Pantai Jogan Gunung Kidul, Destinasi Pantai Berpadu Air Terjun nan Indah

Pantai Jogan Gunung Kidul, Destinasi Pantai Berpadu Air Terjun nan Indah

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Jogan salah satu objek wisata bahari yang menakjubkan di Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Pantai berbatu ini memiliki air terjun eksotis dan panorama alam yang indah wajib Anda jelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Anda berkesempatan menyaksikan dua panorama alam dalam satu kawasan ketika menyambangi Pantai Jogan. Objek wisata yang terletak di Gunung Kidul ini menggabungkan air terjun, tebing-tebing tinggi, dan hamparan lautan. Melalui tebing inilah mengalir air terjun kurang lebih setinggi 12 meter yang bersumber dari dan kemudian jatuh tepat mengenai pantai di bawahnya.

Walau debit airnya tidak terlalu kencang, namun pesona yang dihasilkan sungguh menawan mata. Belum lagi pepohonan hijau tumbuh subur di sepanjang tebing mengelilingi lautan di sisi kiri dan kanan. Perpaduan ketiga spot tersebut menghasilkan kesan yang unik, di mana hamparan lautnya tampak bagai kolam renang di wahana permainan air.

Pantai Jogan menghadirkan suasana bebas bagi para pengunjung. Lebih dari sekadar pantai eksotis, objek wisata ini sekaligus dapat difungsikan sebagai sarana untuk healing. Dari ujung tebing yang langsung menghadap ke birunya samudra, Anda bisa menyaksikan ombak saling berkejaran. Ditemani semilir angin serta bunyi gemericik aliran air.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jogan

Daya Tarik Pantai Jogan
Image Credit: Facebook.com @kotajogjacom

1. Menatap Senja dari Atas Tebing

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa senja akan memancarkan pesona yang tidak main-main ketika dipandangi dari atas ketinggian. Untuk itu, Anda tidak boleh melewatkan momen tatkala sang surya tenggelam selagi berada di Pantai Jogan. Pilihlah salah satu spot terbaik di sepanjang tebing. Disarankan untuk mengambil area yang sedikit menjorok ke laut.

Ketika gradasi langit kota perlahan berubah dari biru ke jingga, sebelum kemudian menggelap dengan sempurna. Terlihat seperti bola raksasa berwarna jingga kemerahan yang tenggelam di balik tebing dan hilang oleh luasnya samudra. Momen tersebut benar-benar menghadirkan panorama eksotis dan tak terlupakan.

Belum lagi, jika Anda datang ke sini bersama pasangan. Suasananya akan menjadi sangat romantis diikuti hawa udara yang mulai mendingin. Gemericik air yang mengalir di antara celah bebatuan terdengar bagai nyanyian alam.

Waktu paling tepat adalah sekitar jam 17.00, di mana matahari persis akan tenggelam di ufuk barat. Bahkan, Anda bisa memilih destinasi ini sebagai venue foto prewedding.

2. Mencicipi Kelezatan Beragam Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika Anda melewatkan aksi berburu kuliner. Pasalnya, banyak makanan laut yang dijajakan di Pantai Jogan, mulai dari aneka ikan, cumi-cumi, hingga kepiting. Menawarkan cita rasa khas Gunung Kidul dengan kepiting sebagai menu unggulannya.

Sembari menikmati suasana cantik di lingkungan sekitar, Anda bisa menyantap nasi panas dicampur sambal super pedas. Cara pengolahan makanannya menyesuaikan selera pembeli, ada yang dibakar, digoreng, atau selain itu.

Selain menawarkan bahan pangan segar, harga yang dipatok oleh para penjual juga terbilang cukup murah, dijamin tidak akan membuat dompet Anda kosong seketika. Untuk alasan inilah, amat rugi jika Anda melewatkan aktivitas kulineran begitu saja. Harganya pas, rasanya pun memanjakan lidah.

Daya Tarik Jogan
Image Credit: Facebook.com @anton.raharja

3. Air Terjun di Tepi Pantai

Jika pantai pada umumnya menawarkan hamparan pasir putih sebagai poin unggulan, maka jangan berharap menemukan situasi serupa di sini. Pasalnya, kawasan ini justru dipenuhi oleh bebatuan karst yang tersebar di pesisir.

Tidak hanya itu, ada air terjun yang mengalir di antara celah-celah tebing. Air tersebut bersumber dari dua sungai, yang kemudian berakhir jatuh ke dalam luasnya samudra.

Ketika air laut sedang surut, maka air tawar akan jatuh menghantam bebatuan. Sebaliknya, ketika terjadi pasang naik, maka air tawar dan air asin akan menyatu. Fenomena ini cukup estetis untuk dijadikan latar belakang jika hendak berfoto ria.

4. Ombak yang Menantang

Gunung Kidul menempatkan posisi pantai di kawasan laut selatan Jawa sehingga wajar bila intensitas ombak di sekitar sini jarang bersahabat dengan manusia. Tidak terkecuali Pantai Jogan, yang justru semakin menampilkan kesan ganas ketika menghantam tebing-tebing kokoh nan curam.

Namun demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa pada waktu yang sama justru menciptakan pesona artistik.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Alamat Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Yusuf Qu)

Belum ada transportasi publik yang terhubung langsung dengan Pantai Jogan, karena itu pengunjung harus memanfaatkan kendaraan pribadi. Berlokasi di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Anda perlu melewati perjalanan kurang lebih 75 km jika bertolak dari Stasiun Tugu. Dapat diakses dalam rentang waktu paling tidak 2 jam.

Ambil rute menuju kawasan Piyungan melalui Jalan Laksda Adi Sucipto, Pathuk, Lanud Gading, hingga tiba di Jalan Baron. Ikuti arus jalan sepanjang kurang lebih 15 km hingga memasuki wilayah Pantai Selatan Jawa. Selanjutnya, sekitar 7 km lagi, Anda sudah bisa menemukan keberadaan Pantai Siung dan patuhi papan petunjuk jalan hingga mencapai destinasi tujuan.

Hanya dengan tarif tiket masuk senilai Rp 10.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Pantai Jogan bersama dengan dua objek wisata lainnya, yaitu Pantai Nglambor dan Siung. Anda akan dikenakan biaya parkir Rp 3.000 saat membawa motor, mobil Rp 5.000, sedangkan yang datang bersama rombongan bis Rp 20.000.

Setelah memenuhi semua retribusi, Anda bisa langsung bermain sepuasnya. Apalagi, pantai ini beroperasi selama 24 jam setiap hari tanpa henti. Anda bisa datang kapan saja menyesuaikan waktu luang. Tidak ada selisih harga tiket saat weekend maupun weekday.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Jogan

Aktivitas di Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @noviiawina_96

1. Menuruni Tebing Secara Manual

Pihak pengelola menyediakan papan kayu berupa tangga bagi para pengunjung yang hendak menguji adrenalin dengan menuruni tebing. Papan ini bisa difungsikan sebagai pegangan. Sangat direkomendasikan untuk para pecinta aksi menantang. Pasalnya, medan tebing di sini sangat curam dan licin karena dialiri air selama bertahun-tahun.

Tak hanya sekadar medan yang ekstrem, Anda masih harus melintasi bebatuan karang, serta ratusan bahkan ribuan bayi kepiting. Namun tenang saja, karena telah disediakan alat perlindungan diri yang cukup memadai sehingga dapat dikatakan aman selama Anda tetap berhati-hati. Anda hanya harus menahan diri dari sikap terburu-buru dan menguatkan mental.

2. Menuruni Tebing Rappelling

Rappelling atau canyoning merupakan metode menuruni tempat-tempat curam dengan cara meluncur menggunakan bantuan tali-temali yang dibentangkan dari titik tolak mengarah ke titik tujuan. Di pantai ini, pihak pengelola sengaja menyiapkan track tersendiri untuk menghubungkan tebing bagian atas dan lautan.

Kegiatan semacam ini mampu memicu adrenalin sekaligus menguatkan mental. Meski telah disediakan peralatan keamanan memadai, Anda harus tetap senantiasa waspada. Kaki atau anggota badan Anda yang lain bisa saja tergores oleh ujung batu karang. Terlebih, tebing yang membentang di sepanjang kawasan Pantai Jogan bentuknya cukup lancip.

Namun demikian, kesulitan pengunjung akan tertebus dengan segera begitu menginjakkan kaki di titik jatuhnya air. Terlebih, jika beruntung Anda bisa menemukan kawanan kupu-kupu yang menggerombol di bebatuan kering, tampak menggoda untuk dipandang lama-lama.

Aktivitas Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @christheajulie

3. Meditasi di Tepi Pantai

Sunyi, natural, dan sejuk merupakan perpaduan yang sempurna mendeskripsikan lingkungan di sekitar sini. Suasana yang sangat tepat guna melakukan healing. Ambillah spot tersembunyi di antara tebing, pepohonan, aliran air sungai, atau di mana saja yang sekiranya mampu menciptakan perasaan tenang nan damai. Rasakan sensasi lebih dekat dengan alam diikuti semilir angin yang berembus amat lembut.

Disarankan untuk melakukannya di kala pagi ketika pengunjung lain belum banyak berdatangan. Nikmati setiap detik yang Anda lewati di sini karena pasti susah untuk kembali lagi, terutama bila hari-hari Anda selalu habis dengan bekerja atau kuliah. Jadikan kesempatan tersebut sebagai ajang untuk memperbaiki kondisi hati dan mood setelah melalui perjuangan aktivitas yang super padat.

Penginapan Murah Terdekat dari Kawasan Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Tiket.com

1. Hotel Cyka Raya

Terletak di lokasi yang strategis karena dikelilingi oleh beragam objek wisata alam di Gunung Kidul, mulai dari goa, pantai, maupun air terjun. Ini menjadi keuntungan tersendiri jika Anda ingin melakukan perjalanan panjang tidak hanya di Pantai Jogan.

Memiliki 15 kamar dengan fasilitas berupa akses WiFi, AC, kamar mandi, dan sejenisnya. Ada layanan laundry, antar jemput, serta staf yang profesional. Tarif per malam dibanderol mulai dari Rp300.000. Terletak di Jalan KRT Judodiningrat, Baleharjo.

2. Hotel Orchid Wonosari

Menawarkan berbagai kamar dengan kategori berbeda seperti superior room, family room, dan deluxe room. Ada sekitar 34 kamar, yang mana per malamnya dipatok mulai dari Rp 390.000. Berlokasi di Jalan Baron KM. 9, Mulo, Wonosari. Didesain dengan serba nyaman untuk memanjakan tamu.

Tersedia fasilitas kamar berupa lemari, handuk, AC, dan sebagainya. Ada pula ruangan bebas rokok, layanan taksi, stasiun pengisian listrik, jaminan keamanan 24 jam. Ini bisa menjadi titik tolak Anda saat ingin menjelajahi area Gunung Kidul lebih jauh.

3. Calida Hotel

Berada di dekat alun-alun Wonosari, sangat memudahkan pengunjung untuk mendapatkan akses ke berbagai tempat. Mengusung konsep serba sederhana dibalut suasana khas pedesaan. Walau demikian, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola sudah cukup memadai.

Lingkungan bersih dan nyaman, ada fasilitas penunjang berupa akses WiFi gratis. Setiap kamar diisi kasur dan peralatan tidur lengkap. Di samping itu, Anda bisa menggunakan layanan laundry serta menerima sarapan di waktu pagi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jogan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Jogan
Image Credit: Google Maps (Dmx Hidayat)

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola belum terlalu memadai. Hanya mampu mengakomodir kebutuhan dasar seperti area parkir, warung makan, gazebo, dan toilet. Sangat standar dan cenderung seadanya.

Dibandingkan objek wisata serupa di kawasan Gunung Kidul, Pantai Jogan bisa dibilang masih kalah populer. Padahal, tempat ini menawarkan daya tarik yang istimewa, di mana menyuguhkan pemandangan eksotis dengan lingkungan bernuansa hijau. Namun, tentu saja poin unggulnya tidak akan bernilai apa-apa jika tidak dibarengi fasilitas dan pelayanan mumpuni.

Di samping itu, akses jalan menuju ke sini juga masih menyisakan ketidaknyamanan di hati para pengunjung. Tidak hanya menuruni tebing semata, melainkan rute yang harus Anda lalui saat berangkat dari rumah hingga memarkir kendaraan di kawasan ini. Anda harus serba waspada dan berhati-hati demi keselamatan dan keamanan.

Pada kenyataannya, cara pengelolaannya memang belum maksimal. Butuh usaha lebih keras untuk membuat namanya dikenal sehingga mampu bersaing dengan objek wisata serupa. Tentu, upaya tersebut memerlukan kerja sama dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kehadiran Anda secara tidak langsung memberikan sumbangsih positif terhadap perkembangan Pantai Jogan.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending