoh. Setelah itu lanjutkan kembali perjalanan Anda dengan jarak tempuh sekitar 11 kilo meter lagi kemudian belok ke kiri menuju Jalan Lintas Selatan. Sekitar kurang lebih 7 kilo meter lagi, Anda akan sampai ke tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk Pantai Gemah Tulungagung

Harga Tiket Pantai Gemah
Image Credit: Instagram.com @wisata_oke

Mengunjungi tempat wisata yang sudah banyak mendapat pengunjung tentunya harus ada biaya yang dibayarkan. Harganya juga bisa berbeda saat hari biasa dengan hari libur. Penerapan perbedaan harga ini biasanya didasarkan atas membludaknya pengunjung pada hari-hari tertentu seperti Sabtu Minggu dan juga hari besar.

BACA:  Pantai Papuma Jember - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Untuk biaya masuk di kawasan pantai dibandrol dengan dua harga berbeda. Pada hari biasanya sebesar Rp 5000,- sedangkan hari libur sebesar Rp 7.500. Harga tersebut tidak termasuk parkir kendaraan dan juga penyewaan wahana yang ada di sekitar pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Gemah

Aktivitas di Pantai Gemah
Image Credit: Twitter.com @baskorosusanto

1. Berenang

Pantai Selatan terkenal dengan ombaknya yang cukup tenang dan tidak terlalu besar. Kebanyakan memiliki kedalaman yang cukup landai untuk berenang. Balutan warna biru dan segarnya air Pantai Gemah akan membuat Anda betah berendam dan berenang di dalamnya.

2. Bersantai di Bawah Pohon Pinus

Saat matahari berada tepat di atas kepala, rasanya pasti akan sangat menyengat dan tidak nyaman. Adanya tempat berteduh yang asri dan sejuk sangat dibutuhkan. Pantai ini memiliki hutan pinus sebagai tempat yang teduh dan nyaman untuk bersantai menikmati pemandangan.

3. Bermain Flying Fox

Wahana tambahan yang memacu adrenalin untuk Anda pecinta kegiatan menantang adalah flying fox. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk wahana ini sebesar Rp 25.000,- saja. Anda bisa melihat keindahan yang menakjubkan Pantai Gemah dari atas dengan ketinggian sekitar 40 meter.

4. Naik ATV

Mencoba hal menarik lain di pantai, naik ATV pilihannya. Pengelola pantai telah menyediakan wahana tambahan ini untuk mengobati kebosanan pengunjung. Harga sewa berbeda antara ATV ukuran besar yaitu Rp 100.000,- per jam dan ATV ukuran kecil sebesar Rp 80.000,- per jam.

5. Naik Motor Trail

Persewaan wahana tambahan memanglah cukup lengkap. Bahkan bisa dikatakan tidak kalah dengan yang ditawarkan di pantai Bali. Rekomendasi kegiatan ini cocok bagi Anda pecinta kegiatan ekstrem yaitu mengendarai motor trail. Untuk biaya yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp 60.000,- saja.

6. Naik Banana Boat

Main ke pantai ini tidak lengkap jika tidak mencoba wahana Banana boat. Hanya dengan membayar uang sewa Rp 40.000, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan air laut dari atas kapal berang-berang. Kapasitasnya mencapai 10 orang per kapal.

7. Bermain Pasir

Bermain pasir, membuat castle pasir, dan berbagai kegiatan menarik lainnya, tentunya bisa Anda lakukan di Pantai Gemah Tulungagung. Kondisi pasir putih yang lembut dan bersih serta hamparannya yang luas, cocok untuk dijadikan tempat bermain. Terlebih bagi Anda yang datang bersama anak-anak.

8. Voli dan Sepak Bola Pantai

Aktivitas menarik lainnya yang cocok bagi Anda pencinta olahraga adalah bermain voli atau sepak bola pantai. Hamparan pasir putih yang lembut dengan garis pantai yang panjang sangat cocok dijadikan tempat bermain.

9. Berfoto

Kegiatan menarik satu ini tentu tidak akan pernah ketinggalan, apalagi bagi Anda yang gemar mencari spot untuk timeline sosial media. Banyak sekali lokasi yang bisa Anda jadikan background untuk mengambil angle terbaik. Seperti Hutan pinus, hamparan laut lepas, dan masih banyak lagi pilihannya.

BACA:  Pulau Bawean Gresik - Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Wisata

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Gemah

Image Credit: Penginapan.net

1. Hotel Palapa

Rekomendasi penginapan bagus dan juga murah yang pertama adalah Hotel Palapa. Letaknya tidak jauh dari Pantai Gemah Tulungagung. Fasilitas yang ditawarkan sudah lengkap. Harga untuk menginap dalam waktu satu malam atau hitungan satu hari sebesar Rp 150.000,- saja.

2. Araya Guest House

Penginapan kedua dengan harga sangat terjangkau ini ada di Araya Guest House. Letaknya berada di daerah Kedungwaru. Fasilitasnya meliputi springbed, televisi, dan juga akses wifi gratis. Harga yang dibandrol untuk menginap per malamnya yaitu sebesar Rp 60.000,- saja.

3. Pondok Musafir

Penginapan lain yang cukup lengkap dan nyaman fasilitasnya yaitu Hotel Sido Mulyo. Hanya dengan harga menginap sebesar Rp 100.000,- Anda akan mendapatkan banyak fasilitas penunjang. Kamar mandi dengan shower, kamar tidur dengan wifi dan AC, serta terdapat pula ruang parkir yang luas untuk kendaraan pribadi Anda.

4. Yogi Homestay

Rekomendasi penginapan murah selanjutnya adalah Yogi Homestay. Terletak di area perkampungan Penduduk. Harga per malam mulai dari Rp 250.000,- saja untuk satu kali menginap. Kamarnya bagus, bersih dan juga rapi. Fasilitas tambahannya juga cukup bagus.

5. Penginapan Mercy

Banyak review bagus mengenani penginapan Mercy ini. Lokasinya berada di perlintasan jalur Tulungagung. Fasilitasnya lumayan lengkap, ditambah pelayanan yang ramah. Biaya menginap untuk per malamnya terbilang murah yaitu mulai dari Rp 110.00,- saja.

6. Riverside Homestay

Penginapan ini banyak mendapat rekomendasi bagi Anda dengan rombongan keluarga besar. Lokasinya dekat dengan perbatasan Kota Kediri. Temptanya luas dengan fasilitas pendukung yang lengkap. Harga yang perlu dibayarkan untuk biaya menginap per malamnya mulai dari Rp 300.000,-.

7. Alba Suites Homestay

Rekomendasi penginapan selanjutnya yaitu Alba Suites Homestay. Lokasinya berada di pusat Kota dengan penawaran harga yang murah dan ramah di kantong Pelancong. Fasilitas yang ditawarkan lengkap, bersih dan nyaman. Harganya mulai dari Rp 80.000,- per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Gemah Tulungagung

Fasilitas Pantai Gemah
Image Credit: Google Maps (Refendi Official)

Fasilitasnya sangat lengkap dengan pengelolaan yang matang. Banyak wahana-wahana tambahan yang bisa digunakan oleh pengunjung mulai dari ATV dan juga Banana Boat. Tempatnya juga ramai pengunjung. Akses mudah dijangkau dengan kondisi jalan yang cukup baik.

Fasilitas penunjang lainnya seperti kamar mandi atau toilet, warung makanan, dan musholla juga telah tersedia. Semua kelengkapan sudah terpenuhi dengan perawatan dan kondisi yang tetap terjaga. Tempat parkir tersedia dengan ukuran luas untuk kendaraan pribadi Anda.

Itulah beberapa gambaran kecil dari pesona Pantai Gemah di Tulungagung. Daya tarik, fasilitas, rute, tiket masuk dan berbagai hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Sarana prasarana pendukungnya juga lengkap. Ditambah lagi lokasinya dekat dengan beberapa daftar penginapan yang bagus dan juga murah.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending