Pantai Krakal Gunung Kidul, Pantai Indah dengan Hamparan Batu Karang yang Memukau

Pantai Krakal Gunung Kidul, Pantai Indah dengan Hamparan Batu Karang yang Memukau
Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Krakal merupakan pantai pasir putih yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan batu karang yang bisa di temui di sepanjang pantai. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki bibir pantai terpanjang di antara pantai-pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul.

Terdapat satu batu karang besar di bibir pantai yang menjadi objek wisata paling sering di cari di Pantai Krakal. Di atas batu tersebut terdapat satu patung ikan yang menjadi icon dari pantai ini. untuk bisa menaiki batu karang tersebut para wisatawan harus menaiki jembatan yang menghubungkan pantai dan batu karang tersebut.

Pantai ini adalah tempat yang cocok bagi kaum muda-mudi karena memiliki pemandangan yang kekinian. Untuk para wisatawan yang ingin menikmati angin pantai sambil menenangkan pikiran dengan pemandangan pantai silahkan coba mendatangi pantai ini. Bagi yang suka memancing juga bisa mencoba memancing di pantai yang berlokasi di Gunung Kidul ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Krakal

Daya Tarik Pantai Krakal
Image Credit: Twitter.com @kabarjogjakarta

Setiap tempat wisata pasti memiliki keunikan masing-masing. Dari keunikan dan daya tariknya tersebut yang membuat para wisatawan datang mengunjunginya. Begitupun dengan Pantai Krakal yang memiliki beberapa daya tarik tersendiri. Berikut beberapa dari tarik tersebut.

1. Pasir Putih

Yang pertama adalah pasir putih yang membentang sepanjang bibir pantai. Pantai dengan pasir putih memang bisa ditemukan di beberapa tempat, namun pasir putih yang ada di pantai ini terluhat berbeda dengan bebatuan karang yang juga terdapat di sepanjang bibir pantai.

2. Batu Karang

Tidak hanya pasir putih saja yang menarik perhatian para wisatawan di pantai ini. Namun dengan adanya batu karang yang bisa di temukan di sini membuat pantai ini sedikit berbeda dari pantai pasir putih lainnya yang ada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Tidak hanya batu karang kecil, namun ada batu karang besar yang ada di pantai ini. Batu yang sangat besar sampai bi menampung beberapa orang di atasnya. Karena adanya batu-batu karang tersebut membuat banyak ikan yang bisa di temukan di sini. Sehingga tidak heran jika para wisatawan juga menyempatkan diri untuk memancing ikan di atas bebatuan tersebut.

3. Patung Ikan

Berikutnya adalah icon dari Pantai Krakal yang berupa patung ikan di atas sebuah batu karang nan besar. Banyak sekali orang yang menyempatkan diri untuk berfoto di samping patung ikan tersebut. Bisa di bilang hampir semua wisatawan yang hadir di pantai ini pasti menyempatkan diri untuk berfoto di sini. Oleh karena itu, tidak heran jika patung ikan ini selalu ramai dengan pengunjung.

4. Tangkapan Laut

Tidak hanya wisata alam saja yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Namun, hasil tangkapannya juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan letak yang berada di sebuah desa yang rata-rata penduduknya memiliki profesi utama sebagai nelayan membuat tangkapan laut di sini sangat nikmat untuk di santap. Jadi, untuk para wisatawan yang datang ke pantai ini silahkan mencoba hasil laut di sini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Krakal

Alamat Pantai Krakal
Image Credit: Instagram.com @deasyharii16

Pantai Krakal berlokasi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih tepatnya di Tanjungsari, Ngestirejo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini berdampingan dengan pantai drini dan masih satu jalur dengan pantai kukup. Untuk perjalanan dari Kota Yogyakarta ke pantai di tempuh selama 3 jam dengan jarak 62 Kilo meter.

Dari pusat kota ambil jalur ke arah Banguntapan melalui jl. Gayam ke jl. Kenari. Lalu di perempatan jl. Kusumanegara ambil jalur ke kiri di jl. Kusumanegara tetap lurus sampai menemukan Bakpia kukus tugu gembiraloka lalu belok kanan ke jl. Gendongkuning sampai ke perempatan Wonosari lalu pindah ke jl, wonosari tetap di jl. Wonosari atau biasa di kenal dengan nama jl. Nasional 3.

Terus di jln dari gogje ke wonosari tersebut sampai menemukan gedung serbaguna siyono. Di pertigaan ambil jalur keluar ke jl. Kyai legi sampai ke jl. Krt jododiningrat dan menemukan gedung BPJS Gunung Kidul. Kemudian di perempatan belok kanan ke jl. Baron sampai pertigaan BUMDes Lestari lalu ambil jalur kiri dan tetap di jalur sampai di pasar tanjung.

Dari pasar tanjung ambil jalur kanan hingga menemukan masjid al’faizin lau belok kiri tetap di jalur sampai menemukan bali desa banjarejo lalu ambil jalur kiri hingga menemukan pertigaan wd cell lalu ambil jalur kanan ikuti jalur tersebut hingga menemukan jl. Pantai selatan jawa. Tetap di jl. Pantai selatan jawa sampai menemukan terminal wisata gunung kidul lalu belok kanan dan kamu akan sampai.

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Krakal adalah Rp. 10.000 perorang. Harga tersebut sudah mencakup semua destinasi wisata lain di sekitaran pantai. Sedangkan untuk parkir kendaraan adalah Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Pantai ini buka 24 jam di tidak ada hari libur.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Krakal

Aktivitas di Pantai Krakal
Image Credit: Instagram.com @enyuli_

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa di lakukan di pantai ini oleh para wisatawan untuk menikmati waktu liburan mereka. Berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Krakal.

1. Berenang

Hal bertama adalah berenang dan bermain air laut di pinggir pantai. Ombak di pantai ini tergolong kecil sehingga tidak perlu khawatir jika para pengunjungnya tidak mau berenang. Di pantai ini para pengunjung bisa sekaligus belajar berenang karena ombaknya yang kecil.

2. Bermain Pasir

Karena luasnya bibir pantai membuat para wisatawan bisa menikmati bermain pasir, bermain voly pantai atau kegiatan menarik lainnya di pinggir pantai. Oleh sebab itu, kegiatan yang melibatkan banyak orang juga bisa di lakukan di pantai ini.

Jika kamu ingin lebih puas bermain, cobalah datang ke pantai tidak di hari libur atau weekend. Karena pantai akan sangat ramai pada hari-hari tersebut.

3. Menyelam

Berikutnya adalah menyelam dan menyaksikan keindahan alam bawah lautnya. Dengan terdapatnya beberapa batu karang di sini membuat penampakan bawah air di pantai ini juga termasuk indah dan memanjakan mata.

Sedikit saran bagi para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan menyelam coba berhati-hati dengan ubur-ubur yang ada di seputaran area pantai.

Aktivitas Pantai Krakal
Image Credit: Twitter.com @starjogja

4. Memancing

Seperti poin sebelumnya yang di akibatkan oleh bebatuan karang membuat ikan yang ada di sekitaran Pantai Krakal ini bisa di pancing. Untuk para wisatawan yang suka memancing bisa menikmati momen memancing dari atas bebatuan yang ada di pantai ini.

Untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan memancing, disarankan menggunakan sepatu agar menghindari tergoresnya kaki karena batu karang yang tajam.

5. Menikmati Wisata Kuliner

Karena para warga setempat yang memiliki profesi utama adalah nelayan. Maka tidak heran jika banyak makanan seafood yang bisa di nikmati di pantai ini. Oleh karena itu, tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk menikmati makanan laut hasil tangkapan di sini.

6. Berfoto

Tidak lengkap rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan moment penting tersebut. Berfoto dan mengabadikan moment liburan memang sering di lakukan oleh banyak orang. Begitupun ketika berlibur ke pantai ini. Bukan hanya momen bersama saja yang bisa di abadikan, namun terdapat banyak spot bagus yang bisa digunakan untuk di jadikan latar belakang foto para wisatawan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai
Image Credit: Agoda.com

Terdapat beberapa penginapan yang bisa di temui di sekitar pantai. Berikut beberapa penginapan tersebut.

1. Penginapan Mayasari

Dengan harga mulai dari Rp 160.000 permalam para pengunjung sudah bisa menikmati penginapan sederhana dengan ac dan wifi. Cuma berjarak 6 meter dari pantai membuat para pengunjung di sini rata-rata adalah para wisatawan yang berlibur ke Pantai Krakal.

2. The Royal Joglo

Berikutnya adalah penginapan dengan harga mulai dari Rp 250.00 para pengunjung sudah mendapatkan pengelaman bermalam dengan view laut yang luar biasa indah. Jarak dari penginapan ke pantai sekitar 56 meter.

3. Penginapan Pandawa 79

Berikutnya adalah penginapan yang berjarak kurang lebih 30 meter dari pantai. Di penginapan ini para pengunjung sudah di manjakan dengan pemandangan laut dan pelayanan yang ramah dari para pelayannya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Krakal Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Krakal
Image Credit: Google Maps (Autonomous Driver)

Setiap tempat wisata pasti memiliki fasilitas yang di buat atau di sediakan untuk memuaskan para wisatawan yang datang. Begitu juga dengan Pantai Krakal yang terletak di Gunung Kidul. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pantai ini.

1. Lahan Parkir

Yang pertama adalah lahan parkir bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai. Terdapat lahan parkir yang luas untuk menampung para kendaraan wisatawan. Untuk hari libur dan weekend akan sangat ramai karena banyaknya wisatawan yang datang untuk berlibur.

2. Warung Makan

Terdapat warung makan di pinggir pantai yang bisa di gunakan oleh para wisatawan untuk membeli makanan. Terdapat makanan berat dan ringan juga minuman dari yang dingin dan panas. Para wisatawan juga bisa memilih ikan untuk di bakar dan langsung di santap saat itu juga.

3. Spot Foto

Terdapat beberapa spot foto yang bagus yang bisa di gunakan oleh para wisatawan untuk berfoto ria. Salah satu yang paling tenar di pantai ini adalah di patung ikan yang berada di atas batu karang nan besar. Terdapat beberapa spot bagus lainnya yang bisa di gunakan di sepanjang pantai ini.

4. Toilet dan Kamar Mandi Umum

Dan fasilitas yang terakhir adalah toilet yang bisa digunakan untuk membersihkan diri menggunakan air bersih setelah puas bermain air laut. Untuk yang mau buang air besar atau kecil bisa menggunakan toilet umum ini. Terdapat dua bagian toilet yaitu toilet pria dan toilet wanita. Jadi tidak perlu takut ketika memasuki toilet umum yang berada di pantai ini.

Pantai Krakal bisa dibilang pantai yang populer di daerah Gunung Kidul. Perpaduan antara pasir putih, batu karang, dan wisata kuliner berupa seafood memang sangat menarik di kalangan wisatawan pencinta pantai. Tidak hanya itu fasilitas tambahan seperti patung ikan yang populer menambahkan keistimewaan tersendiri bagi pantai yang satu ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending