Pantai Gunung Payung Bali, Pesona Pantai Cantik Tersembunyi Nan Tenang

Pantai Gunung Payung Bali, Pesona Pantai Cantik Tersembunyi Nan Tenang
Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Cek Lokasi

Pantai Gunung Payung memang tidak populer dan jarang didengar jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang sangat terkenal di Pulau Bali dan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun asing. Meski demikian, pantai ini menyajikan keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang lebih sering menjadi tujuan wisata.

Pantai ini berada di lokasi yang cukup tersembunyi, membuatnya tidak banyak dikunjungi. Karena itu, pantai ini terasa sunyi dan sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri. Suara deburan ombak di pantai pasir putih, juga air laut yang jernih sehingga tampak batuan karang di dasarnya, ditambah dengan batuan karang di bibir pantai akan memanjakan mata dan pikiran.

Nama dari Pantai Gunung Payung sendiri sebenarnya diambil dari nama pura yang berada tidak jauh dari tempat lokasi pantai ini berada. Pura itu sendiri bernama Dhang Kahyanga Gunung Payung. Untuk mencapai destinasi wisata ini memang tidak mudah karena belum pengelolaannya belum maksimal. Meski demikian, berkunjung di pantai ini tidak pernah membuat para pengunjung menyesal.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gunung Payung

Daya Tarik Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps Bambang Priyo Cahyono

Pantai ini memang cukup asing di telinga apalagi jika dibandingkan pantai-pantai lainnya di Bali. Akan tetapi pantai ini menyimpan berbagai daya tarik yang akan memuaskan Anda berkunjung di kawasan ini. Berapa daya tarik yang ada di kawasan dan menjadi alasan pengunjung untuk datang seperti berikut.

1. Pemandangan yang Eksotis

Pantai yang berada di Bali Selatan ini langsung menghadap ke Samudra Hindia, karena itu pemandangan yang terhampar sangat eksotis. Dengan pasir putih, air laut di kawasan ini berwarna biru dengan ombak yang menenangkan pikiran. Perairan di sekitar bibir pantai juga sangat jernih sehingga Anda dapat melihat dasarnya.

2. Pantai Tersembunyi yang Tenang

Pantai Gunung Payung memang cukup tersembunyi sehingga tidak banyak pengunjung yang datang. Untuk sampai di lokasi pantai saja, Anda harus berjalan cukup jauh dan menuruni tangga yang berjumlah kurang lebih tiga ratus anak tangga. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi rerumputan dan tumbuhan-tumbuhan yang menyegarkan mata sehingga akan mengurangi rasa lelah.

Sesampainya, Anda akan menjumpai pantai yang sangat sepi dan hampir tidak ada pengunjung lain. Hal ini justru membuat kawasan ini menjadi sangat tenang dan Anda seperti merasa berada di pantai pribadi. Jika Anda memang menginginkan tempat wisata yang tidak ramai dengan pengunjung untuk menenangkan diri, maka pantai ini dapat menjadi pilihan terbaik.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps Yustinus A.S. Bintara

3. Kawasan yang Sakral

Pantai ini memang memiliki nama dari salah satu tempat suci dari agama Hindu yang berada tidak jauh dari kawasan pantai. Pura ini sendiri berada di tebing tinggi yang membuatnya sangat menonjol dan menjadi daya tarik tersendiri. Anda sendiri juga dapat mengunjungi pura, namun harus tetap menjaga norma-norma yang berlaku jika berada di kawasan tempat suci.

Kawasan pantai ini juga dikelilingi oleh hutan yang menjadi rumah bagi kera-kera. Untuk masyarakat Bali, terutama yang beragama Hindu, kera merupakan hewan yang sakral. Karena itu, pengunjung dilarang untuk mengganggu apalagi menyakiti hewan ini.

4. Seni dan Budaya Bali

Tidak hanya sebagai wisata alam saja, Pantai Gunung Payung juga menawarkan pada Anda wisata seni dan budaya Bali. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat Gunung Payung Cultural Park yang dapat Anda kunjungi. Di kawasan yang memang dekat dengan pura sebagai wisata religi, Anda dapat bermeditasi dan menenangkan diri dengan melakukan yoga.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai bangunan rumah yang sangat khas Bali. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat pertunjukan seperti tari kecak di kawasan ini. Dapat menikmati berbagai pilihan wisata yang komplit sudah tentu menjadi daya tarik tersendiri pantai cantik ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps Bohdan Т

Pantai Gunung Payung berada di Kuta Selatan, masih masuk dalam Kabupaten Badung. Lokasinya ada di kawasan suci Pura Dhang Kahyanga Gunung Payung. Perjalanan dari Kuta atau Seminyak menuju pantai ini hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit saja. Anda akan ditarik biaya masuk di gerbang, lalu Anda dapat terus berkendara hingga menemukan pura.

Dari pura tersebut, Anda dapat memakirkan kendaraan Anda lalu kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan utama merupakan garukan pasir yang harus Anda lewati, selanjutnya jalan akan menurun. Sudah tersedia tangga, namun perjalanan yang dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 menit sehingga cukup melelahkan.

Pantai ini dapat Anda kunjungi setiap hari. Untuk memasuki kawasan ini, Anda akan ditarik biaya masuk Rp 4.000 untuk tiap wisatawan saat memasuki gerbang masuk. Selanjutnya Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkir hanya Rp 2.000 sedangkan untuk roda empat Rp 5.000 saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Gunung Payung

Aktivitas Pantai Gunung Payung
Image Credit: Google Maps Edo Doe

1. Paralayang

Olahraga yang memacu adrenalin ini tentu harus dicoba jika berkunjung di Pantai Gunung Payung. Memang kawasan ini menyediakan sarana untuk paralayang dan cukup menjadi kegiatan favorit di kawasan ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda akan didampingi oleh profesional untuk melakukan kegiatan ini. Peralatan keselamatan juga lengkap sehingga cukup aman untuk Anda coba.

2. Berselancar

Ombak di kawasan ini menjadi spot berselancar yang seru. Bagi Anda yang masih pemula, kawasan ini memiliki ombak yang bersahabat sehingga Anda dapat meningkatkan kemampuan berselancar di kawasan ini. Banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan ini, sebagian merupakan pengunjung dari mancanegara. Dengan begitu, Anda akan memiliki teman untuk berolahraga air ini.

3. Berenang

Perairan di tepi Pantai Gunung Payung cukup tenang sehingga cukup aman jika Anda ingin berenang di sekitar bibir pantai. Airnya yang jernih dan segar akan membuat Anda betah bermain air dalam waktu lama. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak berenang terlalu ke tengah. Semakin jauh dan dalam, maka ombak juga akan semakin besar. Berenang di kawasan ini memang aman, namun harus tetap berhati-hati.

Aktivitas di Pantai Gunung Payung
Image Credit: Instagram Pantai Gunung Payung Bali

4. Hunting Foto

Terdapat banyak sekali spot-spot foto menarik di kawasan ini. Tidak hanya latar pantai saja, bahkan di sepanjang perjalanan kaki, Anda juga akan menemukan berbagai spot menarik seperti rumput-rumput dan tumbuhan-tumbuhan yang cantik. Jika Anda menyusuri pantai ini, Anda juga akan menemukan berbagai spot lain yang tidak boleh dilewatkan sebagai latar foto yang dapat diunggah di sosial media.

5. Menikmati Pertunjukan Seni

Tidak hanya menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni di kawasan ini. Dengan mengunjungi Gunung Payung Cultural Park yang tidak jauh dari pantai, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan rumah-rumah khas Bali, namun juga tari kecak. Sehingga bukan hanya wisata alam, Anda juga dapat menikmati wisata seni dan budaya.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan di Gunung Payung
Image Credit: Twitter Bali Luxury Villas

1. Villa Shanti Residence

Penginapan ini tidak hanya dekat dengan lokasi Pantai Gunung Payung namun juga memberikan pengalaman menginap yang mewah. Harga yang harus Anda keluarkan berkisar Rp 4 juta namun sangat sepadan dengan fasilitas dan pengalaman mewah yang disediakan.

2. La Berceuse Resort and Villa

Penginapan ini lebih terjangkau dan juga dekat dengan lokasi pantai. Fasilitas yang ditawarkan sangat memadai dan pelayanan yang sangat bagus. Anda juga akan mendapatkan sarapan pagi dengan menu yang beragam. Harga berkisar dari Rp 470.000 hingga Rp 750.000 per malamnya.

3. Kenanga Homestay

Anda juga dapat memilih homestay ini dengan harga lebih terjangkau. Harga mulai dengan Rp 120.000 hingga Rp 160.000 per malam, penginapan ini akan menawarkan kamar yang nyaman serta fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai
Image Credit: Google Maps Ida Bagus Putu Panca Permadi

Fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Gunung Payung sudah cukup lengkap dan memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda selama liburan di kawasan ini. Terdapat area parkir sehingga Anda tidak perlu khawatir jika membawa kendaraan pribadi. Tersedia juga kamar mandi, gazebo, juga warung yang menyediakan berbagai menu makanan.

Tempat ini juga memiliki tempat untuk pementasan tari kecak dengan latar laut Samudra Hindia. Dengan adanya stage untuk pementasan tarian ini, maka Anda memiliki pilihan alternatif untuk menikmati salah satu tarian Bali yang khas ini selain di Ubud, Uluwatu, ataupun GWK.

Selain itu, kawasan ini juga menyediakan sarana menarik untuk membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan, misalnya adalah kegiatan paralayang. Kegiatan ini memang cukup memacu adrenalin dan berbahaya, namun Anda akan didampingi oleh profesional dan dilengkapi dengan alat keamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantai Gunung Payung memberikan pengalaman yang akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Perjalanan yang melelahkan seperti tidak terasa setelah sampai di pantai dengan pemandangan alam yang indah indah. Pantai ini juga menawarkan wisata yang komplit. Tidak hanya kegiatan yang menyenangkan, Anda juga bisa berwisata religi dan juga berwisata seni budaya Bali.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending