15 Pantai Terindah di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Pantai Jawa Tengah

Tak hanya kaya akan budaya, Jawa Tengah juga memiliki keelokan alam Pantai yang memesona. Ada banyak pantai yang menampilkan keindahan tersembunyi yang bisa Anda jelajahi.

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan segala keistimewaannya. Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, Jawa Tengah memiliki bentang alam yang sangat indah. Ada begitu banyak keindahan alam yang selalu ramai dikunjungi wisatawan salah satunya pantai.

Penasaran pantai mana saja yang memiliki keindahan yang menawan? Yuk simak ulasan beberapa wisata pantai di Jawa Tengah yang cocok dijadikan referensi liburan terbaik.

1. Pantai Ujungnegoro

Pantai Ujungnegoro Batang
Image Credit: Ilmudes.com

Banyak panorama yang tersembunyi di Jawa Tengah yang memiliki keindahan menakjubkan. Salah satu objek wisata yang menghadirkan pesona alami yaitu Pantai Ujungnegoro. Destinasi wisata ini terselip di antara rimbunnya hutan dan perbukitan. Seperti namanya, Pantai Ujungnegoro juga terletak persis di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Pantai Ujungnegoro membentang dengan hamparan pemandangan pasir yang cerah, tebing laut dan batuan laut. Keadaannya pun masih sangat alami meskipun ada bangunan pelengkap yang dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat. Bangunan tersebut digunakan sebagai pendukung atau fasilitas lokasi. Selain itu, ombak di sini tanpa hentinya mengalir dengan ketinggian yang aman.

Keindahan dari pantai ini tidak berhenti sampai disitu saja. Terdapat tulisan menarik yang ikonik di pintu masuknya. Lokasi itulah yang sering digunakan untuk sekedar berswafoto dan dibagikan ke sosial media. Bahkan spot menarik yang berwarna – warni tersebut juga sering dijadikan lokasi untuk foto pre – wedding. Selain itu ada pula warga sekitar yang memancing di batuan karang sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Ujung Negoro, Ujung Negoro, Kec. Kandeman, Kab. Batang.

2. Pantai Sigandu

Pantai Sigandu
Image Credit: Instagram.com @idrissaelany

Destinasi wisata selanjutnya yang patut Anda kunjungi adalah Pantai Sigandu. Lokasinya yang terletak di bagian utara pulau Jawa, di Desa Klidang Lor, Kabupaten Batang Jawa Tengah ini membuat ombak yang dihasilkan tidak terlalu besar dan cukup aman kalau dikunjungi wisatawan. Pantainya juga landai sangat cocok untuk digunakan bermain, jika membawa anak dan keluarga.

Fasilitas yang disediakan di pantai Sigandu juga lumayan lengkap. Mulai dari tempat bermain apabila membawa anak, dan lapangan voli bagi Anda yang suka berolahraga. Saat lapar pun, Anda tidak usah bingung karena sudah tersedia warung atau kafe berderet di pinggir pantai. Desain dan dekorasi dari tempat kulinernya pun bertema tradisional dengan menawarkan keanekaragaman menu khas daerah Jawa Tengah.

Ada juga pohon cemara yang berderet di pinggir pantai, membuat pantai ini jadi sarana liburan keluarga yang asyik. Jika Anda tidak ingin menyantap makanan dari warung atau kafe, Anda bisa membawa bekal makanan dengan menggelar tikar di bawah pohon sambil menikmati indahnya pemandangan pantai. Selain keindahan alamnya, untuk Anda yang suka adrenalin ada juga arena outbond yang menyediakan ATV dan flying fox.

Lokasi: Sidomulyo, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang.

3. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu
Image Credit: Tribunnewswiki.com

Pantai yang satu ini terletak di Kabupaten Cilacap. Memiliki ombak yang relatif kecil membuat sama bagi pengunjung yang ingin berenang dan bermain di pantai. Terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat membuat pantai ini selalu ramai pengunjung. Selain itu, untuk sampai di lokasi sangatlah mudah karena dekat dengan jalan raya, sehingga tidak perlu membutuhkan kendaraan lagi.

Harga tiket masuk dari Pantai Teluk Penyu pun sangat terjangkau. Dimana tiketnya tidak dibedakan antara pengunjung anak – anak maupun dewasa. Menariknya lagi tarifnya juga tetap sama di hari biasa atau hari libur, yaitu sebesar 5 ribu rupiah saja. Objek wisata ini dapat dinikmati sepanjang waktu karena buka selama dua puluh empat jam. Pengunjung bisa datang untuk menyaksikan sunrise hingga sunset.

Eksotisme dari Pantai Teluk Penyu tidak berhenti sampai disitu saja, menghadap langsung dengan Samudera Hindia membuat air terlihat bergradasi jika dilihat dari tepi pantai. Apalagi deretan perbukitan penuh pepohonan di latar belakang pantai dan dinaungi langit biru yang cerah begitu menakjubkan. Meskipun pasirnya hitam, namun warnanya terlihat kontras dengan air laut yang sangat jernih.

Lokasi: Jl. Laut, Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

4. Pantai Randusanga Indah

Pantai Randusanga Indah
Image Credit: Sanjayatour.com

Terletak di 5 km sebelah utara dari pusat Kota Brebes, Pantai Randusanga Indah menawarkan keindahan panorama laut Jawa yang mempesona. Selain bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam, pengunjung dapat berwisata dengan menyewa perahu untuk berkeliling di tengah laut. Apabila sudah lelah dan lapar, terdapat wisata kuliner yang bisa dikunjungi dengan menu khas ikan bakarnya.

Lokasi: Randusanga Wetan, Krajan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

5. Pantai Indah Widarapayung

Pantai Indah Widarapayung
Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata selanjutnya adalah Pantai Indah Widarapayung. Berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap, Jawa tengah, menawarkan panorama yang menakjubkan dengan deburan ombak yang sangat besar dan teratur sehingga sangat mendukung untuk bermain selancar atau surfing. Pantai ini juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti tempat berteduh , warung makan dan kolam renang.

Memang tidak memiliki wilayah yang luas, namun kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa dan pepohonan hijau di bibir pantai. Hal ini membuat pantai jadi lebih sejuk dan rindang. Untuk memasuki kawasan ini, Anda cukup membayar tiket sekitar 3 ribu rupiah saja per orang. Biasanya pantai akan ramai pengunjung saat hari Minggu atau hari libur nasional. Di bulan puasa sendiri juga sangat padat wisatawan apalagi pada libur lebaran tiba.

Lokasi: Widarapayung, Kec. Binangun, Kab. Cilacap.

6. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan
Image Credit: Investor.id

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Bandengan. Terletak di Desa Bandengan, sekitar 5 km dari pusat Kota Jepara ini memiliki pasir yang putih. Air lautnya pun juga jernih membuat wisatawan lokal maupun internasional berdatangan untuk menikmati keindahan panoramanya. Selain keindahannya ada juga cerita menarik karena pantai ini merupakan tempat bermain bagi RA Kartini semasa kecilnya.

Lokasi: Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

7. Pantai Kartini

Pantai Kartini
Image Credit: Dolandolen.com

Pantai Kartini berada di 2,5 km ke arah barat dari Kota Jepara, tepatnya di Jalan Ade Irma Suryani. Destinasi wisata ini sangat cocok menjadi objek wisata keluarga karena dilengkapi dengan fasilitas mainan anak, perahu wisata, dan kereta wisata. Selain itu di area pantai juga ada Kura – Kura Ocean Park di mana di dalamnya terdapat akuarium besar yang berisi ikan di laut. Ada juga satu kolam sentuh yang berisi ikan air tawar.

Lokasi: Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

8. Pantai Pulau Panjang

Pantai Pulau Panjang
Image Credit: Superadventure.co.id

Objek wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi dari Pantai Kartini adalah Pantai Pulau Panjang. Wisatawan bisa menaiki kapal wisata selama sepuluh menit untuk sampai ke pantai tersebut. Pulau Panjang memiliki pasir putih dan laut yang dangkal dengan dasar terumbu karang menawan. Bagian tengah pulau adalah hutan tropis dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Selain keindahan dari pasir dan terumbu karang, pengunjung juga bisa menikmati mangrove.

Lokasi: Pulau Panjang, Ujungbatu I, Ujungbatu, Kec. Jepara, Kab. Jepara.

9. Pantai Ayah

Pantai Ayah
Image Credit: Instagram.com/Kebumenzone

Pantai Ayah atau disebut juga dengan Pantai Logending merupakan pantai yang berada di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Dari Goa Jatijajar, wisatawan dapat menuju arah selatan dengan menaiki kendaraan pribadi dalam waktu sekitar sepuluh menit. Daya tarik yang disuguhkan dari Pantai Ayah adalah hutan wisata, bumi perkemahan, dan jembatan di atas air sepanjang 540 meter.

Lokasi: Ayah, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

10. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk
Image Credit: Enaknyakemana.com

Pantai Suwuk terletak di Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring yang dapat ditempuh 45 menit dari Gombong atau satu jam dari pusat Kota Kebumen. Pantai indah ini menawarkan panorama dari pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara ke selatan. Wisatawan dapat menyisir keelokan Pantai Suwuk dengan menunggang kuda. Saat ini, Pantai Suwuk menjadi kawasan wisata dengan berbagai fasilitas permainan anak dan wisata perahu.

Lokasi: Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

11. Pantai Widuri

Pantai Widuri
Image Credit: Mantai.id

Wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Widuri. Terletak di utara pulau Jawa, sekitar lima kilometer dari pusat kota Pemalang, memiliki pemandangan pantai yang sejuk dan elok karena banyak tumbuh pohon Angsana yang berusia ratusan tahun. Pantai ini selalu ramai dikunjungi pada saat waktu pagi hari dan sore hari untuk sekedar menikmati keindahan alamnya.

Di kawasan Wisata Pantai Widuri juga terdapat fasilitas lain yaitu Sirkuit Road Race dan Drag Race bagi yang suka memiliki hobi otomotif. Ada juga fasilitas berupa Water Park yang ada di dalam kawasan Pantai Widuri dengan luas area mencapai enam koma lima hektar. Berbagai wahana permainan tersedia di Pantai ini seperti seluncur, wahana bumerang, dan wahana dermaga.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang.

12. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Mantai.id

Jika Anda ingin mengunjungi pantai menawan dari keindahan batu karangnya, Pantai Karang Bolong menjadi solusinya. Nama ini bermakna batu yang berlubang karena banyaknya bebatuan di kawasan lokasi wisata tersebut. Terletak sekitar 18 km ke arah selatan Kota Gombong, selain panorama dari laut dan pantainya, terdapat gua hunian burung walet di Goa Pasir. Sarang burung ini biasanya diunduh empat kali di musim kedua, empat, tujuh, dan sembilan.

Lokasi: Karangbolong, Kec. Buayan, Kab. Kebumen.

13. Pantai Glagah Kulon Progo

Pantai Glagah Kulon Progo
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Glagah memiliki keistimewaan yang jarang ditemukan di pantai lainnya. Beberapa daya tarik dari Pantai Glagah yang bisa dinikmati adalah laguna. Keindahan dari laguna yang dipasang dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang akan berisi air laut pasang. Selain itu, karena besarnya ombak di pantai ini dibangunlah tetrapod sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh.

Lokasi: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.

14. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Pasir Kencana yang dikelola oleh Pemerintah Kota Pekalongan terletak di jalan WR Supratman yang berdiri di atas lahan seluas sekitar 1,7 hektar. Dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti Bungee Trampolin, becak air, kolam air mancur, area permainan anak dan kolam pemancingan. Selain itu, wisatawan yang berkunjung dapat menyewa perahu wisata untuk menikmati perjalanan di laut sekitar Pantai ini.

Lokasi: Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

15. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang
Image Credit: Superadventure.co.id

Destinasi wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Jatimalang. Terletak di Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi yang berjarak kurang lebih delapan belas kilometer dari pusat Kota Purworejo. Pantai ini merupakan potensi wisata alam dengan keindahan alam laut selatan. Ada juga fasilitas yang dibangun berupa tempat pelelangan ikan dengan penangkap ikan dan beberapa rumah makan.

Lokasi: Patu, Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo.

Itulah beberapa wisata pantai yang bisa Anda kunjungi di Jawa Tengah. Keindahan alam yang tersedia di sekitar pantai menambah daya tarik bagi pengunjung yang datang. Tidak hanya pantai yang menawan, terdapat fasilitas pendukung dibangun di area pantai untuk mendukung layanan bagi wisatawan. Sehingga waktu yang Anda habiskan saat berkunjung di pantai tersebut lebih seru.

Comments Rating 0 (0 reviews)

Leave a Reply

Sending