11 Pantai di Kulon Progo yang Cantik & Hits

11 Pantai di Kulon Progo yang Cantik & Hits

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal memiliki segudang tempat wisata bernuansa alam. Terdapat tempat wisata berupa pantai, taman, danau, hutan, dan wisata alam lainnya di kawasan Yogyakarta. Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar saja, namun Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata di kalangan wisatawan.

Bahkan, masih banyak tempat-tempat wisata yang masih sepi karena lokasinya yang tersembunyi atau biasa disebut dengan hidden place. Bisa dibilang, Yogyakarta merupakan surga wisata karena saking banyaknya tempat wisata dengan konsep yang beragam. Sehingga tidak heran jika Yogyakarta selalu ramai dipadati wisatawan di hari biasa maupun hari libur.

Salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta yang banyak diminati wisatawan adalah pantai. Bukan hanya wisatawan domestik saja yang tertarik berwisata ke Yogyakarta, namun juga wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, Yogyakarta termasuk salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan karena terdapat beragam tempat wisata yang ada disana. Berikut daftar pantai cantik di Kulon Progo yang menarik dijelajahi.

1. Pantai Bugel

Pantai Bugel
Image Credit: Google Maps Nika Woelan

Berwisata ke Kulon Progo sangat menyenangkan karena disana ada beberapa pantai dengan daya tariknya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Bugel yang terletak di daerah Bugel, Panjatan. Wisatawan membutuhkan perjalanan selama 30 menit atau sekitar 15,7 km dari pusat kota menuju ke lokasi.

Tempat wisata tersebut dibuka untuk masyarakat umum setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Daya tarik pantainya adalah keberadaan deretan pohon-pohon cemara dengan ombak yang tenang. Bagi wisatawan yang menginginkan berlibur ke pantai yang memiliki suasana tenang, pantai inilah jawabannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

2. Pantai Mlarangan Asri

Pantai Mlarangan Asri
Image Credit: Google Maps Tengku Irvan Bahran

Pantai yang berada di daerah Pleret, Panjatan tepatnya Dusun I ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Dari pusat kota Kulon Progo, wisatawan menempuh perjalanan sepanjang 16,3 km atau sekitar 32 menit menuju ke lokasi. Karena relatif baru, tidak heran jika pantai tersebut masih sepi pengunjung.

Meskipun sepi, akses jalan ke lokasi tergolong mudah baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat karena memang jalanannya sudah beraspal. Berkebalikan dari Pantai Bugel, ombak Pantai Mlarangan Asri cukup tinggi sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai karena resiko terseret ombak sangat besar.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro, Dusun I, Pleret, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

3. Pantai Imorenggo

Pantai Imorenggo
Image Credit: Google Maps Agust Prast

Ciri khas pantai-pantai yang ada di Kulon Progo adalah memiliki pasir pantai berwarna hitam. Termasuk Pantai Imorenggo yang berada di Kecamatan Galur, tepatnya Desa Karangsewu ini. Wisatawan bisa mengunjungi pantai tersebut mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Perjalanan menuju ke lokasi dari pusat kota adalah sekitar 44 menit.

Kurang lebih 19,3 km jarak antara pusat kota dengan lokasi pantai. Aksesnya mudah karena lokasinya termasuk strategis. Fasilitasnya pun tidak kalah dibandingkan dengan pantai lainnya meskipun masih mengalami tahap perkembangan. Masyarakat setempat masih melestarikan kebudayaan yang ada di wilayah sekitar.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karangsewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

4. Pantai Glagah

Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps J A

Pantai Glagah ini terletak di Kecamatan Temon. Wisatawan bisa berkunjung ke pantai yang ada di Desa Glagah tersebut dengan menempuh perjalanan selama 33 menit atau sekitar 19,5 km dari pusat kota menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pantai yang merupakan tempat wisata masyarakat Kulon Progo tersebut menjadi destinasi favorit wisatawan karena fasilitas disana tergolong lengkap dan memadai seperti penyewaan sepeda, penyewaan kapal, agrowisata, dan juga kuliner khas. Itulah mengapa Pantai Glagah selalu ramai dipadati pengunjung setiap saat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

5. Pantai Trisik

Pantai Trisik
Image Credit: Google Maps Bayu Nugroho

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Trisik membutuhkan waktu perjalanan selama 37 menit karena lokasinya sekitar 23,5 km dari pusat kota. Lokasi Pantai Trisik terletak di Kecamatan Galur, tepatnya Desa Banaran. Warna pasirnya hitam, sama seperti pantai-pantai lainnya di Kulon Progo pada umumnya.

Menariknya, disana wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan panorama alam pantai saja, namun juga terdapat pepohonan cemara supaya bisa mencegah abrasi dan terdapat tempat penangkaran penyu. Waktu terbaik untuk melihat penyu di Pantai Trisik adalah di luar musim telur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Trisik, Kec. Brosot, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

6. Pantai Congot

Pantai Congot
Image Credit: Google Maps Adhikara Ridhar Vaherza

Ada juga Pantai Congot yang berada di Desa Jangkaran tepatnya Kecamatan Temon. Lokasi pantai dari pusat kota hanya berjarak sekitar 20,7 km saja atau kurang lebih 35 menit. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Congot bisa datang berkunjung setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Di pantai inilah wisatawan bisa menyaksikan panorama sunrise dan sunset dengan leluasa. Walaupun masih tergolong baru, namun wisatawan yang datang selalu ramai. Hal ini dikarenakan adanya hutan mangrove dan berpadu dengan pasir pantai hitam serta air laut biru yang menjadi daya tarik tersendiri di mata wisatawan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Karang Sewu, Kec. Galur, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

7. Sunset Point Adikarta

Sunset Point Adikarta
Image Credit: Google Maps kardi hadisuwito

Berlokasi di Yogyakarta Kecamatan Wates, tepatnya di Desa Karangwuni. Sunset Point Adikarta bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Perjalanan yang bisa ditempuh dari pusat kota adalah sekitar 38 menit dengan jarak kurang lebih 19,3 km. Tidak hanya sebagai tempat wisata saja, namun juga merupakan pelabuhan ikan.

Lokasinya ada di sebelah timur Pantai Glagah dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya seperti toilet umum, tempat ibadah, hingga warung makan. Sesuai namanya, bisa menyaksikan keindahan panorama sunset yang begitu cantik ketika berada disana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keboan, Karangwuni, Kec. Wates, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

8. Pantai Pleret 3

Pantai Pleret 3
Image Credit: Google Maps Ary Hartanto

Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai dengan jam buka 24 jam bisa menyambangi Pantai Pleret. Lokasi pantai ada di Pleret, Panjatan dan bisa ditempuh selama 34 menit dari pusat kota atau sekitar 17,3 km. Pantai Pleret termasuk salah satu tempat wisata tersembunyi yang ada di Kulon Progo.

Oleh karena itu, belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai tersebut. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan nyaman. Bisa dibilang, Pantai Pleret merupakan hidden place yang ada di Kulon Progo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro, Dusun I, Pleret, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

9. Pantai Bidara

Pantai Bidara
Image Credit: Google Maps Heru Priyanto

Pantai Bidara berlokasi di Bugel, Pejantan tepatnya di desa Gumuk Waru. Dari pusat kota, lokasinya berada sekitar 15,4 km dan bisa ditempuh kurang lebih 32 menit menuju ke pantai. Wisatawan bisa menyambanginya setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Yang menarik dari tempat wisata ini adalah adanya tempat pembuatan garam sehingga disana wisatawan bisa melihat secara langsung bagaimana proses ketika garam dibuat. Pantai tersebut adalah pengembangan Pantai Bugel yang ada di Kapanewon Panjatan.

Meskipun namanya belum terlalu populer di telinga wisatawan, namun sudah banyak fasilitas memadai yang bisa dimanfaatkan wisatawan ketika berkunjung kesana. Selain melihat pemandangan pantai, wisatawan juga bisa menyaksikan aktivitas warga ketika mengelola lahan pertanian khusus buah melon.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

10. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps ocha maosawati

Wisatawan yang berkunjung ke Mangrove Jembatan Api-Api atau MJAA bisa sekaligus berkunjung ke Pantai Pasir Kadilangu karena jaraknya hanya sekitar 550 m atau 3 menit saja. Pantai tersebut dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Dari pusat kota, lokasinya berjarak 23,0 km atau kurang lebih 36 menit menuju ke lokasi.

Daya tarik tempat wisata ini adalah adanya jembatan cinta yang menyajikan suasana romantis bagi siapapun yang berkunjung. Terdapat beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan termasuk spot-spot foto dengan latar belakang hutan mangrove dan lautan biru.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

11. Pantai Pasir Mendit

Pantai Pasir Mendit
Image Credit: Facebook Amri Melia Tsani

Berlokasi di Kecamatan Temon, pantai  pasir mendit yang berada di Desa Jangkaran ini masih satu lokasi dengan hutan mangrove Wana Tirta tepatnya di sebelah selatan. Ombak pantainya cukup besar sehingga wisatawan harus berhati-hati ketika mengunjungi pantai tersebut.

Pernah ada korban yang hilang karena terseret ombak di pantai Pasir Mendit sehingga pihak pengelola pantai menghimbau kepada seluruh wisatawan agar tidak terjadi kejadian yang sama terulang kembali. Daya tarik pantai ini adalah keberadaan hutan mangrove Wana Tirta di selatan pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa pantai yang hits di Kulon Progo. Salah satu ciri khas atau karakteristik dari banyak pantai di wilayah tersebut adalah warna pasirnya yang hitam. Warna pasir tersebut tentu berkebalikan dengan pantai-pantai di Gunungkidul yang mayoritas berwarna putih. Meski begitu, pantai-pantai di Kulon Progo juga tidak kalah menariknya.

Comments Rating ( reviews)

REKOMENDASI DESTINASI

Leave a Reply

Sending