Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Pantai Indrayanti, Gunung Kidul

Daya Tarik, Rute & Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti di Gunung Kidul menjadi pantai favorit wisatawan karena pesonanya yang luar biasa. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air jernih yang menawan dan bukit karang yang turut membuatnya semakin eksotis.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Mengunjungi Yogyakarta tidak ada salahnya mengarahkan kemudi ke Gunung Kidul. Di daerah ini Anda akan menemukan jajaran pantai cantik lengkap dengan pasir putih dan jernihnya laut. Salah satu pantai yang kerap menjadi tujuan wisata adalah Pantai Indrayanti. Pantai satu in memang memiliki pesona yang akan membuat liburan Anda berkesan. Untuk mengintip keindahan pantai cantik andalan Yogyakarta ini, yuk simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Indrayanti

Daya Tarik Pantai Indrayanti
Image Credit: Bakpiamutiarajogja.com

Tak hanya memiliki keindahan, latar belakang pantai satu ini juga unik. Jika biasanya pantai memiliki nama tempat atau daerah, maka Pantai cantik ini berbeda. Meskipun demikian bukan berarti memiliki mitos. Karena nama Pantai Indrayanti ini sebenarnya bukanlah nama resmi. Nama ini diambil dari nama rumah makan yang letaknya tak jauh dari pantai satu ini. Keberadaan restoran ini cukup dikenal dan seolah menjadi landmark dari pantai ini.

Dan nama pantai Indrayanti akhirnya menyebar begitu saja dari mulut ke mulut. Padahal nama resmi dari pantai ini adalah Pantai Sawal atau pantai pulang Syawal. Pemerintah juga sudah melakukan kampanye dengan nama Pantai Sawal. Hanya saja nama pantai ini sudah cukup melekat di kalangan wisatawan, baik dari Jogja maupun luar kota. Hingga kini Pantai Sawal memang masih dikenal dengan pantai Indrayanti dan tak lagi dipermasalahkan.

Daya Tarik Pantai Indrayanti Gunung Kidul
Image Credit: Sewamotorjogja.id

Selain memiliki nama unik, pemandangan yang membentang elok juga begitu menyejukkan mata. Pada bagian barat serta timur pantai, Anda bisa menyaksikan megahnya bukit karang. Hamparan pasir pantai yang putih dan lembut juga sangat pas dengan birunya laut. Menjadikan dalam satu bingkaian lukisan Tuhan yang begitu eksotis dan membuat siapapun terksesima. Ditambah dengan kebersihan yang terjaga, menjadikan pengunjungnya tak pernah sepi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Indrayanti

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Indrayanti
Image Credit: Jogjaland.net

Pantai Sawal atau Indrayanti ini berada di kawasan wisata pantai Gunung Kidul. Tepatnya terletak di Desa Tepus, Kec. Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Lokasinya dekat dengan wisata lain seperti Sundak, Sadranan, Omandeng hingga Pantai Ngandong yang berada di sebelah timur. Jika Anda berangkat dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarajk tempuh 2 jaman apabila lancar. Perjalanan memang cukup panjang namun akan terbayar dengan keindahannya.

Perjalanan juga akan melewati medan berkelok kelok serta naik turun. Namun jangan khawatir aksesnya sudah mudah dan mulus. Petunjuk arah menuju Indrayanti juga tidaklah sulit. Ada banyak papan petunjuk yang akan membantu Anda untuk mengunjungi pantai ini. Ada yang menuliskan pantai Sawal serta ada yang masih menggunakan pantai Indrayanti. Keduanya sama sehingga Anda tak perlu khawatir atau bingung jika menemukannya.

Untuk rute ada dua rute yang bisa dipilih oleh pengunjung, yakni via Jalan Wonosari serta via jalan Imogiri. Jika memilih rute yang pertama maka Anda tinggal menuju ke arah ringroad timur atau jalan Wonosari, kemudian dilanjutkan ke arah Pitungan, Patuk, Wonosari, Karangrejek menuju Hargosari barulah ke Tepus. Rute ini adalah rute yang paling disarankan, sebab lebih mudah untuk diikuti pengunjung terutam dari luar kota Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti
Image Credit: Republika.co.id

Untuk menikmati keindahan serta keunikan bahari Indrayanti tidaklah mahal. Pengunjung akan dikenakan harga tiket masuk sekitar Rp. 15 ribu setiap orangnya. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau jika melihat cantiknya pantai ini.

Harga tiket yang dikenakan belum termasuk dengan biaya parkir. Biaya tersebut mulai dari Rp. 4 ribu hingga Rp. 15 ribu tergantung kendaraan yang Anda bawa nantinya. Dan harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Indrayanti

Kegiatan Menarik di Pantai Indrayanti
Image Credit: Camerawisata.com

Tiba di Pantai menawan ini, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Yang pertama Anda bisa menikmati dahulu suasananya pantainya. Merasakan bagaimana angin laut berhembus, bergabung dengan deburan ombak sebagai belakang musiknya. Bisa dipastikan hanya menikmatinya sudah bisa menghilangkan penat dan membuat senyum terbit. Apalagi jika bersantai di hammock atau di bawah payung dengan memandang langit biru.

Di kawasan pantai Indrayanti, Anda bisa menemukan banyak yang menyewakan payung lengkap dengan alasnya. Sehingga menikmati keindahan pantainya bisa lebih mudah dan menyenangkan. Selain payung, juga ada penyewaan gazebo yang biasanya dibandrol mulai dari Rp. 30 ribuan. Menyewa gazebo merupakan keputusan yang cerdas jika Anda membawa keluarga atau datang dengan rombongan.

Setelah puas menikmati keindahannya, Anda yang memang menyukai aktivitas menantang bisa panjat tebing. Mengingat pantai satu ini memiliki banyak tebing yang kokoh dan menawan. Namun untuk menaiki tebing tebing ini tentunya harus selalu berhati hati, karena harus melewati semak semak. Meskipun terbilang ekstrim, pemandangan yang Anda nikmati akan semakin menawan serta membuat Anda terpukau karena keindahannya.

Di atas tebing ini, bagi Anda yang menyukai fotografi bisa sekalian berburu foto cantik. Begitu yang juga suka dengan swafoto, bisa mengabadikan foto dengan latar belakang laut yang luas. Mengunjungi ketika sore hari, Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengantarkan matahari berpulang. Karena pemandangan sunset jika dilihat dari bawah maupun atas tebing sangat sayang untuk dilewatkan.

Aktivitas yang juga bisa dilakukan adalah bermain air mengingat ombak pantai ini tidak terlalu besar. Tetapi tetap harus mematuhi protokol yang ada meskipun bisa berenang atau bermain air. Bagi Anda yang menyukai kegiatan menantang, permainan banana boat maupun jet ski yang membuat liburan menjadi seru. Untuk bermain permainan ini, ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan, sekitar Rp. 250 ribuan.

Untuk Anda yang pergi dengan keluarga dan membawa anak anak, tenang saja ada wahana bermain untuk anak anak yang gratis. Sehingga mereka juga bisa bersenang senang tak hanya orang dewasa saja yang bisa bermain. Anda juga bisa bermain pasir yang akan membuat liburan bersama anak anak menjadi tak terlupakan. Pasir pantai satu ini lembut sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat bermain.

Penginapan Dekat Pantai Indrayanti

Penginapan Dekat Pantai Indrayanti
Image Credit: Gudeg.net

Anda yang berasal dari luar kota dan ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, bisa menginap. Ada beberapa losmen yang ada di Pantai Indrayanti dan bisa Anda jadikan pilihan untuk menginap. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk penginapannya juga terbilang terjangkau, umumnya setiap kamar akan dibandrol mulai Rp. 100 ribu per malamnya. Meskipun harganya murah, penginapan ini tak pernah sepi pengunjung.

Oleh sebab itu, Anda harus memesan jauh jauh dari jika datang di akhir pekan maupun saat liburan. Dengan menginap di penginapan ini, Anda bisa menikmati gugusan bintang ketika malam hari. Selain bisa menginap di penginapan, banyak juga pengunjung yang mendirikan tenda sebagai tempat menginap. Yang jelas, di pantai ini Anda akan bermalam bisa dilakukan karena ada penginapan terdekat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indrayanti

Fasilitas di Pantai Indrayanti
Image Credit: Joglowisata.com

Mengunjungi Pantai Indrayanti juga tak akan membuat Anda menyesal. Pasalnya selain memiliki pemandangan yang menawan, fasilitas yang disediakan oleh pengelola juga lengkap. Setelah Anda bermain air, Anda bisa membilas atau memenuhi kebutuhan toilet di tempat yang disediakan. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda harus membayar mulai dari Rp. 2 ribu hingga Rp. 5 ribu. Berlaku tarif berbeda untuk buang air kecil atau mandi.

Berlibur juga tidak akan membuat Anda lupa untuk menjalankan kewajiban beribadah. Karena pantai ini menyediakan fasilitas untuk beribadah yaitu mushola. Mushola yang dimilikinya cukup bersih dan nyaman sehingga bagi pengunjung muslim tak perlu khawatir. Fasilitas lainnya yang bisa Anda temui di tempat ini adalah deretan penjual makanan maupun minuman.

Ada cafe maupun resto yang menyediakan berbagai kuliner bagi Anda yang tidak membawa bekal di rumah. Menu yang disediakan juga dibandrol dengan harga yang terbilang terjangkau dan ramah kantong. Umumnya menu dibandrol mulai dari Rp. 10 ribu tergantung yang ada pilih. Selain wisata kuliner, para pengunjung juga bisa berburu oleh oleh di Pantai Indrayanti. Tak heran jika pantai ini disebut dengan pantai sejuta fasilitas karena terbilang lengkap.

Berlibur ke pantai memang menjadi salah satu cara menghabiskan waktu liburan yang tepat. Ketika ke Jogja, tak ada salahnya menjadikan pantai Indrayanti sebagai tujuan. Pantai ini tidak hanya cantik, banyak aktivitas seru yang ditawarkan. Didukung dengan fasilitas lengkap yang akan membuat siapapun betah berlama lama.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending