Pantai Kuta Lombok, Pesona Pantai Eksotis yang Sarat Legenda

Pantai Kuta Lombok, Pesona Pantai Eksotis yang Sarat Legenda
Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Map: Cek Lokasi

Apabila membahas mengenai Pantai Kuta, maka kemungkinan besar masyarakat akan menghubungkannya dengan salah satu pantai di Bali. Namun, ternyata ada begitu banyak nama pantai yang hampir mirip dengan pantai yang cantik itu, seperti Pantai Kuta Lombok.

Seperti namanya, pantai ini berlokasi di pulau Lombok. Kabarnya, nama dari pantai ini diambil dari lokasi desa tempat ini berada, yakni desa Kuta. Di kalangan wisatawan, pantai yang memiliki panjang begitu luas ini cukup populer dan seringkali ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Selain menyajikan pemandangan yang memikat mata, Pantai Kuta juga menyediakan beberapa kelebihan yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Tidak heran apabila pantai ini begitu dicintai oleh para pecinta alam dan pengunjung yang ingin berwisata dengan leluasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kuta

Daya Tarik Pantai Kuta
Image Credit: Twitter Made Adi Dharmawan

Bagi Anda yang menyukai pemandangan pantai yang indah, maka tidak ada salahnya apabila Anda memilih untuk berlibur di sini karena tempat ini menyimpan beberapa daya tarik yang begitu menakjubkan.

1. Atmosfer Pantai yang Masih Alami

Membicarakan daya tarik Pantai Kuta tidak lengkap rasanya apabila tidak menyertakan atmosfer pantainya yang begitu unik dan alami. Bisa dibilang, suasana yang menyelimuti pantai ini merupakan perpaduan antara perasaan sepi, damai, senang, dan tidak lupa indah. Banyak yang mengunjungi pantai ini dengan tujuan refreshing, dan hal itu merupakan hal yang tepat.

Sebab, pantai ini tidak akan membuat pengunjung terganggu dengan suara-suara berisik yang seringkali terdengar di daerah perkotaan. Justru sebaliknya, pengunjung hanya akan dimanjakan oleh suara deburan ombak yang datang dengan silih berganti dan juga semilir angin yang berhembus dengan lembut.

2. Bentuk Pantai yang Indah

Tidak bisa dipungkiri, pantai yang satu ini memiliki bentuk yang cukup indah dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat latar belakang pemotretan. Luas pantainya cukup panjang, yakni sekitar 7 kilometer. Luas tersebut mampu menampung begitu banyak pengunjung terlebih ketika memasuki hari-hari libur.

Bentangan pantai ini tentu akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi begitu terpana. Terlebih, apabila dilihat dari ketinggian menggunakan drone atau menaiki Bukit Mandalika, maka akan terlihat dengan jelas betapa indahnya pantai ini disertai oleh penampakan lautan biru yang begitu luas. Hanya memakai mata telanjang saja pengunjung bisa menyaksikan keindahan itu.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Kuta
Image Credit: Twitter Clapeyron UGM

3. Warna Air yang Mengagumkan

Air laut yang berada di sekitar Pantai Kuta tampak begitu memikat mata sebab warnanya yang begitu cantik dan bersih. Anda akan disuguhi oleh air laut yang bebas dari kotoran atau plastik, sehingga pengunjung bisa berenang atau melakukan aktivitas sesuka hati mereka dengan memanfaatkan air laut tersebut.

Warna yang dimiliki oleh pantai ini tampak biru cerah, dan pada siang hari warna tersebut akan tampak begitu mengkilap. Hal tersebut terjadi sebab air laut telah terkena biasan cahaya matahari dari langit, sehingga membuat air laut seolah-olah sedang bersinar. Pengunjung yang melihatnya pun dijamin akan merasa terpana oleh keindahan yang dihasilkan oleh pantai ini.

4. Legenda yang Dramatis

Tidak hanya keindahan alamnya saja, namun latar belakang atau legenda yang menyelimuti pantai ini juga tidak kalah menarik. Ada satu legenda yang membuat pantai ini menjadi cukup populer di kalangan masyarakat sekitar, sebab cerita tersebut memang terdengar sedikit dramatis dan mampu menyentuh hati siapapun yang mendengarnya.

Legenda tersebut menceritakan tentang seorang putri dengan wajah jelita bernama Mandalika. Saking cantiknya, banyak orang dari berbagai daerah yang ingin mempersunting putri itu untuk menjadi istri. Suatu hari, Putri Mandalika dilamar oleh seseorang yang memiliki pengaruh sangat tinggi terhadap kerajaan, yakni Sang Raja itu sendiri.

Namun, putri tersebut tidak memiliki keinginan untuk menerima lamaran raja. Sehingga, Putri Mandalika memutuskan untuk menghilangkan diri dengan cara melompat menuju ke laut. Setelah itu, putri itu dipercaya berubah wujud menjadi sebuah cacing yang bernama Nyale. Karena itu, setiap tahun masyarakat sekitar mengadakan upacara Nyale untuk mengucapkan syukur pada tuan putri.

5. Dikelilingi Pohon Rimbun

Di sekitar bibir pantai, pengunjung dapat melihat bahwa pantai ini dikelilingi oleh sekumpulan pohon rimbun dengan tinggi yang begitu menjulang. Pohon tersebut tumbuh sejak lama, dan senantiasa dilindungi oleh pengelola pantai agar selalu berada dalam keadaan aman sehingga udara yang ada di pantai bisa senantiasa terasa segar dan sejuk.

Tidak hanya itu saja, namun pepohonan tersebut juga memiliki peran yang sangat penting agar membuat pengunjung terhindar dari sengatan matahari yang terik pada siang hari. Karena itulah, banyak pengunjung yang memanfaatkan keberadaan pepohonan tersebut untuk duduk bersantai sambil menikmati keindahan pantai yang begitu mempesona.

6. Hamparan Pasir Putih yang Bersih

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh Pantai Kuta Lombok adalah hamparan pasir putih yang begitu bersih dan tampak mengagumkan. Bentangan pasir tersebut sangat luas dan menjangkau seluruh area pantai, dan warna yang dimilikinya pun tampak begitu memikat. Perpaduan antara warna putih yang begitu bersih akan membuat siapapun merasa betah berada di atasnya.

Selain itu, pasir yang ada di dalam pantai ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan sedikit kering. Karena itulah, pengunjung bisa berjalan di atas pasir ini dengan leluasa bahkan tanpa menggunakan bantuan sandal atau sepatu sekalipun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps Nurrahman Putra Waluyo

Pantai Kuta memang menjadi salah satu pantai primadona yang sering dibanggakan oleh masyarakat Lombok. Pantai yang juga terkenal akan wisata kulinernya ini memiliki lokasi yang sangat strategis yakni berada di Kuta, salah satu kota di Lombok Tengah.

Untuk menuju pantai ini, Anda tidak perlu merasa khawatir sebab akses menuju lokasinya tidak terlalu sulit, bahkan cukup mudah untuk digapai. Anda hanya perlu memulai perjalanan dari pusat Kota Lombok, lalu gunakanlah kendaraan mobil ataupun angkutan umum agar bisa dipandu oleh pemandu yang memang sudah hafal daerah tersebut.

Dari pusat kota, Anda bisa segera mengarahkan kendaraan menuju jalur Mataram. Perjalanan menuju pantai dari jalur Mataram akan memakan waktu selama kurang lebih 90 menit, sehingga Anda tidak akan merasa terlalu lelah dalam perjalanan. Setibanya di lokasi, Anda akan langsung dimanjakan oleh pemandangan memukau yang begitu mempesona.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps syarifudin rodiansyah

Hingga kini, pengunjung yang memang memiliki niat untuk mengunjungi Pantai Kuta Lombok tidak perlu khawatir dengan biaya tiket yang perlu dikeluarkan. Sebab, untuk menikmati pemandangan yang ada di pantai ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, dan hanya perlu mengeluarkan uang parkir saja.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti motor akan dikenai biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenai biaya yang lebih mahal, yakni 10 ribu rupiah.

Apabila Anda menyewa kendaraan untuk menuju pantai ini, maka kemungkinan harganya masih cukup bersahabat yakni dalam rentang harga 150 ribuan saja untuk satu hari. Karena itulah, alangkah lebih baik apabila Anda memilih jasa paket liburan yang lebih efektif dan efisien untuk liburan ke sini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kuta

Image Credit: Google Maps Deedee Chantique

1. Menyaksikan Ritual Bau Nyale

Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada Pantai Kuta ada satu kegiatan unik yang diadakan setiap tahun yakni ritual Bau Nyale. Ritual ini dilakukan dengan cara mencari cacing Nyale yang dipercaya merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

Apabila Anda beruntung, maka Anda bisa menyaksikan masyarakat setempat melakukan ritual ini di sekitar pantai. Biasanya, ritual ini diadakan pada bulan Februari atau Maret, dan hanya diadakan selama satu hari saja. Karena itu, lebih baik Anda mengunjungi pantai ini pada bulan tersebut sehingga pengalaman yang Anda miliki akan lebih menyenangkan lagi.

2. Berenang atau Snorkeling

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di area ini adalah berenang di lautnya yang cukup tenang. Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan dan batas yang sudah ditentukan sebelumnya sehingga Anda selalu berada dalam jangkauan yang aman.

3. Menikmati Wahana Bermain

Pada kawasan Pantai Kuta telah tersedia beberapa wahana bermain yang sangat seru dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Wahana tersebut berupa olahraga air yang sangat seru, seperti windsurfing, jetski, banana boat, dan wahana lainnya.

Semua wahana tersebut bisa disewa dengan harga tertentu, tergantung usia dan tinggi badan orang tersebut. Tidak hanya itu, ada pula wahana petualangan yang baru-baru ini diresmikan yakni paragliding. Anda akan memanfaatkan wahana untuk menikmati pemandangan yang ada di dalam pantai ini dengan lebih maksimal.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Kuta
Image Credit: Google Maps Agung Rinjani

1. Harmony Villas Lombok

Penginapan pertama ini memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta Lombok, yakni hanya sekitar 700 meter saja. Terdapat beberapa fasilitas menarik yang tidak boleh dilewatkan seperti kolam renang pribadi yang sempurna bagi Anda yang menginginkan ketenangan.

2. Kies Villas

Kies Villas juga hanya berjarak sekitar 800 dari daerah pantai, sehingga tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk berwisata ke sana. Penginapan ini tidak terlalu ramai, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan santai dan tenang.

3. Pipe Dream Villas Resort

Hampir sama seperti penginapan di atas, Pipe Dream Villas Resort pun memiliki jarak yang cukup dekat dengan pantai yakni sekitar 900 meter saja. Pengunjung yang ingin menginap di sini bisa memilih kamar sesuai dengan kebutuhan sebab terdapat beberapa tipe kamar yang bervariasi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Kawasan Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps Widia Indar

Hampir sama seperti pantai pada umumnya, pengelola kawasan pantai ini juga menyediakan fasilitas yang mampu memuaskan pengunjungnya. Ada area parkir yang mumpuni, toilet, dan beberapa warung makan yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, ada pula fasilitas modern yang sangat membantu pengunjung yakni mesin ATM. Dengan keberadaan fasilitas ini, pengunjung pun bisa mengambil uang dengan lebih mudah dan tidak perlu pergi ke pusat kota terlebih dahulu.

Begitulah keadaan Pantai Kuta Lombok pada saat ini yang bisa Anda jadikan acuan ketika ingin berkunjung ke sana. Tentunya, ulasan di atas akan membuat siapapun menjadi tertarik untuk mengetahui seberapa indah pantai ini jika dilihat secara langsung.

Comments Rating ( reviews)

Leave a Reply

Sending