Pantai Kesirat, Pantai Cantik untuk Menikmati Sunset di Gunung Kidul

Pantai Kesirat, Pantai Cantik untuk Menikmati Sunset di Gunung Kidul

Daya Tarik, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket Pantai Kesirat salah satu wisata pantai yang tersembunyi dan menawan di Panggang, Gunung Kidul, Jogja. Objek wisata yang menawarkan panorama sunset, tebing karang dan hamparan rumput hijau yang cocok untuk camping.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika biasanya bibir pantai digunakan untuk bermain air dan pasir oleh wisatawan, namun berbeda halnya dengan Pantai Kesirat. Ciri khas dari pantai yang berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta ini adalah tidak adanya bibir pantai dengan pasir putih pada umumnya.

Karena keunikannya tersebut, destinasi pantai atau yang biasa disebut tanjung oleh masyarakat sekitar ini menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun luar daerah. Bahkan lokasi tersebut digadang-gadang menjadi tempat favorit untuk melakukan kegiatan camping para anak muda.

Selain memiliki daya tarik karena keunikan yang dimilikinya, di pantai tersebut terdapat beberapa warung makan yang menyajikan kelezatan dari berbagai macam sajian laut. Jika Anda tertarik mendatangi lokasi wisata pantai ini, berikut ini ada beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kesirat

Daya Tarik Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Muh Labib Mustofa)

1. Lokasi Favorit untuk Camping

Banyak wisatawan khususnya anak muda memilih lokasi pantai ini untuk mendirikan sebuah tenda. Dataran landai yang dikelilingi oleh tebing kapur menyerupai pegunungan ini dirasa strategis untuk mendirikan sebuah tenda yang nyaman.

Untuk peralatan campingnya sendiri, Anda bisa membawanya dari rumah jika memang sudah mempunyai peralatannya tersebut. Namun, bagi Anda yang sama sekali tidak mempunyai peralatan untuk camping, terdapat beberapa tempat penyewaan tenda di sekitar pantainya.

Tentu penyediaan sewa alat tenda tersebut sangat membantu wisatawan yang kurang mempersiapkan kebutuhan untuk camping sebelumnya. Bahkan fasilitas ini sering dimanfaatkan oleh wisatawan luar daerah yang berencana menginap di pantai tersebut.

Banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan saat camping di kawasan Pantai Kesirat, salah satunya adalah menyalakan api unggun. Selain menjadi penerangan utama saat malam hari, api unggun ini juga dapat menghangatkan tubuh Anda yang kedinginan karena angin laut.

Tidak hanya itu, menyanyikan lagu dengan alunan gitar akustik dapat Anda lakukan untuk membuat suasana camping lebih mengasyikkan. Tak ketinggalan meracik secangkir kopi dan mi instan rebus yang dapat mengganjal perut Anda saat kelaparan sedang melanda.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat camping di kawasan pantai ini adalah menjaga kebersihan lingkungan. Keindahan pantai keindahan pantai akan terus terjaga jika wisatawan yang berkunjung patuh dengan peraturan, salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

Daya Tarik Kesirat
Image Credit: Twitter.com @sarsatlinmas

2. Keunikan Pantai Tanpa Pasir

Jika biasanya sebuah bibir pantai memiliki hamparan pasir yang dapat digunakan untuk bermain pasir, lain halnya dengan pantai satu ini. Keunikan lain akan Anda temukan saat mengunjungi pantai satu ini.

Hamparan pasir putih yang biasanya terlihat cantik saat terkena sinar matahari, tidak akan Anda temukan di kawasan Pantai Kesirat. Hal ini terjadi karena lokasi pantai yang memang berada di atas ketinggian tebing kapur yang menjorok ke arah lautan lepas.

Deburan ombak yang berasal dari samudra Hindia ini akan menghantam langsung pada batuan karang yang berada tepat di bawah tebing. Sehingga suara deru ombak yang memecah batuan karang tersebut akan terdengar lebih keras saat air laut sedang pasang.

Keunikannya satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya yang berasal dari luar daerah. Wisatawan tersebut rela datang dari jauh karena dibuat penasaran dengan kondisi pantai yang tidak mempunyai hamparan pasir tersebut.

Dengan daya tarik yang membuat penasaran banyak masyarakat yang belum pernah mengunjungi lokasinya, maka pantai tersebut wajib masuk dalam destinasi kunjungan Anda. Jadi tidak ada salahnya mampir sebentar ke sisi selatan dari kota gudeg ini.

Mengunjungi pantai unik yang berada di Gunung Kidul ini akan menjadi sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan dalam hidup Anda. Terlebih suasana pantainya yang tampak lebih sepi dari pantai lain, sehingga dapat menenangkan sejenak beban pikiran Anda.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Kesirat

Alamat Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Kiki Nomaha)

Destinasi wisata Pantai Kesirat ini terletak di sebuah desa bernama Karang yang berada di Kecamatan Panggang. Terdapat dua rute perjalanan yang dapat Anda ambil jika ingin mengunjungi wisata pantai tersebut. Yakni melewati jalur kota atau melalui jalur selatan yang melewati jalanan desa.

Rute pertama jika Anda berangkat dari arah pusat kota Yogyakarta yaitu melewati Jalan Parangtritis yang akan bertemu dengan sebuah perempatan besar. Arahkan kendaraan Anda untuk berbelok ke kiri, yang akan menuntun Anda untuk sampai ke Jalan Piyungan.

Setelah menemukan lampu merah yang di sisi kanan jalannya terdapat sebuah lapangan sepakbola berukuran cukup luas, perjalanan Anda selanjutnya akan melalui jalan menanjak. Setelah melewati lampu merah tersebut, ruas jalan yang memiliki kemiringan hampir 45° akan menguji mental Anda.

Walaupun jalanan yang Anda lewati merupakan tanjakan yang sebagian memiliki tikungan tajam, di sepanjang perjalanan tersebut akan terlihat pemandangan hutan yang masih asri. Udara sekitarnya pun terasa lebih sejuk, karena banyak tumbuh pepohonan berukuran besar di hutan tersebut.

Keluar dari kenyamanan nuansa hutan khas Gunung Kidul, kendaraan Anda akan berbelok menuju jalan yang lebih kecil. Memasuki daerah Playen, diujung jalan tersebut akan terlihat sebuah pasar tradisional bernama Pasar Paliyan. Kemudian ambil arah kiri yang menuju wilayah Saptosari.

Memasuki kawasan pedesaan, jalan menuju Kelurahan Girikarto menjadi tujuan Anda selanjutnya. Lalu jika menemukan sebuah pertigaan menuju Dusun Nglaos, kendaraan Anda diharuskan berbelok ke kiri. Lahan persawahan akan terlihat di setiap sisi dari jalan menuju kawasan pantai tersebut.

Pintu masuk bertuliskan Pantai Kesirat akan menjadi akhir dari perjalanan Anda. Selain melewati rute dari arah kota, perjalanan melewati sisi selatan Yogyakarta bisa menjadi pilihan kedua. Namun sayangnya, rute tersebut kurang diminati wisatawan karena kondisi jalan yang kurang baik di beberapa titik.

Wisatawan yang akan memasuki kawasan pantai ini dikenakan biaya tiket seharga Rp 5.000 per orangnya. Harga tersebut termasuk murah, karena selain dapat mendirikan tenda untuk camping, Anda juga bisa menggunakan beberapa fasilitas yang telah disediakan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kesirat

Aktivitas di Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Fauziah Rahmah)

1. Menikmati Kuliner

Kegiatan pertama yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah berwisata kuliner. Rumah makan yang berada di sekitar pantai tersebut, menyediakan berbagai macam hidangan laut dengan bumbu rempah yang melimpah. Harga yang dibandrol pun cukup murah untuk setiap sajiannya.

Selain merasakan kelezatan olahan seafood, wisatawan juga dapat mencoba makanan khas dari Gunung Kidul. Salah satunya adalah tiwul, makanan manis berwarna coklat ini berbahan dasar ketela yang telah ditumbuk halus dan didiamkan beberapa hari.

2. Memancing dari Tebing

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di Pantai Kesirat ini adalah memancing. Spot terbaik untuk melakukan kegiatan satu ini berada di tebing bagian timur, dengan ketinggian rata-rata 15-30 meter. Ikan yang biasa didapatkan pun cukup beragam, mulai dari berukuran kecil hingga yang besar dengan bobot kurang lebih 2 kg.

3. Menikmati Keindahan Sunset

Keindahan pemandangan pantainya pun tidak perlu diragukan lagi, terlebih saat momen matahari tenggelam. Terdapat sebuah pohon besar yang tumbuh di pinggir tebing, spot ini sering dijadikan tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunset tersebut.

Tak jarang wisatawan mengabadikan momen tersebut dengan foto bertema siluet. Semilir angin laut yang menerpa tubuh Anda, dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Keindahan dan kenyamanan momen sunset ini hanya bisa didapatkan di pantai satu ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai

Penginapan Terdekat dari Pantai
Image Credit: Google Maps (Ario Wibisono)

1. Wiloso Homestay

Penginapan pertama yang jaraknya paling dekat dengan Pantai Kesirat adalah Wiloso Homestay. Kamar sederhana yang ditawarkan oleh penginapan ini dikenakan biaya cukup murah untuk sewa per malamnya. Para wisatawan pun dibuat berhemat jika memilih penginapan ini.

Tidak hanya itu, suasana penginapan yang terbilang sepi dapat membuat waktu istirahat Anda lebih tenang. Bahkan saat malam hari pun hanya terdengar suara jangkrik dan hewan malam lainnya, tidak ada suara bising dari kendaraan atau keramaian penduduk lainnya.

2. Truntum Homestay

Selanjutnya ada Truntum Homestay, yang di beberapa sudut penginapannya terdapat sebuah taman berbunga indah. Berjarak cukup jauh dari lokasi pantai terdekat, yakni sekitar 9,2 km, membuat perjalanan menuju penginapan ini membutuhkan waktu sekitar 23 menit.

Walau jarak yang harus ditempuh cukup jauh, namun keistimewaan penginapan ini dapat menarik perhatian Anda. Dengan menggunakan listrik dari tenaga sinar matahari, panel surya pun terlihat di atas bangunan dari penginapan tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk mengurangi pemanasan global.

3. Penginapan Pantai Gesing

Penginapan yang terletak di salah satu destinasi pantai lain di daerah Girikarto, menjadi penginapan terdekat yang dapat ditempuh dari Pantai Kesirat. Hal tersebut terjadi karena memang wilayah pantai yang rata-rata hutan, dan bukan jalanan raya yang penuh keramaian.

Salah satu fasilitas yang menarik perhatian adalah adanya gasebo yang menghadap langsung ke arah pantai. Selain itu, pepohonan sekitar penginapan ini akan membuat udara terasa lebih sejuk. Ruang kamar yang disediakan pun terbilang cukup rapi dan berukuran luas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kesirat Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Kesirat
Image Credit: Google Maps (Siswana Purwadi)

Fasilitas bagi wisatawan Pantai Kesirat sendiri sudah terbilang cukup lengkap, dimana salah satunya terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi para wisatawan. Sehingga wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir kekurangan tempat untuk parkir.

Biaya parkir tersebut dikenakan membayar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dijamin kendaraan Anda akan aman dari segala bahaya, karena tukang parkir dari masyarakat setempat siap melayani selama 24 jam.

Selain itu, beberapa rumah makan dapat Anda temukan di sepanjang jalan dari arah parkir kendaraan menuju lokasi pantai. Sajian hidangan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kuliner seafood yang menjadi andalannya, hingga olahan unik khas daerah Gunung Kidul.

Persewaan tenda untuk kegiatan camping pun tersedia di pantai tersebut. Jadi wisatawan yang tidak sempat membawa atau tidak punya peralatan camping, bisa menggunakan fasilitas satu ini. Harga sewa untuk satu tendanya pun dibandrol cukup murah, jadi tidak akan menguras kantong Anda.

Itulah informasi mengenai wisata Pantai Kesirat yang berada di sisi selatan Kota Yogyakarta. Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik menghabiskan waktu liburan dengan melakukan semua keseruan yang ditawarkan oleh pantai tersebut?

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending