Pantai Hamadi Jayapura, Pesona Pantai Indah yang Kaya Nilai Sejarah

Pantai Hamadi Jayapura, Pesona Pantai Indah yang Kaya Nilai Sejarah
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tobati, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua; Map: Cek Lokasi

Pantai Hamadi terletak di Jayapura Selatan. Sudah bukan rahasia lagi jika ibukota Papua ini memiliki banyak sekali lokasi dan destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan. Pantai ini menjadi salah satunya karena terbilang cukup unik dan yang jelas sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai ini tak hanya memiliki pemandangan yang indah, namun juga fasilitas publik yang lengkap. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur ke Jayapura.

Banyak hal menarik dari pantai ini, terutama ditilik dari segi sejarahnya. Bagi yang penasaran tentang Pantai Hamadi ini, simak informasi selengkapnya di sini. Semua tentang pantai ini akan dijelaskan, termasuk daya tariknya, rute menuju ke lokasi dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Hamadi

Daya Tarik Pantai Hamadi
Image Credit: Google Maps Gipson Wendikbo

Pantai cantik ini memiliki banyak daya tarik yang membuatnya unik di mata wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing. Daya tarik ini dilihat dari banyak sisi, termasuk dari sisi keindahan alamnya dan juga sisi sejarah dari Pantai Hamadi. Berikut daftar lengkapnya.

1. Pemandangannya Indah

Salah satu daya tarik dari pantai ini tentu saja adalah pemandangannya yang indah. Pemandangan air laut hijau kebiruan, ditambah dengan view hutan mangrove dan pohon-pohon hijau di sekitar pantai membuat pemandangan pantai ini luar biasa indah.

2. Kaya Peninggalan Sejarah

Pantai Hamadi adalah pantai yang kaya nilai sejarah. Di pantai inilah dulu pasukan sekutu mendarat untuk melawan Jepang di masa akhir penjajahan, tahun 1944. Pasukan sekutu membangun benteng dan juga meninggalkan banyak jejak sejarah di pantai ini.

3. Tembok Pemecah Gelombang

Pantai ini memiliki tembok pemecah gelombang di mana hal ini dibuat agar gelombang yang ada di pantai ini tidak terlalu tinggi dan berbahaya. Karena adanya tembok ini, maka gelombang atau ombak yang membentur tembok disebut dengan “ombak terbang” karena seakan-akan memang terbang kembali ke lautan setelah membentur tembok.

4. Suasana Sunset yang Mempesona

Sunset atau matahari terbenam memang salah satu momen yang ditunggu-tunggu ketika kita tengah berada di pantai ini. Lokasi pantai di ujung timur Indonesia membuat sunset bisa terlihat cukup jelas. Pantai menjadi penuh dengan cahaya oranye yang mengubah pemandangannya menjadi romantis dan sangat enak untuk dinikmati.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Hamadi
Image Credit: Google Maps Farenheit Lanet

5. Fasilitas Umum Lengkap

Layaknya tempat wisata yang sudah didedikasikan untuk wisatawan, Pantai Hamadi ini dikelola dengan mengedepankan kenyamanan pengunjung. Alhasil, banyak sekali fasilitas umum yang ada di sini, termasuk toilet, tempat parkir yang luas, dan juga pondok-pondok untuk beristirahat.

6. Bisa Wisata Kuliner

Jangan khawatir soal perut di sini. Pantai ini mengijinkan pedagang kaki lima untuk berjajar rapi di arena pantai dan menjajakan dagangan mereka. Kita bisa mencicipi banyak jajanan unik, termasuk yang khas Papua di sini.

7. Ada Spot Selfie

Wisatawan jaman sekarang tidak puas jika belum selfie atau foto-foto di lokasi wisata. Hal ini cukup disadari oleh pengelola Pantai Hamadi. Mereka membangun spot selfie yang bisa dijadikan background ketika berfoto. Salah satunya adalah huruf-huruf berukuran cukup besar yang membentuk kata “I Love You”.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Instagram Rilvy Afyatni Sofyan https://www.instagram.com/rilvyas/
Image Credit: Instagram Rilvy Afyatni Sofyan

Lokasi Pantai Hamadi ini terletak di daerah Tobati, Jayapura Selatan. Jika kita berada di pusat kota Jayapura, maka untuk menuju ke pantai, jaraknya tidak terlalu jauh yaitu kira-kira 5 kilometer saja. Untuk menuju ke sana, dibutuhkan waktu kira-kira 20-30 menit saja.

Lokasinya tidak sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk rutenya, dari pusat kota Jayapura, kita bisa mengambil rute terdekat menuju ke Jl. Hamadi Pante. Di jalan inilah lokasi gerbang untuk masuk ke kawasan pantai berada.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Hamadi
Image Credit: Google Maps A. Suryana BGT

Harga tiket masuk ke wisata pantai ini terbilang cukup ramah di kantong. Pengunjung yang datang ke lokasi ini tidak perlu membayar tiket masuk. Ya, tiket masukknya gratis dan siapa saja bisa masuk ke pantai untuk menikmati pemandangannya dan melakukan berbagai kegiatan yang menarik lainnya.

Selain biaya tiket masuk, biaya yang dikenakan ke pengunjung biasanya adalah biaya parkir. Jika membawa kendaraan roda dua alias sepeda motor, pengunjung cukup membayar Rp 10.000 saja sebagai biaya parkirnya. Sedangkan tarif parkir roda empat alias mobil dipatok Rp 20.000.

Biaya lain yang mungkin dikeluarkan wisatawan yaitu tarif sewa pondokan yang ada di pinggir-pinggir pantai. Jika lelah lalu ingin nongkrong-nongkrong di pinggir pantai tanpa takut kepanasan, pondok-pondok yang berjajar ini bisa disewa. Harga sewanya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Hamadi

Aktivitas Seru di Pantai Hamadi
Image Credit: Google Maps Ad Dhen

Apa saja yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai cantik di Jayapura ini? Tenang saja, pantai ini menyediakan banyak sekali kesempatan bagi wisatawan untuk melakukan banyak hal yang menarik. Berikut ini adalah daftar hal-hal apa saja yang bisa dilakukan ketika kita berkunjung ke pantai ini.

1. Melihat Pemandangan

Banyak turis yang datang ke Pantai Hamadi ini hanya untuk menikmati pemandangan. Ya, pemandangan di pantai ini memang indah, apalagi jika kita datang ketika pantai tak terlalu ramai. Suara debur ombak dan juga angin di sela-sela pepohonan dapat dinikmati bersama dengan pemandangan pantainya.

2. Berenang

Seperti yang disinggung tadi, pantai ini memiliki tembok pemecah ombak. Alhasil, ombak yang ada di bibir pantai tidak terlalu berbahaya dan pengunjung boleh berenang di sini. Tapi, tetaplah hati-hati, ya, karena bagaimanapun pantai ini mengarah langsung ke lautan lepas.

3. Bermain Voli Pantai

Pantai ini memiliki area pasir yang cukup luas dan biasanya digunakan pengunjung untuk bermain voli pantai. Kadang sudah ada net voli yang terpasang di sini, namun jika tidak ada, pengunjung bisa membawanya sendiri.

Aktivitas di Pantai Hamadi
Image Credit: Facebook Talakua Manu

4. Menyusuri Hutan Mangrove

Di sekitar pantai ini, ada hutan mangrove yang sangat cantik. Pengunjung Pantai Hamadi bisa mendatangi hutan mangrove ini dan melihat langsung hijaunya tanaman-tanaman apung yang tumbuh di sini.

5. Wisata Sejarah

Suka dengan sejarah? Pantai ini adalah tempat yang tepat untuk hal tersebut. Kita bisa mengunjungi benteng peninggalan pasukan sekutu ketika berjuang melawan Jepang di Perang Dunia II.

6. Menikmati Sunset

Sunset atau matahari terbenam bisa dinikmati di pantai ini dengan sangat mudah. Sunset terlihat jelas dan kita bisa melihat sendiri proses matahari turun dan bersembunyi masuk seolah-olah tersedot oleh pulau-pulau yang ada di sekitar pantai.

Penginapan Murah Dekat Pantai Hamadi

Penginapan Dekat Pantai Hamadi
Image Credit: Google Maps Le Premiere Hotel

Jayapura adalah salah satu kota utama di Papua, maka jangan heran jika di sekitar lokasi pantai sudah banyak sekali hotel dan penginapan yang bisa ditemukan. Berikut beberapa penginapan terdekat dari lokasi pantai.

1. Hotel RedDoorz Pelabuhan Jayapura

Bagi yang sedang mencari penginapan yang fasilitasnya cukup lengkap dan harganya terjangkau, salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah Hotel RedDoorz Pelabuhan Jayapura. Kita bisa menginap dengan aman dan nyaman di sini. Harganya berkisar antara 200-300 ribu rupiah per malam.

2. Le Premiere Jayapura

Le Premiere Jayapura berlokasi tak jauh dari Pantai Hamadi dan fasilitasnya juga sudah cukup lengkap. Pengunjung pantai yang ingin menginap di hotel yang tak jauh dari pantai dan juga murah harganya bisa memilih Le Premier Jayapura sebagai salah satu pertimbangannya.

3. Hotel Jasmine

Hotel Jasmine juga tak jauh dari lokasi pantai dan memiliki fasilitas komplit. Hotel bintang tiga ini cukup ramah di kantong harga sewanya dan lokasinya strategis. Dari hotel ini, kita bisa langsung menuju pantai ini tanpa harus menempuh perjalanan yang jauh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Hamadi
Image Credit: Google Maps A. Suryana BGT

Sebagai salah satu wisata pantai yang memang menjadi andalah daerah Jayapura, terutama bagian selatan, Pantai Hamadi sudah diberi fasilitas umum yang cukup lengkap. Pengelola pantai memastikan wisatawan dapat berwisata dengan aman dan nyaman di sini.

Fasilitas yang cukup lengkap tersebut di antaranya adalah adanya toilet umum yang bersih, tempat parkir yang luas, dan juga adanya kafe dan tempat makan yang berada di sekitar pantai. Hal ini membuat pengunjung tak perlu khawatir jika lapar atau ingin wisata kuliner di dekat pantai ini.

Di pantai yang pemandangannya indah ini, kita juga bisa melakukan foto-foto karena sesuai dengan perkembangan jaman, pengelola pantai sudah membangun spot-spot selfie sebagai background kita ketika berfoto, seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas tadi.

Itu dia tadi informasi lengkap tentang Pantai Hamadi di Jayapura. Jika ingin berwisata pantai cantik Papua, salah satu tempat yang memang harus dikunjungi adalah tempat ini. Fasilitasnya cukup lengkap dan harganya terjangkau. Hal ini membuat wisatawan semakin nyaman untuk berkunjung ke pantai hits Jayapura.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending