Pantai Goa Cina, Malang

Pantai Goa Cina, Malang

Lokasi: Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Terkenal dengan udaranya yang sejuk dan memiliki sejumlah tempat wisata alam menarik, kota Malang seringkali menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu libur bersama dengan keluarga maupun sahabat. Jika menelusuri bagian Malang selatan, kamu dapat menemukan sejumlah wisata bahari yang salah satunya dikenal dengan nama Pantai Goa Cina. Apa yang membuat pantai satu ini tampak menarik dikunjugi ? Berikut ulasannya.

Daya Tarik dari Pantai Goa Cina

Daya Tarik Pantai Goa Cina
Image Credit: Merdeka.com

Sebelum mengunjungi tempat wisata baru, wajar jika pengunjung mencari tahu daya tarik utama mengapa tempat tersebut wajib dikunjungi. Namun tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi si Pantai Goa Cina, sebab wisata bahari satu ini menyuguhkan segudang kecantikan alam yang tidak akan pernah terlupa. Dijamin setelah melihatnya, rasa betah dan tidak ingin segera pulang akan semakin terasa.

Terkenal sebagai pantai dengan kekayaan alam yang masih terjaga degan baik, merupakan salah satu daya tarik dari si pantai cantik satu ini. Bahkan para pengunjung dapat melihat air lautnya tampak jernih dan bersih, dan berpadu lembut dengan desiran pasirnya yang mengalun merdu. Sejak menginjakkan kaki disana, angin sepoi sepoi akan menyambut dengan gembira sekaligus mendatangkan rasa sejuk.

Air lautnya yang jernih bahkan tampak menyatu sempurna dengan warna putih berkilau dari pasirnya yang bersih. Untuk melengkapi hari indahmu, jangan lupa untuk menelusuri bibir pantainya yang dilengkapi dengan pohon cembirit dan ketapang. Dijamin kehadiran pepohonan rindang tersebut, mampu menghadirkan kesan sejuk dan segar dipandang. Masih di tempat yang sama, pengunjung juga bisa melihat deretan tebing cantik di pinggiran pantainya.

Daya tarik lainnya berasal dari arus lautnya yang cukup deras, mengingat arusnya sendiri bersimpangan dari tiga arah sekaligus. Ketiga arus tersebut berasal dari arah timur, barat, dan selatan yang kemudian saling bertabrakan saat melewati pulau Nyonya dan Bantengan. Akibat tabrakan tiga arus tersebut, muncullah suara gemuruh yang cukup keras terdengar bahkan dari kejauhan sekalipun.

Daya Tarik Pantai Goa Cina Malang
Image Credit: Mantai.id

Arusnya yang cukup kencang, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang terlalu jauh dari bibir pantainya karena ditakutkan akan mengancam keselamatan jiwa. Meski tidak boleh berenang, sebagai gantinya wisatawan diperbolehkan untuk menginap dengan membangun sebuah tenda. Jika memang ingin melakukannya, jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan sebagai bekal selama berada disana.

Bukan hanya bermain air ataupun pasirnya, ternyata di tempat ini pula wisatawan berkesempatan untuk belajar sejarah dari pantai cantik nan unik satu ini. Sebab sebelum diberi nama sebagai Pantai Goa Cina, dahulunya pantai ini diberi nama Pantai Rowo Indah. Namanya mulai berubah ketika seorang biksu dari China datang ke tempat tersebut pada tahun 1930, yang menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat pertapaan.

Bahkan dari kejauhan, tampaklah sebuah goa yang dipercaya sebagai tempat pertapaan sang biksu tersebut. Tragisnya, sang biksu tidak pernah keluar sedikitpun dari tempat tersebut dan dinyatakan meninggal ketika ditemukan sisa tulang belulangnya saja. Di dalam pertapaan tersebut, terlihat pula tulisan berbahasa China di setiap dinding goa serta sebuah mangkok sebagai pelengkapnya.

Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cina

Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cina
Image Credit: Dakatour.com

Pantai cantik satu ini berlokasi di dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Agar sampai di lokasi wisata ini, kamu bisa menempuh perjalanan lewat jalur darat menggunakan kendaraan pribadi. Apabila bertolak dari kota Malang, silahkan arahkan kendaraan menuju Malang selatan yang mengarah ke Gadang dan dilanjutkan ke arah Bululawang.

Jika sudah melewati Bululawang, teruskan perjalanan dengan pergi ke arah Turen dan Dampit hingga sampai di Sumber Manjung Wetan. Selama perjalanan berlangsung, dijamin pengunjung tidak akan merasa bosan sedikitpun meski cukup jauh dari pusat kota. Pasalnya view sekitarnya tampak memanjakan mata, terutama ketika sampai di Desa Druju yang menawarkan gunung kapur sebagai daya tarik utamanya.

Ketika melihat sebuah jembatan besar bernama Bajulmati, kemungkinan besar perjalanan panjang ini akan segera berakhir. Bukan sekedar jembatan, sebab jembatan yang berada di atas muara laut ini memiliki desain unik. Panjangnya sekitar 80 meter, sedangkan lebarnya sendiri sektiar 20 meter yang sudah terbelah menjadi dua jalur. Karena keunikannya tersebut, tidak jarang pula lokasi ini dijadikan sebagai tempat favorit berfoto ria.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, pengunjung akna dikenakan tarif tiket masuk yang cukup bersahabat. Hanya perlu membayarkan sekitar 5 ribuan per orang, kamu sudah bisa menikmati deburan ombaknya yang terlihat jernih dan bersih hingga puas. Apabila datang menggunakan kendaraan pribadi, umumnya akan dikenakan biaya tambahan khusus parkir kendaraan sekitar 5 ribuan untuk motor dan 10 ribuan untuk mobil.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Goa Cina

Kegiatan Menarik di Pantai Goa Cina
Image Credit: Instaholiday.co.id

Meski arus airnya cukup kencang dan membahayakan, bukan menjadi alasan untuk tidak mengunjunginya. Bahkan pantai cantik satu ini kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, meski cukup disayangkan tidak bisa berenang terlalu jauh ke arah tengah lautnya. Karena tidak boleh berenang, wisatawan masih tetap bisa melakukan serangkaian aktifitas menarik selagi berada disana.

Melakukan olahraga pantai, merupakan satu dari sekian aktifitas menarik yang bisa dilakukan untuk membunuh rasa bosan. Mulai dari olahraga voli pantai hingga sepak bola dapat dilakukan tanpa kendala, karena area pantainya cukup lapang untuk melakukan aktifitas tersebut. Ketika hari mulai gelap, pantai yang tadinya difungsikan sebagai tempat bermain akan berubah menjadi tempat penginapan dengan banyaknya tenda berdiri berjejer.

Benar, berkemah menjadi aktifitas seru lainnya yang tidak kalah menarik untuk dilakukan. Dengan berkemah satu malam saja, kamu bisa merasakan lebih dekat dengan alam sekaligus menikmati pantai dengan nuansa berbeda. Dijamin pengalaman berkemah disana bisa menjadi momen yang tidak terlupa seumur hidup. Hanya saja, wisatawan perlu menyiapkan segala keperluannya sendiri sebagai bekal bermalam disana.

Berwisata pun tidak akan lengkap sebelum mencicipi kuliner khas yang tersedia di kawasan wisata. Demi memuaskan perut yang keroncongan, beruntungnya wisatawan tidak perlu membawa bekal hingga esok harinya. Sebab disini sudah tersedia sederet warung yang menawarkan aneka makanan ringan hingga berat yang dapat memuaskan rasa lapar dan dahaga. Berkat adanya fasilitas tersebut, wajar saja jika wisatawan semakin betah berada disana.

Selain langsung mencicipi kuliner di tempat, ternyata kamu juga bisa membeli aneka buah tangan berupa ikan segar hasil dari tangkapan nelayan sekitar. Harga dan jenis ikan yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga dapat dipilih sesuai budget yang dibawa. Tidak perlu khawatir, secara keseluruhan ikan dijual dengan harga bersahabat di kantong. Bukan hanya ikan, kamu juga bisa membeli makanan ringan dari olahan ikan sebagai alternatifnya.

Penginapan Dekat Pantai Goa Cina

Penginapan Dekat Pantai Goa Cina
Image Credit: Penawisata.com

Meski seringkali dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, sayangnya masih belum ada hotel ataupun tempat penginapan sejenis ditemukan di kawasan terdekat. Dengan kata lain, bermalam dengan cara mendirikan tenda adalah pilihan terbaik ketika ingin memandang keindahan alamnya lebih puas. Agar lebih menarik, tidak ada salahnya mengajak sahabat terdekat untuk berkemah bersama sembari menikmati hidup lebih dekat dengan alam.

Jika memang tertarik menginap, pastikan untuk menyiapkan segala peralatannya mengingat masih belum ada sewa tenda di tempat tersebut. Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan segala keperluan dari jauh hari agar acara menginap tetap berlangsung seperti rencana awalnya. Selama berkemah rasanya tidak perlu cemas bagaimana memenuhi kebutuhan, sebab fasilitas yang disediakan dirasa cukup lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Goa Cina

Fasilitas di Pantai Goa Cina
Image Credit: Blog.airpaz.com

Kawasan wisata satu ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang dirasa sudah cukup lengkap untuk memenuhi setiap kebutuhan wisatawan. Mulai dari kamar mandi, mushola, hingga warung makan yang menyediakan aneka makanan ringan dan berat bisa ditemukan dengan mudah. Fasilitasnya yang cukup lengkap, pengunjung yang tertarik berkemah pun tidak perlu risau karena kebutuhannya dapat tercukupi dengan baik.

Wisata bahari seakan tidak ada matinya, bahkan Malang memiliki sejumlah pantai cantik yang salah satunya bernama Pantai Goa Cina. Namanya semakin tenar terdengar, berkat kecantikan alamnya yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tidak jarang pula kawasan wisata ini dijadikan sebagai tempat berburu foto ciamik nan kekinian. Lokasinya pun berdekatan dengan pantai lainnya, sehingga cukup mudah ditemukan.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending