Pantai Iboih Sabang, Pantai Snorkeling Favorit & View Sunrise yang Memukau

Pantai Iboih Sabang, Pantai Snorkeling Favorit & View Sunrise yang Memukau
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Map: Cek Lokasi

Wisata pantai kerap menjadi tujuan utama dalam berlibur. Wisatawan menjadikan pantai sebagai destinasi favorit dikarenakan banyaknya pemandangan dan keindahan alam yang eksotis. Indonesia negara yang terkenal dengan pariwisata pantainya yang sangat indah, seperti halnya Pantai Iboih. Wisatawan akan disuguhi kekayaan alam yang natural dan memiliki keindahan yang masih asli.

Umumnya wisatawan tidak hanya menikmati keindahan yang disuguhkan laut dan pantai saja. Akan tetapi kejadian alam seperti matahari terbenam matahari tenggelam turut menjadi daya tarik bagi wisatawan yang memilih destinasi pantai menjadi tempat liburan terfavorit. Karena hal tersebut banyak pihak pengelola yang merombak dan memperbaharui fasilitas yang ada di pantai.

Pembaharuan tersebut dilakukan dengan tujuan agar wisatawan bisa betah berkunjung berlama-lama di pantai. Selain itu diharapkan wisatawan tetap memiliki antusias untuk berkunjung. Pantai yang terletak di sabang ini memiliki banyak sekali cerita tentang keindahan. Bagi pelancong yang belum pernah berkunjung ke Pantai Iboih, berikut beberapa hal menarik berkaitan dengan pantai yang cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Iboih

Daya Tarik Pantai Iboih
Image Credit: Instagram.com @theonlyindonesia

1. Memiliki Hutan Lindung

Bagi wisatawan yang belum pernah mengetahui keindahan dari hutan lindung sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini. Pasalnya, pantai ini memiliki kawasan hutan lindung yang memiliki keindahan tumbuhan dan pepohonan yang menarik. Kawasan pantai dikelilingi oleh hutan lindung sehingga wisatawan bisa bersantai sambil memperhatikan tumbuhan dan tidak akan merasa.

Hutan lindung di area ini menjadi salah satu daya tarik terfavorit bagi wisatawan. Karena keindahannya bukan hanya terletak pada pantai dan lautnya akan tetapi juga pada ada tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Terlebih lagi jika pengunjung menunggu hingga matahari terbenam, maka akan sangat terlihat keindahan sunset yang dibalut dengan keadaan langit berwarna ke oren-orenan yang merona, membuat pantai tampak eksotis.

2. Ketakjuban Alam Bawah Laut

Umumnya jarang pantai yang menunjukkan keindahan alam bawah lautnya. Pengunjung harus melakukan penyelaman untuk menikmati wahana bawah laut. Akan tetapi berbeda dengan Pantai Iboih. Pantai ini memiliki pemandangan bawah laut yang alami. Pemandangan tersebut bisa dilihat langsung tanpa perlu melakukan penyelaman.

Hal tersebut menjadikan banyak wisatawan semakin antusias untuk berkunjung ke pantai ini. Pihak pengelola juga menyediakan beberapa alat yang bisa digunakan untuk wisatawan ketika hendak menikmati keindahan bawah laut. Wisatawan bisa melihat ikan-ikan kecil, kemudian beberapa hewan laut lainnya, dan masih banyak lagi.

Pemandangan tersebut tentunya bisa menimbulkan ketentraman dan juga ketenangan. Pemandangan daratan memang memberikan keindahan yang eksotis akan tetapi pemandangan bawah laut memberikan ketentraman jiwa bagi yang menikmatinya.

Daya Tarik dari Pantai Iboih
Image Credit: Instagram.com @sansadhia

3. Keindahan Sunrise

Wisatawan selalu menantikan momen ketika matahari terbit di Pantai Iboih. Ini dikenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang luar biasa. Hal tersebut dikarenakan lokasi geografis pantai ini sangat mendukung untuk matahari terbit.

Apabila wisatawan ingin menikmati keindahan matahari terbenam juga bisa, akan tetapi keindahannya akan sedikit berkurang dan tidak sama seperti pantai pada umumnya. Saat matahari pagi mulai menunjukkan eksistensinya, wisatawan bisa melihat di sekeliling akan terdapat kabut yang indah.

Suasana udara pagi yang segar dengan keindahan pantai dan laut, sukses membuat suasana sunrise semakin memukau. Banyak wisatawan yang menganggap momen ini sebagai momen yang sangat penting. Karena menikmati keindahan alam yang luar biasa dan masih alami.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Iboih

Alamat Pantai Iboih
Image Credit: Twitter.com @triindonesia

Pernah mendengar istilah kota sabang? Kota banda aceh sering disebut dengan kota sabang atau ujung dari Indonesia. Di pulau ini terdapat banyak sekali destinasi wisata pantai yang masih alami dan memiliki keindahan luar biasa, salah satunya adalah Pantai Iboih. Pantai ini terletak di provinsi Aceh, tepatnya di kota Sabang daerah Sukakarya.

Rute untuk menuju lokasi pantai ini juga sangat mudah. Setiap wisatawan baik lokal atau pun asing, bisa mengunjungi pantai ini dengan mudah. Selain itu, angkutan umum bisa ditemukan dengan mudah. Terlebih lagi rute menuju lokasi pantai ini.

Apabila pengunjung memulai keberangkatan dari Banda Aceh, maka bisa langsung menuju ke lokasi pelabuhan ulue-lue ada banyak petunjuk jalan yang bisa di ikuti. Cara menuju lokasi ini bisa menggunakan dua cara. Bisa dengan speedboat dengan waktu tempuh berkisar 45 menit atau menggunakan kapal feri dengan waktu tempuh berkisar 2 jam. Tentunya tarif keduanya berbeda.

Setelah wisatawan sampai di pulau Weh yang memiliki pantai iboh, maka bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju Pantai Iboih berkisar 40 menit. Meskipun lumayan panjang, akan tetapi di sekeliling perjalanan menuju pantai, wisatawan akan menemukan banyak keindahan pepohonan rindang yang masih memiliki nuansa alami.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Iboih

Harga Tiket Pantai Iboih
Image Credit: Google Maps (Dae Bima Aceh)

Pantai Iboih yang dikenal dengan keindahan laut, pantai serta hutan lindungnya yang luar biasa, ternyata tidak memberikan tarif kepada pengunjung yang datang. Pantai ini bebas dikunjungi kapan saja. Bahkan di hari libur sekalipun. Pengunjung hanya perlu membayar biaya akomodasi untuk menuju ke pantai ini.

Meskipun akomodasi menuju pantai ini berbayar, akan tetapi tarifnya tidak terlalu mahal. Jika wisatawan menggunakan speedboat, maka hanya perlu membayar sebesar 50 ribu saja. Sedangkan bagi yang menggunakan kapal feri, maka dikenakan biaya 20 ribu.

Kedua tarif akomodasi tersebut berbeda dikarenakan waktu tempuh juga berbeda. Pengunjung tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang besar, jika telah sampai ke Banda Aceh.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Iboih

Aktivitas di Pantai Iboih
Image Credit: Facebook.com @salmonputra.pinem

Sebenarnya banyak sekali kegiatan di pantai yang bisa dilakukan. Mulai dari berenang, memancing dan masih banyak lagi. Akan tetapi yang membedakannya adalah keindahan dan pemandangan yang ditampilkan. Pantai Iboih memiliki keindahan alamnya yang luar biasa, sehingga pengunjung merasa betah jika berlama-lama di pantai ini. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Berjelajah

Jika umumnya berjelajah dilakukan di dalam hutan atau pegunungan, akan sangat berbeda untuk pantai yang satu ini. Pengunjung bisa berjelajah di pantai ini dan menikmati beragam keindahan alam yang tersedia. Lokasi yang dijelajahi adalah bibir pantai. Garis pantai yang lumayan panjang, menjadikan wisatawan lebih tertarik.

Pengunjung bisa menemukan berbagai hal menarik di bibir Pantai Iboih. Misalkan saja adanya bebatuan yang tertata sangat menari, kontur pantai yang bagus dan masih banyak lagi.

2. Snorkeling

Siapa yang tidak suka aktivitas ini? Snorkeling menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak diminati oleh para wisatawan, pasalnya kegiatan ini bisa memberikan pemandangan yang indah dan luar biasa yang bahkan belum pernah ditemukan di daratan. Menyelami keindahan alam bawah laut merupakan kesempatan yang sangat sayang dilewatkan.

Bagi penyelam profesional, tentunya sudah bisa melakukan penyelaman secara mandiri dengan menggunakan peralatan yang lengkap. Kemudian bagi wisatawan yang masih amatir atau pemula, maka akan diberikan pemandu atau pelatih yang bisa memberikan pengawasan saat proses penyelaman.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai Iboih
Image Credit: Facebook.com @olala-cafe-bungalows-restaurant-iboih

Bagi wisatawan yang memiliki lokasi tempat tinggal jauh, maka sangat disarankan untuk mencari penginapan. Pasalnya, jika berkunjung ke pantai ini, pasti memerlukan banyak waktu untuk menikmati keindahan yang lebih memuaskan. Berikut ini merupakan beberapa penginapan yang memiliki jarak terdekat dengan Pantai Iboih.

1. Reddoorz Syariah

Penginapan ini memiliki rating yang bagus dikarenakan jaraknya yang lumayan dekat dengan pantai. Bahkan jika tidak segera melakukan pemesanan, bisa saja kehabisan slot kamar. Fasilitas di hotel ini lumayan lengkap. Bahkan pengunjung bisa menikmati televisi, ac hingga wifi. Jika ingin menginap disini, maka pengunjung hanya perlu membayar berkisar 250 ribu saja untuk setiap malamnya.

2. Olala Bungalows & Restaurant

Penginapan yang lengkap dengan restaurant ini memiliki tarif yang lumayan murah. Hany perlu membayar 230 ribu untuk setiap malam, pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas lengkap. Kemudian hal yang paling bagus adalah penginapan ini sangat dekat dengan pantai.

3. Oyo Bungalow

Penginapan yang mengutamakan layanan dan fasilitas ini kerap dipadati oleh pengunjung. Penginapan ini juga terkenal dengan kebersihannya. Meskipun sedikit mahal, akan tetapi kualitas tidur disini akan sangat terjamin. Harga yang ditawarkan untuk setiap malamnya adalah berkisar 290 ribu hingga 310 ribu rupiah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Iboih Sabang

Fasilitas Pantai Iboih
Image Credit: Twitter.com @diplomasitotal

Pantai ini dikenal memiliki fasilitas lengkap. Hal tersebut dikarenakan pantai ini telah menjadi destinasi yang termasuk banyak dikunjungi. Sehingga dalam jangka waktu tertentu, pengelola akan melakukan evaluasi terhadap kualitas fasilitas di area ini.

Kemudian selalu memberikan pembaharuan pada beberapa fasilitas. Dengan tujuan wisatawan bisa betah. Meskipun menjadi area yang banyak dikunjungi, akan tetapi kebersihan di lokasi ini selalu diperhatikan.

Pantai Iboih menjadi destinasi terkenal dan paling banyak dikunjungi di Sabang. Tentunya sangat disayangkan bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini. Tidak perlu khawatir terkait jam buka. Karena setiap pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini kapan saja dan tanpa ada batasan waktu. Pantai ini juga tidak menerapkan tarif tiket masuk.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending