Pantai Jolosutro Blitar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pantai Jolosutro Blitar – Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Jolosutro salah satu pantai eksotis di Blitar yang menarik dikunjungi. Pantai berpasir nan memesona yang berada di sebuah teluk kecil dan diapit oleh perbukitan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Blitar merupakan salah satu kota yang terletak di bagian Selatan dari Jawa Timur. Kota ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan beberapa pantai indah yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya ialah Pantai Jolosutro. Pantai ini cukup sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Beberapa wisatawan internasional juga dapat terlihat di kawasan ini.

Pantai ini sudah terawat dengan baik oleh pemerintah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nyamannya perjalanan menuju tepi pantai eksotis ini. Pantai ini dikelilingi oleh hamparan tanah lapang dan bukit bukit yang indah, suasananya masih asri dan hijau. Anda dapat merasakan suasana yang tenang dan menyegarkan ketika sampai di gerbang menuju Pantai Jolosutro ini.

Walaupun pantai ini cukup dikenal oleh masyarakat sebagai pantai yang sakral, namun Anda dapat mengunjungi Pantai Jolosutro dengan cukup bebas. Pantai ini memiliki alam yang cukup asri dengan berbagai pepohonan yang rindang dan teduh. Berikut ini beberapa informasi menarik untuk Anda simak, jika Anda akan berpergian ke pantai cantik di Blitar ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jolosutro

Daya Tarik Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps (Rofi Nur)

1. Pemandangan yang Indah

Pemandangan di pantai ini tentunya sangat indah. Anda dapat menikmati hamparan laut biru yang luas dengan pasirnya yang hitam dan eksotis. Selain itu Anda juga dapat menikmati gugusan batu karang yang berdiri dengan kokoh dan indah.

2. Warna Pasir yang Eksotis

Pasir pantai yang ada di Pantai Jolosutro ini memang tidak berwarna putih, namun warna hitam di pantai ini cukup eksotis dan mempesona. Pasirnya yang lembut dan halus terasa sangat menyenangkan jika diinjak. Anda juga dapat bermain dengan pasir ini seperti dengan membuat istana pasir, tulisan-tulisan ataupun menggali lubang hingga terisi air.

Pasir di tepian pantai cukup bersih dan tidak ada sampah. Hal ini dikarenakan ada pengurus yang membersihkan sampah dari sekitar tepian pantai. Akan tetapi sebagai wisatawan yang baik Anda harus tetap menjaga kebersihan pantai, agar tetap nyaman untuk dibuat berwisata sekarang maupun kemudian hari nanti.

Daya Tarik Pantai Jolosutro Blitar
Image Credit: Google Maps (vella yulitsa)

3. Pantai yang Sakral

Pantai ini cukup sering dikunjungi oleh warga sekitar untuk melakukan ritual adat. Anda dapat melihat beberapa sesajen yang diletakkan oleh warga. Pantai ini memang dianggap sakral oleh beberapa golongan masyarakat.

Tentunya jika ada upacara adat, ritual dan beberapa acara keagamaan lain yang berhubungan dengan kesakralan, maka pantai ini merupakan salah satu pantai yang digunakan oleh warga sebagai lokasi untuk melakukan upacara tersebut.

4. Kawasan yang Luas dan Menarik

Kawasan Pantai Jolosutro ini cukup luas. Beberapa area lapang di sekitarnya juga dimasukkan dalam kawasan pantai ini. Selain garis pantainya yang panjang, pantai ini juga memiliki kebun pinus dan lahan hijau yang berada di utara pantai. Sebagian dari lahan ini digunakan untuk area parkir wisatawan yang berkunjung.

Jika air laut sedang surut, Anda juga dapat menyebrangi bukit batu untuk melihat area Barat pantai ini. Tentunya jika Anda harus cukup waspada pada ketinggian air lautnya. Karena apabila Anda tidak sempat kembali saat air laut surut, maka Anda harus mendaki bukit untuk dapat kembali ke area pantai.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Jolosutro

Lokasi Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps (sugenk thole)

Pantai Jolosutro merupakan pantai yang berada di Ringinrejo, Wates, Blitar. Pantai ini berjarak kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota Blitar dengan akses jalan yang dapat ditempuh dengan roda dua dan roda empat. Jalan menuju pantai sudah diaspal dengan baik, sehingga Anda dapat mencapai pantai ini dengan cepat dan mudah.

Walaupun jalannya berliku dan dikelilingi oleh tebing yang tinggi, Anda dapat menikmati perjalanan dengan pepohonan rindang dan udara yang segar. Anda akan berjalan melewati bukit-bukit tinggi yang hijau dan juga beberapa sawah-sawah milik warga.

Untuk mencapai Pantai Jolosutro, Anda dapat melalui jalur dari arah Kanigoro maupun Kesamben. Rute menuju pantai akan bersatu di area Rejoso. Setelah melewati Rejoso, Anda akan dibawa langsung menuju rute pantai dengan mengikuti jalur ke arah selatan melewati Binangun dan Wates sebelum sampai ke lokasi wisata pantai ini.

Tiket masuk di pantai yang satu ini cukup terjangkau dan tidak menguras kantong Anda. hanya dengan merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah saja, Anda akan dapat menikmati kawasan pantai yang indah dan luas. Dan jika Anda beruntung, maka Anda juga dapat menyaksikan beberapa ritual adat yang diselenggarakan di kawasan Pantai Jolosutro.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Jolosutro

Image Credit: Google Maps (Performa Sukses Abadi)

1. Jalan-Jalan Mengelilingi Kawasan

Mengelilingi kawasan wisata merupakan salah satu cara untuk melepas penat dan jenuh. Anda dapat berkeliling di sekitar area pantai. Dari tepian pantainya, hingga beberapa kawasan taman yang berada di utara Pantai Jolosutro ini. Anda dapat berjalan-jalan di area pepohonan pinus yang rindang, ataupun mengelilingi bukit-bukit batu yang indah.

2. Wisata Kuliner

Di kawasan ini terdapat beberapa warung yang menyediakan olahan berbagai macam hasil laut seperti ikan, kerang, gurita dan lain sebagainya yang dapat diolah sesuai permintaan pelanggan. Beberapa wisatawan lebih menggemari ikan bakar yang dimasak dengan bumbu khas dari sang penjual. Anda juga dapat memesan lalapan dan beberapa sayur mayur yang tidak kalah lezat.

Warung ini cukup digemari oleh wisatawan yang berkunjung. Anda harus cukup sabar untuk dapat menikmati hidangan di warung ini. Hal ini disebabkan karena harga yang ditawarkan pada setiap hidangan ini sangat murah dan rasanya sangat enak. Rasa dan tekstur yang diberikan sangat khas dari warung ini. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalamnya.

3. Memancing

Untuk Anda yang senang memancing, Anda dapat mengunjungi kolam pemancingan yang tidak jauh dari pantai. Walaupun ikan yang disediakan bukan ikan laut, namun Anda masih dapat merasakan sensasi memancing di area pantai. Aroma air laut dan anginnya yang kencang masih mendominasi kawasan pemancingan ini.

4. Camping

Di kawasan ini Anda dapat mendirikan beberapa tenda untuk menginap di pantai. Walaupun belum ada orang yang mengurus masalah tenda ini secara resmi, namun jika Anda meminta izin untuk menginap di pantai menggunakan tenda, maka Anda dapat bermalam di area pantai yang datar dan aman di dalam tenda yang tentunya Anda bawa dari rumah.

Anda dapat menikmati suasana terbit dan tenggelamnya matahari yang indah di pantai Jolosutro ini. Fasilitas sekitar pantai yang sudah cukup lengkap membuat berkemah di pantai ini lebih menarik lagi. Anda dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada untuk menunjang wisata perkemahan Anda di tempat wisata ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Jolosutro

Penginapan Pantai Jolosutro
Image Credit: Booking.com

1. Mitra Homestay

Hotel ini merupakan penginapan terdekat yang dapat Anda temui di kawasan Pantai Jolosutro. Walaupun belum dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, namun di homestay ini Anda dapat beristirahat apabila pulang terlalu malam ataupun datang terlalu malam dan ingin mengejar matahari pagi.

2. Camp Grembolteam

Homestay yang satu ini terletak cukup jauh dari kawasan pantai. Namun di Camp Grembolteam, Anda dapat beristirahat dengan fasilitas yang mumpuni. Di hotel ini Anda akan disuguhkan dengan ruang tamu yang luas dan juga fasilitas dapur umum yang dapat Anda gunakan. Homestay ini sangat cocok untuk Anda yang datang berkelompok.

3. Oyo 3128 Hotel Lahor Indah

Hotel yang satu ini terletak di kota Wlingi. Kota ini merupakan kota terdekat dari Pantai Jolosutro. Di hotel ini Anda dapat menikmati fasilitas peristirahatan yang cukup lengkap. Dari AC hingga Wifi yang disediakan secara Cuma-Cuma. Jika Anda berjalan-jalan dari daerah yang cukup jauh, maka hotel ini dapat menjadi salah satu alternatif tempat menginap Anda di Blitar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Jolosutro Blitar

Fasilitas Pantai Jolosutro
Image Credit: Google Maps (Wawan Tao)

Fasilitas di Pantai ini sudah cukup mumpuni dengan berbagai area yang dapat Anda kunjungi. Pantai Jolosutro telah menyediakan fasilitas umum yang dasar untuk digunakan oleh wisatawan seperti kamar mandi dan mushola. Selain itu, di pantai ini Anda juga dapat meninggalkan kendaraan yang Anda bawa dengan tenang karena sudah dilengkapi area parkir yang diawasi oleh pengurusnya.

Anda juga dapat menikmati berbagai wisata kuliner yang disediakan di area warung makan yang terletak tidak jauh dari tepi pantai. Di area ini Anda dapat menemukan berbagai olahan kuliner hasil laut yang enak dan tentu saja murah. Untuk Anda yang menyukai jalan-jalan dengan wisata kuliner, maka area ini perlu Anda kunjungi untuk mencoba hidangan-hidangannya.

Setelah mengetahui informasi yang cukup lengkap dari Pantai Jolosutro yang hits, maka Anda dapat mempersiapkan liburan Anda dengan persiapan yang lebih matang. Anda dapat membawa hal-hal yang Anda perlukan yang tidak tersedia di kawasan pantai eksotis di Blitar.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending