Pantai Glagah, Kulon Progo

Pantai Glagah, Kulon Progo

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pasir Glagah di Kulon Progo menawarkan berbagai atraksi mulai dari pemecah ombak hingga laguna yang unik. Berwisata ke pantai ini, ada banyak keseruan yang ditawarkan dan menjadikan liburan semakin berkesan.

Lokasi: Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.
Map: Cek Lokasi

Daerah Kulon Progo menjadi daerah yang juga kerap dikunjungi wisatawan. Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Glagah. Pantai ini sendiri merupakan pantai yang kondang dengan pemecah ombaknya. Pesona yang dimiliki pantai satu ini menjadikannya tujuan wisata yang favorit hingga kini. Untuk kamu yang tertarik ingin mengunjungi pantai Glagah di Kulon Progo ini, simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Glagah

Daya Tarik Pantai Glagah
Image Credit: Indoflashlight.org

Pantai satu ini memiliki keindahan yang tak akan bisa ditolak oleh siapapun. Meskipun pantai ini memiliki pasir hitam, namun pesonanya tak bisa diabaikan. Ketika siang hari hamparan pasir ini berkilat kilat menjadikannya semakin indah. Pantai Glagah memiliki pesisir pantai yang panjang serta luas. Sehingga bisa melakukan banyak hal di pantai satu ini, pasirnya juga lembut. Mengambil foto dengan hamparan pasir hitam ini juga bukan ide yang buruk.

Dipadukan dengan gulungan ombak akan membuat foto kamu semakin menawan. Pantai kebangaan Kulon Progo ini memiliki dermaga panjang yang menjadi ikonnya. Bukan hanya itu, pantai ini juga memiliki laguna yang bisa dijadikan tempat untuk bermain air. Terdapat juga kebun buah naga yang menjadikan pantai Glagah begitu digandrungi sebagai tujuan wisata. Karena memang banyak atraksi dan keunikan yang bisa dinikmati ketika berkunjung.

Daya Tarik Pantai Glagah Kulon Progo
Image Credit: Pantainesia.com

Yang menjadi daya tarik dan tak semua pantai memilikinya adalah laguna. Cekungan yang membentuk seperti danau ini bisa dijadikan tempat melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari naik perahu sampan hingga memancing. Pantai ini memiliki pemecah ombak yang disusun rapi agar ombak besar tak masuk hingga bibir pantai. Di antara pemecah ombak ini terdapat jalan setapak yang menuju ke tengah laut. Jalan inilah yang kemudian difungsikan sebagai dermaga.

Jika kamu ingin mencicipi sedikit ombaknya yang besar, kamu bisa menepi ke jalan beton. Ombak di pantai ini memang terbilang besar sama seperti di sekitaran Laut Selatan lainnya. Sehingga kamu harus selalu berhati hati jika berlibur ke pantai di Kulon Progo ini. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing seperti pantai pada umumnya. Keunikan yang dimilikinya menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai yang lainnya.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pantai Glagah

Alamat & Rute Menuju Kawasan Pantai Glagah
Image Credit: Harianjogja.com

Pantai Glagah berada di Kec. Temon, jarak tempuh dari pusat Kulon Progo sekitar 15 km. Sementara jika kamu menempuh dari pusat Jogja, membutuhkan waktu 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 40 km ke bagian barat. Untuk rute ada beberapa pilihan yang bisa diambil. Untuk perjalanan dari Jogja, perjalanan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat ke arah Jalan Bantol menuju Bantul.

Perjalanan akan dilanjutkan menuju Jl. Srandakan hingga sampai di Jembatan Sarandakan. Jika kamu bertemu dengan lampu merah, silahkan lanjutkan dengan belok kiri. Akan ada petunjuk arah yang mengantarkan kamu ke pantai Glagah. Untuk rute yang selanjutnya masih dari Jogja, kamu bisa menuju jalan Wates, Sentolo sampai di Kota Wates. Dari jalan Raya Wates hingga Purworejo, kamu bisa langsung melanjutkan ke pantai glagah dengan petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah
Image Credit: Windariayu.blogspot.com

Guna menikmati keindahan yang dimiliki Pantai Glagah, kamu tak perlu merogoh kocek dalam. Karena tiket masuknya amat terjangkau, yakni hanya Rp. 5 ribu setiap orangnya. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir yang berkisar Rp. 3 ribu hingga Rp. 20 ribu. Harga parkir tergantung dari jenis kendaraan yang dibawa, umumnya kendaraan besar seperti bus maupun mini bus akan lebih mahal. Untuk roda dua ada dikisaran Rp. 3 ribu saja.

Harga tiket yang cukup terjangkau ini memungkinkan kamu untuk bisa menjajal banyak permainan. Di pantai ini terdapat penyewaan perahu wisata, perahu bebek hingga ATV. Harga sewanya juga tidak mahal mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 50 ribu ke atas. Menariknya, Kamu bisa datang kapan saja karena pantai ini memang buka selama 24 jam. Tak heran jika pantai ini sering dijadikan tujuan wisata dadakan mahasiswa Jogja.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Glagah

Kegiatan Menarik di Pantai Glagah
Image Credit: Sobondeso.blogspot.com

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun teman teman. Karena pantai ini mudah dijangkau dan bisa melakukan banyak hal seru di pantai satu ini. Laguna yang dimiliki pantai Glagah bisa dimanfaatkan, kamu bisa menyewa perahu atau sampan. Sehingga kamu bisa mengelilingi laguna dan menikmati pantai menawan ini dengan cara yang berbeda.

Mengendarainya bersama orang terkasih akan menjadi liburan yang seru. Selain menyewa perahu, kamu juga bisa menyewa sepeda maupun ATV. Panjang dermaga ini lumayan panjang, akan lelah jika berjalan kaki. Dan dermaga ini memang sering dimanfaatkan untuk kegiatan motorcross maupun ATV. Untuk mengendarai ATV memang dibutuhkan keberanian yang tinggi. Tidak semua orang bisa mengendarai ATV, sehingga kamu bisa mencoba sepeda.

Mengunjungi pantai Glagah juga tak ada salahnya untuk mengunjungi perkebunan buah. Kebun buah yang dinamakan Kusuma Wandri ini tak hanya menanam buah naga saja. Ada banyak buah yang bisa kamu temukan, mulai dari melon,semangka, dan buah naga. Di lahan yang luasnya sekitar 3,5 hektar ini menjadi salah satu kebun buah yang tak boleh dilewatkan. Buah yang kebetulan sedang panen juga bisa dijadikan buah tangan ketika pulang.

Jika kamu ingin menikmati kebun buah juga, sebaiknya datang ketika musim panen. Tak hanya bisa membeli untuk oleh oleh, kamu juga berkesempatan untuk mencicipinya secara Cuma Cuma. Dengan adanya kebun buah ini menjadikan wisata pantai ini semakin lengkap. Setelah puas menikmati atraksi yang ditawarkan, kini saatnya kamu menikmati keindahan pantainya. Duduk di antara pemecah ombak bisa menjadi pilihan sambil menunggu sunset datang.

Memang di dermaga ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk swafoto maupun hunting foto yang menawan. Meskipun begitu, kamu harus tetap mematuhi tanda yang ada demi keselamatan. Jika sudah puas, kamu juga bisa menikmati sajian kuliner di sekitaran pantai. Pantai ini memiliki beberapa warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan. Menikmati camilan hingga matahari berpulang pastinya akan menjadi aktivitas yang berkesan.

Penginapan Dekat Pantai Glagah

Penginapan Dekat Pantai Glagah
Image Credit: Booking.com

Bagi kamu yang datang dari luar kota dan ingin menikmati keindahan pantai Glagah lebih lama bisa menginap. Selain berkemah menggunakan tenda, kamu juga bisa menginap di hotel atau penginapan terdekat. Tarif yang ditawarkan beragam, kamu bisa menginap di pondok sederhana dengan tarif mulai Rp. 50 ribu per malam. Atau di hotel kelas melati dengan harga sekitar Rp. 150 ribu per malamnya.

Selain kedua pilihan penginapan tersebut, kamu juga bisa mencari kamar hotel yang lebih bagus. Umumnya setiap kamarnya akan dibandrol mulai dari Rp. 200 ribuan. Tarif tersebut sudah termasuk fasilitas double bed dan juga AC. Beberapa hotel yang lokasinya dengan dekat pantai ini adalah Hotel Pandan Sari, Hotel Puspita, Hotel Pandan Wangi dan juga Hotel Anugrah Wisata. Bila kamu berkunjung ketika musim liburan, ada baiknya memesan dari jauh hari.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glagah

Fasilitas di Pantai Glagah
Image Credit: Harianmerapi.com

Pengelolaan yang ada di wisata Jogja memang terbilang bagus. Sehingga kamu bisa menemukan wisata dengan fasilitas memadai yang bisa memanjakan pengunjung Begitu juga dengan Pantai Glagah yang memiliki beberapa fasilitas umum yang bisa kamu manfaatkan. Untuk urusan kamar mandi atau toilet, ada beberapa toilet umum yang bisa digunakan. Dijamin toilet ini memadai dan terjaga kebersihannya sehingga nyaman.

Selain toilet, kamu juga bisa menemukan fasilitas umum seperti mushola, kolam anak hingga warung makan. Berlibur bersama keluarga dengan anak anak akan semakin mudah dengan hadirnya kolam untuk anak anak. Dan jika kamu tidak sempat membawa bekal, warung makan di pantai ini siap untuk jadi solusi perut lapar kamu. Tenang aja ada banyak menu seafood maupun menu lainnya yang siap untuk mengobati rasa lapar kamu.

Objek wisata Pantai Glagah bisa menjadi alternatif jika kamu sedang liburan ke Jogja atau Kulon Progo. Pantai ini memberikan panorama berbeda dan pastinya indah sehingga menjadikan pantai ini sangat direkomendasikan. Kamu bisa menikmati berbagai atraksi wisata yang ditawarkan dengan harga yang ramah kantong. Wisata menyenangkan dan seru tidak harus menguras dompet bukan? Tertarik ke Pantai Glagah di Kulon Progo ini?

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending